Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,657 Comments

  1. Nama : VINA AYU KOMARIANA
    NIM : 858901599
    Pokjar : Wuluhan
    Upbjj : Jember
    Prodi : PGSD

    Setelah menyimak video pembeljaran di atas, menurut saya pembeljaran yang dilakukan oleh guru tersebut masuk kategori bagus, dan setelah saya analisa di dalam video pembelajaran tersebut ternyata ada kelebihan dan kekurangan yang akan saya jelaskan berikut ini.

    Kelebihan :
    a.) siswa diajak menyanyikan lagu bersama-sama agar pembelajaran semakin menyenangkan.
    b.) guru menggunakan media gambar dengan baik agar siswa mudah memahami apa yang dipelajari.
    c.) guru juga memberikan media huruf satu persatu agar siswa dapat lebih memahami dan mengerti tentang
    huruf abjad dan membaca, yang dimana hal ini sangat berguna untuk siswa kelas rendah.

    Kekurangan :
    a.) dalam video pembelajaran tersebut tidak ada kegiatan awal dalam proses pembelajaran seperti:
    * Salam pembuka.
    * Berdo’a sebelum memulai pembelajaran.
    * menyapa murid dan menanyakan kabar.
    * melakukan pengecekan daftar hadir murid.
    * memberikan games agar anak-anak lebih semangat sebelum memulai pembelajaran .
    * memberikan motivasi kepada siswa.
    b.) Peserta didik kurang fokus dalam memperhatikan guru, sehingga konsentrasi dalam menangkap
    pembelajaran rendah.
    c.) Metode yang digunakan guru kurang menarik dalam proses pembelajaran, sehingga membuat murid
    mudah bosan.

  2. Nama : Fijannatin Aliyah
    NIM : 857697241
    Prodi : S1 PGSD – Semester 6
    Pokjar : Kedungwuni

    1. Guru tidak memulai pembelajaran dengan salam pembuka, dan berdo’a
    2. Tidak mengabsen dan menanyakan kabar peserta didik.
    3. Tidak terdapat salam penutup dan tanya jawab mengenai pembelajaran tersebut

    Secara keseluruhan apa kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran?
    1. Menggunakan media belajar berupa gambar sehingga mudah dipahami oleh peserta didik
    2. Penjelasan pembelajaran kepada peserta didik sangat menyenangkan
    3. Ada nyanyiannya, membuat peserta didik lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dengan senang

    Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    1. Metode pembelajaran yang interaktif, digunakan untuk mengatasi masalah peserta didik yang sulit membaca dan peserta didik yang belum mengenal huruf.
    2. Terdapat media gambar yang mempermudah pembelajaran.
    3. Ada ketertarikan peserta didik terhadap media dan metode yang diberikan guru.

    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan guru yang ditampilkan dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    1. Sebelum pembelajaran Guru harus memulai kegiatan pembelajaran dengan salam, ber do’a, meng absen, menanyakan kabar dan literasi.
    2. Guru lebih memberi perhatian khusus terhadap peserta didik yang belum paham dan yang belum bisa mengenal huruf serta meng eja.
    3. Memberikan sesi tanya jawab terhadap peserta didik agar guru paham mana peserta didik yang belum memahami materi yang diberikan
    4. Menutup kegiatan pembelajaran dengan salam penutup dan bila perlu memberi PR terhadap peserta didik.

  3. Nama : Alkhoiriyatur Raudiyatul Jannah
    N I M : 858907281
    Prodi : S1 PGSD Jember Pokjar Kalisat Semester 6

    Kelebihan Metode Mengajar di Video ini :
    1. Pendahuluannya dengan menyanyi bersama sehingga cukup menyenangkan bagi siswa
    2. Metode pembelajarannya sudah baik dengan menggunakan berbagai media pembelajaran sehingga siswa lebih mudah dalam memahami pelajaran
    3. Pembelajaran dilakukan berjenjang disesuaikan dengan tingkat pemahaman masing-masing siswa. Contoh : 1. Mengenalkan huruf
    2. Mengenalkan suku kata dll

