silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Nama:Bulang. Nim:821547569. Kelas :6 A. Smester 6 siswa kurang menyimak saat guru memberikan metode pembelajaran yang diberikan Guru tersebut karena diawal pembelajaran Anak-anak tidak diajak berdiri saat bernyanyi

  2. Nama : Yelli Aristya Atma Dewi
    NIM : 858952832

    Mohon ijin untuk menanggapi isi Video

    a. Ringkasan Video:
    Video berisi tentang suasana kelas yang ceria dan bersemangat pada pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Video ini berisi tentang bagaimana kesulitan membaca permulaan pada kelas rendah. Pada video tersebut menampilkan penyebab kesulitan membaca pada siswa serta bagaimana Solusi mengatasi kesulitan membaca permulaan pada kelas rendah.
    Pada awal pembelajaran Guru mengajak siswa untuk bernyanyi bersama hal tersebut membuat siswa lebih semangat untuk belajar. Siswa bersama menyanyikan Lagu Pergi Belajar. Kemudian guru menanyakan isi lagu tersebut yang berkaitan dengan keluarga dengan dikaitkan dengan materi membaca dan mengeja suku kata Ayah dan Ibu. Kemudian guru menggunakan media gambar ayah dan ibu, dan diberi keterangan tulisan ayah dan ibu. Siswa bersama guru membaca kata tersebut.

    b. Kelemahan Video: Kurangnya penggunaan media gambar yang menarik perhatian siswa, seharusnya guru dapat menggunakan gambar yang berwarna agar lebih menarik perhatian siswa. Guru kurang bervariasi menggunakan media baca sehingga siswa menjadi merasa malas dan mudah bosan karena media baca yang digunakan kurang bervariasi.

    c. Kelebihan Video: Guru sabar dalam mengajari siswa. Guru berinteraksi dengan siswa dengan cara berkeliling ke setiap bangku siswa. Guru memperhatikan setiap siswa dan mengajarkan siswa dan sudah menyiapkan media baca berupa gambar. Pada video sudah terdapat Solusi bagaimana mengatasi kesulitan membaca permulaan yaitu dengan anak yang belum dapat membaca dibimbing dengan metode abjad dan metode eja, anak yang belum dapat membaca kata dilatih dengan menggunakan metode suku kata, anak yang belum dapat membaca kalimat dilatih dengan menggunakan m,etode kata dan metode kalimat, anak yang sudah bisa membaca dapat dilatih dengan metode SAS.

    d. Kesimpulan: Membaca permulaan pada sekolah dasar tidak mudah. Membaca dibantu dengan media gambar dan menggunakan metode yang bervariasi dapat meningkatkan minat baca pada siswa. Pada kelas rendah pasti terdapat siswa yang belum dapat merangkai suku kata dan kalimat. Penyebab siswa kesulitan membaca yaitu rasa malas, bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran dan pembelajaran yang lambat.

    Terimakasih, mohon maaf apabila terdapat salah kata.

  3. NAMA : AJI SANJAYA
    NIM : 855736061
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    POKJAR : KOTA AGUNG
    ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.

    Dalam Video tersebut saya sangat setuju dikarenakan siswa SD Khususnya kls rendah bisa dapat lebih mudah memahami pelajaran, apalagi cara mengajar guru tersebut menggunakan metode gambar atau bacaan yang berjarak,jadi itu lebih memudahkan siswa dalam membaca dan mudah memahami nya,guru jga dapat memberikan metode sebelum mengajar yaitu dgn bernyanyi bercerita ataupun yang lainnya,dgn cara guru memberikan metode tersebut anak anak jadi lebih mudah menghafal,mengingat,dan
    memahami nya.

  4. NAMA : AJI SANJAYA
    NIM : 855736061
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    POKJAR : KOTA AGUNG
    ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.

