silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Nama: filda asima SITINJAK
    NIM:856026556
    Smstr: 6A
    Prodi: FKIP PGSD (S1)

    Judul video: “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat.”

    1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    – reaksi siswa pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sesuai video tersebut adalah ada sebagian siswa yang kurang konsentrasi dan terlihat bosan terhadap pembelajaran yang diberikan oleh guru, dan ada sebagian anak yang menyimak dengan baik penjelasan dari guru.

    2. Kelebihan yang ada dalam video pembelajaran?
    a. Guru mengawali pembelajaran dengan ice breaking yaitu bernyanyi bersama
    b. Guru melakukan stimulus sebelum menyampaikan materi
    c. Menggunakan media pembelajaran berupa gambar
    d. Melakukan pendekatan kepada siswa dengan menguji kemampuan siswa
    e. Bernyanyi dengan gerakan tepuk tangan untuk memupuk semangat siswa.

    3. Kelemahan yang ada pada video pembelajaran tersebut?
    a. Guru tidak memberikan salam pembuka dan berdoa
    b. Media pembelajaran yang digunakan tidak berwarna sehingga kurang menarik perhatian siswa.

    4. Hal-hal unik yang ditemukan pada video tersebut?
    – dengan kesulitan siswa dalam mengeja kata, guru memberikan media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mengeja tulisan dengan menggunakan gambar dan kartu kata.

    5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    a. Sebelum membuka pembelajaran guru harus memulai dengan memberi salam dan berdoa
    b. Memastikan anak mengenal huruf
    c. Mengenalkan anak pada huruf vokal dan konsonan
    d. Mengajak anak bermain kartu kata
    e. Mengajak anak membaca buku bergambar
    f. Memberikan dukungan dan Hadiah kepada siswa.

    >Upaya yang dapat dilakukan untuk meningatkan kualitas pembelajaran tersebut yakni :
    -sebaiknya guru tersebut mampu mengelompokkan siswa sesuai dengan kemampuannya, misalnya; posisi tempat duduk disesuaikan sedemikian rupa agar siswa nyaman.Seperti: Siswa yang terampil duduk di sebelah siswa yang pasif. Atau siswa yang suka bercerita diletakkan di sebelah siswa yang pendiam.
    -Agar tidak bosan untuk belajar, siswa diberi tugas untuk membuat kalimat sederhana dengan menggunakan kartu huruf kemudian membacanya secara bergantian.
    -sebaiknya Guru melakukan evaluasi, agar guru dapat mengetahui sejauh mana siswa mampu menyerap materi

  2. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Rika sari
    Nim : 856996995
    Semester : 6 (kelas B)
    Prodi : S1-PGSD
    Prokjar : Banjar agung
    UPBJJ : UT BANDAR LAMPUNG

    Judul video “Kesulitan membaca huruf,suku kata,kata dan kalimat”.

    1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran dilakukan guru ?
    Menurut pendapat saya reaksi pada kegiatan pembelajaran video tersebut mengacu pada reaksi siswa yang sangat menyimak dengan baik dari penjelasan seorang guru, dan sebagian pula ada siswa yang kurang konsentrasi dalam kegiatan pembelajaran tersebut .

    2. Kelebihan yang ada dalam video pembelajaran?
    1. Guru berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan dibedah di dalam kelas
    2. Guru Menjelaskan hal-hal yang abstrak dan memberikan penjelasan lebih realistis
    3. Guru Mengembangkan pikiran dan pendapat para siswa
    4. Guru Mampu menggambarkan dan dapat diulang-ulang bila perlu untuk mendapatkan kejelasan
    5. Guru mengawali pembelajaran dengan teks breaking yaitu bernyanyi bersama
    6. Guru melakukan stimulus sebelum menyampaikan materi
    7. Menggunakan media pembelajaran berupa gambar dan melakukan pendekatan kepada siswa dengan menguji kemampuan siswa
    8. Tidak pula mengambil alih selalu memberikan expresking dengan gerakan tepuk tangan untuk memupuk semangat siswa dalam kegiatan belajar

    3. Kelemahan yang ada pada video pembelajaran?
    1. Pada awal pembelajaran guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran yang menarik seperti kata sapaan dan berdoa dan melakukan absensi siswa yang hadir.
    2. Kurangnya memperhatikan siswa yang ada di kelas sehingga ada siswa yang bermain dan ada siswa yang belum bisa membaca huruf
    3. Dalam kegiatan pembelajaran harus ada kegiatan penduduknya. Karena kita sebagai guru harus memberikan kesimpulan dari pembelajaran yang disampaikan. Supaya siswa lebih mengingat pembelajaran disampaikan pada hari ini.

