silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Nama : Maria Insani Napitupulu
    Nim. : 855864596
    Upbjj. : Medan
    Pokjar : sei balai
    Semester 6
    Izin saya memberikan tanggapan tentang video tersebut , bahwa metode permulaan yang di buat guru tersebut sangat kreatif untuk menumbuhkan minat peserta didik dalam mengenal huruf dan juga pembukaan yang sangat menarik ,di video tersebut guru sangat sabar dalam menjelaskan dan juga perlahan mengenalkan huruf ke pada peserta didiknya. Media yang digunakan guru tersebut sangat lengkap sehingga guru dapat memberikan ke peserta didik supaya siswa dapat memahami atau mengenal huruf – huruf tersebut.
    Video ini sangat membantu saya untuk mengembangkan pembelajaran yang akan saya lakukan dalam kelas saya nantinya.Terimah kasih

  2. Nama : Maria Insani Napitupulu
    Nim. : 855864596
    Upbjj. : Medan
    Pokjar : sei balai
    Semester 6
    Izin saya memberikan tanggapan tentang video tersebut , bahwa metode permulaan yang di buat guru tersebut sangat kreatif untuk menumbuhkan minat peserta didik dalam mengenal huruf dan juga pembukaan yang sangat menarik ,di video tersebut guru sangat sabar dalam menjelaskan dan juga perlahan mengenalkan huruf ke pada peserta didiknya. Media yang digunakan guru tersebut sangat lengkap sehingga guru dapat memberikan ke peserta didik supaya siswa dapat memahami atau mengenal huruf – huruf tersebut.
    Video ini sangat membantu saya untuk mengembangkan pembelajaran yang akan saya lakukan dalam kelas saya nantinya.Terimah kasih

  3. Nama : Rahmawati
    Nim : 858071342
    Prodi : S1 PGSD
    POKJAR : MEMPAWAH
    UPBJJ : PONTIANAK

    Dari video di atas, dapat saya analisis, diantaranya:
    a. Reaksi siswa/anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru, sudah ada sebagian anak yang antusias dan bersemangat. Namun ada juga yang terlihat tidak tertarik, hal ini mungkin kurangnya partisipasi dan kurangnya selama pelajaran.
    b. Dari video yang saya amati, guru yang sedang melakukan pembelajaran sudah cukup baik. Guru dari video tersebut memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan memiliki kreativitas dalam metode pengajaran.
    c. Hal-hal unik yang saya temukan ialah memulai pembelajaran dengan menyanyi /ice breaking.
    d. Hal-hal yang harus ditingkatkan bagi guru adalah memahami materi dengan baik, meningkatkan keterampilan manajemen kelas.

  4. NAMA : MELISA RAHMAWATI
    NIM : 855739898
    PRODI : S1 PGSD
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG

    Izin menanggapi video tersebut.
    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu terdapat beberapa siswa yang antusias dalam mengikuti pembelajaran, tetapi ada beberapa siswa juga yang kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran. Pada awal pembelajaran Guru mengajak siswa untuk bernyanyi bersama hal tersebut membuat siswa lebih semangat untuk belajar. Siswa bersama menyanyikan Lagu Pergi Belajar. Kemudian guru menanyakan isi lagu tersebut yang berkaitan dengan keluarga dengan dikaitkan dengan materi membaca dan mengeja suku kata Ayah dan Ibu. Kemudian guru menggunakan media gambar ayah dan ibu, dan diberi keterangan tulisan ayah dan ibu. Siswa bersama guru membaca kata tersebut.
    2. Kelemahan guru dalammelakukan pembelajaran tersebut adalah guru belum mengkondisikan kelas seperti mengucapkan salam, berdo’a, melakukan absensi. Guru juga belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. selain itu, kurangnya penggunaan media gambar yang menarik perhatian siswa, seharusnya guru dapat menggunakan gambar yang berwarna agar lebih menarik perhatian siswa.
    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut adalah menyampaikan materi dengan jelas, metode yang diajarkan oleh guru menarik yang mana siswa antusias dalam menjawab pertanyaan guru karena menggunakan media gambar, ketika ada siswa yang mengalami kesulitan membaca guru juga sudah membantu dengan memberikan media huruf yang akan dicocokkan dengan tulisan yang ada pada gambar. Guru dapat menghidupkan suasana kelas dengan cara mengawali pelajaran melakukan ice breaking terlebih dahulu. Pada video sudah terdapat Solusi bagaimana mengatasi kesulitan membaca permulaan yaitu dengan anak yang belum dapat membaca dibimbing dengan metode abjad dan metode eja, anak yang belum dapat membaca kata dilatih dengan menggunakan metode suku kata, anak yang belum dapat membaca kalimat dilatih dengan menggunakan m,etode kata dan metode kalimat, anak yang sudah bisa membaca dapat dilatih dengan metode SAS.
    4. Hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut yaitu guru menggunakan media gambar dalamproses pembelajaran sehingga siswa lebih tertarik dalammengikuti pembelajaran.
    5. Guru sudah mengajar dengan sangat baik dalam video tersebut. Membaca permulaan pada sekolah dasar tidak mudah. Membaca dibantu dengan media gambar dan menggunakan metode yang bervariasi dapat meningkatkan minat baca pada siswa. Pada kelas rendah pasti terdapat siswa yang belum dapat merangkai suku kata dan kalimat. Penyebab siswa kesulitan membaca yaitu rasa malas, bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran dan pembelajaran yang lambat

