silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Nama: Herri Eliska Manik Nim: 859893122 Prodi: S1-PGSD

    Setelah Melihat video pembelajaran tersebut Bahasa indonesia dengan kesulitan membaca disekolah dasar pada video tersebut guru tidak melakukan awal pembukaan salam dan tidak melakukan seperti berdoa dahulu lalu bernyanyi dan dari video tersebut memang guru sudah mengajak murid bernyanyi agar mereka merasa bergembira tetapi setelah bernyanyi guru seharusnya bercakap cakap dengan mereka dahulu dengan menanyakkan apa kabar nya hari ini, dan menanyakkan sesuatu hal dengan mereka agar mereka merasa semangat dan saya lihat divideo ini guru nya kurang menyediakan media untuk muridnya seharusnya guru harus menyediakan atau menambah lebih banyak media bergambar untuk murid agar kosakata mereka lebih tambah tujuannya juga agar mereka mulai berlatih membaca dan menambah kosakata mereka dan disini saya lihat guru kurang fokus kepada murid lain seharusnya guru mengajak murid dengan menyanyikan huruf A-Z dan lalu mulai mengenalkan kosakata dengan media bergambar dengan lebih banyak lagi lalu menuliskan kosakata nya dipapan tulis dan sambil mengeja dan setelah menyebutkan kosakata nya menyuruh murid untuk menulis kebuku nya agar mereka sambil mengingat kosakata yang mereka bacakan tadi lalu melanjutkan kosakata media gambar lain dan setelah itu mengajak mereka untuk ice breaking agar tidak jenuh dan merasa bosan dengan pembelajaran tersebut. Terimakasih🙏

  2. Nama : kasidah
    Nim : 835358125
    Jurusan: S1 PGSD
    hasil analisis dari video pembelajaran tersebut bahwa tidak semua siswa kelas 1 bisa lancar membaca, pasti beberapa siswa ada yg belum lancar membaca bahkan ada juga siswa yang sama sekali belum bisa membaca, untuk pembelajaran permula membaca hendaknya seorang guru mengenalkan dulu huruf-huruf abjad, mengajak siswa menghafal sambil bernyanyi supaya lebih menyenangkan
    Kelebihan dari video pembelajaran tersebut yaitu
    1. Guru menyampaikan materi sudah sangat baik
    2. Guru bisa memilah anak-anak yang sudah lancar membaca dan belum lancar membaca
    3. Guru sudah menyediakan media pembelajaran
    4. Beberapa siswa aktif dalam pembelajaran
    Kelemahan video pembelajaran tersebut yaitu
    1. Guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran dengan berdoa dan mengecek kehadiran
    2. Guru hanya fokus pada anak yang sudah lancar membaca
    3. Media yang ditampilkan kurang menarik
    4. Ada sebagian siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru

  3. Nama:Risma Wati tanjung
    Nim:855984318
    Pokjar:labura
    Program studi:akpmm (S1 PGSD)

    Menurut saya kekurangan yang dapat saya analisis adalah permasalahan yang dihadapi di atas terkait dengan 1.Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”
    2.kurang mengapresiasi dalam pembelajaran
    3.kurangnya dalam memotivasi siswa
    4.kurang konsentrasi
    5.guru kurang memperhatikan siswa,sehingga siswa bosan

  4. NAMA :DASTRI MAHULAE
    NIM : 859892905
    PRODI : S1 PGSD

    1. Berdasarkan video yang saya amati, saya sebagai guru pernah mengalami permasalahan kesulitan membaca huruf-suku kata-dan kalimat serta menulis bagi kelas bawah (khususnya kelas 1)
    2. Cara mengatasi permasalahan, hampir sama dengan metode dalam video tersebut.
    Selain metode yang sudah dipaparkan, di sekolah saya tempat mengajar menerapkan jam tambahan bagi siswa yang kurang mampu untuk membaca dan menulis, memberi kesempatan siswa untuk belajar di pagi hari sebelum siswa melakukan aktivitas pembelajaran di kelas.
    Kami bisa menggunakan media pembelajaran seperti gambar, tulisan abjad dan buku bacaan pendamping seperti aism (anak islam suka membaca).
    Selain itu kita juga memberikan apresiasi dengan memberikan pujian, hadiah, tepukan, jika siswa tersebut berhasil melakukan perintah guru dan kita juga menjalin hubungan kerjasama antar orangtua siswa yang bercatatan untuk mendampingi, memotivasi dan mensuport siswa tersebut dalam melakukan kegiatan belajar.
    Dengan usaha yang keras, siswa yang bercatatan tersebut akan berhasil tentunya.
    Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, diperoleh kemungkinan penyebab permasalahan di atas muncul yaitu siswa kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal, siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pelafalan kurang jelas. Berdasarkan analisis masalah di atas, alternatif pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang dilakukan adalah menggunakan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran dilaksanakan. Perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan membaca huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar. Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan. Menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus. Akan lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat.

  5. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    NAMA : Ika Ciptaning Sari
    NIM : 858913436
    POKJAR : LUMAJANG

    Ijinkan saya untuk mencoba menjawab.
    Pada video pembelajaran bahasa Indonesia di atas, kesulitan membaca permulaan pada anak kelas 1 merupakan permasalahan yang sering di jumpai seorang guru. Yaitu ketika peserta didik kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal, siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pelafalan kurang jelas.
    Sebaiknya para dewan guru menggunakan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran dilaksanakan. Perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan membaca huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran yang di sediakan di sekolah, seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu. Serta memotivasi siswa agar semangat dan gemar membaca, sesekali siswa yang kemampuan membacanya semakin baik kita berikan apresisasi atau reward dengan tujuan kedepan lebih semangat untuk meningkatkan kemampuan membacanya agar lebih baik lagi.

