Similar Posts
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
Yuk, Bercerita Kepada Teman
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membaca untuk Mendapatkan Informasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama:Bulang. Nim:821547569. Kelas :6 A. Smester 6 siswa kurang menyimak saat guru memberikan metode pembelajaran yang diberikan Guru tersebut karena diawal pembelajaran Anak-anak tidak diajak berdiri saat bernyanyi
Nama : Yelli Aristya Atma Dewi
NIM : 858952832
Mohon ijin untuk menanggapi isi Video
a. Ringkasan Video:
Video berisi tentang suasana kelas yang ceria dan bersemangat pada pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Video ini berisi tentang bagaimana kesulitan membaca permulaan pada kelas rendah. Pada video tersebut menampilkan penyebab kesulitan membaca pada siswa serta bagaimana Solusi mengatasi kesulitan membaca permulaan pada kelas rendah.
Pada awal pembelajaran Guru mengajak siswa untuk bernyanyi bersama hal tersebut membuat siswa lebih semangat untuk belajar. Siswa bersama menyanyikan Lagu Pergi Belajar. Kemudian guru menanyakan isi lagu tersebut yang berkaitan dengan keluarga dengan dikaitkan dengan materi membaca dan mengeja suku kata Ayah dan Ibu. Kemudian guru menggunakan media gambar ayah dan ibu, dan diberi keterangan tulisan ayah dan ibu. Siswa bersama guru membaca kata tersebut.
b. Kelemahan Video: Kurangnya penggunaan media gambar yang menarik perhatian siswa, seharusnya guru dapat menggunakan gambar yang berwarna agar lebih menarik perhatian siswa. Guru kurang bervariasi menggunakan media baca sehingga siswa menjadi merasa malas dan mudah bosan karena media baca yang digunakan kurang bervariasi.
c. Kelebihan Video: Guru sabar dalam mengajari siswa. Guru berinteraksi dengan siswa dengan cara berkeliling ke setiap bangku siswa. Guru memperhatikan setiap siswa dan mengajarkan siswa dan sudah menyiapkan media baca berupa gambar. Pada video sudah terdapat Solusi bagaimana mengatasi kesulitan membaca permulaan yaitu dengan anak yang belum dapat membaca dibimbing dengan metode abjad dan metode eja, anak yang belum dapat membaca kata dilatih dengan menggunakan metode suku kata, anak yang belum dapat membaca kalimat dilatih dengan menggunakan m,etode kata dan metode kalimat, anak yang sudah bisa membaca dapat dilatih dengan metode SAS.
d. Kesimpulan: Membaca permulaan pada sekolah dasar tidak mudah. Membaca dibantu dengan media gambar dan menggunakan metode yang bervariasi dapat meningkatkan minat baca pada siswa. Pada kelas rendah pasti terdapat siswa yang belum dapat merangkai suku kata dan kalimat. Penyebab siswa kesulitan membaca yaitu rasa malas, bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran dan pembelajaran yang lambat.
Terimakasih, mohon maaf apabila terdapat salah kata.
NAMA : AJI SANJAYA
NIM : 855736061
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR : KOTA AGUNG
ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.
Dalam Video tersebut saya sangat setuju dikarenakan siswa SD Khususnya kls rendah bisa dapat lebih mudah memahami pelajaran, apalagi cara mengajar guru tersebut menggunakan metode gambar atau bacaan yang berjarak,jadi itu lebih memudahkan siswa dalam membaca dan mudah memahami nya,guru jga dapat memberikan metode sebelum mengajar yaitu dgn bernyanyi bercerita ataupun yang lainnya,dgn cara guru memberikan metode tersebut anak anak jadi lebih mudah menghafal,mengingat,dan
memahami nya.
NAMA : AJI SANJAYA
NIM : 855736061
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR : KOTA AGUNG
ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.
Dalam Video tersebut saya sangat setuju dikarenakan siswa SD Khususnya kls rendah bisa dapat lebih mudah memahami pelajaran, apalagi cara mengajar guru tersebut menggunakan metode gambar atau bacaan yang berjarak,jadi itu lebih memudahkan siswa dalam membaca dan mudah memahami nya,guru jga dapat memberikan metode sebelum mengajar yaitu dgn bernyanyi bercerita ataupun yang lainnya,dgn cara guru memberikan metode tersebut anak anak jadi lebih mudah menghafal,mengingat,dan
memahami nya.
TERIMA KASIH DAN MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DAN KEKELIRUAN DALAM PENYAMPAIAN NYA🙏
Assalamualaikum wr.wb, selamat pagi bagi kita semua.
Izin menanggapi video pembelajaran di atas.
Nama: Nanda Eka Putri
Nim : 858065388
Program Studi : PGSD -S1
Pokjar : Sintang
Upbjj: Pontianak
Semester : 6
Kelas : PGSD-A
Mata pelajaran : bahasa Indonesia
Judul video: kesulitan membaca huruf, suku kata dan kalimat
setelah saya menonton video dan memahami nya video tersebut berisi tentang bagaimana kesulitan membaca permulaan pada kelas rendah, penyebab kesulitan membaca, dan solusi nya. berdasarkan analisis video di atas ada beberapa hal yang dapat saya refleksikan sebagai berikut:
reaksi siswa terhadap pembelajaran yang di lakukan guru pada saat pembelajaran dimulai dgn ceria dan bersemangat karena di awali dengan bernyanyi bersama dan hal2 itu bisa membuat siswa lebih semangat dalam belajar, di dalam video tersebut terdapat kelemahan dan kelebihan, kelemahan dalam video yaitu kurang nya media pembelajaran yang menarik perhatian siswa sedangkan kelebihan nya yaitu guru sangatlah sabar dan peduli dengan siswa yang memiliki kekurangan membaca dan guru juga berinteraksi dengan siswa dan mengajari siswa yang kesulitan dalam membaca dan tidak mengenal huruf, ada juga hal² unik yang di temukan di dalam video diatas yaitu guru memulai pembelajaran dengan bernyanyi, sehingga membuat siswa menjadi ceria dan bersemangat, dalam pembelajaran di bantu oleh media gambar, sehingga menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran, ada pula upaya yg di usulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya yaitu dengan menyiapkan media pembelajaran yang lebih bervariasi lagi dan menarik misalnya dengan menambahkan warna pada gambar sebagai media pembelajaran agar dapat meningkatkan minat baca pada siswa.
