Similar Posts
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi…
Belajar Peta Buta
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun…
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
Memahami Sifat Pada Operasi Hitung
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa…
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Nama : MATRONI
NIM : 877794213
PRODI : PGSD SI
UPBJJ :POKJAR KOTA AGUNG
SMESTER : 6
Dalam pembelajaran vidiodiatas tentu ada kelebihan dan kekurangannya.
Adapun kekurangan dari vidio pembelajaran diatas, guru belum bisa menarik perhatian siswa untuk materi yang akan disampaikan, hal ini dikarnakan guru kurang dapat mengondidisikan peserta didik, menurut saya apabila guru melakukan kegiatan awal pembelajaran dengan cara pengucapan salam dan berdoa tentu akan membuat siswa berkonsentrasi dalam pembelajaran.
Adapun kelebihan dari vidio pembelajaran diatas guru sudah tepat mengajak siswa bernyanyi untuk menarik konsentrasi siswa, dalam mengatasi kesulitansiswa dalam membaca huruf, suku kata, dan kalimat, dan melakukan tanya jawab. guru juga telah menggunakan media gambar untuk menarik minat siswa yang dilengkapi dengan tulisan / bacaan dengan tujuan untuk mempermudahkan siswa untuk membaca. Namun pendapat saya akan lebih baik kalau gambar dibuat dengan warna warni, karena anak cenderung lebih tertarik pada warna warni, sehingga lebih meningkatkan semangat anak. Penggunaan huruf, pennggalan kata yang dilakukan menurut saya sudah sangat tepat untuk mengatasi kesulitan dalam membaca.
hal yang unik menurut saya media yang sangat sederhana dengan gambar yang lucu.
Kesimpulan dari tanggapan saya, vidio diatas sangat memotivasi bagi kami sebagai seorang guru, untuk mengatasi kesulitan dalam membaca ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang guru.
Mohon maaf bila ada kesalahan dalam tulisan saya
NAMA : DEA ANDRIYANA
NIM : 855740878
PRODI : PGSD
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
izin menangapi video🙏🏻
1. Video berisi tentang suasana kelas yang ceria dan bersemangat pada pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Video ini berisi tentang bagaimana kesulitan membaca permulaan pada kelas rendah. Pada video tersebut menampilkan penyebab kesulitan membaca pada siswa serta bagaimana Solusi mengatasi kesulitan membaca permulaan pada kelas rendah.
2. Sebelum memulai kegiatan pembelajaran guru mengajak Siswa bersama menyanyikan Lagu Pergi Belajar. Kemudian guru menanyakan isi lagu tersebut yang berkaitan dengan keluarga dengan dikaitkan dengan materi membaca dan mengeja suku kata Ayah dan Ibu. Kemudian guru menggunakan media gambar ayah dan ibu, dan diberi keterangan tulisan ayah dan ibu. Siswa bersama guru membaca kata tersebut.
3. Kelemahan Video yang ada pada video kurangnya penggunaan media gambar yang menarik perhatian siswa, seharusnya guru dapat menggunakan gambar yang berwarna agar lebih menarik perhatian siswa. Guru kurang bervariasi menggunakan media baca sehingga siswa menjadi merasa malas dan mudah bosan karena media baca yang digunakan kurang bervariasi.
4. Kelebihan pada video tersebut yaitu guru dengan sabar mengajari siswa satu persatu.guru sudah menyiapkan media baca berupa gambar. Pada video sudah terdapat Solusi bagaimana mengatasi kesulitan membaca permulaan yaitu dengan anak yang belum dapat membaca dibimbing dengan metode abjad dan metode eja, anak yang belum dapat membaca kata dilatih dengan menggunakan metode suku kata, anak yang belum dapat membaca kalimat dilatih dengan menggunakan metode kata dan metode kalimat.
5. Membaca permulaan pada sekolah dasar tidak mudah. Membaca dibantu dengan media gambar dan menggunakan metode yang bervariasi dapat meningkatkan minat baca pada siswa. Pada kelas rendah pasti terdapat siswa yang belum dapat merangkai suku kata dan kalimat.
NAMA : VINA AYU KOMARIANA
NIM : 858901599
POKJAR : WULUHAN
SEMESTER : 8
ijin menanggapi video tersebut
video tersebut adalah suasana pembelajaran di kelas 1, video pembelajaran yang berjudul “Kesulitan Membaca Huruf, suku kata, kata dan kalimat”
disini saya akan mengomentari video diatas, yang dimana dalam video tersebut terdapat kekurangan dan kelebihan yang akan saya jelaskan berikut :
Kekurangan :
1.) dalam video tersebut tidak ada kegiatan awal dalam proses pembelajarannya, kegiatan awal seperti:
• salam pembuka
• berdo’a sebelum memulai pembelajaran
• menyapa murid dan menanyakan kabar
• melakukan pengecekan daftar hadir murid
2.) peserta didik kurang fokus selama pembeljaran berlangsung, tidak memperhatikan guru, sehingga konsentrasi dalam menangkap pembelajaran tergolong rendah.
