Similar Posts
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Menyimpulkan Isi Cerita Anak
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Membaca untuk Mendapatkan Informasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Masyaallah
setelah saya menyimak dan mengamati vidio diatas. saya sangat terharu sekali melihat ibu guru yang begitu telaten kepada semua muridnya. Dimana seorang guru yang begitu sabar menghadapi siswa siswinya yang berbeda-beda memberi stimulus yang luarbiasa. gurunya yang memberikan pembelajaran-pembelajaran yang menarik yang tidak membuat anak-anak bosan dan jenuh.
Assalamu’alaikum wr wb
Setelah menonton dan menyimak video di atas saya merasa terinspirasi sekali dengan sang guru yang begitu sabar dan telaten terhadap anak didiknya. Namun dibalik itu semua menurut analisis saya ada beberapa kekurangan dan kelebihannya.
kelebihan yaitu:
1. pembelajarannya sudah bagus, menggunakan media yang sesuai dengan materi yang dibutuhkan.
2. anak didik dibimbing satu persatu dengan telaten.
3. diawali dengan menyanyikan lagu yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.
kekurangnnya yaitu:
1. guru tidak memeriksa kehadiran siswanya.
2. tidak berdoa di awal pelajaran.
3. tidak ada ice breaking dan berbagai tepuk.
4. tidak mengaitkan pembelajaran lalu dengan materi yang kan dipelajari.
solusi untuk permasalahan di atas, sebaiknya:
1. guru pertama masuk memberikan salam dan sapaan kepada anak didiknya.
2. guru memeriksa kehadiran anak didiknya satu persatu.
3. guru mengaitkan pembelajaran pertemuan lalu dengan yang akan dipelajari.
4. menyampaikan tujuan pembelajaran di awal.
5. diselingi ice breaking agar anak didiknya tidak merasa bosan.
sekian hasil analisis saya pada diskusi kali ini.
wassalamu’alaikum wr wb
NAMA : FEBBYANTI VELENTINA
NIM : 857375676
SESEMSTER : 2 / 119
PRODI : BI PGSD
Dalam Video KESULITAN MEMBACA PERMULAAN di SD KELAS RENDAH diatas ada beberapa kelebihan, kekurangan serta saran perbaikan yang dapat saya sampaikan diantaranya sebagai berikut :
1. KELEBIHANNYA :
a. Dalam Menyampaikan Materi Guru terlihat Tegas dan Lugas.
b. Pembukaan kegiatan belajar dilakukan dengan bernyanyi
c. Siswa rapih dan tenang dalam pelaksanaan Kegiatan belajar
d. Guru dan siswa saling berinteraksi dalam pendalaman materi belajar secara bersama-sama.
e. Penggunaan Media atau Alat Peraga yang berkaitan dengan tema belajar adalah penunjang penjelasan materi agar lebih siswa fahami dengan mudah.
2. KEKURANGAN :
a. Di awal kegiatan pembelajaran tidak ada persiapan matang untuk memulai aktifitas belajar rutin ( Contoh salam pembuka, cek kelengkapan belajar siswa, daftar hadir dan Berdo’a ).
b. Guru tidak mengaitkan pembelajaran yang sebelumnya dengan pembelajaran yang sedang dilakukan
c. Tidak ada tanya jawab yang sifatnya individu dalam artian pertanyaan yang diberikan kepada siswa tidak difokuskan kepada salah satu siswa atau siswa yang lain untuk menjawab namun dilakukan secara serentak atau bersama-sama dalam menjawab pertanyaan Guru.
d. Tidak ada kebebasan siswa dalam bertanya atau menjawab dari setiap penjelasan atau pertanyaan guru dalam proses belajar.
e. Guru hanya fokus kepada siswa yang didepan kelas.
f. Dalam proses belajar siswa tampak kurang antusias
g. Guru kurang memberikan motivasi sehingga sebagian siswa terlihat mengantuk atau bermalas-malasan. h. Tidak ada kegiatan ulasan atau kesimpulan dari materi belajar yang telah laksanakan.
i. Di akhir kegiatan pembelajaran tidak ada salam penutup atau Do’a.