  6. Dari menyimak video pembelajaran bahasa indonesia untuk kelas rendah yang telah saya simak, saya menemukan beberapa kekurangan yang dilakukan oleh guru antara lain:
    1. Guru tidak melakukan salam pembuka kepada siswa sebelum memulai pembelajaran
    2. Guru tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran
    3. Guru juga tidak melakukan absensi kehadiran harian siswa
    4. Guru tidak mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dengan materi pembelajaran sekarang
    5. Guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran, dan
    6. Guru tidak membuat refleksi pembelajaran dan guru bersama siswa tidak tampak membuat kesimpulan pembelajaran hari ini.
    Sedangkan kelebihan guru tersebut pada video proses pembelajaran adalah:
    1. Guru memodifikasi materi pembelajaran dengan mengaitkan lagu ‘Pergi Belajar’ dengan materi pembelajaran Keluarga
    2. Guru menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, seperti siswa yang masih mengeja, siswa yang bisa membaca kata dan siswa yang sudah bisa membaca kalimat diberikan media pembelajaran yang berbeda

  7. Guru Pintar Online

    FKIP – Universitas Terbuka

    Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat

    silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar

    Sinopsis

    Pakar Dosen

    Pakar Guru

    March 10, 2023 Seri Pembelajaran SDAdmin GPO612 Comments
    Post navigation
    Previous Post
    Mengkontruksi Rumah dari Kertas
    Next Post
    Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
    612 thoughts on “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”
    Nama : Noviatun Hajijah
    NIM : 859544947

    1. Berdasaarkan video yang saya amati, saya sebagai guru pernah mengalami permasalahan kesulitan membaca huruf-suku kata-dan kalimat serta menulis bagi kelas bawah (khususnya kelas 1)
    2. Cara mengatasi permasalahan, hampir sama dengan metode dalam video tersebut.

    Selain metose yang sudah dipaparkan, di sekolah saya tempat mengajar menerapkan jam tambahan bagi siswa yang kurang mampu untuk membaca dan menulis, memberi kesempatan siswa untuk belajar di pagi hari sebelum siswa melakukan aktivitas pembelajaran di kelas.
    Kami bisa menggunakan media pembelajaran seperti gambar, tulisan abjad dan buku bacaan pendamping seperti aism (anak islam suka membaca).
    Selain itu kita juga memberikan apresiasi dengan memberikan pujian, hadiah, tepukan, jika siswa tersebut berhasil melakukan perintah guru dan kita juga menjalin hubungan kerjasama antar orangtua siswa yang bercatatan untuk mendampingi, memotivasi dan mensuport siswa tersebut dalam melakukan kegiatan belajar.
    Dengan usaha yang keras, siswa yang bercatatan tersebut akan berhasil tentunya secara bertahap.

  8. Nama : Khurmatul Azizah
    NIM : 836578446
    Setelah saya mengamati video tadi, guru mengawali pelajaran dengan bernyanyi yang memberikan tujuan semangat kepada siswa sekaligus berkaitan dengan materi yang akan dibahas, dalam melakukan proses pembelajaran, guru telah menyampaikan dengan baik yaitu dengan menggunakan media gambar, saat membimbing mengenai cara menulis huruf di papan tulis juga dengan penuh kesabaran sehingga mudah diikuti oleh siswa, bahasa yang digunakan juga mudah dipahami, adapun ketika murid mulai mengerjakan tugas untuk belajar menulis, guru dengan telaten dan sabar menghampiri satu persatu muridnya sembari mengajari dan mengarahkan salah seorang murid yang masih kesulitan dalam menulis huruf dengan benar dan tepat.

  9. Nama : Adinda Trisya Arumawarni
    NIM : 857116704
    Pokjar : Kalideres
    Prodi : PGSD – S1
    Berdasarkan pengamatan saya pada video tersebut, guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran yaitu (mengucapkan salam, berdoa, dan mengecek kehadiran siswa) tetapi guru tersebut sudah cukup baik dalam menjelaskan proses pengejaan pada pembaca pemula. Proses pembelajaran yakni guru tersebut menunjukkan media gambar Ayah dan Ibu dan membimbing siswa tersebut untuk mengeja bacaan pada media pembelajaran tersebut.
    Adapun kelemahan dari video tersebut:
    1) Guru tidak mengawali pembelajaran dengan salam pembuka
    2) Sebagian siswa ada yang kurang berkonsentrasi
    3) Guru kurang melakukan pendekatan secara langsung terhadap siswa yang kurang mampu
    Kelebihan dari video tersebut:
    1) Memulai pembelajaran dengan bernyanyi bersama sehingga sesuai dengan tema yang dipelajari
    2) Siswa sangat antusias dengan lagu yang diberikan
    3) Guru memberikan semangat dan pujian kepada siswa seperti tepuk tangan dan kata-kata yang baik

  10. Nama: Henni Dina Maya Sova Saragih
    Nim : 859877253
    Prodi : S1 PGSD

    Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, diperoleh kemungkinan penyebab permasalahan di atas muncul yaitu siswa kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal, siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pelafalan kurang jelas. Berdasarkan analisis masalah di atas, alternatif pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang dilakukan adalah menggunakan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran dilaksanakan. Perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan membaca huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar dan mengajak siswa bernyanyi A-Z dan sambil menuliskan didepan papan tulis secara bergantian Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan. Menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus. Akan lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat.

Leave a Reply