Similar Posts
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Belajar Membuat Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana…
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
NAMA : FANI AZIZAH
NIM : 858925684
MATKUL : PANDUAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
POKJAR : PURWOHARJO
a. Pada kegiatan pembelajaran dikelas tersebut, reaksi siswa sudah baik karena guru memulai pembukaan kegiatan belajar dengan menyanyi bersama, meskipun juga terdapat anak yang kurang fokus dan tidak ikut bernyanyi bersama siswa yang lain.
b. Kelemahan dalam pembelajaran ini adalah guru hanya menyiapkan gambar yang tidak berwarna melainkan hitam putih saja. Alangkah baiknya objek yang digunakan dalam metode pembelajaran adalah objek yang berwarna.
c. Kelebihan dalam kegiatan pembelajaran tersebut adalah guru menggunakan metode yang mudah di ikuti oleh siswa. Tidak hanya melihat gambar yang sudah di siapkan oleh guru, siswa juga diajak untuk membaca kata “ayah” dan “ibu” agar mengetahui siswa mana yang masih kesulitan membaca huruf, suku kata dan kata, sehingga guru dapat memberikan solusi ketika terdapat siswa yang masih kesulitan.
d. Tidak ada keunikan yang menurut saya unik didalam kegiatan pembelajaran tersebut.
e. Menurut saya, guru dapat menggunakan contoh gambar yang berwarna, karena dengan gambar yang berwarna dapat menarik perhatian siswa dan tentunya tampilannya juga lebih bagus.
Nama : Intan Erida Astutik
NIM : 857726263
Pokjar : Boja
Semester : 6A
Saya akan merefleksikan video pembelajaran tentang kesulitan membaca. Berikut adalah beberapa poin penting yang dapat saya sampaikan:
1. Pemahaman Kesulitan Membaca:
– Video ini menjelaskan bahwa kesulitan membaca, atau disleksia, adalah kondisi di mana seseorang mengalami tantangan dalam memahami dan mengolah informasi tertulis.
– Disleksia bukan disebabkan oleh kurangnya kecerdasan, melainkan merupakan perbedaan dalam cara otak memproses informasi.
– Individu dengan disleksia dapat mengalami kesulitan dalam mengenali huruf, memadukan bunyi, dan memahami kata-kata tertulis.
2. Dampak Kesulitan Membaca:
– Kesulitan membaca dapat berdampak signifikan pada prestasi akademik dan rasa percaya diri seorang anak.
– Anak-anak dengan disleksia sering merasa frustrasi, malu, dan kurang termotivasi dalam belajar.
– Tanpa intervensi yang tepat, kesulitan membaca dapat berlanjut hingga dewasa dan mempengaruhi kehidupan sehari-hari.
3. Pentingnya Pemahaman dan Dukungan:
– Video menekankan bahwa disleksia bukanlah suatu kekurangan, melainkan perbedaan dalam cara otak bekerja.
– Pemahaman dan dukungan dari lingkungan sekitar sangat diperlukan agar anak-anak dengan disleksia dapat berkembang secara optimal.
– Dengan intervensi yang tepat dan dukungan yang memadai, anak-anak dengan disleksia dapat mencapai keberhasilan akademik dan pribadi.
Secara keseluruhan, video ini memberikan wawasan yang berharga tentang kesulitan membaca dan pentingnya memahami serta mendukung anak-anak dengan disleksia. Refleksi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran dan empati terhadap mereka yang mengalami tantangan dalam membaca.
Menurut saya kegiatan pembelajaran sudah cukup baik untuk diawal kegiatan yaitu dimana kegiatan awal pembelajaran dibuka dengan ice breaking, namun pada kegiatan inti yang sesuai dengan judul video yaitu “kesulitan membaca diSD” Guru tidak menyampaikan secara leluasa kepada siswa yaitu hanya menggunakan media gambar dan suku kata namun seharusnya guru bisa menggunakan suka kata yang lain yang mencoba untuk meminta bbrp siswa membacanya karena dengan begitu guru juga mengetahui bahwa tidak semua siswa paham tentang materi tersebut.
