silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Nama : Feri Ramdani
    NIM : 859689067
    Prodi : PGSD
    UT : Bandung / SALUT Majalengka

    berdasarkan video tersebut, menurut saya pada awal pembelajaran guru sudah baik dengan menyanyikan lagu untuk mengaitkan materi yang akan dipelajari sehingga menambah semangat belajar siswa. dalam kegian inti pembelajaran juga, guru tersebut sudah baik dalam mengajarkan membaca. selanjutnya media dan metode yang di gunakan bisa di pahami oleh siswa. selain itu menurut saya media gambar tersebut jangan hitam putih namun berwarna warni sehingga akan menarik perhatian siswa. namun pada pembelajaran tersebut juga masih terdapat siswa yang kurang bersemangat atau terdapat siswa yang sibuk dengan aktifitasnya masing-masing, untuk itu perlu perhatian yang lebih dari guru kepada siswa tersebut.

  2. Nama : RINA ERNAWATI
    NIM : 857535641
    PRODI : PGSD
    UPBJJ : MAJALENGKA

    berdasarkan hasil analisis video di atas, dalam proses awal pembelajaran guru sudah baik dan memberikan pijakan awal proses materi yang akan di sampaikan, sehingga siswa mampu memahami apa yang akan di sampaikan oleh guru. Akan tetapi masih ada beberapa yang tidak di sampaikan atau tidak di lakukan oleh guru semisal metodw yang digubakan itu tidak berwarna dan kurang jelas, dan tidak di adaknya diskusi per kelompok baik kelompok besar atau kecil sehingga siswa ada yang masih kurang memahami apa yang di maksud oleh guru.

  3. NAMA : NESI YULI SAFITRI
    NIM : 856285489
    JURUSAN : PGSD
    UPBJJ : PADANG
    Berdasarkan video di atas, pada pembukaan belajar sudah cukup menarik semangat siswa, karna dilakukan dengan nyanyian dan gerak tangan yang merangsang semangat belajar siswa, kemudian dalam nyanyian tersebut berkaitan dengan pembelajaran yang akan di ajarkan pada hari itu. metode yang di ajarkan oleh guru sudah cukup menarik, dimana anak-anak antusias dalam menjawab pertanyaan guru karna menggunakan media gambar. dan siswa yang mengalami kesulitan membaca guru juga sudah membantu dengan memberikan media huruf yang akan dicocokkan dengan tulisan yang ada pada gambar.
    setelah itu guru meminta anak membaca huruf dan kata tersebut. dan bagi anak-anak yang sudah lancar membaca sudah diberi buku paket guna untuk memperlancar bacaan anak. dari video tersebut terlihat guru sudah bisa melakukan pendekatan belajar sesuai kemampuan anak.
    Sebagai tambahan agar lebih optimal lagi pembelajaran saya sarankan media yang digunakan lebih menarik seperti gambar yang disajikan memiliki warna.

  4. Nama : Alvin Zebua
    NIM : 855858546
    PRODI : PGSD
    UPBJJ : Medan, Salut damai Idanogawo
    Menurut Saya berdasarkan hasil analisis video tersebut yaitu cara pengajaran atau pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sangatlah mudah dipahami Siswa Dan siswinya karena guru tersebut mengunakan metode gambar sehingga dapat menarik perhatian siswanya Tapi lebih bagusnya jika pada gambar tersebut diberikan warna yang berbeda biar siswanya mudah untuk memahami.

  5. Berdasarkan video di atas, pada pembukaan belajar sudah cukup menarik semangat siswa, karena dilakukan dengan nyanyian dan gerak tangan yang merangsang semangat belajar siswa, kemudian dalam nyanyian tersebut berkaitan dengan pembelajaran yang akan di ajarkan pada hari itu. Metode yang digunakan oleh guru sudah cukup menarik, dimana anak-anak antusias dalam menjawab pertanyaan guru karna menggunakan media gambar.
    Selain itu menurut saya media gambar tersebut jangan hitam putih alangkah baiknya berwarna warni sehingga akan menarik perhatian siswa. Pada pembelajaran tersebut juga masih terdapat siswa yang kurang bersemangat atau terdapat siswa yang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing, untuk itu perlu perhatian yang lebih dari guru kepada siswa tersebut.

  6. Nia Nevi Fatmasari
    Nim. 858912695
    Prodi S1 PGSD
    Pokjar Genteng A

    Berdasarkan video di atas, pada pembukaan belajar sudah cukup menarik semangat siswa, karena dilakukan dengan nyanyian dan gerak tangan yang merangsang semangat belajar siswa, kemudian dalam nyanyian tersebut berkaitan dengan pembelajaran yang akan di ajarkan pada hari itu. Metode yang digunakan oleh guru sudah cukup menarik, dimana anak-anak antusias dalam menjawab pertanyaan guru karna menggunakan media gambar.
    Selain itu menurut saya media gambar tersebut jangan hitam putih alangkah baiknya berwarna warni sehingga akan menarik perhatian siswa. Pada pembelajaran tersebut juga masih terdapat siswa yang kurang bersemangat atau terdapat siswa yang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing, untuk itu perlu perhatian yang lebih dari guru kepada siswa tersebut.