    Dalam Video tersebut saya sangat setuju dikarenakan siswa SD Khususnya kls rendah bisa dapat lebih mudah memahami pelajaran, apalagi cara mengajar guru tersebut menggunakan metode gambar atau bacaan yang berjarak,jadi itu lebih memudahkan siswa dalam membaca dan mudah memahami nya,guru jga dapat memberikan metode sebelum mengajar yaitu dgn bernyanyi bercerita ataupun yang lainnya,dgn cara guru memberikan metode tersebut anak anak jadi lebih mudah menghafal,mengingat,dan
    memahami nya.

    TERIMA KASIH DAN MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DAN KEKELIRUAN DALAM PENYAMPAIAN NYA🙏

  5. Assalamualaikum wr.wb, selamat pagi bagi kita semua.
    Izin menanggapi video pembelajaran di atas.
    Nama: Nanda Eka Putri
    Nim : 858065388
    Program Studi : PGSD -S1
    Pokjar : Sintang
    Upbjj: Pontianak
    Semester : 6
    Kelas : PGSD-A
    Mata pelajaran : bahasa Indonesia
    Judul video: kesulitan membaca huruf, suku kata dan kalimat
    setelah saya menonton video dan memahami nya video tersebut berisi tentang bagaimana kesulitan membaca permulaan pada kelas rendah, penyebab kesulitan membaca, dan solusi nya. berdasarkan analisis video di atas ada beberapa hal yang dapat saya refleksikan sebagai berikut:
    reaksi siswa terhadap pembelajaran yang di lakukan guru pada saat pembelajaran dimulai dgn ceria dan bersemangat karena di awali dengan bernyanyi bersama dan hal2 itu bisa membuat siswa lebih semangat dalam belajar, di dalam video tersebut terdapat kelemahan dan kelebihan, kelemahan dalam video yaitu kurang nya media pembelajaran yang menarik perhatian siswa sedangkan kelebihan nya yaitu guru sangatlah sabar dan peduli dengan siswa yang memiliki kekurangan membaca dan guru juga berinteraksi dengan siswa dan mengajari siswa yang kesulitan dalam membaca dan tidak mengenal huruf, ada juga hal² unik yang di temukan di dalam video diatas yaitu guru memulai pembelajaran dengan bernyanyi, sehingga membuat siswa menjadi ceria dan bersemangat, dalam pembelajaran di bantu oleh media gambar, sehingga menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran, ada pula upaya yg di usulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya yaitu dengan menyiapkan media pembelajaran yang lebih bervariasi lagi dan menarik misalnya dengan menambahkan warna pada gambar sebagai media pembelajaran agar dapat meningkatkan minat baca pada siswa.
    sekian dan terimakasih

  6. Nama: Lestari Maijuita
    Nim: 856813632
    Program studi: PGSD S1
    Izin berkomentar,Dividio ini Gurunya sangat menarik dan kreatif dimana siswanya sebelum memulai pembelajaran diajak untuk bernyanyi agar meningkatkan konsentrasi dan inovatif siswa,Guru menggunakan media pembelajaran yang Bisa membuat anak anak menjadi semangat belajarnya.Guru juga mengajar pada siswanya dengan semangat sehingga Siswa lebih giat dan lebih semangat lagi untuk belajar membaca.Siswa pun sangat konsentrasi mendengarkan penjelasan dari guru.Dengan adanya konsentrasi dari siswa sehingga Siswa pun bisa mengerti dan memahami penjelasan yang diberikan oleh Gurunya.

  7. Nama: Lestari Maijuita
    Nim: 856813632
    Program studi: PGSD S1
    Didalam vidio ini guru sangat menarik didalam mengajar karena diawal vidio guru mengajak siswa bernyanyi dan berkosentrasi sehingga siswa bisa semangat belajarnya.Guru juga menggunakan media pembelajaran yang menarik,sehingga minat belajar membaca siswa meningkat.Dengan adanya media pembelajaran yang menarik ini akan menumbuh kembangkan daya pikir siswa agar lebih semangat dan lebih giat lagi dalam membaca.Siswa pun konsentrasi dalam mendengarkan penjelasan serta arahan dari gurunya hal ini membuat suasana kelas menjadi kondusif dan belajar pun jadi semangat serta siswa pun bisa memahami penjelasan guru dengan baik.

