Similar Posts
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan…
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Memainkan Alat Musik Ritmis Maupun Melodi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata…
Pengenalan Tanda Birama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menjelaskan tentang bagaimana sebaiknya guru memperkenalkan tanda birama kepada anak didiknya. Pada umumnya tanda birama dijelaskan terbatas hanya sebagai teori saja, guru menjelaskan tanda birama hanya nama, jenis, dan pengertiannya (dalam bentuk verbal). Seharusnya komponen musik ini diperkenalkan langsung dalam nuansa musik itu…
Nama: Herri Eliska Manik Nim: 859893122 Prodi: S1-PGSD
Setelah Melihat video pembelajaran tersebut Bahasa indonesia dengan kesulitan membaca disekolah dasar pada video tersebut guru tidak melakukan awal pembukaan salam dan tidak melakukan seperti berdoa dahulu lalu bernyanyi dan dari video tersebut memang guru sudah mengajak murid bernyanyi agar mereka merasa bergembira tetapi setelah bernyanyi guru seharusnya bercakap cakap dengan mereka dahulu dengan menanyakkan apa kabar nya hari ini, dan menanyakkan sesuatu hal dengan mereka agar mereka merasa semangat dan saya lihat divideo ini guru nya kurang menyediakan media untuk muridnya seharusnya guru harus menyediakan atau menambah lebih banyak media bergambar untuk murid agar kosakata mereka lebih tambah tujuannya juga agar mereka mulai berlatih membaca dan menambah kosakata mereka dan disini saya lihat guru kurang fokus kepada murid lain seharusnya guru mengajak murid dengan menyanyikan huruf A-Z dan lalu mulai mengenalkan kosakata dengan media bergambar dengan lebih banyak lagi lalu menuliskan kosakata nya dipapan tulis dan sambil mengeja dan setelah menyebutkan kosakata nya menyuruh murid untuk menulis kebuku nya agar mereka sambil mengingat kosakata yang mereka bacakan tadi lalu melanjutkan kosakata media gambar lain dan setelah itu mengajak mereka untuk ice breaking agar tidak jenuh dan merasa bosan dengan pembelajaran tersebut. Terimakasih🙏
Nama : kasidah
Nim : 835358125
Jurusan: S1 PGSD
hasil analisis dari video pembelajaran tersebut bahwa tidak semua siswa kelas 1 bisa lancar membaca, pasti beberapa siswa ada yg belum lancar membaca bahkan ada juga siswa yang sama sekali belum bisa membaca, untuk pembelajaran permula membaca hendaknya seorang guru mengenalkan dulu huruf-huruf abjad, mengajak siswa menghafal sambil bernyanyi supaya lebih menyenangkan
Kelebihan dari video pembelajaran tersebut yaitu
1. Guru menyampaikan materi sudah sangat baik
2. Guru bisa memilah anak-anak yang sudah lancar membaca dan belum lancar membaca
3. Guru sudah menyediakan media pembelajaran
4. Beberapa siswa aktif dalam pembelajaran
Kelemahan video pembelajaran tersebut yaitu
1. Guru tidak melakukan pembukaan pembelajaran dengan berdoa dan mengecek kehadiran
2. Guru hanya fokus pada anak yang sudah lancar membaca
3. Media yang ditampilkan kurang menarik
4. Ada sebagian siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru
Nama:Risma Wati tanjung
Nim:855984318
Pokjar:labura
Program studi:akpmm (S1 PGSD)
Menurut saya kekurangan yang dapat saya analisis adalah permasalahan yang dihadapi di atas terkait dengan 1.Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”
2.kurang mengapresiasi dalam pembelajaran
3.kurangnya dalam memotivasi siswa
4.kurang konsentrasi
5.guru kurang memperhatikan siswa,sehingga siswa bosan
NAMA :DASTRI MAHULAE
NIM : 859892905
PRODI : S1 PGSD
1. Berdasarkan video yang saya amati, saya sebagai guru pernah mengalami permasalahan kesulitan membaca huruf-suku kata-dan kalimat serta menulis bagi kelas bawah (khususnya kelas 1)
2. Cara mengatasi permasalahan, hampir sama dengan metode dalam video tersebut.
Selain metode yang sudah dipaparkan, di sekolah saya tempat mengajar menerapkan jam tambahan bagi siswa yang kurang mampu untuk membaca dan menulis, memberi kesempatan siswa untuk belajar di pagi hari sebelum siswa melakukan aktivitas pembelajaran di kelas.
Kami bisa menggunakan media pembelajaran seperti gambar, tulisan abjad dan buku bacaan pendamping seperti aism (anak islam suka membaca).
Selain itu kita juga memberikan apresiasi dengan memberikan pujian, hadiah, tepukan, jika siswa tersebut berhasil melakukan perintah guru dan kita juga menjalin hubungan kerjasama antar orangtua siswa yang bercatatan untuk mendampingi, memotivasi dan mensuport siswa tersebut dalam melakukan kegiatan belajar.
Dengan usaha yang keras, siswa yang bercatatan tersebut akan berhasil tentunya.
Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, diperoleh kemungkinan penyebab permasalahan di atas muncul yaitu siswa kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal, siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pelafalan kurang jelas. Berdasarkan analisis masalah di atas, alternatif pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang dilakukan adalah menggunakan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran dilaksanakan. Perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan membaca huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar. Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan. Menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus. Akan lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
NAMA : Ika Ciptaning Sari
NIM : 858913436
POKJAR : LUMAJANG
Ijinkan saya untuk mencoba menjawab.
Pada video pembelajaran bahasa Indonesia di atas, kesulitan membaca permulaan pada anak kelas 1 merupakan permasalahan yang sering di jumpai seorang guru. Yaitu ketika peserta didik kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal, siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pelafalan kurang jelas.
