Similar Posts
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Pengenalan Tanda Birama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menjelaskan tentang bagaimana sebaiknya guru memperkenalkan tanda birama kepada anak didiknya. Pada umumnya tanda birama dijelaskan terbatas hanya sebagai teori saja, guru menjelaskan tanda birama hanya nama, jenis, dan pengertiannya (dalam bentuk verbal). Seharusnya komponen musik ini diperkenalkan langsung dalam nuansa musik itu…
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Mar’atul Kamila
NIM : 856990038
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ UT : Bandar Lampung
Pokjar : Rumbia
Judul video : kesulitan membaca huruf suku kata, kata dan kalimat.
Didalam video tersebut dapat di simpulkan bahwa guru yang mengajarkan huruf, membaca kata dengan baik kepada murid. Ibu guru sudah memberikan apersepsi dengan baik yaitu :
1. menyajikan lagu “pergi belajar” , secara bersama-sama dengan tujuan memberi semangat dan memastikan jika peserta didik sudah siap dalam pembelajaran.
2. Penyampaian materi serta cara mengajar guru sudah bagus dan jelas.
3. Penggunaan media gambar alangkah baiknya digunakan secara lebih variatif, agar anak lebih cepat mudah dan memahami isi dari gambar tersebut .
Alangkah baniknya jika media yang digunakan ditambah dan bervariasi dan di bagikan kepada anak di setiap meja. Dan pada setiap anak membaca media yang dipegangnya bisa terlihat dimana kesulitan setiap anak saat membaca.
Pada tahap pembelajaran untuk mengenal huruf memiliki proses dan kesabaran, sehingga kita sebagai guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi.
Kesulitan atau permasalahan dalam membaca permulaan yaitu:
1. Anak malas
2. Anak mudah bosan
3. Pembelajaran menjadi lambat
4. Tidak ada media pembelajaran
Kesulitan atau permasalahan dalam membaca permulaan bisa di atasi guru, yaitu dengan cara terus memberikan motivasi dan bimbingan kepada anak yang masih belum bisa menulis dan membaca, yaitu dengan memegang tangan anak membantunya menulis huruf dan dengan sentuhan guru supaya anak mau terus belajar menulis dan membaca. Guru pun harus lebih bisa menciptakan suasana kelas semenarik mungkin untuk membangkitkan rasa semangat siswa dalam belajar.
Kelebihan dari video tersebut :
– untuk meningkatkan semangat belajar siswa, guru mengajak siswa menyanyikan sebuah lagu yang berjudul pergi kesekolah. Guru juga bisa menyambungkan sebuah lagu tersebut dengan pokok bahasan yang mau di pelajari. Seperti menanyakan tentang keluarga .
– guru menggunakan metode pembelajaran dan Melakukan pembelajaran dengan menggunakan media gambar.
Dengan menggunakan media siswa dapat dengan mudah memahami pembelajaran yang disampaikan guru tersebut.
– sistem pembelajaran guru yang digunakan dalam video tersebut dengan menggunakan metode yang bervariasi sehingga siswa bisa memahami tujuan pembelajaran dengan baik dan guru bisa berinteraksi dengan baik kepada siswa.
– Dapat melakukan interaksi tanya jawab kepada siswa. Guru tersebut juga memastikan siswa mengenal huruf abjad dan mengajak siswa belajar membaca dengan menggunakan kartu kata.
Kekurangan Didalam video Tersebut :
– Guru tidak melakukan apresepsi dalam mengawali pembelajaran, seperti memberi salam, menanyakan kabar, mengecek kehadiran siswa, berdoa, dan guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran.
– Banyak murid yang tidak fokus dalam pembelajaran.
– menggunakan media gambar yang berwarna, agar lebih menarik lagi dan Seharusnya guru tersebut mengulang suku kata beberapa kali agar siswa siswa mengeja bacaan dengan tepat dan dapat membaca dengan lancar
– guru tidak melakukan kesimpulan setelah mengakhiri pembelajaran.
