silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

396 Comments

  1. Nama : Agustin Auliya Sari

    NIM : 856974438

    Pokjar: Kotaagung Barat (Tanggamus-Lampung)

    Setelah menonton Vidio yang berjudul Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat” menurut saya ada beberapa kelemahan didalamnya, diantaranya:
    a) Tidak adanya kegiatan pendahuluan yaitu guru tidak mengartikan salam,mengajak siswa berdoa,mengecek kesiapan siswa Guru tidak memberikan kesempatan pada siswa untuk menulis di papan tulis sebagai contoh siswa lain
    b) Kurangnya media dan alat peraga dalam pembelajaran.
    c) Kurangnya metode yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran.
    d) Sebagian siswa belum dapat memahami pembelajaran dikarenakan siswa tersebut belum mengenal huruf.

    Kelebihan Pembelajaran dalam video Dalam video GPO yang saya lihat dalam Bahasa Indonesia Judul “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat” menurut saya ada beberapa kelebihan didalamnya, diantaranya:
    1) Dengan bernyanyi maka proses pembelajaran akan lebih menarik
    2) Dengan adanya lagu “Pergi Belajar”, ​​guru dapat membangkitkan motivasi siswa untuk mau membaca.
    3) Adanya media gambar Ayah Ibu serta alat peraga siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa membaca kalimat.
    4) Guru kreatif murid menjadi aktif
    5) Mekongkritkan yang abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme.

  2. Nama : Agustin Auliya Sari
    NIM : 856974438
    Pokjar: Kotaagung Barat (Tanggamus-Lampung)

    Setelah menonton Vidio yang berjudul Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat” menurut saya ada beberapa kelemahan didalamnya, diantaranya:
    a) Tidak adanya kegiatan pendahuluan yaitu guru tidak mengartikan salam,mengajak siswa berdoa,mengecek kesiapan siswa Guru tidak memberikan kesempatan pada siswa untuk menulis di papan tulis sebagai contoh siswa lain
    b) Kurangnya media dan alat peraga dalam pembelajaran.
    c) Kurangnya metode yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran.
    d) Sebagian siswa belum dapat memahami pembelajaran dikarenakan siswa tersebut belum mengenal huruf.

    Kelebihan Pembelajaran dalam video Dalam video GPO yang saya lihat dalam Bahasa Indonesia Judul “Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat” menurut saya ada beberapa kelebihan didalamnya, diantaranya:
    1) Dengan bernyanyi maka proses pembelajaran akan lebih menarik
    2) Dengan adanya lagu “Pergi Belajar”, ​​guru dapat membangkitkan motivasi siswa untuk mau membaca.
    3) Adanya media gambar Ayah Ibu serta alat peraga siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa membaca kalimat.
    4) Guru kreatif murid menjadi aktif
    5) Mekongkritkan yang abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme.

  3. Nama : Nisa al istiqomah
    Nim : 856944395

    Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut yang berjudul kesulitan menulis huruf, suku kata , kata dan kalimat. menurut saya pembelajaran yang diberikan guru sudah sangat baik, dalam vidio pembelajaran tersebut guru mengetahui penyebab siswa kesulitan menulis permulaan serta bisa langsung memberikan solusinya namun setiap pembelajaran pasti ada kelebihan dan kekurangannya

    Kelemahannya :
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu seperti
    Mengajak siswa berdoa,
    Menanyakan kabar keadaan siswa;
    Menanyakan kehadiran siswa;
    Menyinggung pelajaran kemarin;
    Menghubungkan ke pelajaran hari itu dan masuk ke kegiatan inti pembelajaran hari itu.
    2. Guru tidak menyimpulkan materi akhir pada kegiatan tersebut
    3. Tidak ada salam dan penutup

    Kelebihannya :
    1. Guru menggunakan media pembelajaran
    2. Guru membantu mengarahkan siswa yang kesulitan dalam menulis
    3. Pendekatan atau interaksi kepada siswa baik

  4. Nama Tiara okta damayanti
    Nim 856735245
    Prodi S1PGSD
    Berdasarkan video tersebut menurut saya Kelebihan dari guru, guru membuka pembelajaran diawal dengan mengajak siswa menyanyi agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan santai dan tidak tegang, guru menggunakan media pembelajaran berupa media Gambar.
    Kekurangan dari guru, guru tidak melakukan salam untuk pembukaan pembelajaran dikelas
    Menurut saya guru tersebut dalam mengajar sudh cukup baik akan tetapi lebih baik lgi di tambah dengan memberikan video agar siswa lebih tertarik lagi

  5. Nama: Togi Sinaga
    NIM: 858436221
    Prodi: S1-PGSD
    Pokjar: Bontang
    UPBJJ: Samarinda
    Semester: 6(enam)
    Dosen PKM: Ibu.Onelia

    Kelemahan Pembelajaran dalam video
    Dalam video GPO yang saya lihat dalam Bahasa Indonesia Judul
    “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat “ menurut saya ada beberapa kelemahan didalamnya, diantaranya:
    a) Kurangnya media dan alat peraga dalam pembelajaran.
    b) Kurangnya metode yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran.
    c) Sebagian siswa belum dapat memahami pembelajaran dikarenakan siswa tersebut belum mengenal huruf.

