Similar Posts
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi…
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Nama : Feri Ramdani
NIM : 859689067
Prodi : PGSD
UT : Bandung / SALUT Majalengka
berdasarkan video tersebut, menurut saya pada awal pembelajaran guru sudah baik dengan menyanyikan lagu untuk mengaitkan materi yang akan dipelajari sehingga menambah semangat belajar siswa. dalam kegian inti pembelajaran juga, guru tersebut sudah baik dalam mengajarkan membaca. selanjutnya media dan metode yang di gunakan bisa di pahami oleh siswa. selain itu menurut saya media gambar tersebut jangan hitam putih namun berwarna warni sehingga akan menarik perhatian siswa. namun pada pembelajaran tersebut juga masih terdapat siswa yang kurang bersemangat atau terdapat siswa yang sibuk dengan aktifitasnya masing-masing, untuk itu perlu perhatian yang lebih dari guru kepada siswa tersebut.
Nama : RINA ERNAWATI
NIM : 857535641
PRODI : PGSD
UPBJJ : MAJALENGKA
berdasarkan hasil analisis video di atas, dalam proses awal pembelajaran guru sudah baik dan memberikan pijakan awal proses materi yang akan di sampaikan, sehingga siswa mampu memahami apa yang akan di sampaikan oleh guru. Akan tetapi masih ada beberapa yang tidak di sampaikan atau tidak di lakukan oleh guru semisal metodw yang digubakan itu tidak berwarna dan kurang jelas, dan tidak di adaknya diskusi per kelompok baik kelompok besar atau kecil sehingga siswa ada yang masih kurang memahami apa yang di maksud oleh guru.
NAMA : NESI YULI SAFITRI
NIM : 856285489
JURUSAN : PGSD
UPBJJ : PADANG
Berdasarkan video di atas, pada pembukaan belajar sudah cukup menarik semangat siswa, karna dilakukan dengan nyanyian dan gerak tangan yang merangsang semangat belajar siswa, kemudian dalam nyanyian tersebut berkaitan dengan pembelajaran yang akan di ajarkan pada hari itu. metode yang di ajarkan oleh guru sudah cukup menarik, dimana anak-anak antusias dalam menjawab pertanyaan guru karna menggunakan media gambar. dan siswa yang mengalami kesulitan membaca guru juga sudah membantu dengan memberikan media huruf yang akan dicocokkan dengan tulisan yang ada pada gambar.
setelah itu guru meminta anak membaca huruf dan kata tersebut. dan bagi anak-anak yang sudah lancar membaca sudah diberi buku paket guna untuk memperlancar bacaan anak. dari video tersebut terlihat guru sudah bisa melakukan pendekatan belajar sesuai kemampuan anak.
Sebagai tambahan agar lebih optimal lagi pembelajaran saya sarankan media yang digunakan lebih menarik seperti gambar yang disajikan memiliki warna.
Nama : Alvin Zebua
NIM : 855858546
PRODI : PGSD
UPBJJ : Medan, Salut damai Idanogawo
Menurut Saya berdasarkan hasil analisis video tersebut yaitu cara pengajaran atau pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sangatlah mudah dipahami Siswa Dan siswinya karena guru tersebut mengunakan metode gambar sehingga dapat menarik perhatian siswanya Tapi lebih bagusnya jika pada gambar tersebut diberikan warna yang berbeda biar siswanya mudah untuk memahami.
Berdasarkan video di atas, pada pembukaan belajar sudah cukup menarik semangat siswa, karena dilakukan dengan nyanyian dan gerak tangan yang merangsang semangat belajar siswa, kemudian dalam nyanyian tersebut berkaitan dengan pembelajaran yang akan di ajarkan pada hari itu. Metode yang digunakan oleh guru sudah cukup menarik, dimana anak-anak antusias dalam menjawab pertanyaan guru karna menggunakan media gambar.
Selain itu menurut saya media gambar tersebut jangan hitam putih alangkah baiknya berwarna warni sehingga akan menarik perhatian siswa. Pada pembelajaran tersebut juga masih terdapat siswa yang kurang bersemangat atau terdapat siswa yang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing, untuk itu perlu perhatian yang lebih dari guru kepada siswa tersebut.
Nia Nevi Fatmasari
Nim. 858912695
Prodi S1 PGSD
Pokjar Genteng A
Berdasarkan video di atas, pada pembukaan belajar sudah cukup menarik semangat siswa, karena dilakukan dengan nyanyian dan gerak tangan yang merangsang semangat belajar siswa, kemudian dalam nyanyian tersebut berkaitan dengan pembelajaran yang akan di ajarkan pada hari itu. Metode yang digunakan oleh guru sudah cukup menarik, dimana anak-anak antusias dalam menjawab pertanyaan guru karna menggunakan media gambar.