    Kekurangannya :
    1. Pendahuluan tidak diawali dengan mengucapkan salam, berdoa dan mengabsen kehadiran siswa
    2. Pada kegiatan inti, penyampaian guru perlu memperhatikan sisi psikologis siswa ketika guru mengenalkan istilah ayah dan ibu. Pada video ini, ibu guru bertanya pada siswa, siapa di rumahnya yang punya ibu dan ayah ? Seharusnya pertanyaan ini harus ditelaah ulang. Bisa saja ada siswa yang sudah yatim, ada yang yatim piatu ataupun ada siswa berasal dari keluarga yang broken home. Maka pertanyaan sang guru tentunya akan membuat siswa tersebut merasa sedih.

  4. Nama : Diana Maulidya
    NIM : 857763509
    Prodi : PGSD-S1
    Pokjar : Kab. Pekalongan
    UPBJJ : Semarang
    Semester : 2
    Dosen PKP : Pak Ismail

    Izin memberi tanggapan ya teman-teman mahasiswa.🙏🏻
    Setelah melihat video pembelajaran tersebut, ada banyak sekali ilmu yang saya dapatkan. Dalam video tersebut sebenarnya sudah bagus akan tetapi pasti ada kelebihan dan kekuranganya. Sehingga bisa saya simpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan dalam video tersebut.
    Kelebihan yang ada di dalam video itu adalah:
    1. Guru membawa pembelajaran dengan pembawaan yang tenang dan public speaking yang bagus
    2. Siswa begitu tenang, rapi dan tidak terlihat gaduh
    3. Menggunakan media yang sesuai materi pembelajaran
    4. Dikreasikan dengan sebuah lagu untuk memusatkan perhatian siswa dan menambah semangat siswa dalam belajar di kelas
    5. Guru memberikan kalimat apresiasi yang baik, contoh “pintar semuanya yah” “iya bagus”

    Sedangkan kekurangannya sebegai berikut :
    1. Di dalam video tersebut tidak nampak guru sedang menyampaikan salam pembuka dan penutup do’a sebelum mulai pelajaran, absensi siswa agar menggugah semangat siswanya
    2. Tidak memberikan kesempatan siswa untuk maju ke depan menyampaikan pendapatnya atau bertanya jawab
    3. Siswa cenderung pasif karena hanya duduk saja di kursi
    4. Ada beberapa siswa yang nampak kurang bersemangat dan ada juga yang bosan

    ✏️Saran saya walaupun gurunya sudah memiliki public speaking dengan baik tapi siswanya harus diajak lebih ceria lagi, selalu senyum sapa siswanya agar lebih bersemangat. Ajaklah anak untuk bergerak tidak hanya duduk di kursi terus. Karena untuk mengakrabkan sesama siswa lain. Mungkin media pembelajaran bisa divariasikan dengan media lain agar lebih menarik minat siswa, jangan lupa beri ice breaking agar siswa tidak mudah bosan.

    Cukup sekian dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf apabila ada tutur kata yg kurang berkenan, terima kasih atas perhatiannya.
    Wassalamualaikum wr. wb.🙏🏻

