Similar Posts
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Tangga Nada Mayor
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Nama : Tri Agus Saputra
Nim : 856982252
Prodi : PGSD
Pokjar: bumiratu nuban
Dalam video tersebut yang telah saya amati terdapat kekurangan dan kelebihan, diantaranya guru tidak mengucapkan salam terlebih dahulu, kemudian guru tidak menanyakan kabar dan absensi dan guru tidak mengajak anak-anak untuk berdoa terlebih dahulu sebelum belajar, dalam video tersebut Guru yang mengajarkan pelajaran bahasa Indonesia sudah sangat bagus karena dengan menggunakan alat peraga yang mudah difahami oleh anak-anak dan lebih menariknya lagi guru tersebut mengajak anak-anak untuk menyanyikan lagu ” pergi ke sekolah” sebagai sarana untuk membahas materi tentang keluarga.
Nama : Tira isdiyanti
Nim : 856037788
Menurut saya video pembelajaran tersebut sudah bagus. Dalam video tersebut pembelajaran di awali dengan bernyanyi bersama menurut saya bagus. Pembelajaran nya menggunakan media gambar yang lebih mudah di mengerti oleh siswa dalam membaca huruf
Nama : Nadillah Dwi Putri
NIM : 859889756
Menurut saya dividio di atas, cara mengajar guru tersebut sudah pas, sudah semangat, yang kurang adaalah dari anak didiknya mungkin masih ada yang belum mengerti tentang huruf2
selain itu guru juga sudah baik dalam menjelaskan pengejaan pada pembaca pemula dan media yang digunakan nya pun sangat mudah di pahami oleh siswa siswi tersebut, yakni dengan menggunakan media gambar ayah dan Ibu lalu siswa siswi di suruh memilih huruf yang sama dengan yang ada di gambar tersebut. Namun masih ada beberapa kekurangan dari video pembelajaran di atas yaitu, guru tidak melakukan kegiatan awal seperti berdoa, tidak melakukan ice breaking, tidak mengabsen siswa siswi, tidak menanyakan kabar siswa siswi.
NAMA : Mukhammad Faiz Sulton
NIM : 857761551
Dari menyimak video pembelajaran bahasa indonesia untuk kelas rendah yang telah saya simak, saya menemukan beberapa kekurangan yang dilakukan oleh guru antara lain:
1. Guru tidak melakukan salam pembuka kepada siswa sebelum memulai pembelajaran
2. Guru tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran
3. Guru juga tidak melakukan absensi kehadiran harian siswa
4. Guru tidak mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dengan materi pembelajaran sekarang
5. Guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran, dan
6. Guru tidak membuat refleksi pembelajaran dan guru bersama siswa tidak tampak membuat kesimpulan pembelajaran hari ini.
Sedangkan kelebihan guru tersebut pada video proses pembelajaran adalah:
1. Guru memodifikasi materi pembelajaran dengan mengaitkan lagu ‘Pergi Belajar’ dengan materi pembelajaran Keluarga
2. Guru menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, seperti siswa yang masih mengeja, siswa yang bisa membaca kata dan siswa yang sudah bisa membaca kalimat diberikan media pembelajaran yang berbeda
Nama : SUSILAWATI
Nim : 856723029
Saya akan memberikan tanggapan pada video ini. Menurut saya cara ibu mengajar sudah sangat bagus dan sangat menarik, saat masuk guru memulai dengan bernyanyi, agar anak bisa fokus dan bersemangat, Tapi alangkah baiknya, saat awal belajar berdoa terlebih dahulu, Sesuai ajaran agama masing-masing yang dianut.
dan kelebihan pada video ini:
1. guru menggunakan media saat menjelaskan pada murid dan ada gambarnya.
2. Itu membuat murid lebih semangat dan bisa membedakan mana bentuk gambar pada ayah dan mana Ibu.
Kekurangannya :
1. Pada murid kelas 1 tentu belum semua bisa mengenal huruf atau menulis dengan bagus dan rapi.
Solusinya :
1.Guru bisa menulis di papan tulis abjad dari a sampai z mau itu a kecil atau a besar. Agar anak paham bentuk-bentuk huruf. Ini salah satu metode agar anak bisa membaca dan mengeja, dan anak tidak bingung pada bentuk huruf abjad.
2. Guru mencontohkan gaya menulis setiap huruf pada kata a- y -a- h dan i -b- u. Menggunakan huruf kapital.
3.Lalu guru bisa mencontohkan atau menyuruh murid mempraktikkan di buku masing-masing Bagaimana menulis kata huruf ayah dan ibu dengan menggunakan huruf kecil agar anak lebih paham dan bisa menulis secara langsung dengan sendirinya jadi murid tidak bingung kenapa huruf pada kata ayah dan ibu berbeda maka perkenalkan juga huruf kapital dan huruf kecil kepada siswa.