  8. Nama: Lestari Maijuita
    Nim: 856813632
    Program studi: PGSD S1
    Didalam vidio ini guru sangat menarik dalam mengajar dan mendidik siswanya dimana siswa diajak bernyanyi agar menumbuhkan rasa semangat dari siswa,Guru juga membuat media pembelajaran yang menarik sehingga siswa mudah memahami pembelajaran dari guru.Siswa juga konsentrasi didalam belajar dan menyimak bagaimana cara guru mengarkan agar siswanya bisa membaca dengan baik dan benar.Dengan adanya semangat dari siswa dan guru sehingga pembelajaran berlangsung dengan kondusif dan siswa dapat belajar dengan baik.
    Mohon maaf jika ada kesalahan,Terimakasih..

  9. Nama : Antika Dewi Susanty
    Nim : 858068152
    Kelas : B (PGSD Semester 6)
    Izin menanggapi video pembelajaran
    Dalam proses pembelajaran, kelas sangat semangat dan siswa memperhatikan guru saat guru menunjukkan gambar ayah dan ibu.
    Kelemahan guru dalam pembelajaran yaitu kurang menariknya gambar yang di tunjukkan, siswa cenderung lebih suka terhadap gambar yang berwarna.
    Kelebihan sang guru dalam pembelajaran yaitu guru dengan tenang dan sabar menjelaskan kepada siswa tentang bagaimana cara mengeja dengan memperhatikan gambar, guru juga melakukan pembelajaran interaktif dimana siswa ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran kelas.
    Hal unik dalam video yaitu meskipun siswa cenderung merasa bosan dan malas siswa tetap memperhatikan guru ketika menjelaskan. Anak-anak dengan senang menjawab dan memperhatikan guru saat belajar. Dengan melihat gambar anak bisa membedakan mana gambar yang menunjukkan ayah dan mana gambar yang menunjukkan ibu, meskipun anak ada yang belum bisa mengeja namun dengan melihat gambar, anak dapat dengan mudah menjawab dan membedakannya.
    Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kegiatan belajar yang lebih efektif yaitu dengan menggunakan media yang lebih menarik dan bervariasi agar mendapat perhatian dari anak, memberikan permainan ditengah pelajaran agar anak tidak bosan dan mengantuk didalam kelas.

  10. Nama : Diana Siska Laia
    Nim : 856026058
    Pokjar : Idanogawo
    Upbjj : Medan

    Baik sedikit saya menanggapi video diatas dimana guru sudah melakukan pembelajaran yang sangat bagus, kelas dibuka dengan bernyanyi yang bisa membuat siswa semakin bersemangat.
    Kelebihan Video tersebut Guru sabar dalam mengajari siswa. Guru berinteraksi dengan siswa dengan cara berkeliling ke setiap bangku siswa. Guru memperhatikan setiap siswa dan mengajarkan siswa dan sudah menyiapkan media baca berupa gambar. Pada video tersebut sudah terdapat Solusi bagaimana mengatasi kesulitan membaca permulaan yaitu dengan anak yang belum dapat membaca dibimbing dengan metode abjad dan metode eja, anak yang belum dapat membaca kata dilatih dengan menggunakan metode suku kata, anak yang belum dapat membaca kalimat dilatih dengan menggunakan m,etode kata dan metode kalimat, anak yang sudah bisa membaca dapat dilatih dengan metode SAS.

    Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut adalah guru belum mengkondisikan kelas seperti mengucapkan salam, berdo’a, melakukan absensi. Guru juga belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan

Leave a Reply