j. Dalam media pembelajarannya ada yang kurang lengkap
3. Saran Perbaikan : Kegiatan belajar mengajar pada siswa kelas rendah memang membutuhkan kesabaran dan keihklasan yang luar biasa saran dari saya untuk kegiatan belajar diatas adalah :
a. Awali kegiatan belajar dengan Berdo,a
b. Cek kesiapan siswa untuk melaksanakan kegiatan belajar
c. Berikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan belajar ( baik berpendapat atau memberikan pendapat )
d. Guru dapat melakukan ice breaking dalam kegiatan proses belajar yang sedang berlangsung agar siswa tidak jenuh atau bosan.
e. Dalam membimbing siswa sebaiknya dilakukan secara berkeliling tidak hanya fokus didepan saja.
f. Dan sebaiknya mengakhiri kegiatan belajar pun juga dilakukan dengan berdo’a.
Setelah menonton tayangan video di atas, maka saya menarik kesimpulan bahwa:
Cara atau metode yang diberikan oleh guru tersebut sudah bagus. Di mana peserta didik di ajak untuk bernyanyi terlebih dahulu dan mengaitkan dengan pembelajaran yang akan di pelajari. Saat ada seorang peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membaca, guru langsung menghampiri siswa untuk dibimbing dalam mengeja huruf. Media pembelajaranya sudah menarik, namun alangkah lebih baiknya ditambah lagi dengan media yang lainnya seperti menyaksikan video.
Seperti yang kita ketahui, dalam satu kelas, anak tidak hanya membutuhkan pembelajaran dengan metode visual, namun ada lagi peserta didik yang membutuhkan metode pembelajaran dengan menggunakan media audio visual, tujuannya adalah supaya peserta didik lebih bersemangat dalam menerima suatu pembelajaran.
Dan untuk anak yang kinestetik, seharusnya diberikan semacam latihan atau media pembelajaran yang menggunakan kemampuan psikomotor anak tersebut. Serta guru dapat juga memberikan wadah kepada anak yang sudah pintar dalam membaca, untuk dapat membimbing temannya yang kurang pandai membaca tersebut.
NAMA: IMELINA JUNITA SHARA
NIM : 856274802
JURUSAN/SEMESTER: PGSD/6
UPBJJ: PADANG
Dari video yang sudah saya lihat mengenai “Kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat” pada siswa kelas rendah.
Terlihat di video guru memulai pelajaran dengan bernyanyi sehingga anak menjadi terfokus dan membuat suasana menjadi menyenangkan sebelum akhirnya masuk kepada materi pelajaran. Untuk siswa kelas rendah pelajaran dengan nyanyian itu memang lebih menyenangkan dann memiliki daya tarik untuk mereka. Kemudia media yang digunakan oleh guru pun sangat menarik yaitu media gambar yang dilengkapi dengan hurup dan menemukan puzle huruf. Jadi video tersebut bisa dijadikan salah satu inspirasi untuk mengajar kelas rendah pada materi membaca.
Dari yang saya amati dari video diatas adalah, seorang guru yang begitu sabar dalam mengajarkan siswa-siswanya, dengan bersikap lembut, dan tersenyum. bisa dilihat bahwa ibu guru tersebut begitu ikhlas dalam menghadapi siswa yang masih belum bisa membedakan kalimat-kalimat huruf, guru tersebut membimbing, merangkul, bahkan tidak segan memegang tangan siswanya utk mengajarkan siswanya dalam menulis. bahkan dalam proses pembelajarannya ibu guru tersebut menggunakan metode belajar yang sangat berfariasi, dari bernyanyi agar anak-anak semangat, menggunakan media yang berupa gambar, bahkan sampai menggunakan media visual dengan menulis langsung di papan tulis agar supaya siswanya paham dan mudah mengerti.
Nama : PUTRI MILA SARI
Nim : 856583972
prodi : PGSD S1
Dari yang saya amati dari video diatas adalah, seorang guru yang begitu sabar dalam mengajarkan siswa-siswanya, dengan bersikap lembut, dan tersenyum. bisa dilihat bahwa ibu guru tersebut begitu ikhlas dalam menghadapi siswa yang masih belum bisa membedakan kalimat-kalimat huruf, guru tersebut membimbing, merangkul, bahkan tidak segan memegang tangan siswanya utk mengajarkan siswanya dalam menulis. bahkan dalam proses pembelajarannya ibu guru tersebut menggunakan metode belajar yang sangat berfariasi, dari bernyanyi agar anak-anak semangat, menggunakan media yang berupa gambar, bahkan sampai menggunakan media visual dengan menulis langsung di papan tulis agar supaya siswanya paham dan mudah mengerti.