  5. Nama : Peragawati
    Nim : 856473073
    Prodi : S1 PGSD

    Setelah saya melihat video tersebut, video berisi tentang suasana kelas untuk memulai pembelajaran yang semangat dan ceria.
    siswa sangat antusias dalam merespon pertanyaan gurunya dan siswa sudah diberikan ice breaking di tahap awal pembelajaran, namun guru disini belum memberikan motivasi dan apresiasi masuk dlm proses pembelajaran.

    Solusi yang diberikan video tersebut, yaitu dengan menggunakan media gambar ayah dan ibu dan diberi keterangan tulisan ayah dan ibu. Siswa dan guru membaca kata tersebut. Namun kurang nya media tersebut gambarnya tidak memakai gambar bewarna. Dan untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan yaitu dengan anak yang belum dapat membaca bisa membaca kata dilatih dengan menggunakan metode abjad dan metode eja. Yang menarik dalam pembelajarn ini adalah guru memfokuskan media gambar dgn bacaan kata,mencari huruf bacaan dgn menghubungkan pada gambar sehingga siswa lebih cepat untuk menemukan gambar dengan kata pada bacaan itu. Untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap bacaan suku kata, huruf, kata dan kalimat mesti diberikan ketrampilan.

  6. Guru Pintar Online FKIP Universitas Terbuka

    ミラ UNIVERSITAS TERBUKA

    GPO

    restinarestiana says:

    April 22, 2024 at 8:37 pm

    Nama: Restiana

    Nim: 856991276

    Kelas : 8A

    Pokjar: Sidomulyo

    Kekurangan: Media pembelajaran kurang menarik sehingga anak mudah bosan. Kemudian guru langsung ke kegiatan inti pembelajaran tanpa memberikan pembukaan kelas.

    Kelebihan: Strategi pembelajaran dan pendekatan yang dilakukan guru sudah bagus, guru mampu membuat media pembelajaran supaya anak murid lebih mudah memahami materinya. Guru membuat suasana kelas jadi menyenangkan. Anak murid jadi lebih termotivasi dan bersemangat dalam belajar. Guru melakukan ice break bernyanyi anak murid bergembira dan tidak mudah mengantuk saat belajar.

    Saran: Sebaiknya media pembelajaran dibuat lebih besar ukurannya dan berwarna sehingga anak murid yang duduk dibelakang terlihat jelas, lebih memahami materinya dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran

  7. Nama : KUSNO DG RUKA
    Nim : 859654792
    Izin menanggapi vidio diatas
    Dari vidio di atas siswa terlihat sangat antusias dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. akan tetatpi kekurangan dari vidio di atas adalah guru tidak menggunakan media yang berwarna sehingga gambar terlihat menarik, dan juga guru tidak menggunakan media yang lain sehingga siswa tidak merasa jenuh dan bosan dan juga setidaknya guru harus mengcek kehadiran siswanya sebelum pembelajaran di mulai.