Selain itu menurut saya media gambar tersebut jangan hitam putih alangkah baiknya berwarna warni sehingga akan menarik perhatian siswa. Pada pembelajaran tersebut juga masih terdapat siswa yang kurang bersemangat atau terdapat siswa yang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing, untuk itu perlu perhatian yang lebih dari guru kepada siswa tersebut.
Nia Nevi Fatmasari
Nim. 858912695
Prodi S1 PGSD
Pokjar Genteng A
Berdasarkan video di atas, pada pembukaan belajar sudah cukup menarik semangat siswa, karena dilakukan dengan nyanyian dan gerak tangan yang merangsang semangat belajar siswa, kemudian dalam nyanyian tersebut berkaitan dengan pembelajaran yang akan di ajarkan pada hari itu. Metode yang digunakan oleh guru sudah cukup menarik, dimana anak-anak antusias dalam menjawab pertanyaan guru karna menggunakan media gambar. Selain itu menurut saya media gambar tersebut jangan hitam putih alangkah baiknya berwarna warni sehingga akan menarik perhatian siswa. Pada pembelajaran tersebut juga masih terdapat siswa yang kurang bersemangat atau terdapat siswa yang sibuk dengan aktivitasnya masing-masing, untuk itu perlu perhatian yang lebih dari guru kepada siswa tersebut.
Nama : Desniwati halawa
Nim: 855853593
Prodi: PGSD
UPBJJ : MEDAN/ SALUT damai idan6gawo
Menurut pemahaman saya dari hasil video di atas :
1. Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sangat semangat karena pembelajaran nya sangat menarik.
2. Ada juga yang menjadi kelemahan dan kelebihannya yaitu: kelemahannya guru kurang konsentrasi dan kelebihannya: walaupun siswanya banyak dan tidak bisa memperhatikan satu persatu, tetapi karena adanya bantuan gambar anak lebih tertarik dan paham pembelajaran yang dilakukan .dari video tersebut terlihat guru sudah bisa melakukan pendekatan belajar sesuai kemampuan anak. Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran baiknya seorang guru harus mewarnai gambar lebih menarik sehingga siswa lebih paham.
Terimakasih 🙏
NAMA : HAMZAH FARIS NASHIRUDDIN
NIM : 877303244
SEMESTER : 6 (ENAM)
PROGRAM STUDI : S1. PGSD
1. Judul Video
Judul : Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata Dan Kalimat
2. Ringkasan Isi Video
Penjelasan singkat identitas video
Nama tokoh : Gurupintar.ut.ac.id
Kode video GPO : SD48
Produksi : Gurupintar.ut.ac.id
3. Hasil Analisis :
Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran:
1. guru sebelum memulai pelajaran, seharus guru mengucapkan salam terlebih dahulu, menyapa siswa siswi, absensi, mengulangi pelajaran yg telah lalu dan selanjutnya bisa bernyanyi.
2. Guru seharusnya lebih kreatif dalam menggunakan media belajar contohnya seperti menggunakan media berwarna seperti origami agar menarik perhatian siswa.
Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran :
1. Guru tersebut mengajar dengan pakain rapih dan sopan
2. Guru sangat bersemangat dalam menyampaikan materi pembelajaran
3. Guru tersebut mengecek satu-satu siswa ketika menulis
4. Guru memberi arahan kepada siswa yang belum dapat menulis huruf
5. Guru membantu memegang tangan murid yang belum dapat menulis huruf
Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran :
1. Uniknya guru dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran dengan keadaan kondisi awal pembelajaran yang kurang kondusif
NAMA : HAMZAH FARIS NASHIRUDDIN
NIM : 877303244
SEMESTER : 6 (ENAM)
PROGRAM STUDI : S1. PGSD
Secara keseluruhan, kelemahan guru dalam pembelajaran adalah sebagai berikut: 1. Guru seharusnya menyapa siswa sebelum memulai pelajaran, menyapa mereka yang tidak hadir, mengulangi pelajaran sebelumnya, dan bernyanyi setelah itu. 2. Guru seharusnya lebih kreatif dalam menggunakan media belajar, seperti origami, untuk menarik perhatian siswa.
Secara keseluruhan, beberapa keuntungan dari menjadi guru dalam pembelajaran adalah sebagai berikut: 1. Guru mengenakan pakaian yang rapi dan sopan; 2. Guru sangat bersemangat untuk menyampaikan materi pembelajaran; 3. Guru memeriksa satu-satu siswa saat menulis; 4. Guru memberi arahan kepada siswa yang belum dapat menulis; dan 5. Guru membantu memegang tangan siswa yang belum dapat menulis.
Video tersebut menunjukkan beberapa hal yang unik tentang bagaimana guru melakukan pembelajaran: 1. Uniknya, guru dapat membuat siswa berpartisipasi dalam pembelajaran meskipun kondisi awal pembelajaran tidak ideal.