NIM : 859875647
PRODI : PGSD S1
UPBJJ : SIANTAR-SIMALUNGUN
Setelah saya melihat vidio ini ada kelebihan dan juga kekurangan nya
Kelebihan nya yaitu :
1. Guru memakai media gambar
2. Guru melakukan sesi hiburan seperti bernyanyi bersama-sama
3. Guru melakukan tanya jawab
Kekurangan nya yaitu :
1. Tidak ada nya literasi tegur sapa, salam, doa da absensi
2 Fokus menjelaskan kepada beberapa siswa saja
3. Tidak memanggil siswa yang kurang mampu membaca untuk mempraktekan nya di depan kelas
Nama : Maslinar Ritonga
Nim : 859878176
Setelah menyaksikam Vidio pembelajaran tersebut Menurut saya,sudah bagus sudah ckup baik,yaitu diawal giri berusaha membangkitkan semangat siswa dengan cara mengajak nernyayi bersama, kemudian terlihat juga guru tersebut berusaha sabar dan aktif dalam menjelaskan,namun ada juga kekurangannya yaitu diawal guru tidak mengajak siswa untuk ber doa terlwbih dahulu, dan metode yang di jarkan jugaenurit saya kurang bervariasi,terima kasih
Nama : Syifa Lutfiana Pangestu
NIM : 856991283
PokJar : Sidomulyo
Prodi : PGSD-S1
Semester/Kelas : 6/C
Menurut saya awal pembelajaran yang diberikan guru kepada murid sudah bagus karena memberikan rangsangan yang menarik dengan menyanyi lagu anak-anak.
Dalam mengahadapi anak yang kesulitan membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat kita harus pandai dalam mengolah karakter dan metode belajar anak, karena setiap anak memiliki pola belajar nya masing-masing. Namun untuk menarik perhatian siswa/siswi mereka lebih cenderung ke gambar atau warna yang menarik, seperti video di atas.
Menurut pendapat saya, guru harus memilih abjad atau huruf yang berwarna warni agar lebih menarik, lalu memberikan tulisan berserta gambar yang berwarna agar lebih bersemangat. Jika mereka sudah mulai hafal dengan huruf kita bisa berikan dua suku kata untuk belajar dengan kemampuan anak. Guru harus memberikan semangat agar anak lebih termotivasi untuk membaca. Dan kita harus melihat kondisi anak, jangan di paksa karena faktor umur juga dapat mempengaruhi dengan kemampuan otak.
Namun di sini tidak hanya peran guru saja yang di manfaatkan, peran orang tua di rumah harus lebih rajin untuk membimbing anak nya belajar membaca di rumah.
Karena yang saya temukan beberapa orang tua tidak peduli dengan keadaan anak-anaknya di sekolah meskipun guru sudah memberikan informasi keadaan anaknya.
Dan ini perlu kerja yang lebih antara orang tua dan guru. Terima kasih
Nama : Dawik Sulistyowati
Nim : 858890281
Prodi : S1-PGSD
Setelah saya menonton video diatas, menurut saya pembelajaran yang diberikan sudah baik, pada saat kegiatan awal guru mampu menarik perhatian siswa dengan mengajak bernyayi bersama-sama sehingga siswa siap untuk melaksanakan pembelajaran, guru juga terlihat antusias dan memberikan perhatian kepada seluruh siawa. Namun ada beberapa siswa yang tidak fokus selama pembelajaran berlangsung. Guru haruslah memastikan siswa mengenal huruf abjad terlebih dahulu dengan mengajarkan tentang huruf vokal dan konsonan, dan dalam penggunaan media gambar memang sangat membantu namun tidak jarang siswa hanya menebak dari gambar dan tidak benar-benar paham dengan keterangan huruf dibawah/samping dan gambar dapat dibuat lebih menarik dengan diberi warna.
Demikian tanggapan dari saya terima kasih
Nama : Muslikhun
NIM : 857751156
Pokjar : Kaliwungu
Jurusan : PGSD S1 BI (119)
Menurut saya dari video tersebut sudah bagus dari awal sudah dimulai dengan mengajak anak-anak bernyanyi yang sesuai dengan tema yang diajarkan pada saat itu, yaitu mengenal anggota keluarga.
1. Dengan media yang diajarkan oleh guru tersebut anak lebih memahami huruf/kata yang sesui dengan gambar yang bersifat nyata terlihat.