  5. Nama : PHUAN NURUL FADILA
    NIM : 852028037
    PROGAM STUDI : PGSD – S1
    UPBJJ : MEDAN
    Berdasarkan video pembelajaran yang telah saya tonton dan amati yang berjudul “pembelajaran kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat” permasalahan atau kesulitan yang di alami oleh guru saat mengajar dikelas rendah memang hampir sama yaitu masih kesulitan untuk membaca huruf, suku kata, kata, dan kata menjadi kalimat.
    Belajar dari pengalaman saya sebagai guru juga selalu menemukan kesulitan membaca permulaan bagi anak kelas rendah khusunya kelas 1 SD. Kasus tersebut hampir sama dengan pengalaman yang saya temui disekolah saya, dimana anak-anak masih ada yang kurang fokus dalam belajar, ada yang cepat sekali menyerap dan mampu merangkai setiap kalimat dengan baik.
    Dilihat dari video pembelajaran tersebut, guru tersebut sudah mengajar dan menyampaikan materi dengan cara yang menarik seperti menggunakan media gambar dan kartu kata.
    Yang menjadi kelebihannya adalah:
    1. Guru mengawali Pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bernyanyi
    2. Setelah selesai bernyanyi guru menstimulus siswa sebelum menyampaikan materi pembelajaran melalui lirik lagu yang dinyanyikan.
    3. Guru menggunakan metode yang cukup dan menarik dengan media menggunakan media gambar pada pembelajaran yang disampaikan
    4. Setelah melakukan oenjelasan guru mendekati siswa dengan menguji batasa kemampuan siswa
    5. Untuk memupuk semangat siswa, guru mengajak siswa untuk bernyanyi bersama yang disertai dengann gerakan tepuk tangan.

    Yang menjadi kelemahannya adalah:
    1.guru tidak melakukan kegiatan awal seperti, salam pembuka ,doa pembuka, mengabsen siswa Dan menanyakan kabar siswa.
    2.murid banyak yang tidak fokus
    3.guru tidak menguasai kelas sehingga banyak anak-anak yang kelihatan kurang semangat.
    4. Guru kurang memperhatikan siswa yang kurang semangat saat bernyanyi atau belajar.
    5. Ada beberapa siswa yang tidak konsentrasi atau fokus pada saat sedang belajar.
    6.Media yang digunakan bagus, akan tetapi kurang menarik karena media yang digunakan kurang cerah atau tidak berwarna.

  6. Nama : PHUAN NURUL FADILA
    NIM : 852028037
    PROGAM STUDI : PGSD – S1
    UPBJJ : MEDAN
    Berdasarkan video pembelajaran yang telah saya tonton dan amati yang berjudul “pembelajaran kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat” permasalahan atau kesulitan yang di alami oleh guru saat mengajar dikelas rendah memang hampir sama yaitu masih kesulitan untuk membaca huruf, suku kata, kata, dan kata menjadi kalimat.
    Belajar dari pengalaman saya sebagai guru juga selalu menemukan kesulitan membaca permulaan bagi anak kelas rendah khusunya kelas 1 SD. Kasus tersebut hampir sama dengan pengalaman yang saya temui disekolah saya, dimana anak-anak masih ada yang kurang fokus dalam belajar, ada yang cepat sekali menyerap dan mampu merangkai setiap kalimat dengan baik.
    Dilihat dari video pembelajaran tersebut, guru tersebut sudah mengajar dan menyampaikan materi dengan cara yang menarik seperti menggunakan media gambar dan kartu kata.
    Yang menjadi kelebihannya adalah:
    1. Guru mengawali Pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bernyanyi
    2. Setelah selesai bernyanyi guru menstimulus siswa sebelum menyampaikan materi pembelajaran melalui lirik lagu yang dinyanyikan.
    3. Guru menggunakan metode yang cukup dan menarik dengan media menggunakan media gambar pada pembelajaran yang disampaikan
    4. Setelah melakukan oenjelasan guru mendekati siswa dengan menguji batasa kemampuan siswa
    5. Untuk memupuk semangat siswa, guru mengajak siswa untuk bernyanyi bersama yang disertai dengann gerakan tepuk tangan.

    Yang menjadi kelemahannya adalah:
    1.guru tidak melakukan kegiatan awal seperti, salam pembuka ,doa pembuka, mengabsen siswa Dan menanyakan kabar siswa.
    2.murid banyak yang tidak fokus
    3.guru tidak menguasai kelas sehingga banyak anak-anak yang kelihatan kurang semangat.
    4. Guru kurang memperhatikan siswa yang kurang semangat saat bernyanyi atau belajar.
    5. Ada beberapa siswa yang tidak konsentrasi atau fokus pada saat sedang belajar.
    6.Media yang digunakan bagus, akan tetapi kurang menarik karena media yang digunakan kurang cerah atau tidak berwarna.