  7. Nia Nevi Fatmasari
    Nim. 858912695
    Prodi S1 PGSD
    Pokjar Genteng A

    Berdasarkan video di atas, pada pembukaan belajar sudah cukup menarik semangat siswa, karena dilakukan dengan nyanyian dan gerak tangan yang merangsang semangat belajar siswa, kemudian dalam nyanyian tersebut berkaitan dengan pembelajaran yang akan di ajarkan pada hari itu. Metode yang digunakan oleh guru sudah cukup menarik, dimana anak-anak antusias dalam menjawab pertanyaan guru karna menggunakan media gambar. Selain itu menurut saya media gambar tersebut jangan hitam putih alangkah baiknya berwarna warni sehingga akan menarik perhatian siswa. Pada pembelajaran tersebut juga masih terdapat siswa yang kurang bersemangat atau terdapat siswa yang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing, untuk itu perlu perhatian yang lebih dari guru kepada siswa tersebut.

  8. Nama : Desniwati halawa
    Nim: 855853593
    Prodi: PGSD
    UPBJJ : MEDAN/ SALUT damai idan6gawo

    Menurut pemahaman saya dari hasil video di atas :
    1. Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sangat semangat karena pembelajaran nya sangat menarik.
    2. Ada juga yang menjadi kelemahan dan kelebihannya yaitu: kelemahannya guru kurang konsentrasi dan kelebihannya: walaupun siswanya banyak dan tidak bisa memperhatikan satu persatu, tetapi karena adanya bantuan gambar anak lebih tertarik dan paham pembelajaran yang dilakukan .dari video tersebut terlihat guru sudah bisa melakukan pendekatan belajar sesuai kemampuan anak. Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran baiknya seorang guru harus mewarnai gambar lebih menarik sehingga siswa lebih paham.

    Terimakasih 🙏

  9. NAMA : HAMZAH FARIS NASHIRUDDIN
    NIM : 877303244
    SEMESTER : 6 (ENAM)
    PROGRAM STUDI : S1. PGSD

    1. Judul Video
    Judul : Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata Dan Kalimat

    2. Ringkasan Isi Video
    Penjelasan singkat identitas video
    Nama tokoh : Gurupintar.ut.ac.id
    Kode video GPO : SD48
    Produksi : Gurupintar.ut.ac.id

    3. Hasil Analisis :

    Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran:
    1. guru sebelum memulai pelajaran, seharus guru mengucapkan salam terlebih dahulu, menyapa siswa siswi, absensi, mengulangi pelajaran yg telah lalu dan selanjutnya bisa bernyanyi.
    2. Guru seharusnya lebih kreatif dalam menggunakan media belajar contohnya seperti menggunakan media berwarna seperti origami agar menarik perhatian siswa.

    Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran :
    1. Guru tersebut mengajar dengan pakain rapih dan sopan
    2. Guru sangat bersemangat dalam menyampaikan materi pembelajaran
    3. Guru tersebut mengecek satu-satu siswa ketika menulis
    4. Guru memberi arahan kepada siswa yang belum dapat menulis huruf
    5. Guru membantu memegang tangan murid yang belum dapat menulis huruf

    Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran :
    1. Uniknya guru dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran dengan keadaan kondisi awal pembelajaran yang kurang kondusif

  10. NAMA : HAMZAH FARIS NASHIRUDDIN
    NIM : 877303244
    SEMESTER : 6 (ENAM)
    PROGRAM STUDI : S1. PGSD

    Secara keseluruhan, kelemahan guru dalam pembelajaran adalah sebagai berikut: 1. Guru seharusnya menyapa siswa sebelum memulai pelajaran, menyapa mereka yang tidak hadir, mengulangi pelajaran sebelumnya, dan bernyanyi setelah itu. 2. Guru seharusnya lebih kreatif dalam menggunakan media belajar, seperti origami, untuk menarik perhatian siswa.

    Secara keseluruhan, beberapa keuntungan dari menjadi guru dalam pembelajaran adalah sebagai berikut: 1. Guru mengenakan pakaian yang rapi dan sopan; 2. Guru sangat bersemangat untuk menyampaikan materi pembelajaran; 3. Guru memeriksa satu-satu siswa saat menulis; 4. Guru memberi arahan kepada siswa yang belum dapat menulis; dan 5. Guru membantu memegang tangan siswa yang belum dapat menulis.

    Video tersebut menunjukkan beberapa hal yang unik tentang bagaimana guru melakukan pembelajaran: 1. Uniknya, guru dapat membuat siswa berpartisipasi dalam pembelajaran meskipun kondisi awal pembelajaran tidak ideal.

Leave a Reply