Mungkin itu saja Menurut pendapat saya kurang lebih Mohon maaf terima kasih wassalamualaikum.
Nama : SUSILAWATI
Nim : 856723029
Saya akan memberikan tanggapan pada video ini. Menurut saya cara ibu mengajar sudah sangat bagus dan sangat menarik, saat masuk guru memulai dengan bernyanyi, agar anak bisa fokus dan bersemangat, Tapi alangkah baiknya, saat awal belajar berdoa terlebih dahulu, Sesuai ajaran agama masing-masing yang dianut.
dan kelebihan pada video ini:
1. guru menggunakan media saat menjelaskan pada murid dan ada gambarnya.
2. Itu membuat murid lebih semangat dan bisa membedakan mana bentuk gambar pada ayah dan mana Ibu.
Kekurangannya :
1. Pada murid kelas 1 tentu belum semua bisa mengenal huruf atau menulis dengan bagus dan rapi.
Solusinya :
1.Guru bisa menulis di papan tulis abjad dari a sampai z mau itu a kecil atau a besar. Agar anak paham bentuk-bentuk huruf. Ini salah satu metode agar anak bisa membaca dan mengeja, dan anak tidak bingung pada bentuk huruf abjad.
2. Guru mencontohkan gaya menulis setiap huruf pada kata a- y -a- h dan i -b- u. Menggunakan huruf kapital.
3.Lalu guru bisa mencontohkan atau menyuruh murid mempraktikkan di buku masing-masing Bagaimana menulis kata huruf ayah dan ibu dengan menggunakan huruf kecil agar anak lebih paham dan bisa menulis secara langsung dengan sendirinya jadi murid tidak bingung kenapa huruf pada kata ayah dan ibu berbeda maka perkenalkan juga huruf kapital dan huruf kecil kepada siswa.
Mungkin itu saja Menurut pendapat saya kurang lebih Mohon maaf terima kasih wassalamualaikum.
Judul video
Kesulitan membaca dan menulis di SD kelas rendah
Menurut sy video di atas cara guru mengajar siswa sudah bagus sudah semangat. selain itu juga guru sudah baik dalam menjelaskan, dan siswa SD perlu memiliki keterampilan membaca yang memadahi pembelajaran membaca di SD yang dilaksanakan pada jenjang kelas 1 dan 2 merupakan pembelajaran membaca tahap awal atau disebut membaca permulaan.
Berdasarkan video diatas permasalahan yang ditemukan yaitu guru tidak mengajarkan secara jelas menggabungkan huruf menjadi suku kata dan siswa kesulitan membaca untuk mengggabungkan huruf menjadi sebuah kata.Dan menurut saya solusi ya tepat untuk proses belajar mengajar dikelas 1 yaitu dengan menggunakan metode abjad dan metode eja.
Nama : Novita Rindiani
Nim : 857098559
Prodi : PGSD AKPMM S1
UPBJJ : Jakarta
Pokjar : Kalideres
berdasarkan video yang disajikan poses pemebalajaran berlangsung menarik karena dilemkapi oleh media yang diharapakan dapat menarik fokus pada anak, namun saya merasa jika melakukan proses belajar hanya dengan menggunakan media seperti flash card tadi masih kurang variatif karena ditakutkan anak belajar mengingat gambar saja bukan huruf dan bacaannya. dan guru pada video tadi tidak melakukan tanya jawab kepada siswa, jadi kurang diketahui apakah metode dan proses belajar berhasil menambah pemahaman siswa atau tidak.
Nama : Rahmawati
NIM : 856817876
Prodi : PGSD
POKJAR : KOTA BENGKULU
Dari menyimak video pembelajaran bahasa indonesia untuk kelas rendah yang telah saya simak, saya menemukan beberapa kekurangan yang dilakukan oleh guru antara lain:
1. Guru tidak melakukan salam pembuka kepada siswa sebelum memulai pembelajaran
2. Guru tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran
3. Guru juga tidak melakukan absensi kehadiran harian siswa
4. Guru tidak mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dengan materi pembelajaran sekarang
5. Guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran, dan
6. Guru tidak membuat refleksi pembelajaran dan guru bersama siswa tidak tampak membuat kesimpulan pembelajaran hari ini.
Sedangkan kelebihan guru tersebut pada video proses pembelajaran adalah:
1. Guru memodifikasi materi pembelajaran dengan mengaitkan lagu ‘Pergi Belajar’ dengan materi pembelajaran Keluarga
2. Guru menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, seperti siswa yang masih mengeja, siswa yang bisa membaca kata dan siswa yang sudah bisa membaca kalimat diberikan media pembelajaran yang berbeda