sekian dan terimakasih
Nama: Lestari Maijuita
Nim: 856813632
Program studi: PGSD S1
Izin berkomentar,Dividio ini Gurunya sangat menarik dan kreatif dimana siswanya sebelum memulai pembelajaran diajak untuk bernyanyi agar meningkatkan konsentrasi dan inovatif siswa,Guru menggunakan media pembelajaran yang Bisa membuat anak anak menjadi semangat belajarnya.Guru juga mengajar pada siswanya dengan semangat sehingga Siswa lebih giat dan lebih semangat lagi untuk belajar membaca.Siswa pun sangat konsentrasi mendengarkan penjelasan dari guru.Dengan adanya konsentrasi dari siswa sehingga Siswa pun bisa mengerti dan memahami penjelasan yang diberikan oleh Gurunya.
Nama: Lestari Maijuita
Nim: 856813632
Program studi: PGSD S1
Didalam vidio ini guru sangat menarik didalam mengajar karena diawal vidio guru mengajak siswa bernyanyi dan berkosentrasi sehingga siswa bisa semangat belajarnya.Guru juga menggunakan media pembelajaran yang menarik,sehingga minat belajar membaca siswa meningkat.Dengan adanya media pembelajaran yang menarik ini akan menumbuh kembangkan daya pikir siswa agar lebih semangat dan lebih giat lagi dalam membaca.Siswa pun konsentrasi dalam mendengarkan penjelasan serta arahan dari gurunya hal ini membuat suasana kelas menjadi kondusif dan belajar pun jadi semangat serta siswa pun bisa memahami penjelasan guru dengan baik.
Nama: Lestari Maijuita
Nim: 856813632
Program studi: PGSD S1
Didalam vidio ini guru sangat menarik dalam mengajar dan mendidik siswanya dimana siswa diajak bernyanyi agar menumbuhkan rasa semangat dari siswa,Guru juga membuat media pembelajaran yang menarik sehingga siswa mudah memahami pembelajaran dari guru.Siswa juga konsentrasi didalam belajar dan menyimak bagaimana cara guru mengarkan agar siswanya bisa membaca dengan baik dan benar.Dengan adanya semangat dari siswa dan guru sehingga pembelajaran berlangsung dengan kondusif dan siswa dapat belajar dengan baik.
Mohon maaf jika ada kesalahan,Terimakasih..
Nama : Antika Dewi Susanty
Nim : 858068152
Kelas : B (PGSD Semester 6)
Izin menanggapi video pembelajaran
Dalam proses pembelajaran, kelas sangat semangat dan siswa memperhatikan guru saat guru menunjukkan gambar ayah dan ibu.
Kelemahan guru dalam pembelajaran yaitu kurang menariknya gambar yang di tunjukkan, siswa cenderung lebih suka terhadap gambar yang berwarna.
Kelebihan sang guru dalam pembelajaran yaitu guru dengan tenang dan sabar menjelaskan kepada siswa tentang bagaimana cara mengeja dengan memperhatikan gambar, guru juga melakukan pembelajaran interaktif dimana siswa ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran kelas.
Hal unik dalam video yaitu meskipun siswa cenderung merasa bosan dan malas siswa tetap memperhatikan guru ketika menjelaskan. Anak-anak dengan senang menjawab dan memperhatikan guru saat belajar. Dengan melihat gambar anak bisa membedakan mana gambar yang menunjukkan ayah dan mana gambar yang menunjukkan ibu, meskipun anak ada yang belum bisa mengeja namun dengan melihat gambar, anak dapat dengan mudah menjawab dan membedakannya.
Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kegiatan belajar yang lebih efektif yaitu dengan menggunakan media yang lebih menarik dan bervariasi agar mendapat perhatian dari anak, memberikan permainan ditengah pelajaran agar anak tidak bosan dan mengantuk didalam kelas.
Nama : Diana Siska Laia
Nim : 856026058
Pokjar : Idanogawo
Upbjj : Medan
Baik sedikit saya menanggapi video diatas dimana guru sudah melakukan pembelajaran yang sangat bagus, kelas dibuka dengan bernyanyi yang bisa membuat siswa semakin bersemangat.
Kelebihan Video tersebut Guru sabar dalam mengajari siswa. Guru berinteraksi dengan siswa dengan cara berkeliling ke setiap bangku siswa. Guru memperhatikan setiap siswa dan mengajarkan siswa dan sudah menyiapkan media baca berupa gambar. Pada video tersebut sudah terdapat Solusi bagaimana mengatasi kesulitan membaca permulaan yaitu dengan anak yang belum dapat membaca dibimbing dengan metode abjad dan metode eja, anak yang belum dapat membaca kata dilatih dengan menggunakan metode suku kata, anak yang belum dapat membaca kalimat dilatih dengan menggunakan m,etode kata dan metode kalimat, anak yang sudah bisa membaca dapat dilatih dengan metode SAS.
Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut adalah guru belum mengkondisikan kelas seperti mengucapkan salam, berdo’a, melakukan absensi. Guru juga belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan