Similar Posts
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya. Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd. Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak…
Nama : Siti Maesaroh
Nim : 857101206
saat menonton vidio yang diatas guru sudah bisa membuat semangat dalam belajar untuk peserta didik, dan kita sebagai pendidik harus membuat pendekatan kepada peserta didik mungkin saat belajar peserta didik tidak mampu membedakan huruf yang hampir sama akhirnya siswa lupa, dan disitu lah kita membuat media gambar agar peserta didik lebih memahami.
diawal pembelajaran baiknya di pembukaan bertanya dan doa dan bisa nyanyian atau tanya jawab, karena anak didik tidak semua bisa memahami huruf agar kita sebagai guru lebih mengajar anak difik dengan baik agar mintanya si anak lebih memahami
Nama : Wulandari lapae
Nim : 859762383
Matkul : PKM (PDGK4209)
Vidio : bahasa Indonesia (kesulitan membaca di sekolah dasar)
Dalam Vidio terdapat solusi cara mengajarkan anak agar cepat membaca ilmu yang sangat bermanfaat bagi kami sebagai calon guru karena masalah yang sering di alami di SD adalah sulitnya sebagian anak dalam belajar membaca. Dan di Vidio ini sangat detail menyampaikan solusi-solusinya
Nama : Ajeng Nengtyas.M.P
NIM : 856944102
Prodi : S1 PGSD
Dalam Vidio menerangkan guru memulai kegiatan belajar dengan
menyanyikan lagu untuk membangun antusias siswa. Guru menunjukkan
gambar sebagai alat peraga untuk mempermudah penyampaian kegiatan
belajar mengajar. Guru mencontohkan cara menulis yang benar didepan
kelas dan memberikan tugas untuk siswa menulis yang benar. Pada video
tampak siswa banyak kesulitan dalam menuliskan huruf dan guru
memberikan bimbingan dengan memerikan contoh kepada siswa gambar
dan menuliskan titik-titik berbentuk huruf untuk disambung oleh siswa.
1. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
Pada saat guru sedang menjelaskan ada siswa yang kurang fokus
mengikuti pelajaran, anak malas, tidak konsentrasi dan kurang
memperhatikan guru
Guru kurang memberi pemusatan perhatian kepada siswa yang kurang
dalam hal belajar (slow leaner)
Ketika membuka pembelajaran guru tidak menyampaikan materi atau
mengulang materi yang telah disampaikan yang lalau
Metode yang digunakan siswa kurang bervariasi.
Tidak ada kegiatan menutup pembelajaran.
2. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
Pada kegiatan awal guru sudah membawa siswa untuk memulai
pelajaran dengan adanya lagu
Guru menggunakan alat peraga yang sesuai dengan materi yang
diajarkan
Guru menggunakan metode pembelajaran yang mampu menarik minat
siswa
Sesuai dengan kurikulum yang berlaku
Dalam pembelajaran guru dapat menggunakan media gambar untuk
membantu siswa dalam pembelajaran
Materi yang disampaikan dalam video cukup sesuai dengan peserta
didik.
Guru memberikan bimbingan kepada siswa yang slow leaner
3. Hal unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video
Pada saat awal pembelajaran ada beberapa siswa yang agak malas untuk
bernyanyi sampai didekati guru untuk diajak bernyanyi
Ada siswa yang terlihat menguap karena saat kegiatan belajar mengajar
berlangsung
Siswa menceritakan perjalanannya selama berkunjung ke suatu tempat
Terimakasih
Nama :Aslia Ismail
Nim. :859648323
Disini z menyampaikan kelebihan dan kekurangan vidio.
Kelebihannyq yaitu guru sangat kreatif dalam mengunakan media gambar dan huruf sehinga menarik minat belajar sisawa dan lagu yg di bawakan sesuai dengan materi yang di ajarkan
Kekurangannha yaitu guru tidak membuka pembepajaran dengan berdoa terlebih dahulu dan tdk mengecek kehadiran siswa
Nama : Sonia Elissa Apriyani Gultom
Nim : 850056624
Menurut pendapat saya, video tentang kesulitan membaca huruf, suku kata dan kalimat yang saya lihat sudah terlihat bagus karena sudah penampilan ibu guru nya sudah rapi dan sopan dan juga memakai media ajar, akan tetapi ibu guru dalam video itu langsung mengajak anak-anak membaca, seharusnya ibu guru tersebut terlebih dahulu mengenalkan huruf kepada anak-anak murid, kemudian belajar membaca nya juga langsung dimulai beberapa suku kata sehingga menyulitkan bagi anak-anak yang belum sama sekali mengenal huruf ataupun yang belum bisa menggabungkan beberapa huruf menjadi satu kosakata. Sehingga anak-anak gampang terlihat bosan dan kurang konsentrasi terhadap pelajaran tersebut.
Nama: Rahmi Dewi Lubis
Nim: 855984056
Setelah melihat video pembelajaran di atas, berikut analisis saya
Ibu guru tersebut sudah melakukan cara mengajar yang menarik dan sudah membangkitkan motivasi siswa untuk belajar dengan cara mengajak siswa bernyanyi bersama-sama. Dalam kegiatan pembelajaran guru juga menggunakan media pembelajaran yaitu media gambar yang bisa melatih dan membuat siswa pemula bisa memahami dan mengikuti pelajaran yang telah berlangsung.