Nama : witri
NIM : 856068822
Program Studi : PGSD
UPBJJ/Pokjar : Medan/Asahan
Menurut pendapat saya, dari video yang saya lihat. Dari sini guru dapat menarik minat belajar siswa dengan dengan cara melakukan proses bernyanyi tentang keluarga, dan memperlihatkan media gambar sebagai bentuk untuk menangkapnya data tarik anak tersebut. Sehingga anka yang tidak mengenal huruf, suku kata, kata maupun kalimat dapat mengetahui bahwa di gambar tersebut ada gambar seorang ayah dan ibu. Dari video ini dapat disimpulkan kan bahwa menarik minat baca seorang anak harus dengan memperhatikan siswa itu sendiri, memberikan media yang berhubungan dengan kehidupan pribadi kemudian dengan cara berkeliling mendatangi siswa tuh sendiri sehingga kita akan mudah mengetahui siswa mana yang belum mengenal huruf, mengeja suku kata, kata, dan kalimat sederhana. Sehingga kita bisa mengubah metode apa saja yang tepat untuk mengembangkan kemampuan siswa tersebut
Nama : Desi Dwi Lestari
NIM : 858927577
UPBJJ : Jember
Pokjar : Purwoharjo
Menurut pendapat saya dalam vidio tersebut siswa terlihat semangat dalam menyanyikan lagu yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Kelemahan dalam pembelajaran tersebut guru tidak menyampaikan pembukaan materi yang akan disampikan, seperti tujuan dan manfaat dari pembelajaran materi tersebut. Kelebihan dalam pembelajaran tersebut, guru sudah kreatif menggunakan media pembelajaran agar materi yang disampikan lebih mudah dipahami. Hal unik dalam pembelajaran tersebut adalah guru menggunakan media gambar dan sangat sabar menjelaskan kepada siswa dengan mengunjungi bangku-bangku siswa. Menurut saya yang dapat diusulkan adalah guru memberi kesempatan kepada siswa untuk terus berlatih bersama menggunakan media yang lebih menarik lagi agar siswa tidak mudah bosan.
Selamat sore.
Nama: Dayang Sumijawati
Nim : 858065356
Semester:6
Kelas: A
Pokjar : Sintang
Reaksi Siswa: siswa bersemangat mengikuti pembelajaran karena guru membuka pelajaran dengan menyuruh siswa bernyanyi terlebih dahulu.
Kelemahan guru: guru tidak mengajarkan anak untuk elmengenal abjad secara acak terlebih dahulu kepada siswa.
Kelebihan guru: guru mampu membangkitkan semangat anak-anak melalui gambar dan juga nyanyian.
Hal unik: guru menyediakan gambar sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran.
Usulan: sebaiknya guru memberikan perhatian khusus kepada siswa yang belum bisa mengeja ataupun mengenal huruf, berupaya untuk membangkitkan semangat anak yang mudah bosan terhadap pelajaran dengan memberikan selingan bermain sambil belajar, berupaya untuk membangkitkan konsentrasi siswa terhadap materi yang diajarkan dengan sesekali mengajak anak untuk tersenyum sambil mengingatkanya.
Terimakasih🙏🙏
NAMA : Rizky Kurnia Ramadhan
NIM : 855736101
PRODI : PGSD
UPBJJ : 20/Bandar Lampung
Menurut pendapat saya, dari video yang sudah ditampilkan diatas, pada awal pembelajaran guru sudah baik mengajak siswa untuk menyayikan lagu yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Metode yang diajarkan oleh guru tersebut sudah cukup baik, dimana guru tersebut melakukan pendekatan kepada siswanya dan memperhatikan ketika ada anak yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran dan membantu anak tersebut dengan media yang cocok dan mudah dipahami anak. Namun menurut saya media gambar yang digunakan guru tersebut sedikit kurang menarik, mungkin agar lebih menarik lagi jika guru tersebut menggunakan media gambar yang berwarna dan bergerak agar lebih menarik perhatian siswa sehingga anak lebih semangat dan fokus dalam proses pembelajaran seperti contoh menggunakan media penayangan gambar melalui proyektor.