2. Mudah diingat anak dengan bantuan media gambar tersebut.
3. Media tersebut mudah didapat.
Kelemahan :
1. Hanya menekankan pada persepsi indra mata yang terlihat dengan mata.
2. Gambar yang kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran.
Solusi :
Media gambar yang digunakan mengunakan gambar yang berwarna untuk menarikmperhatian anak. Pembelajaran dapat dilaksanakan secara berurutan. Contohnya dimulai dengan bercerita, menyanyi, atau tanya jawab tentang anggota keluarga. Ketika pembelajaran sudah sampai pada kegiatan kemampuan membaca siswa, guru dapat menggunakan metode bermain kartu kata dan kegiatan penutup dengan refleksi pengulangan yang telah diajarkan pada hari ini, agar anak mampu mengingat kembali apa saja yang telah dipelajari hari ini.
Nama :LIDIA WATI
Nim : 859877174
Semester : II PGSD BI
Pokjar : Siantar-Simalungun
Assalamualaikum wr.wb
Menurut pendapat saya dari video diatas sudah bagus gurunya menyampaikan materi dengan menyanyikan lagu , supaya tau mengenal huruf ,dan memberikan media gambar yang ada bacaannya agar siswa tau mengenal huruf . Tapi ada juga guru masih mengalami kesulitan dalam mengajar membaca permulaan karena masih ada siswa yang tidak mengenal huruf. Guru sudah memberikan media gambar agar siswa tahu mengenal huruf dan guru juga harus memberikan metode bervariasi pada proses pembelajar agar siswa tidak merasa bosan.
Ini pendapat dari saya
Wasalamualaikum wr.wb
Nama : Kiki Rizki Amalia
NIM : 856068592
UPBJJ : Medan
Pokjar : Asahan
Menurut saya video diatas cukup baik karena guru membuka pelajaran dengan semangat dan gembira dengan cara mengajak anak-anak bernyanyi, media gambar yang digunakan juga cukup membantu anak dalam proses belajar .
Kekurangan nya : guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti salam, berdoa dan mengecek kehadiran. Gunakan metode yang kreatif sehingga anak-anak tidak cepat bosan dalam melakukan proses belajar mengajar.
Nama : Meilida Fa’runisa
Nim : 857694998
UPBJJ : Semarang
Pokjar / smt : Boja / smt 6
Assalamualaikum. Setelah menyimak video tersebut, hal yang dapat saya simpulkan mengenai pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam video mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam pembelajarannya. Kelebihan dan kekurangan tersebut, antara lain :
* Kelebihan :
– Guru mengawali pembelajaran dengan menyanyi yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat siswa sebelum mulai pembelajaran.
– Setelah itu, terlihat guru juga melakukan penjelasan kepada siswa mengenai hal apa yang akan dipelajari sehingga siswa tertarik dengan pembelajaran di hari tersebut.
– Guru dengan baik menggunakan media sebagai bahan pembelajaran, hal ini bertujuan supaya siswa lebih paham dengan materi yang disampaikan oleh guru.
* Kekurangan :
Dalam pembelajaran tersebut, guru tidak terlihat melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti mengucapkan salam, berdo’a dan mengecek kehadiran siswa. Jika berhubungan dengan media yang digunakan, maka kekurangan dari media tersebut yaitu terkadang ada beberapa siswa yang kurang fokus dengan penjelasan guru. Oleh karena itu, sebagai seorang guru kita seharusnya mempunyai banyak ide kreatif dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran agar siswa tidak mudah bosan dan terus semangat belajar.
Nama: SRI LESTARI
Nim:856047109
Pokjar: Langkat
Prodi:S1_PGSD
Semester:6
Menurut hasil analisis saya setelah menonton video tersebut adalah sebagai berikut
1.pada awal pembelajaran sudah bagus karena guru tersebut memberikan es breaking terlebih dahulu yaitu dengan cara bernyanyi bersama siswa
kelemahan dari video tersebut adalah guru kurang memotivasi siswa sehingga terlihat siswa kurang aktif dalam belajar
3.kelebihan guru dalam menyampaikan pembelajaran sudah baik karena guru menggunakan alat peraga gambar sederhana tentang anggota keluarga yaitu ayah dan ibu
4.hal unik yang saya temukan dari video tersebut adalah guru menggunakan gambar anggota keluarga sebagai media pembelajaran
5.upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya adalah guru harus meningkatkan lagi memotivasi siswa agar siswa lebih semangat lagi ketika belajar.ketika menggunakan media atau alat peraga gambar sebaiknya menggunakan gambar-gambar yang berwarna agar siswa tarik melihat dan membacanya.