Similar Posts
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Tangga Nada Mayor
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Nama : Della Amalia
Nim : 856993169
Prodi : PKM – PGSD
Menurut pendapat saya pada awal pembelajaran yang di lakukan guru tersebut sudah benar , karena guru tersebut merangsang siswa untuk membuat nyanyian beserta memberikan ilustrasi dengan menggunakan gambar yang nyata untuk di liat oleh siswa . Dan yang menyebabkan kesulitan siswa membaca yaitu , malas , kurang konsentrasi , kurang perhatikan guru dan tidak menggunakan media pembelajaran jadi guru harus menjadi kreatif supaya siswa bersemangat dalam belajar membaca .
Assalamualaikum Wr.Wb
Nama : Siti Rukoyah
NIM : 857134569
Prodi: S1 – PGSD
UPBJJ : Jakarta
pokjar : Tambelang
Setelah menyaksikan video di atas dalam penyampaian materi guru sudah bagus diawali dengan bernyanyi untuk memberikan semangat kepada siswa sebelum pelajaran dimulai, kemudian dalam menjelaskan materi guru menggunakan media pembelajaran sehingga siswa mudah dalam memahami, untuk menghadapi kesulitan membaca pada siswa guru sudah mengetahui karakter siswa dengan baik sehingga setiap siswa diberikan penanganan yang berbeda sesuai kebutuhan siswa. Guru memberikan perhatian kepada siswa secara menyeluruh tidak terfokus dengan satu siswa.
Hanya itu yang dapat saya berikan dalam menanggapi video di atas. Saya ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum Wr Wb
Nama : Merlinda Mamoto
Nim : 859863255
Program studi : PGSD S1
UPBJJ : Manado
Setelah saya melihat Video di atas, menurut saya pembelajaran yang di berikan guru tersebut sudah sangat baik, karena guru tersebut terlihat mampu membuat siswa mengenal abjad yang mudah dengan menggunakan media gambar dan huruf bertuliskan Ayah Ibu yang bisa menarik perhatian siswa saat mengikuti pembelajaran, dalam hal ini kita dapat menilai guru tersebut memiliki skiĺl yang baik. Namun ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab kesulitan siswa dalam membaca, biasanya ada siswa yang MALAS membaca /Kurangnya KONSENTRASI , maka dari itu guru perlu memperhatikan hal tersebut dan memberikan perhatian lebih kepada siswa yang masih kesulitan dalam membaca, sekedar saran ada baiknya Guru memberikan media belajar yang lebih menarik seperti Gambar Berwarna.
Dan pada video diatas setelah saya perhatikan tidak adanya Kegiatan pendahuluan Seperti Salam, Berdoa, Menanyakan Kabar siswa dan mengecek Daftar Kehadiran siswa.
Sekian Analisis saya
Terimakasih 🙏
Nama : Elly Fitriyana
Nim : 856986876
Program Study : PGSD S1
Pokjar : Sidomulyo
Setelah menyimak video diatas, menurut saya guru tersebut sudah baik dalam menyampaikan materi karena pada awal pembelajaran guru melakukan pendahuluan untuk menarik perhatian siswa dengan cara bernyanyi, dengan begitu siswa menjadi antusias dan bersemangat.
Kemudian dalam penyempaian materi sudah cukup baik karena menggunakan media yang mudah dipahami oleh siswa.
Guru juga telah mengetahui jenis – jenis metode membaca permulaan sehingga guru juga pasti sudah dapat menentukan metode yang tepat untuk siswa.
Selain itu, ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam video tersebut,
– Kelebihan :
Guru menggunakan media pembelajaran yaitu gambar ayah ibu dan mengajak siswa mengeja kata ayah ibu serta menyusun kata ayah ibu dengan kartu kosa kata.
– Kekurangan :
Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran yaitu do’a dan memberi salam
Nama : TIARA KHOIRUNNISA
Nim : 857101578
Semester : 6
Pokjar : Pakisjaya
Menurut saya Kelebihan Video ialah metode pembelajaran yang digunakan sangat bagus, dengan menggunakan metode sas sehingga menjadikan video sangat kreatif.