    3. Hal-hal yang unik ditemukan pada video tersebut?
    Menurut pendapat saya hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru memberikan materi pembelajaran menggunakan gambar dan kartu kata untuk mengeja tulisan dengan baik
    Akan tetapi masih saja ada siswa yang kesulitan dalam mengeja kata yang diberikan oleh guru dikarenakan kurangnya konsentrasi dari seorang siswa tersebut

    5. Upaya apa saja yang diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    1. Guru sebelum membuka pembelajaran harus memulai dengan memberi salam sapaan,doa dan cek absensi kehadiran siswa
    2. Memastikan siswa untuk siap belajar untuk mengenal huruf
    3. Mengenalkan pada huruf vokal dan konsonan
    4. Memberikan ice breaking yang sangat menarik supaya anak lebih semangat untuk belajar kembali
    5. Mengajak anak bermain kartu kata dan membaca buku yang ada gambarnya agar lebih menarik lagi dan memberikan motivasi semangat untuk belajar bisa juga berupa reward atau hadiah lainnya
    6 terakhir memberikan sesi tanya jawab terhadap peserta didik agar guru paham mana peserta didik yang belum memahami materi yang diberikan dan tidak pula memberikan kesimpulan.
    7. Terakhir menutup kegiatan pembelajaran dengan salam dan bila perlu memberikan PR terhadap peserta didik agar mereka selalu belajar di rumah

    Sekian itu saja yang dapat saya sampaikan atas perhatian Bapak ibu saya ucapkan terima kasih 🙏
    Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

  3. Nama : Rika sari

    Nim : 856996995

    Semester : 6 (kelas B)

    Prodi : S1-PGSD

    Prokjar : Banjar agung

    UPBJJ : UT BANDAR LAMPUNG

    Judul video “Kesulitan membaca huruf,suku kata,kata dan kalimat”.

    1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran dilakukan guru ?

    Menurut pendapat saya reaksi pada kegiatan pembelajaran video tersebut mengacu pada reaksi siswa yang sangat menyimak dengan baik dari penjelasan seorang guru, dan sebagian pula ada siswa yang kurang konsentrasi dalam kegiatan pembelajaran tersebut .

    2. Kelebihan yang ada dalam video pembelajaran?

    1. Guru berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan dibedah di dalam kelas
    2. Guru Menjelaskan hal-hal yang abstrak dan memberikan penjelasan lebih realistis
    3. Guru Mengembangkan pikiran dan pendapat para siswa
    4. Guru Mampu menggambarkan dan dapat diulang-ulang bila perlu untuk mendapatkan kejelasan
    5. Guru mengawali pembelajaran dengan teks breaking yaitu bernyanyi bersama
    6. Guru melakukan stimulus sebelum menyampaikan materi
    7. Menggunakan media pembelajaran berupa gambar dan melakukan pendekatan kepada siswa dengan menguji kemampuan siswa
    8. Tidak pula mengambil alih selalu memberikan expresking dengan gerakan tepuk tangan untuk memupuk semangat siswa dalam kegiatan belajar

    3. Kelemahan yang ada pada video pembelajaran?
    1. Pada awal pembelajaran guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran yang menarik seperti kata sapaan dan berdoa dan melakukan absensi siswa yang hadir.
    2. Kurangnya memperhatikan siswa yang ada di kelas sehingga ada siswa yang bermain dan ada siswa yang belum bisa membaca huruf
    3. Dalam kegiatan pembelajaran harus ada kegiatan penduduknya. Karena kita sebagai guru harus memberikan kesimpulan dari pembelajaran yang disampaikan. Supaya siswa lebih mengingat pembelajaran disampaikan pada hari ini.

    4. Hal-hal yang unik ditemukan pada video tersebut?
    Menurut pendapat saya hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru memberikan materi pembelajaran menggunakan gambar dan kartu kata untuk mengeja tulisan dengan baik
    Akan tetapi masih saja ada siswa yang kesulitan dalam mengeja kata yang diberikan oleh guru dikarenakan kurangnya konsentrasi dari seorang siswa tersebut