3.) Metode dan media yang digunakan guru kurang menarik, sehingga membuat anak menjadi mudah bosan.
Kelebihan dalam video tersebut :
1. Siswa diajak menyanyikan lagu Bersama-sama sebelum pembelajaran dimulai, yang membuat suasana menyenangkan.
2. Guru menggunakan media gambar, agar siswa mampu memahami materi yang disampaikan.
3. Guru juga memberikan media huruf satu persatu agar siswa lebih memahami dan mengerti tentang huruf abjad dan membaca, yang Dimana dalam hal ini dapat berguna untuk pemahaman kelas rendah.
Dalam video tersebut sudah terdapat Solusi agar pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan dan siswa mampu memahami tentang suku kata, membaca kalimat, yaitu bisa menggunakan metode Game Based Learning yang menggunakan media Wordwall Open The Box,agar pembelajaran lebih menyenangkan yang dapat membuat siswa bisa fokus, senang dan tidak bosan selama pembelajaran berlangsung.
Nama : ROSA ADITIA
Nim : 855736165
PRODI : PGSD
UPBJJ : Pokjar Kotaagung
Berdasarkan video diatas, menurut analisis saya dalam proses awal pembelajaran sudah baik untuk menarik perhatian siswa karena di awali dengan ice breaking supaya dapat merangsang semangat belajar siswa sehingga anak sangat antusias dalam belajar. dan pada saat pembelajaran guru tersebut menggunakan metode gambar sehingga mudah dimengerti siswa serta memberikan semangat lebih untuk siswa belajar terutama pada kelas rendah,dengan menggunakan cara begitu dapat mengatasi kesulitan belajar membaca huruf pada anak.
Nama : RIZKY NABILA KHAISAN
Nim : 855857537
Prodi : PGSD -S1 semester 6
Upbjj : Medan
Pokjar : Tanjung balai
– Bagaimana reaksi anak/siswa tethadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
di awal pembelajaran sudah terlihat peserta didik bisa mengikuti pembelajaran dengan baik dan guru juga berinteraksi sangat baik terhadap peserta didik.
– Secara keseluruhan apa saja kelemahan dalam melakukan pembelajaran?
guru masih belum menggunakan metode belajar yang bervariasi dalam pembelajaran.
– Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
guru menggunakan media pembelajaran yang memudahkan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.
– Hal – hal unik apa saja yang di temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
peserta didik dengan mudah dapat mengikuti pembelajaran dan berperan aktif dalam mengikuti pembelajaran seperti guru kemeja peserta didik untuk menguji atau melihat apakah peserta didik tersebut sudah bisa membaca dengan media pembelajaran yang digunakan oleh ibu guru tersebut.
– Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
kedepannya guru tersebut dapat menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi walaupun dalam vidio pembelajaran tersebut ibu guru sudah sangat baik dalam menggunakan media pembelajaran dan sangat sabar dalam mendidik peserta didik.
demikianlah refleksi saya.
atas perhatianny, saya ucapkan terimakasih
Nama: FITRIA ALFIRA
NIM: 856024932
Pokjar: Sei Balai
Program Studi: PGSD-S1
Menurut pengamatan saya berdasarkan video tersebut pada awal pembelajaran guru langsung memulai pembelajaran dengan bernyanyi. Menurut saya pada awal pembelajaran seharusnya guru mengucapkan salam dan mengajak siswa untuk berdoa sebelum belajar. Guru menjelaskan materi menggunakan media konkret berupa gambar dilengkapi dengan tulisan dengan tujuan agar siswa lebih mudah untuk memahami dan membaca.
Hal unik dari video tersebut menurut saya adalah media yang sederhana dengan gambar yang lucu-lucu.
Menurut saya gambar dibuat dengan warna warni karena anak-anak cenderung lebih tertarik dengan warna warni, sehingga lebih meningkatkan semangat anak.
NAMA : HARDIYANTI
NIM : 859404615
SEMESTER : 6
UPBJJ : MAKASSAR
1. Reaksi siswa pada satu sisi pembelajaran cukup baik Karena guru yang pada video tersebut melakukan banyak tanya jawab kepada peserta didik.
2. Secara keseluruhan kelemahan guru pada saat proses pembelajaran adalah Proses pembelajaran yang monoton Sehingga peserta didik mudah bosan.
3. Secara keseluruhan kelebihan guru pada proses pembelajaran yang terdapat pada video tersebut adalah Menggunakan cara yang tepat kepada peserta didik yaitu menggunakan cara dengan beberapa metode abjad dan metode eja seperti metode kata dan metode kalimat, bagi anak yang sudah pandai membaca dilatih dengan metode SAS
4.Hal-hal unik yang ditemukan pada video pembelajaran tersebut adalah guru yang mengajar pada video pembelajaran tersebut seringkali memberikan apresiasi berupa pujian kepada peserta didik nya sehingga peserta didik lebih percaya diri untuk menjawab pertanyaan dari guru tersebut.
