Similar Posts
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Mengenal Tanda Dinamika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Nama : rahma syahidah
Nim : 857099038
Pokjar : Kalideres
Dari video di atas tentang “kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat” menurut saya sudah cukup baik karena guru sudah semaksimal mungkin mengajar dengan baik, seperti diawali dengan menyanyi agar anak-anak pun bisa lebih semangat sebelum memulai pembelajaran, selain itu guru juga sudah baik dalam menjelaskan pengejaan pada pembaca pemula dan media yang digunakan nya pun sangat mudah di pahami oleh siswa siswi tersebut, yakni dengan menggunakan media gambar ayah dan Ibu lalu siswa siswi di suruh memilih huruf yang sama dengan yang ada di gambar tersebut. Namun masih ada beberapa kekurangan dari video pembelajaran di atas yaitu, guru tidak melakukan kegiatan awal seperti berdoa, mengabsen siswa siswi, menanyakan kabar siswa siswi.
Nama : Rizka Nawaliah
Nim : 857098691
prodi : S1 PGSD
Setelah menyimak Vidio pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi
(Kesulitan membaca disekolah Dasar). dan judul video “Kesulitan Membaca Huruf,Suku kata,Kata dan Kalimat”
Dalam video tersebut guru sudah bagus dan baik dalam memberikan pembelajaran kepada murid,tetapi ada kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran yang di berikan.
Reaksi siswa dalam pembelajaran masi ada sebagian yang kurang konsentrasi dan memperhatikan guru dalam pembelajaran,ada jg sebagian murid yang terlihat bosan dan ada jga yang menyimak dan memperhatikan dengan baik penjelasan yang diberikan oleh guru.
*Kekurangan guru dalam pembelajaran yang ada di video tersebut :
– Dimulainya awal pembelajaran guru tidak melakukan salam pembuka,doa dan mengecek kehadiran siswa
-Media gambar yang diberikan kepada murid tidak berwarna sehingga membuat murid bosan
*Kelebihan guru dalam pembelajaran yang ada di video tersebut :
– guru melakukan ice breaking dengan menyanyi membuat anak semangat sebelum memulai pembelajaran yang akan di berikan
-menggunakan media pembelajaran
-Dapat melakukan interaksi tanya jawab kepada siswa .Guru tersebut juga memastikan siswa mengenal huruf abjad dan mengajak siswa belajar membaca dengan menggunakan kartu kata.
penyebab anak kesulitan membaca :
-anak malas
-Bosan
-Kurang konsentrasi
-Kurang perhatian guru
– tidak ada media pembelajaran
-Pembelajaran lambat
Solusi nya adalah : kita sebagai guru harus membuat kondisi kelas yang menyenangkan dahulu seperti melakukan salam pembuka kepada anak² dan ice breaking yang di lakukan guru dalam video tersebut setelah itu memberikan media bergambar dan berwarna agar anak tertarik dan tidak cepat bosan,memberikan permainan susun kata/abjad kepada anak agar tidak membosankan
Nama : Rizka Nawaliah
Nim : 857098691
prodi : S1 PGSD
Setelah melihat dan menyimak Vidio pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi
(Kesulitan membaca disekolah Dasar). dan judul video “Kesulitan Membaca Huruf,Suku kata,Kata dan Kalimat”
Dalam video tersebut guru sudah bagus dan baik dalam memberikan pembelajaran kepada murid,tetapi ada kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran yang di berikan.
Reaksi siswa dalam pembelajaran masi ada sebagian yang kurang konsentrasi dan memperhatikan guru dalam pembelajaran,ada jg sebagian murid yang terlihat bosan dan ada jga yang menyimak dan memperhatikan dengan baik penjelasan yang diberikan oleh guru.