  7. Nama : PHUAN NURUL FADILA
    NIM : 852028037
    PROGAM STUDI : PGSD – S1
    UPBJJ : MEDAN
    Berdasarkan video pembelajaran yang telah saya tonton dan amati yang berjudul “pembelajaran kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat” permasalahan atau kesulitan yang di alami oleh guru saat mengajar dikelas rendah memang hampir sama yaitu masih kesulitan untuk membaca huruf, suku kata, kata, dan kata menjadi kalimat.
    Belajar dari pengalaman saya sebagai guru juga selalu menemukan kesulitan membaca permulaan bagi anak kelas rendah khusunya kelas 1 SD. Kasus tersebut hampir sama dengan pengalaman yang saya temui disekolah saya, dimana anak-anak masih ada yang kurang fokus dalam belajar, ada yang cepat sekali menyerap dan mampu merangkai setiap kalimat dengan baik.
    Dilihat dari video pembelajaran tersebut, guru tersebut sudah mengajar dan menyampaikan materi dengan cara yang menarik seperti menggunakan media gambar dan kartu kata.
    Yang menjadi kelebihannya adalah:
    1. Guru mengawali Pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bernyanyi
    2. Setelah selesai bernyanyi guru menstimulus siswa sebelum menyampaikan materi pembelajaran melalui lirik lagu yang dinyanyikan.
    3. Guru menggunakan metode yang cukup dan menarik dengan media menggunakan media gambar pada pembelajaran yang disampaikan
    4. Setelah melakukan oenjelasan guru mendekati siswa dengan menguji batasa kemampuan siswa
    5. Untuk memupuk semangat siswa, guru mengajak siswa untuk bernyanyi bersama yang disertai dengann gerakan tepuk tangan.
    Yang menjadi kelemahannya adalah:
    1.guru tidak melakukan kegiatan awal seperti, salam pembuka ,doa pembuka, mengabsen siswa Dan menanyakan kabar siswa.
    2.murid banyak yang tidak fokus
    3.guru tidak menguasai kelas sehingga banyak anak-anak yang kelihatan kurang semangat.
    4. Guru kurang memperhatikan siswa yang kurang semangat saat bernyanyi atau belajar.
    5. Ada beberapa siswa yang tidak konsentrasi atau fokus pada saat sedang belajar.
    6.Media yang digunakan bagus, akan tetapi kurang menarik karena media yang digunakan kurang cerah atau tidak berwarna.

  8. Nama : PHUAN NURUL FADILA
    NIM : 856028037
    PROGAM STUDI : PGSD – S1
    UPBJJ : MEDAN
    Berdasarkan video pembelajaran yang telah saya tonton dan amati yang berjudul “pembelajaran kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat” permasalahan atau kesulitan yang di alami oleh guru saat mengajar dikelas rendah memang hampir sama yaitu masih kesulitan untuk membaca huruf, suku kata, kata, dan kata menjadi kalimat.
    Belajar dari pengalaman saya sebagai guru juga selalu menemukan kesulitan membaca permulaan bagi anak kelas rendah khusunya kelas 1 SD. Kasus tersebut hampir sama dengan pengalaman yang saya temui disekolah saya, dimana anak-anak masih ada yang kurang fokus dalam belajar, ada yang cepat sekali menyerap dan mampu merangkai setiap kalimat dengan baik.
    Dilihat dari video pembelajaran tersebut, guru tersebut sudah mengajar dan menyampaikan materi dengan cara yang menarik seperti menggunakan media gambar dan kartu kata.
    Yang menjadi kelebihannya adalah:
    1. Guru mengawali Pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bernyanyi
    2. Setelah selesai bernyanyi guru menstimulus siswa sebelum menyampaikan materi pembelajaran melalui lirik lagu yang dinyanyikan.
    3. Guru menggunakan metode yang cukup dan menarik dengan media menggunakan media gambar pada pembelajaran yang disampaikan
    4. Setelah melakukan oenjelasan guru mendekati siswa dengan menguji batasa kemampuan siswa
    5. Untuk memupuk semangat siswa, guru mengajak siswa untuk bernyanyi bersama yang disertai dengann gerakan tepuk tangan.