5. Upaya yang dapat Diusulkan setelah mengetahui Kelemahan dan kelebihan guru tersebut dalam video pembelajaran adalah Guru tersebut dapat menggunakan cara atau pengajaran kepada peserta didik yang lebih bervariasi seperti mengadakan kuis kuis kecil sehingga peserta didik nya tidak mudah bosan dalam pembelajaran
NAMA : REDHO ILHAM
NIM : 858071263
UPBJJ : PONTIANAK
1. Reaksi siswa pada pembelajaran di atas, ada berapa siswa yanag sangat tertarik dan bersemangat dalam pembelajaran tersebut, tetapi juga da berbagai siswa yang lemas dan bosan dapat pembelajaran tersebut. Pembelajaran diawali dengan bernyanyi, itu adalah salah satu cara untuk menarik perhatian siswa agar dapat lebih konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran.
2. Kelemahan guru dalam pembelajaran di adalah tidak mengkondisikan kelas terlebih dahulu, kelas sebaiknya atau seharusnya beda ada pada kondisi nyaman dan tenang agar guru bisa menjelaskan dengan tenang dan dapat di pahami siswa nya dengan mudah .
3. Kelebihannya adalah metode dan media pembelajaran yang digunakan sudah tepat dan menarik bagi siswa. Selain metode bernyanyi dan media gambar, guru tersebut juga menyiapkan media suku kata. Jadi setelah siswa membaca atau mengeja kata tersebut siswa dapat mencocokkan kata yang ada dimedia gambar dengan media suku kata tersebut
4. Hal uniknya adalah walaupun guru sudah menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi dan menarik masih ada beberapa siswa yang tidak bersemangat dalam pembelajaran.
5. Upaya yang dilakukan guru pada video tersebut sudah baik, hanya saja untuk media gambar yang digunakan bisa diperbesar lagi dan memilih gambar yang berwarna supaya siswa yang lain terutama siswa yang duduk dibelakang juga dapat melihat dengan jelas media gambar yang digunakan serta dapat menarik perhatian siswa.
Nama : zuly Nur Hidayah
NIM. : 858827525
Prodi. : PGSD semster 6
UPBJJ : Malang
Pokjar. : Salut Al-Huda
1. Berdasarkan vidio reaksi siswa terhadap pembelajaran tersebut sangat antusias terhadap materi yang disampaikan guru ,mereka ikut bernyanyi ,tetapi juga ada beberapa siswa kurang fokus
2. Secara keseluruhan ada kelemahan guru dalam pembelajaran guru belum melakukan kegiatan awal pembelajaran ,dan Guru harus lebih bisa menciptakan suasana semenarik untuk membangkitkan semangat siswa .Guru sudah menggunakan media belajar berupa gambar hanya saja kurang menarik karena tidak berwarna
3. Kelebihan guru saat mengajar adalah dalam kegiatan pembelajaran guru mengajak siswa bersama-samaa menyanyikan lagu ,guru mengaitkan lagu tersebut ke dalam materi yang akan diajarkan dengan menggunakan media gambar untuk pengenalan huruf,suku kata, dan kalimat kepada siswa kelas rendah sehingga mereka pasif dalam melafalkan huruf” tersebut .dan anak yang belum bisa membaca dilatih dengan menggunakan metode suku kata , anak yang belum bisa membaca Bu kalimat dilatih dengan metode kalimat, dan yang sudah bisa membaca dengan menggunakan metode SAS
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam vidio adalah permainan mengucap huruf sesuai kata yang ada pada gambar ayah dan ibu
Nama : zuly Nur Hidayah
NIM. : 858827525
Prodi. : PGSD semster 6
UPBJJ : Malang
Pokjar. : Salut Al-Huda
1. Berdasarkan vidio reaksi siswa terhadap pembelajaran tersebut sangat antusias terhadap materi yang disampaikan guru ,mereka ikut bernyanyi ,tetapi juga ada beberapa siswa kurang fokus
2. Secara keseluruhan ada kelemahan guru dalam pembelajaran guru belum melakukan kegiatan awal pembelajaran ,dan Guru harus lebih bisa menciptakan suasana semenarik untuk membangkitkan semangat siswa .Guru sudah menggunakan media belajar berupa gambar hanya saja kurang menarik karena tidak berwarna
3. Kelebihan guru saat mengajar adalah dalam kegiatan pembelajaran guru mengajak siswa bersama-samaa menyanyikan lagu ,guru mengaitkan lagu tersebut ke dalam materi yang akan diajarkan dengan menggunakan media gambar untuk pengenalan huruf,suku kata, dan kalimat kepada siswa kelas rendah sehingga mereka pasif dalam melafalkan huruf” tersebut .dan anak yang belum bisa membaca dilatih dengan menggunakan metode suku kata , anak yang belum bisa membaca Bu kalimat dilatih dengan metode kalimat, dan yang sudah bisa membaca dengan menggunakan metode SAS
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam vidio adalah permainan mengucap huruf sesuai kata yang ada pada gambar ayah dan ibu