*Kekurangan guru dalam pembelajaran yang ada di video tersebut :
– Dimulainya awal pembelajaran guru tidak melakukan salam pembuka,doa dan mengecek kehadiran siswa
-Media gambar yang diberikan kepada murid tidak berwarna sehingga membuat murid bosan
*Kelebihan guru dalam pembelajaran yang ada di video tersebut :
– guru melakukan ice breaking dengan menyanyi membuat anak semangat sebelum memulai pembelajaran yang akan di berikan
-menggunakan media pembelajaran
-guru dapat melakukan interaksi tanya jawab kepada siswa .Guru tersebut juga memastikan siswa mengenal huruf abjad dan mengajak siswa belajar membaca dengan menggunakan kartu kata.
penyebab anak kesulitan membaca :
-anak malas
-Bosan
-Kurang konsentrasi
-Kurang perhatian guru
– tidak ada media pembelajaran
-Pembelajaran lambat
Solusi nya adalah : kita sebagai guru harus membuat kondisi kelas yang menyenangkan dahulu seperti melakukan salam pembuka kepada anak² dan ice breaking yang di lakukan guru dalam video tersebut setelah itu memberikan media bergambar dan berwarna agar anak tertarik dan tidak cepat bosan,memberikan permainan susun kata/abjad kepada anak agar tidak membosankan
Nama : Rizka Nawaliah
Nim : 857098691
prodi : S1 PGSD
Setelah melihat dan menyimak Vidio pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi
(Kesulitan membaca disekolah Dasar). dan judul video “Kesulitan Membaca Huruf,Suku kata,Kata dan Kalimat”
Dalam video tersebut guru sudah bagus dan baik dalam memberikan pembelajaran kepada murid,tetapi ada kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran yang di berikan.
Reaksi siswa dalam pembelajaran masi ada sebagian yang kurang konsentrasi dan memperhatikan guru dalam pembelajaran,ada jg sebagian murid yang terlihat bosan dan ada jga yang menyimak dan memperhatikan dengan baik penjelasan yang diberikan oleh guru.
*Kekurangan guru dalam pembelajaran yang ada di video tersebut :
– Dimulainya awal pembelajaran guru tidak melakukan salam pembuka,doa dan mengecek kehadiran siswa
-Media gambar yang diberikan kepada murid tidak berwarna sehingga membuat murid bosan
*Kelebihan guru dalam pembelajaran yang ada di video tersebut :
– guru melakukan ice breaking dengan menyanyi membuat anak semangat sebelum memulai pembelajaran yang akan di berikan
-menggunakan media pembelajaran
– guru melakukan interaksi tanya jawab kepada siswa .Guru tersebut juga memastikan siswa mengenal huruf abjad dan mengajak siswa belajar membaca dengan menggunakan kartu kata.
penyebab anak kesulitan membaca :
-anak malas
-Bosan
-Kurang konsentrasi
-Kurang perhatian guru
– tidak ada media pembelajaran
-Pembelajaran lambat
Solusi nya adalah : kita sebagai guru harus membuat kondisi kelas yang menyenangkan dahulu seperti melakukan salam pembuka kepada anak² dan ice breaking yang di lakukan guru dalam video tersebut setelah itu memberikan media bergambar dan berwarna agar anak tertarik dan tidak cepat bosan,memberikan permainan susun kata/abjad kepada anak agar tidak membosankan
Nama: felisima soi rea
Nim:859259481
Program studi: PGsd
Pokjar Ende
Ut: Kupang
Judul Vidio: kesulitan membaca hurup ,suku kata ,kata dan kalimat
Menurut saya setelah saya amati ada kekurangan dan kelebihan dari Vidio pembelajaran di atas.
Kekurangan:
1. guru tidak mengawali pembelajaran dengan salam pembuka,seperti mengucapkan salam pada siswa, doa dan absen siswa.
2. Sebagian siswa ada yang kurang berkonsentrasi.
3.guru kurang melakukan pendekatan secara langsung terhadap siswa yang kurang mampu.
Kelebihan.
1. Memulai pembelajaran dengan bernyanyi bersama sehingga sesuai tema yang akan di pelajari.
2. Siswa sangat antusias denhan lagu yang diberikan.
Hal unik dalam pembelajaran.
1 menggunaka media gambar dalam pembelajaran sehingga siswa lebih aktif.
Upaya perbaikan.
1.guru harus memulai pembelajaran harus sesuai dengan urutan yang jelas, seperti kegiatan awal, tengah, dan penutup.
Nama : Wahyu Anggi Lestari
NIM : 857918457
POKJAR : Parakan
Setelah saya melihat vidio pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi penghambat membaca disekolah dasar Saya melihat guru tidak melakukan pembukaan secara lengkap seperti salam, berdoa kemudian menanyakan kabar lalu masuk ke inti pembelajaran. Untuk pembelajaran sudah menarik.