    5. Upaya apa saja yang diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    1. Guru sebelum membuka pembelajaran harus memulai dengan memberi salam sapaan,doa dan cek absensi kehadiran siswa
    2. Memastikan siswa untuk siap belajar untuk mengenal huruf
    3. Mengenalkan pada huruf vokal dan konsonan
    4. Memberikan ice breaking yang sangat menarik supaya anak lebih semangat untuk belajar kembali
    5. Mengajak anak bermain kartu kata dan membaca buku yang ada gambarnya agar lebih menarik lagi dan memberikan motivasi semangat untuk belajar bisa juga berupa reward atau hadiah lainnya
    6 terakhir memberikan sesi tanya jawab terhadap peserta didik agar guru paham mana peserta didik yang belum memahami materi yang diberikan dan tidak pula memberikan kesimpulan.
    7. Terakhir menutup kegiatan pembelajaran dengan salam dan bila perlu memberikan PR terhadap peserta didik agar mereka selalu belajar di rumah

    Sekian itu saja yang dapat saya sampaikan atas perhatian Bapak ibu saya ucapkan terima kasih 🙏

  4. Nama : Arif Setyawan
    NIM : 857701262
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Jepara
    UPBJJ : Semarang
    1. Judul
    Video pembelajaran 1 ini berjudul “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat.” yang
    saya tonton melalui web guru pintar online (GPO) berikut link video yang saya tonton
    https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/kesulitan-membaca-huruf-suku-kata-kata-dan-kalimat/
    2. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi siswa pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sesuai video tersebut adalah ada dari beberapa siswa yang kurang konsentrasi/fokus dan terlihat bosan terhadap pembelajaran yang diberikan oleh guru, dan ada sebagian anak yang menyimak dengan baik penjelasan dari guru.
    3. Kelebihan yang ada dalam video pembelajaran
    a. Guru mengawali pembelajaran dengan ice breaking yaitu bernyanyi bersama
    b. Guru melakukan stimulus sebelum menyampaikan materi
    c. Menggunakan media pembelajaran berupa gambar
    d. Melakukan pendekatan kepada siswa dengan menguji kemampuan siswa
    e. Bernyanyi dengan gerakan tepuk tangan untuk memupuk semangat siswa.
    4. Kelemahan yang ada pada video pembelajaran tersebut
    a. Guru tidak memberikan salam pembuka dan berdoa
    b. Media pembelajaran yang digunakan tidak berwarna sehingga kurang menarik perhatian siswa.
    5. Hal-hal unik yang ditemukan pada video tersebut
    Dengan kesulitan siswa dalam mengeja kata, guru memberikan media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mengeja tulisan dengan menggunakan gambar dan kartu kata.
    6. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya
    a. Sebelum membuka pembelajaran guru harus memulai dengan memberi salam dan berdoa
    b. Memastikan anak mengenal huruf
    c. Mengenalkan anak pada huruf vokal dan konsonan
    d. Mengajak anak bermain kartu kata
    e. Mengajak anak membaca buku bergambar
    f. Memberikan dukungan dan reward kepada siswa.

  5. Nama : Dian Inda
    Nim : 856713873
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ: Palembang
    judul vidio :” Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”
    assalamualaikum wr.wb izin menyampaikan pendapat.
    Setelah saya melihat Vidio pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi ( Kesulitan membaca disekolah Dasar).Pada video tersebut guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran (yaitu mengucapkan salam,berdo’a dan cek kehadiran siswa.Tetapi guru tersebut menurut saya sudah baik dalam kegiatan pembelajaran yaitu guru tersebut sudah cukup baik dalam menjelaskan proses pengejaan pada pembaca pemula.Media yang digunakan pun sangat familiar dan mudah dimengerti siswa tersebut.sehingga membuat siswa siswi tersebut begitu antusias dalam proses pembelajaran ,yakni guru tersebut menunjukkan media gambar ayah dan ibu dan membimbing siswa siswi tersebut untuk mengeja bacaan pada media pembelajaran tersebut,siswa siswi tersebut juga kelihatan penuh dengan konsentrasi dalam proses KBM

  6. Nama : Nur azizah lubis
    Nim : 859890775
    Upbjj: Medan
    Prodi : S1 PGSD

    Setelah saya menonton video diatas, bahwa guru memulai pembelajaran dengan Ice breaking bernyanyi. Hal ini menarik perhatian siswa untuk bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas.

    Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bahwa seperti anak kelas 1 tidak semua mereka mampu mengenal huruf, tidak semua diantara mereka mampu menyusun angka yang sama seperti yang divideo. Hal ini akan membuat mereka tidak bersemangat karna tidak mampu mengikutinya.

    Alangkah baiknya jika guru menulis di papan tulis beberapa huruf dalam 1 hari kemudian sama sama dibaca diulangi terus menerus sampai mereka kenal 2 atau 3 huruf perhari, ini akan memudahkan mereka untuk mengenal hurufnya, terlebih dalam video tersebut guru tidak menguasai kelas hingga murid yang lain kurang kondusif.