Kekurangannya : Guru tidak melakukan apersepsi terlebih dahulu sebaiknya guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di pelajari terlebih dahulu, didalam video terlihat anak anak masih kurang bersemangat, mungkin disebabkan karena penggunaan 1 media saja yaitu media gambar, lebih bagus menggunakan media nyata agar anak anak lebih terkesan antusias.
Hal unik yang terlihat dalam video tersebut yaitu cara mengajar yang digunakan sangat memudahkan siswa untuk lebih memahami pelajaran terutama dikelas rendah ini sangat bermanfaat sekali untuk dijadikan referensi praktik mengajar kelas rendah.
Terimakasih 🙂
NAMA : THERESIA CHANDRA WINARTI
NIM : 856970297
PRODI : S1-PGSD
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR : KALIREJO
Setelah saya melihat video tentang kesulitan membaca pada anak di sekolah dasar terutama di kelas rendah saya dapat menyimpulkan bahwa seorang guru harus dapat mencari dahulu apa penyebab kesulitan membaca pada anak. Setelah guru menemukan apa penyebabnya kemudian guru dapat mencari solusi apa yang akan digunakan untuk mengatasi kesulitan membaca pada anak tesebut. Solusi yang digunakan untuk mengatasi kesulitan membaca pada anak haarus disesuaikan dengan kondisi anak itu sendiri. seperti halnya dengan video diatas, dalam video tersebut ibu guru sudah menerapkan atau menggunakan cara yang menurut saya efektif karena ibu guru tersebut menggunakan gambar dan huruf untuk mengajarkan kepada anak agar lebih mudah ditangkap dan tentunya memudahkan anak untuk belajar membaca. Selain dengan tulisan bergambar ibu guru tersebut juga menggunakan potongan-potongan tulisan untuk disusun.
Demikianlah sedikit komentar dari saya semoga video tersebut juga dapat menginspirasi kita semua untuk menjadi guru yang lebih akif dan kreatif. Terimakasih
Nama : Tiadora Mahdalena Ginting
NIM : 859868509
PRODI : S1 PGSD BI
UPBJJ : MEDAN
POKJAR : 1 MEDAN
setelah menonton video tersebut guru sudah menguasai tehnik – tehnik dalam pengajaran. Anak anak antusias mendengarkan guru dalam mengajar, di awal pembelajaran anak anak sudah di buat gembira dengan bernyanyi. Suasana kelas sangat natural ( atau tidak di buat- buat ). Guru tersebut mengajar dengan metode gambar dan alat peraga. Saya sangat menyukainya dan guru juga harus mengetahui jenis – jenis metode membaca permulaan adalah ;
1. metode abjad
2. metode eja
3. metode suku kata
4. metode kata
5. metode kalimat
6. metode sas
Untuk keseluruhan vidio sudah bagus.
Sekian dan terimakasih
Setelah Saya melihat Vidio ini ada kelebihan dan juga kekurangan nya
Kelebihan nya yaitu :
1. Guru memakai media gambar
2. Guru melakukan Sesi Hiburan Seperti Bernyanyi bersama-sama
3. Guru melakukan tanya jawab
Kekurangan nya yaitu :
1. Tidak ada nya Literasi tegur sapa, salam, doa dan Absensi
2. Fokus menjelaskan kepada beberapa siswa saja
3. Tidak ada memanggil siswa yang kurang mampu membaca untuk memperaktekan nya didepan kelas
Nama : PUTRI
NIM : 856024996
UPBJJ : medan
Pokjar : Sei balai
Menurut saya metode maupun media yang di gunakan oleh guru dalam pembelajaran pada vidio di atas sudah sangat bagus, membuat seluruh siswa dapat merespons materi dengan baik dan mudah di pahami oleh siswa, dari media yang di gunakan dapat menarik perhatian siswa untuk ber antusias untuk mengikuti pembelajaran dengan baik dan aktif,
Setelah saya melihat vidio ini ada kelebihan dan kekurangan nya.
Kelebihan nya yaitu :
1. Guru memakai media gambar
2. Guru melakukan sesi hiburan seperti bernyanyi bersama-sama
3. Guru melakukan tanya jawab
Kekurangan nya yaitu :
1. Tidak ada nya literasi tegur sapa, salam, doa dan absensi
2 Fokus menjelaskan kepada beberapa siswa saja
3. Tidak ada memanggil siswa yang kurang mampu membaca untuk mempraktekan nya di depan kelas