Similar Posts
Belajar Membaca Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya. – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Membaca untuk Mendapatkan Informasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
NAMA : DEVI HIKMAWATI
NIM : 857701864
Menurut pendapat saya pada video diatas kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Pada pembelajaran ini guru memberi penguatan kepada peserta didik berupa nyanyian, sehingga dapat meningkatkan semangat belajar anak. Dalam menyampaikan materi pembelajaran metode yang digunakan oleh guru sangat kreatif seperti dengan menampilkan gambar beserta ejaan huruf untuk anak yang masih sulit membaca guna siswa dapat memahami materi dengan baik dan mendorong siswa untuk bisa aktif. Pada kegiatan belajar ini dapa memotivasi guru kedepanya.
NAMA : DEVI HIKMAWATI
NIM : 857701864
Menurut pendapat saya pada video diatas kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Pada pembelajaran ini guru memberi penguatan kepada peserta didik berupa nyanyian, sehingga dapat meningkatkan semangat belajar anak. Dalam menyampaikan materi pembelajaran metode yang digunakan oleh guru sangat kreatif seperti dengan menampilkan gambar beserta ejaan huruf untuk anak yang masih sulit membaca guna siswa dapat memahami materi dengan baik dan mendorong siswa untuk bisa aktif. Pada kegiatan belajar ini dapa memotivasi guru kedepanya.
NAMA: LIZA ULIA SARI
NIM: 856758471
Menurut pendapat saya Vidio yang disudah saya tonton tadi kegiatan pembelajarannya sudah sangat baik sesuai dengan rancangan pelaksanaan dan memberi penguatan berupa nyanyian dan guru nya kreatif tapi kekurangan nya pertama guru tidak mengucapkan salam dan doa
Terimakasih🙏
NAMA : Jiyan ardiyana
NIM : 855746958
POKJAR : Natar
Dari video yang saya lihat tentang Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak para siswa untuk bernyanyi secara bersama, setelah itu guru menanyakan didalam lagu tersebut ada atau tidak kata yang ada hubunganya dengan keluarga, anak – anak tersebut secara bersamaan mejawab ayah dan ibu , didadalm video tersebut guru menggunakan media gambar yang disamping gambar itu terdapat tulisan ayah dan ibu , kemudian siswa secara bersama mengenal huruf, mengeja dan membaca perkata.
Adapun Kelemahan dalam vido tersebut :
– guru tidak membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa bersama, dan tidak melakukan presensi.
– Kurangnya variasi metode pembelajaran, Meskipun telah menggunakan metode yang bervariasi, masih ada beberapa anak yang belum mengenal huruf dan
belum dapat merangkai suku kata-kata dan kalimat.
– seharusnya guru dapat menggunakan gambar yang berwarna agar lebih menarik perhatian siswa.
– Guru kurang bervariasi menggunakan media baca sehingga siswa menjadi merasa malas dan mudah bosan karena media baca yang digunakan kurang
bervariasi.
Kelebihan guru dalam vidio tersebut yaitu :
– Guru tersebut menghidupkan suasana kelas dengan cara mengawali pelajaran melakukan ice breaking terlebih dahulu.
– Guru yang sangat mendorong semangat siswa dalam belajar sehingga anak anak memiliki antusiasme belajar yang tinggi.
– Guru menggunakan media yang mudah di pahami oleh siswa.
– Guru sudah melakukan apresiasi kepada siswa, ketika siswa tersebut bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di lontarkan oleh gurunya.
– guru mengajarkan anak-anak untuk menghormati guru, menyayangi teman-teman melalui nyanyian tersebut.