    Kelebihan Pembelajaran dalam video
    Dalam video GPO yang saya lihat dalam Bahasa Indonesia Judul
    “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat “ menurut saya ada beberapa kelebihan didalamnya, diantaranya:
    1) Dengan bernyanyi maka proses pembelajaran akan lebih menarik
    2) Dengan adanya lagu “Pergi Belajar”, guru dapat membangkitkan motivasi siswa untuk mau membaca.
    3) Adanya media gambar Ayah Ibu serta alat peraga siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa mambaca kalimat.
    4) Guru kreatif murid menjadi aktif
    5) Mengkongkritkan yang abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme.

    Hal Unik dalam Pembelajaran video
    1)Secara tidak langsung dengan menggunakan media gambar Ayah dan Ibu siswa sudah mengenali sesuatu yang mudah dikenal siswa, sehingga pemahaman suatu materi bisa meningkat dengan sendiriya.
    2) Siswa dapat menyebutkan anggota keluarga yang berada dalam lagu tersebut.
    3) Guru bisa mempunyai materi pembelajaran dari lagu “Pergi
    Belajar”

    Terima kasih

  6. Nama : yus srinur
    Nim : 856020071
    Pokjar labura

    Dari Video tersebut saya dapat melihat :
    1. kesulitan anak-anak di kelas bawah dalam menuliskan huruf, suku kata dan kata dalam pembelajaran bahasa Indonesia

    2. Banyak faktor yang membuat siswa-siswa kurang mampu dalam menuliskan huruf, suku kata dan kata diantaranya anak tersebut malas, kurang konsentrasi dalam belajar, kurang nya media yang digunakan oleh guru, kurang nya latihan atau bisa jadi dikarenakan kurang nya perhatian dari guru pada saat pembelajaran.

    3. Solusi atau Penanganan nya : dari video tersebut kita dapat mengambil banyak solusi diantaranya dengan menggunakan media gambar sehingga membantu anak – anak pada saat menulis, guru memberikan contoh dengan membantu menggerakkan tangan anak-anak sehingga anak akan terbiasa dan juga memberikan perhatian dan juga pujian bagi anak-anak yang sudah berusaha untuk berlatih, menggunakan cara menyanyi pun dapat menarik perhatian siswa yang diawal mungkin tidak konsentrasi atau mengantuk.

  7. Nama: Theresia Dian Ekowati
    NIM: 858749629
    POKJAR: Surabaya (PITALOKA)

    Pendapat saya tentang Video Diatas.
    Guru sudah menggunakan model pembelajaran menarik, hal ini dapat terlihat dari:
    1. Guru menggunakan media gambar dalam pembelajaran suku kata tentang keluarga, yaitu gambar Ayah dan Ibu.
    2. Guru luwes dalam mengajar, dia tidak bersifat kaku, artinya dalam pembelajaran guru memperhatikan kebutuhan siswa. guru berusaha mendekati siswa yang kurang, dan membantu menulis ataupun menunjukkan contoh tulisan.
    3. Guru mengajak siswa bernyanyi, sehingga siswa tidak bosan dalam pembelajaran.

    Menurut saya, di era siswa yang semakin kreatif dan aktif seperti sekarang ini, siswa bisa diajak bermain, bersama, kemudian menuliskan kata sesuai gambar. sehingga siswa bisa menggerakkan badan sambil belajar.

  8. NAMA : SANDHITA ENJANG PRAYUGI
    NIM : 857695373
    PRODI : S1-PGSD

    setelah saya mengamati video tentang Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat analisis saya mengenai video tersebut guru sudah baik dalam mendidik dan mengajarkan siswa mengenal kata dan cara menulis. diawal pembelajaran guru mengajak siswa untuk bernyanyi dan bertepuk tangan untuk menambah semangat siswa mengikuti pembelajaran. media pembelajaran dengan gambar yang dipilih dengan bertuliskan ayah ibu sangat bisa diingat oleh siswa. komunikasi antara guru dan siswa sudah baik sehingga pembelajaran tidak monoton.
    guru tersebut memantau hasil tulisan siswa serta memberikan apresiasi berupa pujian kepada siswa yang sudah bisa menulis secara mandiri. sedangkan bagi siswa yang belum bisa guru membantu menuliskan dengan cara memegang tangannya. selain guru meminta siswa menulis dibuku seharusnya siswa juga diminta untuk menuliskan dipapan tulis, seperti siswa bisa menuliskan nama sendiri dipapan tulis dan membaca tulisannya tersebut dengan bantuan guru, hal tersebut bertujuan untuk melatih rasa percaya diri dan keberanian anak.

