Similar Posts
Tangga Nada Mayor
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : PRATIWI SUSENO
NIM : 856733986
Prodi : S1-PGSD
– Kelebihan video tersebut yaitu :
1. Guru mengaitkan lagu “Pergi belajar” dengan materi yang akan dipelajari.
2. Guru menggunakan lagu “Pergi belajar” untuk meningkatkan semangat siswa.
3. Guru menggunakan media visual (gambar) untuk menarik perhatian siswa saat mengikuti pembelajaran dam huruf yang ada dalam gambar sangat membantu siswa.
4. Guru membimbing siswa dalam belajar sehingga membantu siswa yang masih kesulitan dalam membaca
– Kelemahan video tersebut yaitu :
1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam pembuka, berdoa, absensi, menyebutkan tujuan pembelajaran, serta mengaitkan materi pembelajaran.
2. Guru kurang dalam menggunakan media yang lebih canggih seperti menggunakan tayangan proyektor atau in-focus sehingga pembelajaran kurang menarik dan siswa bosan.
3. Guru kurang memperhatikan siswa dalam pembelajaran sehingga ada beberapa siswa yang bermain dan tidak serius dalam pembelajaran.
4. Guru tidak melakukan kegiatan penutup seperti review, doa, membuat kesimpulan salam penutup ataupun memberikan PR (pekerjaan rumah)
Nama : PRATIWI SUSENO
NIM : 856733986
Prodi : S1-PGSD
– Kelebihan video tersebut yaitu :
1. Guru mengaitkan lagu “Pergi belajar” dengan materi yang akan dipelajari.
2. Guru menggunakan lagu “Pergi belajar” untuk meningkatkan semangat siswa.
3. Guru menggunakan media visual (gambar) untuk menarik perhatian siswa saat mengikuti pembelajaran dam huruf yang ada dalam gambar sangat membantu siswa.
4. Guru membimbing siswa dalam belajar sehingga membantu siswa yang masih kesulitan dalam membaca
– Kelemahan video tersebut yaitu :
1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam pembuka, berdoa, absensi, menyebutkan tujuan pembelajaran, serta mengaitkan materi pembelajaran.
2. Guru kurang dalam menggunakan media yang lebih canggih seperti menggunakan tayangan proyektor atau in-focus sehingga pembelajaran kurang menarik dan siswa bosan.
3. Guru kurang memperhatikan siswa dalam pembelajaran sehingga ada beberapa siswa yang bermain dan tidak serius dalam pembelajaran.
4. Guru tidak melakukan kegiatan penutup seperti review, doa, membuat kesimpulan salam penutup ataupun memberikan PR (pekerjaan rumah)
Nama :Nurliana
Nim :858056285
Program studi :PGSD -S1
UPBJJ UT :Pontianak
Semester :6 (enam)
Menurut pendapat saya video tersebut sudah cukup bagus karena diawal kegiatan pembelajaran guru mengajak siswa untuk bernyanyi karena membuat siswa lebih semangat dalam belajar serta siswa juga lebih antusias dalam belajar.Di dalam video tersebut guru juga sudah menguasai kelas namun ada sedikit kekurangan pada video tersebut yaitu guru tidak mengucapkan salam pada saat memulai pelajaran ,tidak mengecek kehadiran ,tidak menyampaikan tujuan pembelajaran tersebut padahal hal ini sangat penting sebagai contoh yang baik bagi anak anak didik.
Nama : Ratih Kusuma Dewi
Nim : 856997166
Semester : 6
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar : Banjar Agung
Judul : Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Izin Menurut pendapat saya Kelebihan dalam video Tersebut sudah cukup baik,
Dalam pemakaian media gambar sudah baik, materi sesuai dengan kurikulum, apersepsi dan metode yang digunakan sudah tepat. Selain itu guru juga mengajak siswa untuk bernyanyi membuat siswa lebih semangat dalam pembelajaran.
Kekurangan
Guru mengawali tidak dengan pendahuluan seperti salam, doa, absen kehadiran siswa dan tujuan pembelajaran.
Keunikan
Menyusun huruf dan menyebutkan kata.
Kesimpulan
Dalam hal ini guru sangat membantu anak dalam masalah kesulitan membaca huruf suku kata, kata dan kalimat. Dari video tersebut dimana guru memanfaatkan media gambar atau cetak agar anak tidak mudah bosan , dan melatih siswa agar tidak takut untuk menyebutkan suku kata.