Sebaiknya para dewan guru menggunakan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran dilaksanakan. Perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan membaca huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran yang di sediakan di sekolah, seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu. Serta memotivasi siswa agar semangat dan gemar membaca, sesekali siswa yang kemampuan membacanya semakin baik kita berikan apresisasi atau reward dengan tujuan kedepan lebih semangat untuk meningkatkan kemampuan membacanya agar lebih baik lagi.
Dari menyimak video pembelajaran bahasa indonesia untuk kelas rendah yang telah saya simak, saya menemukan beberapa kekurangan yang dilakukan oleh guru antara lain:
1. Guru tidak melakukan salam pembuka kepada siswa sebelum memulai pembelajaran
2. Guru tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran
3. Guru juga tidak melakukan absensi kehadiran harian siswa
4. Guru tidak mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dengan materi pembelajaran sekarang
5. Guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran, dan
6. Guru tidak membuat refleksi pembelajaran dan guru bersama siswa tidak tampak membuat kesimpulan pembelajaran hari ini.
Sedangkan kelebihan guru tersebut pada video proses pembelajaran adalah:
1. Guru memodifikasi materi pembelajaran dengan mengaitkan lagu ‘Pergi Belajar’ dengan materi pembelajaran Keluarga
2. Guru menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, seperti siswa yang masih mengeja, siswa yang bisa membaca kata dan siswa yang sudah bisa membaca kalimat diberikan media pembelajaran yang berbeda
Guru Pintar Online
FKIP – Universitas Terbuka
Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
–
–
Pakar Dosen
–
–
Pakar Guru
–
–
March 10, 2023 Seri Pembelajaran SDAdmin GPO612 Comments
Post navigation
Previous Post
Mengkontruksi Rumah dari Kertas
Next Post
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
612 thoughts on “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”
Nama : Noviatun Hajijah
NIM : 859544947
1. Berdasaarkan video yang saya amati, saya sebagai guru pernah mengalami permasalahan kesulitan membaca huruf-suku kata-dan kalimat serta menulis bagi kelas bawah (khususnya kelas 1)
2. Cara mengatasi permasalahan, hampir sama dengan metode dalam video tersebut.
Selain metose yang sudah dipaparkan, di sekolah saya tempat mengajar menerapkan jam tambahan bagi siswa yang kurang mampu untuk membaca dan menulis, memberi kesempatan siswa untuk belajar di pagi hari sebelum siswa melakukan aktivitas pembelajaran di kelas.
Kami bisa menggunakan media pembelajaran seperti gambar, tulisan abjad dan buku bacaan pendamping seperti aism (anak islam suka membaca).
Selain itu kita juga memberikan apresiasi dengan memberikan pujian, hadiah, tepukan, jika siswa tersebut berhasil melakukan perintah guru dan kita juga menjalin hubungan kerjasama antar orangtua siswa yang bercatatan untuk mendampingi, memotivasi dan mensuport siswa tersebut dalam melakukan kegiatan belajar.
Dengan usaha yang keras, siswa yang bercatatan tersebut akan berhasil tentunya secara bertahap.
Nama : Khurmatul Azizah
NIM : 836578446
Setelah saya mengamati video tadi, guru mengawali pelajaran dengan bernyanyi yang memberikan tujuan semangat kepada siswa sekaligus berkaitan dengan materi yang akan dibahas, dalam melakukan proses pembelajaran, guru telah menyampaikan dengan baik yaitu dengan menggunakan media gambar, saat membimbing mengenai cara menulis huruf di papan tulis juga dengan penuh kesabaran sehingga mudah diikuti oleh siswa, bahasa yang digunakan juga mudah dipahami, adapun ketika murid mulai mengerjakan tugas untuk belajar menulis, guru dengan telaten dan sabar menghampiri satu persatu muridnya sembari mengajari dan mengarahkan salah seorang murid yang masih kesulitan dalam menulis huruf dengan benar dan tepat.
Nama : Adinda Trisya Arumawarni
NIM : 857116704
Pokjar : Kalideres
Prodi : PGSD – S1
Berdasarkan pengamatan saya pada video tersebut, guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran yaitu (mengucapkan salam, berdoa, dan mengecek kehadiran siswa) tetapi guru tersebut sudah cukup baik dalam menjelaskan proses pengejaan pada pembaca pemula. Proses pembelajaran yakni guru tersebut menunjukkan media gambar Ayah dan Ibu dan membimbing siswa tersebut untuk mengeja bacaan pada media pembelajaran tersebut.
Adapun kelemahan dari video tersebut:
1) Guru tidak mengawali pembelajaran dengan salam pembuka
2) Sebagian siswa ada yang kurang berkonsentrasi
3) Guru kurang melakukan pendekatan secara langsung terhadap siswa yang kurang mampu
Kelebihan dari video tersebut:
1) Memulai pembelajaran dengan bernyanyi bersama sehingga sesuai dengan tema yang dipelajari
2) Siswa sangat antusias dengan lagu yang diberikan
3) Guru memberikan semangat dan pujian kepada siswa seperti tepuk tangan dan kata-kata yang baik
Nama: Henni Dina Maya Sova Saragih
Nim : 859877253
Prodi : S1 PGSD
Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, diperoleh kemungkinan penyebab permasalahan di atas muncul yaitu siswa kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal, siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pelafalan kurang jelas. Berdasarkan analisis masalah di atas, alternatif pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang dilakukan adalah menggunakan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran dilaksanakan. Perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan membaca huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar dan mengajak siswa bernyanyi A-Z dan sambil menuliskan didepan papan tulis secara bergantian Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan. Menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus. Akan lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat.