silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Nama : Tri Agus Saputra
    Nim : 856982252
    Prodi : PGSD
    Pokjar: bumiratu nuban
    Dalam video tersebut yang telah saya amati terdapat kekurangan dan kelebihan, diantaranya guru tidak mengucapkan salam terlebih dahulu, kemudian guru tidak menanyakan kabar dan absensi dan guru tidak mengajak anak-anak untuk berdoa terlebih dahulu sebelum belajar, dalam video tersebut Guru yang mengajarkan pelajaran bahasa Indonesia sudah sangat bagus karena dengan menggunakan alat peraga yang mudah difahami oleh anak-anak dan lebih menariknya lagi guru tersebut mengajak anak-anak untuk menyanyikan lagu ” pergi ke sekolah” sebagai sarana untuk membahas materi tentang keluarga.

  2. Nama : Tira isdiyanti
    Nim : 856037788

    Menurut saya video pembelajaran tersebut sudah bagus. Dalam video tersebut pembelajaran di awali dengan bernyanyi bersama menurut saya bagus. Pembelajaran nya menggunakan media gambar yang lebih mudah di mengerti oleh siswa dalam membaca huruf

  3. Nama : Nadillah Dwi Putri
    NIM : 859889756

    Menurut saya dividio di atas, cara mengajar guru tersebut sudah pas, sudah semangat, yang kurang adaalah dari anak didiknya mungkin masih ada yang belum mengerti tentang huruf2
    selain itu guru juga sudah baik dalam menjelaskan pengejaan pada pembaca pemula dan media yang digunakan nya pun sangat mudah di pahami oleh siswa siswi tersebut, yakni dengan menggunakan media gambar ayah dan Ibu lalu siswa siswi di suruh memilih huruf yang sama dengan yang ada di gambar tersebut. Namun masih ada beberapa kekurangan dari video pembelajaran di atas yaitu, guru tidak melakukan kegiatan awal seperti berdoa, tidak melakukan ice breaking, tidak mengabsen siswa siswi, tidak menanyakan kabar siswa siswi.

  4. NAMA : Mukhammad Faiz Sulton
    NIM : 857761551
    Dari menyimak video pembelajaran bahasa indonesia untuk kelas rendah yang telah saya simak, saya menemukan beberapa kekurangan yang dilakukan oleh guru antara lain:
    1. Guru tidak melakukan salam pembuka kepada siswa sebelum memulai pembelajaran
    2. Guru tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran
    3. Guru juga tidak melakukan absensi kehadiran harian siswa
    4. Guru tidak mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dengan materi pembelajaran sekarang
    5. Guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran, dan
    6. Guru tidak membuat refleksi pembelajaran dan guru bersama siswa tidak tampak membuat kesimpulan pembelajaran hari ini.
    Sedangkan kelebihan guru tersebut pada video proses pembelajaran adalah:
    1. Guru memodifikasi materi pembelajaran dengan mengaitkan lagu ‘Pergi Belajar’ dengan materi pembelajaran Keluarga
    2. Guru menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, seperti siswa yang masih mengeja, siswa yang bisa membaca kata dan siswa yang sudah bisa membaca kalimat diberikan media pembelajaran yang berbeda

  5. Nama : SUSILAWATI
    Nim : 856723029

    Saya akan memberikan tanggapan pada video ini. Menurut saya cara ibu mengajar sudah sangat bagus dan sangat menarik, saat masuk guru memulai dengan bernyanyi, agar anak bisa fokus dan bersemangat, Tapi alangkah baiknya, saat awal belajar berdoa terlebih dahulu, Sesuai ajaran agama masing-masing yang dianut.
    dan kelebihan pada video ini:
    1. guru menggunakan media saat menjelaskan pada murid dan ada gambarnya.
    2. Itu membuat murid lebih semangat dan bisa membedakan mana bentuk gambar pada ayah dan mana Ibu.
    Kekurangannya :
    1. Pada murid kelas 1 tentu belum semua bisa mengenal huruf atau menulis dengan bagus dan rapi.
    Solusinya :
    1.Guru bisa menulis di papan tulis abjad dari a sampai z mau itu a kecil atau a besar. Agar anak paham bentuk-bentuk huruf. Ini salah satu metode agar anak bisa membaca dan mengeja, dan anak tidak bingung pada bentuk huruf abjad.
    2. Guru mencontohkan gaya menulis setiap huruf pada kata a- y -a- h dan i -b- u. Menggunakan huruf kapital.
    3.Lalu guru bisa mencontohkan atau menyuruh murid mempraktikkan di buku masing-masing Bagaimana menulis kata huruf ayah dan ibu dengan menggunakan huruf kecil agar anak lebih paham dan bisa menulis secara langsung dengan sendirinya jadi murid tidak bingung kenapa huruf pada kata ayah dan ibu berbeda maka perkenalkan juga huruf kapital dan huruf kecil kepada siswa.
    Mungkin itu saja Menurut pendapat saya kurang lebih Mohon maaf terima kasih wassalamualaikum.