Itu saja pendapat saya dalam video tersebut
Sekian dan Terimakasih
Wassallamualaikum Wr. Wb
Nama : Ratih Kusuma Dewi
Nim : 856997166
Semester : 6
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar : Banjar Agung
Judul : Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Izin Menurut pendapat saya Kelebihan dalam video Tersebut sudah cukup baik,
Dalam pemakaian media gambar sudah baik, materi sesuai dengan kurikulum, apersepsi dan metode yang digunakan sudah tepat. Selain itu guru juga mengajak siswa untuk bernyanyi membuat siswa lebih semangat dalam pembelajaran.
Kekurangan
Guru mengawali tidak dengan pendahuluan seperti salam, doa, absen kehadiran siswa dan tujuan pembelajaran.
Keunikan
Menyusun huruf dan menyebutkan kata.
Kesimpulan
Dalam hal ini guru sangat membantu anak dalam masalah kesulitan membaca huruf suku kata, kata dan kalimat. Dari video tersebut dimana guru memanfaatkan media gambar atau cetak agar anak tidak mudah bosan , dan melatih siswa agar tidak takut untuk menyebutkan suku kata.
Itu saja pendapat saya dalam video tersebut
Sekian dan Terimakasih
Wassallamualaikum Wr. Wb
Nama : Ratih Kusuma Dewi
Nim : 856997166
Semester : 6
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar : Banjar Agung
Judul : Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Izin Menurut pendapat saya Kelebihan dalam video Tersebut sudah cukup baik,
Dalam pemakaian media gambar sudah baik, materi sesuai dengan kurikulum, apersepsi dan metode yang digunakan sudah tepat. Selain itu guru juga mengajak siswa untuk bernyanyi membuat siswa lebih semangat dalam pembelajaran.
Kekurangan
Guru mengawali tidak dengan pendahuluan seperti salam, doa, absen kehadiran siswa dan tujuan pembelajaran.
Keunikan
Menyusun huruf dan menyebutkan kata.
Kesimpulan
Dalam hal ini guru sangat membantu anak dalam masalah kesulitan membaca huruf suku kata, kata dan kalimat. Dari video tersebut dimana guru memanfaatkan media gambar atau cetak agar anak tidak mudah bosan , dan melatih siswa agar tidak takut untuk menyebutkan suku kata.
Itu saja pendapat saya dalam video tersebut
Sekian dan Terimakasih
Wassallamualaikum Wr. Wb
Nama : Juliana Damanik
NIM : 859876427
Prodi : S-1 PGSD
sem : 2
Poklar : Simalungun
UPBJJ UT Medan
Setelah saya melihat video diatas tentang kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat. Menurut saya pembelajaran di video tersebut cukup bagus. Mengenalkan huruf kepada peserta didik adalah tugas dan tanggung jawab kita sebagai Guru yang harus kita kerjakan dengan baik dengan cara dan metode yang asyik dan menyenangkan. Mengenal huruf adalah kunci awal untuk mengetahui berbagai ilmu pengetahuan. Mulai dari membaca peserta didik akan mengetahui banyak hal.
Melalui Video ini Guru mengajak siswa bernyanyi sesuai dengan tema pembelajaran yaitu Keluarga, guru juga membuat alat peraga berupa gambar Ayah dan Ibu, guru juga menggunakan metode abjad dan metode eja dalam mengajar membaca.
menurut saya, mengajar siswa yang belum bisa membaca harus dilakukan dengan cara yang asyik dan menyenangkan. pembelajaran di kelas harus diawali dengan doa dan bernyanyi lagu wajib. kemudian guru juga harus menunjukan perhatian kepada siswa dengan bertanya siapa yang tidak hadir, bagaimana kabarnya dll. Kedekatan antar guru dan siswa harus terjalin agar siswa merasa nyaman. kemudian diawal dan ditengah pembelajaran dibuat Ice Breaking untuk menghilangkan kebosanan dan rasa mengantuk.