NAMA : WANDA JOHANA
NIM : 858410963
UPBJJ : SAMARINDA
Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru terlihat siswa-siswi memiliki ketertarikan dalam proses pembelajaran. Saat menyanyi terdapat siswa yang bermalas-malasan namun hanya berlangsung sebentar. Tetapi saat proses pembelajaran berlangsung siswa terlihat antusias karena guru menggunakan media gambar.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Setelah dianalisis kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran guru tidak melakukan salam pembuka, mengecek kehadiran siswa, dan berdoa. Di awal pembelajaranm guru kurang menarik perhatian siswa sehingga ada yang bermalas-malasan pada saat bernyanyi. Dalam proses pembelajaran berlangsung juga terdapat beberapa siswa yang kurang konsenterasi dan kelihatan mengantuk.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Setelah dianalisis kelebihan guru di awal pembelajaran menarik perhatian siswa dengan mengajak bernyanyi, yang mana lagu tersebut berkaitan dengan materi yang akan diajar. Pada saat pembelajaran berlangsung, guru menggunakan media gambar serta guru membimbing siswa dalam membaca dengan menghampiri ke meja.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Terlihat dalam video hal-hal unik dari guru saat melakukan pembelajaran ialah guru menyiapkan abjad-abjad untuk mempermudah siswa membaca.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah dengan melakukan salam pembuka, mengecek kehadiran siswa, dan berdoa, menjelaskan apa yang akan dipelajari hari itu, memberi tahu tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, serta manfaat dari pembelajaran tersebut. Guru juga harus mengajak interaksi dengan lebih banyak siswa.
Setelah saya menyimak video tersebut
Saya sungguh terharu dengan beliau. dari awal membuka kelas serta menyampaikan tujuan pembelajaran yang disampaikan sangat lah efektik efisien serta menyenangkan.
Didalam kelas ada beberapa anak ada yang sudah bisa membaca ada juga yang masih mengeja.
Untuk menangani hal tersebut, memang perlu kita sebagai guru mengajari mereka dengan telaten. Menggunakan media dengan menggunakan potongan huruf abjad menggabungkan suku kata menjadi sebuah kata yang tepat.
Dan yang sudah bisa membaca cukup kita latih menggunakan media yaitu seperti membaca buku cerita maupun dongeng. Untuk menumbuhkan kecintaannya terhadap membaca.
Assalamu’alaikum wr wb
Setelah menonton dan menyimak video di atas dengan seksama maka menurut saya sang guru begitu sabar dan telaten terhadap anak didiknya. Namun menurut analisis saya ada beberapa kekurangan dan kelebihannya yang akan saya jelakan berikut ini
kelebihan yaitu:
1. Penggunaan Media atau Alat Peraga yang berkaitan dengan tema belajar adalah penunjang penjelasan
materi agar lebih siswa fahami dengan mudah.
2. anak didiknya dibimbing satu persatu dengan penuh kesabaran.
3. diawali dengan menyanyikan lagu yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.
4. Siswa rapi dan tenang dalam pelaksanaan Kegiatan belajar
5. Guru dan siswa saling berinteraksi dalam pendalaman materi belajar secara bersama-sama.
kekurangnnya yaitu:
1. guru tidak memeriksa kehadiran atau mengabsen siswa.
2. tidak berdoa di awal pelajaran.
3. tidak ada ice breaking dan berbagai tepuk.
4. tidak mengaitkan pembelajaran lalu dengan materi yang kan dipelajari.
5. Guru hanya fokus kepada siswa yang didepan kelas.
solusi untuk permasalahan di atas, sebaiknya:
1. guru pertama masuk harus memberikan salam dan sapaan kepada anak didiknya.
2. guru harus memeriksa kehadiran anak didiknya satu persatu.
3. guru mengaitkan pembelajaran pertemuan lalu dengan yang akan dipelajari.
4. guru harus menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan diberikan di awal.
5. kegiatan belajar harus diselingi ice breaking agar anak didiknya tidak merasa bosan.
6. Berikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan belajar.
Sekian hasil analisis diskusi saya kali ini.
wassalamu’alaikum wr wb