NAMA : Rizky Kurnia Ramadhan
NIM : 855736101
PRODI : PGSD
UPBJJ : 20/Bandar Lampung
Menurut pendapat saya, dari video yang sudah ditampilkan diatas, pada awal pembelajaran guru sudah baik dengan mengajak siswa untuk menyayikan lagu yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Metode yang diajarkan oleh guru tersebut sudah cukup baik, dimana guru tersebut melakukan pendekatan kepada siswanya dan memperhatikan ketika ada anak yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran dan membantu anak tersebut dengan menggunakan media sehingga mudah dipahami oleh peserta didiknya. Namun menurut pendapat saya media gambar yang digunakan guru dari cuplikan video diatas sedikit kurang menarik, karena guru hanya menggunakan media kertas dengan gambar yang hanya memiliki satu warna saja, sehingga mungkin agar lebih menarik lagi jika guru tersebut menggunakan media gambar yang berwarna dan bergerak agar lebih menarik perhatian siswa sehingga anak lebih semangat lagi dan fokus dalam proses pembelajaran. seperti contoh menggunakan media penayangan gambar melalui proyektor.
NAMA : Rizky Kurnia Ramadhan
NIM : 855736101
PRODI : PGSD
UPBJJ : 20/Bandar Lampung
Menurut pendapat saya, dari video yang sudah ditampilkan diatas, pada awal pembelajaran guru sudah baik dengan mengajak siswa untuk menyayikan lagu yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Metode yang diajarkan oleh guru tersebut sudah cukup baik, dimana guru tersebut melakukan pendekatan kepada siswanya dan memperhatikan ketika ada anak yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran dan membantu anak tersebut dengan menggunakan media sehingga mudah dipahami oleh peserta didiknya. Namun menurut pendapat saya media gambar yang digunakan guru dari cuplikan video diatas sedikit kurang menarik, karena guru hanya menggunakan media kertas dengan gambar yang hanya memiliki satu warna saja, sehingga mungkin agar lebih menarik lagi jika guru tersebut menggunakan media gambar yang berwarna dan bergerak agar lebih menarik perhatian para siswa sehingga anak lebih semangat lagi dan fokus dalam proses pembelajaran. seperti contoh menggunakan media penayangan gambar melalui proyektor.
Nama : Ginang Praditia
NIM : 858919594
Pokjar : Umbulsari
menurut saya cara mengatasi anak yang kesulitan membaca huruf, suku kata, dan kalimat itu memerlukan pendekatan yang sabar, konsisten, dan disesuaikan dengan kebutuhan anak.
cara mengatasi tersebut yaitu : menggunakan Metode Pembelajaran yang Menarik
Anak-anak biasanya merespons lebih baik terhadap metode pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Contohnya kita melakukan permainan melalui Flashcards yaitu menggunakan kartu flash dengan huruf, suku kata, atau kata sederhana. Kemudian memperkenalkan anak dengan dasar dasar membaca seperti memperkenalkan huruf, Kenalkan anak pada alfabet dengan menggunakan lagu, gambar, atau kartu,suku kata, ajari anak untuk mengenali suku kata dengan contoh sederhana,kata, Setelah anak memahami suku kata, ajari kata-kata sederhana,kalimat, perlahan-lahan perkenalkan kalimat pendek dan sederhana. Kemudian kita memberikan dukungan dan Motivasi.
Anak-anak mungkin merasa frustrasi jika mereka kesulitan membaca. Sabar dan Tidak Menekan: Jangan memaksa anak untuk membaca jika mereka belum siap.