demikianlah tanggapan dari saya selaku mahasiswa UT yang sedang kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP). Trimakasih. salam sehat. Tuhan Memberkati
Nama : Feby Adilia Putri
Nim : 859894385
Prodi : PGSD (BI/Bidang Ilmu)
Judul Vidio : Kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat
Setelah saya melihat dan menyimak Vidio tersebut, saya menemukan kelebihan dan kekurangan dari cara mengajar tersebut
Kelebihan
1. Ibu guru memulai kelas dengan nyanyian ibu dan ayah sehingga anak bersemangat untuk memulai pelajaran
2. Ibu guru membuat media baca menjadi menyenangkan yaitu dengan membuat kartu huruf dan gambar kartun dengan kata yang sederhana
3. Ibu guru dapat menghidupkan suasana belajar dan membuat anak tidak merasa bosan dan semangat untuk belajar membaca
Kelemahan
1. Pada awal pembelajaran ibu guru tidak menyiapkan kelas dengan salam, doa dan tidak mengabsen kehadiran siswa
2. Tidak semua siswa dapat terpantau oleh guru sehingga ada beberapa siswa yang tidak fokus untuk belajar membaca
Sekian dari saya, terimakasih
Nama : Amalia sekar Wijayati
Nim :857693688
Prodi: Ilmu Pendidikan SD ( PGSD )
Semester :6
Kelas : Boja A
Hal yang dapat saya lihat Dalam video tersebut:
>Reaksi anak :
-dapat mengikuti pelajaran dengan baik
-dapat menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh ibu guru , seperti menjawab gambar yang di tanyakan oleh Bu guru yaitu ayah dan ibu
>Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut:
-Jenis bahan ajar display merupakan media diam, sehingga tidak cocok untuk mengajarkan hal-hal yang diperkaitan dengan gerak
>Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut:
Guru tersebut memiliki skill komunikasi yang baik, ia dapat menyampaikan materi dengan sangat baik ,baik secara verbal atau nonverbal penyampaian nya lancar.
-tidak berbelit-belit.
– memiliki kesabaran yang tinggi. Ia telah bersabar, hal ini bagus sebab murid akan merasa bahwa usahanya sekecil apa pun itu akan dihargai oleh pengajar tersebut.
-dengan menggunakan media gambar Membuat siswa lebih aktif melakukan kegiatan belajar seperti :mengamati, melakukan
-gambar tersebut bagus mampu menarik perhatian siswa, merangsang minat dan mampu memperjelas informasi yang kompleks
>Upaya yang dapat dilakukan untuk meningatkan kualitas pembelajaran tersebut yakni :
-sebaiknya guru tersebut mampu mengelompokkan siswa sesuai dengan kemampuannya, misalnya; posisi tempat duduk disesuaikan sedemikian rupa agar siswa nyaman.Seperti: Siswa yang terampil duduk di sebelah siswa yang pasif. Atau siswa yang suka bercerita diletakkan di sebelah siswa yang pendiam.
-Agar tidak bosan untuk belajar, siswa diberi tugas untuk membuat kalimat sederhana dengan menggunakan kartu huruf kemudian membacanya secara bergantian.
-sebaiknya Guru melakukan evaluasi, agar guru dapat mengetahui sejauh mana siswa mampu menyerap materi.
Nama : Paisal Pahlevi
NIM : 856717483
jurusan : S1-PGSD
dalam video di atas ” Kesulitan Membaca Huruf, Kata, Suku kata dan Kalimat ” saya menemukan hal-hal sebagai berikut :
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
menurut saya reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilkukan guru telah sesuai dengan harapan yakni siswa telah aktif dan memperhatikan guru saat menjelaskan pelajaran meskipun beberapa anak terlihat masih kurang berkonsentrasi
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
menurut saya kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran kurangnya penggunaan media pembelajaran yang membuat siswa tertarik pada pembelajaran.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
1. Guru membuka kelas dengan membangkitkan semangat siswa, sehingga siswa memperhatikan penjelasan guru secara seksama dan fokus pada pelajaran yang diberikan.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Guru dapat membuat suasana menjadi menyenangkan sehingga siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya guru dapat menggunakan media pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, sesuai dengan era sekarang yang sudah serba digital, guru dapat menggunakan media video pembelajaran ataupun games yang membuat anak tidak mudah bosan dalam pemebelajaran.
itulah yang dapat saya simpulkan, jika ada kesalahan. mohon dikoreksi kembali.