    Yang menjadi kelemahannya adalah:
    1.guru tidak melakukan kegiatan awal seperti, salam pembuka ,doa pembuka, mengabsen siswa Dan menanyakan kabar siswa.
    2.murid banyak yang tidak fokus
    3.guru tidak menguasai kelas sehingga banyak anak-anak yang kelihatan kurang semangat.
    4. Guru kurang memperhatikan siswa yang kurang semangat saat bernyanyi atau belajar.
    5. Ada beberapa siswa yang tidak konsentrasi atau fokus pada saat sedang belajar.
    6.Media yang digunakan bagus, akan tetapi kurang menarik karena media yang digunakan kurang cerah atau tidak

  9. Nama : Iis Purwanti
    NIM : 859886363
    Prodi : S1 PGSD Bidang Ilmu
    Pokjar : Salut Permata Labura
    UPBJJ : Medan

    Setelah melihat vidio diatas, menurut saya guru tersebut mengawali pembelajaran mengajak siswa dengan cara bernyanyi dan bertepuk tangan sehingga siswa menjadi semangat dan memperhatikan pembelajaran. Dan lagu yang digunakan terkait dengan pembelajaran dan disukai anak-anak. Dan metode yang digunakan cukup menarik dengan cara menggunakan metode gambar.
    Tetapi seharusnya sebelum mengawali pembelajaran dengan bernyanyi, guru harus berdoa terlebih dahulu dan mengecek kehadiran siswanya, sehingga guru tersebut dapat mengetahui kehadiran siswanya.

  10. NAMA : ARDILA YUS
    NIM : 856034291
    PRODI : S1-PGSD
    POKJAR : TANJUNGBALAI
    UPBJJ : MEDAN

    Setelah mengamati video tersebut, adapun hasil dari analisis saya dari segi kelebihan, kekurangan dan hal-hal yang menarik yang ada pada video tersebut.
    1. Kelebihan pada video
    *Terdapat pada suasana belajar yang menyenangkan, terlihat di awal video para peserta didik menyanyikan sebuah lagu”pergi ke sekolah”.
    * Penggunaan media pembelajaran yaitu dengan menggunakan media gambar.
    * Cara penyampaian materi yang diberikan sangat jelas kepada siswa.

    2. Kekurangan pada video
    * Pada awal pembelajaran guru tidak mengucap salam atau membaca doa bersama.
    * Guru tidak melakukan pengecekan kehadiran peserta didik serta guru tidak menanyakan kabar.
    * Tidak adanya penjelasan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan dari kegiatan pembelajaran yang akan disampaikan.
    * Dan yang terakhir tidak adanya penutupan di akhir pembelajaran.

    3. Hal-hal menarik pada video
    * Guru menciptakan strategi belajar yang kreatif sehingga peserta didik tidak bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
    * Media gambar yang dapat mempermudah para peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://central.nasrda.gov.ng/
https://aenfis.com/cloud/bandarqq/https://aenfis.com/cloud/pkvgames/https://aenfis.com/cloud/dominoqq/
https://unm.edu.ni/old/pkvgames/https://unm.edu.ni/old/bandarqq/https://unm.edu.ni/old/dominoqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://cheersport.at/about-us/
https://sigarmas.com/backup/pkv-games/https://sigarmas.com/backup/bandarqq/https://sigarmas.com/backup/dominoqq/
https://www.spring.edu.sg/sci/pkv-games/https://www.spring.edu.sg/sci/bandarqq/https://www.spring.edu.sg/sci/dominoqq/
https://cecas.clemson.edu/mobile-lab/https://cecas.clemson.edu/ladnergroup/blog/water-jokes/https://cecas.clemson.edu/amic/https://science.clemson.edu/scinet/https://science.clemson.edu/systemsbiology/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/
https://gurupintar.ut.ac.id/
zeus slotmpo slotslot thailandslot gacorslot777