silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

396 Comments

  1. Nama : Rusdiana Pitasari
    NIM : 856984414
    Prodi : B PGSD
    Pokjar : Way Tiba

    Kelebihan:
    Guru sudah bagus dalam penyampaian materi, suara sudah jelas dan media yang digunakan juga cukup jelas. Cara pengajaran nya pun sudah cukup mudah dipahami, berjalan untuk mengecek hasil belajar siswa, mengulangi pelajaran agar lebih jelas dan membimbing dengan baik dalam proses belajar.
    Kelemahan:
    Guru tidak memberikan salah pembuka langsung masuk ke materi. Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran. Kurang nya pendahuluan terhadap siswa.
    Saran:
    Saran dari saya adalah guru lebih memberi kan sebuah apersepsi, selanjutnya guru harus memberikan salam pembuka dan menyampaikan tujuan pembelajaran serta memberikan media yang lebih bagus seperti media yang berwarna yang membuat anak lebih tertarik untuk belajar menulis huruf, suku, kata dan kalimat ini.

  2. Pada pembelajaran yang dilakukan guru sangat menarik tetapi hanya saja kekurangannya guru tidak memberi pembuka pembelajaran.langsung saja masuk pada pembelajaran kegiatan inti.
    Menulis pemula diawali dengan melatih siswa memegang alat tulis yang benar dan mengeja satu persatu huruf menjadi satu kata hingga satu kalimat dan dilaksanakanlah kegiatan membaca pemulanya.

  3. Putri oktaviani
    Nim : 857117333
    menurut saya pembelajaran yang dilakukan diatas sangat berpengaruh terhadap perkembangan membaca anak yakni dengan menggunakan media gambar, anak anak akan lebih bersemangat dalam belajar, kemudian memperkenalkan kata dan mengeja bersama-sama serta melakukan pendekatan dengan anak yakni dengan menyusun kata ayah dan ibu sehingga anak benar benar bisa membaca dan mengenal huruf dari kata ayah dan ibu.
    Adapun keterampilan dasar mengajar

  4. Bismillahirrahmani rrahiim…
    Setelah saya melihat video tersebut, menurut saya cara mengajar seorang guru tersebut sudah bagus, dan saya juga dapat menarik kesimpulan bahwa perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan menulis huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, seperti membantu memegang tangan siswa untuk menulis di kertas, di tepung, di pasir, atau di angkasa. Selain itu, untuk mengatasi kesulitan siswa menulis, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar. Kesulitan menulis juga dapat diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi seperti metode menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat. Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan. Selain itu juga ada empat cara untuk Memotivasi Anak untuk Belajar Menulis yaitu dengan cara : 1.Singkirkan Kertas dan Pensil.
    2. Kembangkan Kemampuan Bicaranya Terlebih Dahulu Biasakan anak untuk mengobrol terlebih dahulu.
    3. Latih Kemampuan Motorik Halus Anak.
    4. Gunakan Buku Cerita.

    Menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus. Akan lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam menulis.

    Terima kasih

  5. Nama : Julitha Imong
    NIM : 043212139
    Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

    Setelah saya menyaksikan video tentang Video Pembelajaran ini saya akan mencoba untuk menganalisa video tersebut. Video ini berjudul kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat. Menurut saya vidio ini sudah bagus dimana guru dengan caranya memberikan pembelajaran ke siswa dalam hal ini pembelajaran menulis. Untuk opening / pembukaan pembelajaran sebaiknya guru memberikan salam pembuka atau sapaan pembuka ke siswa agar siswa merasa siap untuk mengikuti pembelajaran yang dibuka dengan salam pembuka. Selanjutnya guru tidak mengevaluasi atau mengingatkan kembali tentang materi pembelajaran kemarin agar siswa bisa mengingat kembali pembelajaran yang sudah dilewati kemudian barulah guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini dan apa yang akan dicapai dalam pembelajaran hari ini. Ide membuka kegiatan pembelajaran dengan lagu sangatlah bagus sekalian memberikan semangat kepada siswa dan lagu yang dipilih pun singkron dengan materi serta media yang akan dipakai dalam pembelajaran. Karena pemilihan lagu juga biasanya mempengaruhi pembelajaran kalau tidak sesuai dengan materi atau media. Setelah itu barulah masuk dalam pembelajaran. Untuk media yang dipakai sudah baik namun sebaiknya gambar yang dipakai berwarna agar terlihat lebih menarik . Untuk cara membawakan materi tentunya sudah sangat bagus karena adanya interaksi antar guru dan siswa. Masing-masing guru mempunyai cara tersendiri untuk membawakan materi pembelajaran. Untuk mengajar pada kelas ini dan materi ini memang membutuhkan ekstra tenaga dan membutuhkan pemikiran yang tinggi untuk menemukan cara-cara yang menarik, mudah dan cepat di tangkap oleh siswa.