Nama : Musyarofah
Nim: 857319692
Program studi : PGSD S-1
UPBJJ : Bogor
Semester 6
berikut analisis saya setelah melihat video pembelajaran di atas adalah sebagai berikut:
Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
1. Anak dapat mengikuti pelajaran dengan baik
2. Dan dapat menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh ibu guru , seperti menjawab gambar yang di tanyakan oleh Bu guru yaitu ayah dan ibu
Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
1. Tidak ada apersepsi pembelajaran karna langsung dimulai dengan menyanyi tanpa membaca doa terlebih dahulu
2. Jenis bahan ajar display merupakan media diam, sehingga tidak cocok untuk mengajarkan hal-hal yang diperkaitan dengan gerak
Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Guru tersebut memiliki skill komunikasi yang baik, ia dapat menyampaikan materi dengan sangat baik ,baik secara verbal atau nonverbal penyampaian nya lancar.
1. tidak berbelit-belit.
2. memiliki kesabaran yang tinggi. Ia telah bersabar, hal ini bagus sebab murid akan merasa bahwa usahanya sekecil apa pun itu akan dihargai oleh pengajar tersebut.
3. dengan menggunakan media gambar Membuat siswa lebih aktif melakukan kegiatan belajar seperti :mengamati, melakukan
4. gambar tersebut bagus mampu menarik perhatian siswa, merangsang minat dan mampu memperjelas informasi yang kompleks
Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
1. sebaiknya guru tersebut mampu mengelompokkan siswa sesuai dengan kemampuannya, misalnya; posisi tempat duduk disesuaikan sedemikian rupa agar siswa nyaman.Seperti: Siswa yang terampil duduk di sebelah siswa yang pasif. Atau siswa yang suka bercerita diletakkan di sebelah siswa yang pendiam.
2. Agar tidak bosan untuk belajar, siswa diberi tugas untuk membuat kalimat sederhana dengan menggunakan kartu huruf kemudian membacanya secara bergantian.
3. sebaiknya Guru melakukan evaluasi, agar guru dapat mengetahui sejauh mana siswa mampu menyerap materi.
Nama :Rosnima Lawolo
NIM. : 855976191
Bagaimana pembelajaran yang dilakukan seorang guru pada video tersebut.
Jawab:
Pembelajaran yang dilakukanya memang sangat menarik tapi pada awal pembelajaran harusnya guru mengajak siswa dulu melakukan pembuka yaitu pembuka kegiatan berdoa,pada penggunaan media pembelajaran itu secara tiba tiba sehingga tanggapan siswa kurang.
Kelebihannya guru sangat kreatif dalam melakukan pembelajaran.
Nama : Dewina Barus
NIM : 856032463
Prodi : S1-PGSD UT MEDAN
Pokjar : Serdang Bedagai
Setelah saya menyaksikan dan mengamati Video tentang “Kesulitan Membaca di Sekolah Dasar” tersebut
Untuk bagian pembukaan dalam pembelajaran ada beberapa hal yang tidak dilakukan seperti mengucapkan salam dan tidak memulai kegiatan dengan berdoa terlebih dahulu. Untuk
Cara mengajar yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut bersifat membangun,sehingga peserta didik menjadi fokus dan tidak bosan atau mengantuk dalam proses pembelajaran.
Media yang digunakan merupakan media yang sangat mudah dipahami oleh siswa
Sekian dan trimakasih
Nama:Ferli Setiya Ningrum
Nim:856989936
Program studi:S1 PGSD
Semester:6
UPBJJ:Bandar lampung
Setelah saya melihat Vidio pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi ( Kesulitan membaca disekolah Dasar).Pada video tersebut saya melihat kelemahan guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran (yaitu mengucapkan salam,berdo’a dan mengecek kehadiran siswa.Tetapi guru tersebut memliki kelebihan dalam kegiatan pembelajaran yaitu guru tersebut sudah cukup baik dalam menjelaskan proses pengejaan pada pembaca pemula.Media yang digunakan pun sangat familiar dan mudah dimengerti siswa tersebut.sehingga membuat siswa siswi tersebut begitu antusias dalam proses pembelajaran ,guru tersebut juga menunjukkan media gambar ayah dan ibu dan membimbing siswa siswi tersebut untuk mengeja bacaan pada media pembelajaran tersebut,siswa siswi tersebut juga kelihatan penuh dengan konsentrasi dalam proses KBM.