Guru tersebut juga aktif mendatangi peserta didik dan membimbing siswa dengan baik.
Guru tersebut juga mengenalkan huruf satu per satu ke siswa menggunakan media pembelajaran. Akan tetapi ada anak yang belum mengenal huruf.
Ketidakmampuan ini disebabkan karena:
– Anak malas
– Bosan
– Kurang konsentrasi
– Anak lambat dalam belajar
Solusi yang ibu guru tersebut sudah sangat baik yaitu dengan menggunakan media kartu kata. Atau bisa dengan menggunakan metode eja/abjad.
Untuk kekurangan dalam video tersebut, proses pembelajaran tidak diawali dengan doa, sebaiknya guru menyapa siswa terlebih dahulu. Guru juga tidak melakukan absensi kehadiran siswa.
Nama : Agung Erlangga
NIM : 858685382
PRODI : PGSD
Setelah mengamati vidoe diatas tadi menurut pengamat saya tentang kesulitan dalam membaca pada kelas rendah dan permulaan membaca.jadi menurut saya ibu guru harus membuat pembelajaran menjadi ceria dan tidak membuat bosan siswa siswi pada kelas.guru bisa menggunakan beberapa metode pengajaran dengan cara bermain sambil belajar entah itu pakai metode bernyanyi atau metode lainnya yang membuat siswa tetap mau belajar membaca dengan ceria.
Nama : Maudy Wulandari
NIM : 856986131
Kelas : 6 A/ Semester 6
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Banjar Agung
Setelah menyimak video pembelajaran tersebut Menurut saya, cara mengajar guru sudah bagus dan interaksinya kepada para siswa juga . Dengan menggunakan media gambar pada proses
pembelajaran dapat membuat perhatian siswa akan terfokus
dan tertarik pada mata pelajaran tersebut, dan juga akan memberikan pengalaman yang
nyata. Sehingga dapat membantu para siswa untuk lebih mudah dan cepat dalam
belajar membaca permulaan.Oleh karena itu,
untuk meningkatkan prestasi belajar membaca permulaan
pelajaran bahasa Indonesia diperlukan suatu bantuan media.
media yang paling tepat digunakan adalah media gambar.
Penggunaan media ini diharapkan dapat membantu siswa agar lebih mudah dan
berhasil dalam belajar membaca permulaan khusus nya di kelas 1 SD.
Nama : Septi
Nim : 856733961
Prodi : S1 PGSD
Menurut Pendapat saya mengenai video tersebut setelah saya amati, permasalahan yang dihadapi di atas terkait dengan “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”
Penyelesaian permasalahan terkait dengan video tersebut sama dengan yang diterapkan di sekolah, dengan memberikan jam tambahan bagi siswa yang kemampuan membacanya masih belum baik dan memantau kegiatan belajar khususnya membaca di rumah dengan bantuan Kerjasama orangtua
Di sekolah kami juga disediakan sarana prasarana yang dapat mendukung perkembangan kemampuan membaca anak, seperti: , huruf abjad, kartu huruf, buku berlatih membaca dan buku cerita. Selain menggunakan sarana prasarana kami juga memotivasi siswa agar semangat dan gemar membaca, sesekali siswa yang kemampuan membacanya semakin baik kita berikan apresisasi dengan tujuan kedepan lebih semangat belajarnya. untuk meningkatkan kemampuan membacanya agar lebih baik lagi kita harus membimbing mereka agar tidak bermalas-malasan.
Nama : Indah Rahayu Ningsih
NIM : 856055421
Menurut pendapat saya dari vidio yang saya lihat bahwa kesulitan seorang anak dalam membaca dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dimulai akan saya akan bahas faktor yang berpengaruh dari dalam rumah terlibih dahulu. Karena pendidikan seorang anak dimulai dari rumah, dimulai dari mengenalkan huruf per huruf, membaca suku kata sampai dengan membaca sebuah kalimat. Oraang tua juga dituntut juga harus kreatif untuk mengenalkan huruf kepada anak agar tidak moneten ataupun bosen.
Selain dari itu, kita sebagai calon guru yang akan terjun di lapangan harus tergolong kreatif agar anak lebih tertarik belajar, dan merasa lebih diperhatikan khususnya di dalam kelas dalam belajar. Dan sebagai calon guru, kita harus lebih memiliki trik dan cara agar dapat membuat situasi kelas tetap hidup tidak terlihat bosan dimata anak-anak, karena pada dasarnya mereka lebih cepat terlihat bosan.
Dan yang tidak jauh lebih dari semua cara-cara yang telah dijabbarkan diatas, seorang guru harus memiliki media pembelajaran. Selain untuk media praktek, media pembelajaran dapat mempermudah siswa dalam memahami materi dalam pelajaran. Seperti buku bacaan yang lebih menarik, ataupun sekedar huruf abjad yang dapat menarik perhatian mereka untuk lebih tertarik membaca.