  6. Assalamualaikum.Setelah saya melihat video pembelajaran diatas saya dapat menyimpulkan bahwa kesiapan guru sangat lah penting disini dari mulai menyiapkan RPP dan media pembelajaran,karena anak-anak kelas rendah harus telaten dalam mengajarnya.misalnya sebelum menulis kita ajarkan dulu bagaimana cara memegang pensil,setelah anak bisa memegang pensil lanjut ke pengenalan huruf,sebaiknya guru mengenalkan huruf dengan benda-benda yang mudah diingat anak,misalnya kita ingin mengajarkan huruf U maka guru arahkan ke gelas bahwa hurup U ini model nya seperti gelas,huruf O model nya seperti telor dan lain-lain.disini butuh ke kreatifan guru agar anak tidak bosan dan fokus dengan pelajaran.Selain itu kita bisa gunakan media seperti power point yang bisa menampilkan gambar-gambar pengenalan huruf dengan benda.Terima kasih

  7. Nama : Adelita Dinda Nabila Karima
    NIM : 858673481
    JUDUL VIDEO : kesulitan menulis huruf suku kata dan kalimat
    LINK VIDEO : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/kesulitan-menulis-huruf-suku-kata-kata-dan-kalimat/#comments
    S1 PGSD Semester 8
    Pokjar Tulangan UPBJJ Surabaya

    Setelah melihat video ini, terdapat beberapa kekurangan yaitu sebagai berikut.
    1. Sebelum memulai pembelajaran, hendaknya guru mengucapkan salam, mengecek kehadiran, dan menanyakan kabar.
    2. Metode yang digunakan kurang bervariasi
    Kelebihan dari video ini yaitu sebagai berikut.
    1. Interaksi yang dilakukan oleh guru terhadap siswa sudah baik karena penting untuk menumbuhkan semangat dan konsentrasi anak terhadap pelajaran yang sedang berlangsung.
    2. Perhatian guru juga sudah bagus, guru menarik perhatian siswa yang tidak memperhatikan, memberikan apresiasi, serta memberikan perhatian ekstra kepada peserta didik yang kurang mampu menguasai pembelajaran.
    3. Guru juga memberikan media berupa gambar dapat menarik perhatian anak.

  8. Nama : Tira isdiyanti
    Nim : 856037788

    Menurut saya video pembelajaran tersebut sudah bagus. Guru tersebut mengajar siswa dengan suasana yang menyenangkan dan menggunakan media gambar yang mudah siswa pahami saat belajar menulis huruf

  9. Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, saya dapat menarik kesimpulan bahwa perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan menulis huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, seperti membantu memegang tangan siswa untuk menulis di kertas, di tepung, di pasir, atau di angkasa. Selain itu, untuk mengatasi kesulitan siswa menulis, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar. Kesulitan menulis juga dapat diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi seperti metode menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat. Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan.

    Menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus. Akan lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam menulis.

    Terima kasih🙏

  10. Nama : Rani Damayanti Siahaan
    Nim : 856025364
    Prodi :S1 PGSD
    Setelah menyimak video tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti malas, merasa bosan dan tidak konsentrasi. Dalam hal ini peran guru sangat penting, guru dapat menggunakan media-media yang menarik agar siswanya dapat lebih fokus. Dalam menulis huruf guru tersebut juga sudah sangat paham apa yang seharusnya guru lakukan pada anak yang memiliki kesulitan menulis. Guru tersebut membantu dengan memegang tangan anak tersebut, membantu melatihnya dalam menuliskan huruf-huruf. Guru tersebut juga dapat menggunakan media-media lain yang menarik contoh nya menulis di tepung, pasir atau angkasa. Dengan begitu siswa yang mengalami kebosanan tidak akan mudah bosan lagi. Guru Dengan menggunakan media gambar juga sudah bagus menurut saya, dapat menarik perhatian siswa pada pembelajaran pada hari tersebut.

Leave a Reply