  6. Nama : SUSILAWATI
    Nim : 856723029

    Saya akan memberikan tanggapan pada video ini. Menurut saya cara ibu mengajar sudah sangat bagus dan sangat menarik, saat masuk guru memulai dengan bernyanyi, agar anak bisa fokus dan bersemangat, Tapi alangkah baiknya, saat awal belajar berdoa terlebih dahulu, Sesuai ajaran agama masing-masing yang dianut.
    dan kelebihan pada video ini:
    1. guru menggunakan media saat menjelaskan pada murid dan ada gambarnya.
    2. Itu membuat murid lebih semangat dan bisa membedakan mana bentuk gambar pada ayah dan mana Ibu.
    Kekurangannya :
    1. Pada murid kelas 1 tentu belum semua bisa mengenal huruf atau menulis dengan bagus dan rapi.
    Solusinya :
    1.Guru bisa menulis di papan tulis abjad dari a sampai z mau itu a kecil atau a besar. Agar anak paham bentuk-bentuk huruf. Ini salah satu metode agar anak bisa membaca dan mengeja, dan anak tidak bingung pada bentuk huruf abjad.
    2. Guru mencontohkan gaya menulis setiap huruf pada kata a- y -a- h dan i -b- u. Menggunakan huruf kapital.
    3.Lalu guru bisa mencontohkan atau menyuruh murid mempraktikkan di buku masing-masing Bagaimana menulis kata huruf ayah dan ibu dengan menggunakan huruf kecil agar anak lebih paham dan bisa menulis secara langsung dengan sendirinya jadi murid tidak bingung kenapa huruf pada kata ayah dan ibu berbeda maka perkenalkan juga huruf kapital dan huruf kecil kepada siswa.
    Mungkin itu saja Menurut pendapat saya kurang lebih Mohon maaf terima kasih wassalamualaikum.

  7. Judul video
    Kesulitan membaca dan menulis di SD kelas rendah
    Menurut sy video di atas cara guru mengajar siswa sudah bagus sudah semangat. selain itu juga guru sudah baik dalam menjelaskan, dan siswa SD perlu memiliki keterampilan membaca yang memadahi pembelajaran membaca di SD yang dilaksanakan pada jenjang kelas 1 dan 2 merupakan pembelajaran membaca tahap awal atau disebut membaca permulaan.

  8. Berdasarkan video diatas permasalahan yang ditemukan yaitu guru tidak mengajarkan secara jelas menggabungkan huruf menjadi suku kata dan siswa kesulitan membaca untuk mengggabungkan huruf menjadi sebuah kata.Dan menurut saya solusi ya tepat untuk proses belajar mengajar dikelas 1 yaitu dengan menggunakan metode abjad dan metode eja.

  9. Nama : Novita Rindiani
    Nim : 857098559
    Prodi : PGSD AKPMM S1
    UPBJJ : Jakarta
    Pokjar : Kalideres

    berdasarkan video yang disajikan poses pemebalajaran berlangsung menarik karena dilemkapi oleh media yang diharapakan dapat menarik fokus pada anak, namun saya merasa jika melakukan proses belajar hanya dengan menggunakan media seperti flash card tadi masih kurang variatif karena ditakutkan anak belajar mengingat gambar saja bukan huruf dan bacaannya. dan guru pada video tadi tidak melakukan tanya jawab kepada siswa, jadi kurang diketahui apakah metode dan proses belajar berhasil menambah pemahaman siswa atau tidak.

  10. Nama : Rahmawati
    NIM : 856817876
    Prodi : PGSD
    POKJAR : KOTA BENGKULU

    Dari menyimak video pembelajaran bahasa indonesia untuk kelas rendah yang telah saya simak, saya menemukan beberapa kekurangan yang dilakukan oleh guru antara lain:
    1. Guru tidak melakukan salam pembuka kepada siswa sebelum memulai pembelajaran
    2. Guru tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran
    3. Guru juga tidak melakukan absensi kehadiran harian siswa
    4. Guru tidak mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dengan materi pembelajaran sekarang
    5. Guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran, dan
    6. Guru tidak membuat refleksi pembelajaran dan guru bersama siswa tidak tampak membuat kesimpulan pembelajaran hari ini.
    Sedangkan kelebihan guru tersebut pada video proses pembelajaran adalah:
    1. Guru memodifikasi materi pembelajaran dengan mengaitkan lagu ‘Pergi Belajar’ dengan materi pembelajaran Keluarga
    2. Guru menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, seperti siswa yang masih mengeja, siswa yang bisa membaca kata dan siswa yang sudah bisa membaca kalimat diberikan media pembelajaran yang berbeda

Leave a Reply