  8. Nama : Ayu Puspita
    Nim. : 858067002
    Izin untuk menjawab pertanyaan di sesi 1 pada video di atas terus.

    1. Reaksi siswa pada pembelajaran di atas, ada berapa siswa yanag sangat tertarik dan bersemangat dalam pembelajaran tersebut, tetapi juga da berbagai siswa yang lemas dan bosan dapat pembelajaran tersebut. Pembelajaran diawali dengan bernyanyi, itu adalah salah satu cara untuk menarik perhatian siswa agar dapat lebih konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran.
    2. Kelemahan guru dalam pembelajaran di adalah tidak mengkondisikan kelas terlebih dahulu, kelas sebaiknya atau seharusnya beda ada pada kondisi nyaman dan tenang agar guru bisa menjelaskan dengan tenang dan dapat di pahami siswa nya dengan mudah .
    4. Hal-hal unik yang saya temukan di video adalah, guru sudah mengunakan media pembelajaran seperti gambar-gambar yang ada tulisannya.
    5.Guru sudah mengajarkan pemulaan membaca dengan baik, dan guru juga sudah mengajarkan dengan media pembelajaran yg sudah ada di sekolah, atau buat sendiri saja bisa. Dalam anak pendidikan sekolah dasar ini untuk pembaca pemula tidak lah mudah, kita sebenarnya guru harus lebih kreatif untuk membuat media pembelajaran yang kekinian agar bisa menarik perhatian siswa/siswanya

  9. Nama : Ayu Puspita
    Nim. : 858067002
    Izin untuk menjawab pertanyaan di sesi 1 pada video di atas terus.

    1. Reaksi siswa pada pembelajaran di atas, ada berapa siswa yanag sangat tertarik dan bersemangat dalam pembelajaran tersebut, tetapi juga da berbagai siswa yang lemas dan bosan dapat pembelajaran tersebut. Pembelajaran diawali dengan bernyanyi, itu adalah salah satu cara untuk menarik perhatian siswa agar dapat lebih konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran.
    2. Kelemahan guru dalam pembelajaran di adalah tidak mengkondisikan kelas terlebih dahulu, kelas sebaiknya atau seharusnya beda ada pada kondisi nyaman dan tenang agar guru bisa menjelaskan dengan tenang dan dapat di pahami siswa nya dengan mudah .
    4. Hal-hal unik yang saya temukan di video adalah, guru sudah mengunakan media pembelajaran seperti gambar-gambar yang ada tulisannya.
    5.Guru sudah mengajarkan pemulaan membaca dengan baik, dan guru juga sudah mengajarkan dengan media pembelajaran yg sudah ada di sekolah, atau buat sendiri saja bisa. Dalam anak pendidikan sekolah dasar ini untuk pembaca pemula tidak lah mudah, kita sebenarnya guru harus lebih kreatif untuk membuat media pembelajaran yang kekinian agar bisa menarik perhatian siswa/siswanya

  10. Nama : Ayu Puspita
    Nim. : 858067002
    Izin untuk menjawab pertanyaan di sesi 1 pada video di atas terus.

    1. Reaksi siswa pada pembelajaran di atas, ada berapa siswa yanag sangat tertarik dan bersemangat dalam pembelajaran tersebut, tetapi juga da berbagai siswa yang lemas dan bosan dapat pembelajaran tersebut. Pembelajaran diawali dengan bernyanyi, itu adalah salah satu cara untuk menarik perhatian siswa agar dapat lebih konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran.
    2. Kelemahan guru dalam pembelajaran di adalah tidak mengkondisikan kelas terlebih dahulu, kelas sebaiknya atau seharusnya beda ada pada kondisi nyaman dan tenang agar guru bisa menjelaskan dengan tenang dan dapat di pahami siswa nya dengan mudah .
    4. Hal-hal unik yang saya temukan di video adalah, guru sudah mengunakan media pembelajaran seperti gambar-gambar yang ada tulisannya.
    5.Guru sudah mengajarkan pemulaan membaca dengan baik, dan guru juga sudah mengajarkan dengan media pembelajaran yg sudah ada di sekolah, atau buat sendiri saja bisa. Dalam anak pendidikan sekolah dasar ini untuk pembaca pemula tidak lah mudah, kita sebenarnya guru harus lebih kreatif untuk membuat media pembelajaran yang kekinian agar bisa menarik perhatian siswa/siswanya

Leave a Reply