  9. Nama : Rahayu
    Nim : 856026491
    Pokjar : sei balai batu bara
    Prodi : S1-PGSD
    Judul : kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat.
    Menurut pendapat saya setelah saya melihat video pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi (kesulitan membaca disekolah dasar) . pada di video ini guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran yaitu mengucapkan salam, berdo’a dn cek kehadiran siswa, tetapi guru tersebut sudah baik dalam kegiatan pembelajaran yaitu guru tersebut dan sudah cukup baik dalam menjelaskan proses pengejaan pada pembacaan permulaan, media yang digunakan pun sangat familiar dan mudah dimengerti anak anak didik tersebut. Sehingga mampu membuat anak anak didik tersebut begitu antusias dalam proses pembelajaran, yakni guru tersebut menunjukkan media gambar ayah dan ibu dan membimbing anak anak didik tersebut untuk mengeja bacaan pada media pembelajaran tersebut, anak anak didik tersebut juga kelihatan penuh dengan konsentrasi.

  10. NAMA : MASEK PUJIATI
    NIM : 856572321
    POKJAR : SAROLANGUN
    UPBJJ : JAMBI
    PROGRAM STUDI : S1-PGSD

    Setelah saya mengamati video ini, maka dapat saya simpulkan :

    Dalam video tersebut dapat di simpulkan bahwa guru yang mengajarkan huruf, membaca kata dengan baik kepada murid. Guru mengawali pembelajaran dengan menyanyikan sebuah lagu, dimana itu dapat membangkitkan semangat belajar siswa. Guru tersebut menggunakan media pembelajaran, dengan media gambar dan praktek langsung pada siswanya agar mengerti dalam pembelajaran. Guru juga mengenalkan huruf ke anak dengan cara menuliskan satu persatu huruf di papan tulis, dan menjelaskan sehingga siswa dapat mudah memahaminya. Penyampaian materi serta cara mengajar guru sudah bagus dan jelas.Pada tahap pembelajaran, khususnya di Sekolah Dasar untuk mengenal huruf memiliki proses dan kesabaran sehingga kita sebagai guru di tuntut untuk lebih kreatif dalam menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi.Kesulitan dalam membaca permulaan bisa diatasi guru, dengan cara memegang tangan anak membantunya menulis huruf dan dengan sentuhan guru supaya anak mau terus belajar menulis dan membaca.Tantangan sebagia guru kelas rendah adalah aktif dan kreatif. Arti dari kata aktif di sini adalah harus selalu mengecek satu per satu dan menghampiri siswa ke mejanya, agar bisa membimbing dan siswa pun memiliki rasa dekat(ikatan kepedulian) dengan guru.

    Kelemahan pembelajaran dalam video :
    Masih ada siswa yang tidak memperhatikan penjelasan pelajaran oleh guru
    Guru tidak melakukan kegiatan awal pelajaran yaitu :
     mengucapkan salam pembuka pelajaran.
     mengajak siswa berdoa
     mengkondisikan kelas terlebih dahulu.
     tidak melakukan absensi siswa
    Guru tidak menyimpulkan materi diakhir kegiatan pembelajaran.
    Guru tidak menutup pembelajaran.

    Kelebihan pembelajaran dalam video :
    Guru mengajak siswa untuk bernyanyi bersama untuk membangkitkan semangat belajar siswa.
    Guru menggunakan media gambar yang disenangi dan mudah untuk dipahami siswa.
    Interaksi guru dengan siswa cukup baik seperti memperhatikan tulisan siswa satu persatu, membantu siswa menulis dengan cara memegang tangannya,dan sebagainya.
    Guru mengulang-ulang penulisan huruf hingga siswa mengerti.
    Guru memberi kesempatan siswa untuk mengerjakan tugasnya.
    Anak-anak terlihat semangat atau antusias dalam belajar mengucapkan nama huruf yang diarahkan ibu guru dan mereka semangat dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru.

    Hal unik dalam pembelajaran video :
    Dengan bimbingan guru siswa dapat menulis huruf suku kata dan kalimat, guru memiliki kesabaran dan telaten untuk membimbing dan mengajari siswanya, guru aktif dan kreatif akan menimbulkan anak yang semangat belajar dan antusias yang tinggi.

    Rencana perbaikan yang dapat dilakukan :
    Sebaiknya sebelum memulai pembelajaran guru hendaknya mengucapkan salam, mengajak siswa berdoa, mengkondisikan kelas, melakukan absensi dan apersepsi sebelum masuk ke materi pelajaran, tidak lupa selama pembelajaran berlangsung untuk diselingi dengan ice breaking agar siswa tidak mudah bosan, dan tutuplah kegiatan pembelajaran dengan menarik kesimpulan dan tutuplah kembali dengan doa atau ucapan salam

Leave a Reply