  7. Nama Zahara Ritonga nim 859891451 UPBJJ Medan Pokjar Rantau Prapat melihat dari video ini dapat disimpulkan bahwa guru kurang menguasai kelas sehingga anak anak terlihat kurang bersemangat untuk menerima pembelajaran dengan maksimal menurut saya sebaiknya guru itu harus mengajak anak untuk bersemangat sehingga proses belajar mengajar tercapai dengan baik.kalau metodenya sudah bagus dan baik .

  8. Perkenalkan Nama Saya Erlany Situmorang. Nim : 859893502

    Setelah mengamati video tersebut, adapun hasil dari analisis saya dari segi kelebihan, kekurangan dan hal-hal yang menarik yang ada pada video tersebut.
    1. Kelebihan pada video
    *Terdapat pada suasana belajar yang menyenangkan, terlihat di awal video para peserta didik menyanyikan sebuah lagu”pergi ke sekolah”.
    * Penggunaan media pembelajaran yaitu dengan menggunakan media gambar.
    * Cara penyampaian materi yang diberikan sangat jelas kepada siswa.

    2. Kekurangan pada video
    * Pada awal pembelajaran guru tidak mengucap salam atau membaca doa bersama.
    * Guru tidak melakukan pengecekan kehadiran peserta didik serta guru tidak menanyakan kabar.
    * Tidak adanya penjelasan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan dari kegiatan pembelajaran yang akan disampaikan.
    * Dan yang terakhir tidak adanya penutupan di akhir pembelajaran.

    3. Hal-hal menarik pada video
    * Guru menciptakan strategi belajar yang kreatif sehingga peserta didik tidak bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
    * Media gambar yang dapat mempermudah para peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran.

  9. Nama : Evi Zulita Sari
    NIM : 856989911
    Pokjar : Rumbia
    UPBJJ : UT BANDAR LAMPUNG

    Judul video: “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat.”

    1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    – reaksi siswa pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sesuai video tersebut adalah ada sebagian siswa yang kurang konsentrasi dan terlihat bosan terhadap pembelajaran yang diberikan oleh guru, dan ada sebagian anak yang menyimak dengan baik penjelasan dari guru.

    2. Kelebihan yang ada dalam video pembelajaran?
    a. Guru mengawali pembelajaran dengan ice breaking yaitu bernyanyi bersama
    b. Guru melakukan stimulus sebelum menyampaikan materi
    c. Menggunakan media pembelajaran berupa gambar
    d. Melakukan pendekatan kepada siswa dengan menguji kemampuan siswa
    e. Bernyanyi dengan gerakan tepuk tangan untuk memupuk semangat siswa.

    3. Kelemahan yang ada pada video pembelajaran tersebut?
    a. Guru tidak memberikan salam pembuka dan berdoa
    b. Media pembelajaran yang digunakan tidak berwarna sehingga kurang menarik perhatian siswa.

    4. Hal-hal unik yang ditemukan pada video tersebut?
    – dengan kesulitan siswa dalam mengeja kata, guru memberikan media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mengeja tulisan dengan menggunakan gambar dan kartu kata.

    5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    a. Sebelum membuka pembelajaran guru harus memulai dengan memberi salam dan berdoa
    b. Memastikan anak mengenal huruf
    c. Mengenalkan anak pada huruf vokal dan konsonan
    d. Mengajak anak bermain kartu kata
    e. Mengajak anak membaca buku bergambar
    f. Memberikan dukungan dan Hadiah kepada siswa.

  10. Nama : Rahma syahidah
    Nim : 857099038
    Pokjar : kalideres

    Dari video di atas tentang “kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat” menurut saya sudah cukup baik karena guru sudah semaksimal mungkin mengajar dengan baik, seperti diawali dengan menyanyi agar anak-anak pun bisa lebih semangat sebelum memulai pembelajaran, selain itu guru juga sudah baik dalam menjelaskan pengejaan pada pembaca pemula dan media yang digunakan nya pun sangat mudah di pahami oleh siswa siswi tersebut, yakni dengan menggunakan media gambar ayah dan Ibu lalu siswa siswi di suruh memilih huruf yang sama dengan yang ada di gambar tersebut. Namun masih ada beberapa kekurangan dari video pembelajaran di atas yaitu, guru tidak melakukan kegiatan awal seperti berdoa, mengabsen siswa siswi, menanyakan kabar siswa siswi.

Leave a Reply