silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

396 Comments

  1. Nama : Dwi Putri Idayana Masnur
    Nim : 859752375
    Pokjar : Unaaha
    Prodi : PGSD S-1
    Dari video tersebut, menurut saya Ibu guru sudah sangat baik dalam menjelaskan pembelajaran.
    Sifat semangat guru membuat siswa juga ikut bersemangat dalam pembelajaran.
    Kemudian dalam hal menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat. Sangat memerlukan perhatian guru, media dan metode pembelajaran yang tepat, serta Keikut sertaan orang tua dalam melatih anak di rumah untuk dapat menulis dengan baik.

  2. Nama : Dwi Putri Idayana Masnur
    Nim : 859752375
    Pokjar : Unaaha
    Prodi : PGSD S-1
    Dari video tersebut, menurut saya Ibu guru sudah sangat baik dalam menjelaskan pembelajaran.
    Sifat semangat guru membuat siswa juga ikut bersemangat dalam pembelajaran.
    Kemudian dalam hal menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat. Sangat memerlukan perhatian guru, media dan metode pembelajaran yang tepat, serta Keikut sertaan orang tua dalam melatih anak di rumah untuk dapat menulis dengan baik.

  3. Nama : Ruwaida
    Nim : 856077015
    Prodi S-1 PGSD
    Mengajar menulis permulaan untuk sekolah dasar itu tidak mudah meskipun sudah menggunakan media gambar dan metode yang bervariasi. Ada beberapa anak yang belum bisa menulis huruf dan rangkaian suku kata maupun kalimat. Penyebab kesulitan menulis permulaan antara lain
    1. Anak malas dan bosan
    2. Kurang konsentrasi
    3. Kurang perhatian guru
    4. Tidak ada media pembelajaran
    5. Anak slow learner
    6. Kelainan motorik halus
    7. Anak kurang latihan menulis dirumah
    Solusi untuk kesulitan menulis permulaan yaitu
    1. guru memberikan kesempatan untuk menulis berulang ulang kepada siswa menulis kalimat, suku kata maupun rangkaian suku kata
    2. Untuk siswa yang belum bisa menulis Guru membantu memegang tangan anak, untuk mengatasi kesulitan menulis guru juga bisa dengan media pembelajaran. Seperti media gambar serta diikuti dengan metode yang bervariasi.
    Kelemahan Guru dalam video pembelajaran:
    1. Guru tidak mengucapkan salam dan Guru tidak mengabsen siswa
    2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran

    Kelebihan guru dalam video pembelajaran :
    1. Guru menggunakan lagu untuk memberikan permulaan pembelajaran
    2. Siswa dan guru Aktif berinteraksi dalam pembelajaran
    3. Guru menggunakan media pembelajaran berupa gambar

  4. Nama : Susila Hartanya
    Nim : 856604166
    Prodi :S1 PGSD
    Setelah menyimak video tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti malas, merasa bosan dan tidak konsentrasi. Dalam hal ini peran guru sangat penting, guru dapat menggunakan media-media yang menarik agar siswanya dapat lebih fokus. Dalam menulis huruf guru tersebut juga sudah sangat paham apa yang seharusnya guru lakukan pada anak yang memiliki kesulitan menulis. Guru tersebut membantu dengan memegang tangan anak tersebut, membantu melatihnya dalam menuliskan huruf-huruf. Guru tersebut juga dapat menggunakan media-media lain yang menarik contoh nya menulis di tepung, pasir atau angkasa. Dengan begitu siswa yang mengalami kebosanan tidak akan mudah bosan lagi. Guru Dengan menggunakan media gambar juga sudah bagus menurut saya, dapat menarik perhatian siswa pada pembelajaran pada hari tersebut.

  5. NAMA : SYIFA ULINNAS SHOLIHAH
    NIM : 857098566
    SEMESTER 6 FKIP PGSD S-1 AKPM
    POKJAR: KALIDERES
    UPBJJ : JAKARTA

    Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat

    Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, saya dapat menarik kesimpulan bahwa perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan menulis huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, seperti membantu memegang tangan siswa untuk menulis di kertas, di tepung, di pasir, atau di angkasa. Selain itu, untuk mengatasi kesulitan siswa menulis, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar. Kesulitan menulis juga dapat diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi seperti metode menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat. Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan.

    Menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus. Akan lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam menulis.

    Terima kasih

  6. Nama : Defi Marlina
    Nim : 856601952
    Dari penjelasan video di atas ialah adanya interaksi antara guru dan murid yang dimana guru menjelaskan dan mengajarkan siswa gunakan melatih siswa untuk menulis, dan guru secara langsung dengan membina dengan memegang tangan siswa untuk menulis yang sudah di jelaskan dengan gurunya. Dan guru dengan sabar melatih siswa yang mengalami kesulitan, maka dari itu peran guru sangat penting untuk membimbing siswa di sekolah.

  7. NAMA : YUYUN WAHYUNI
    NIM : 858170353
    Setelah saya menonton dan mengamati video pembelajaran tadi, saya bisa meniru dan mempraktekkannya di kelas saya. karena pembelajarannya sangat bagus, runtut dan mudah di fahami oleh siswa.
    cara mengajar ibu guru sudah sangat bagus dan juga menarik. contohnya ibu guru menggunakan alat peraga berupa gambar dan juga kartu kata itu adalah salah satu pembelajaran yang sangat menarik dan lebih cepat dapat difahami oleh siswa. Dengan menggunakan gambar dan media kartu kata itu dapat memudahkan anak dalam belajar membaca. ini juga salah satu cara yang sering saya lakukan pada saat pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia belum di mulai. Anak-anak kelas 1 saya suruh baris di depan kelas dan saya beri kartu kata untuk di tebak anak-anak. siapa yang bisa menjawab kartu kata tersebut bisa masuk ke kelas.

  8. Setelah saya menyimak pembelajaran ini, kesulitan menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat bisa di atasi dengan dukungan dan pengajaran yang tepat, termasuk latihan menulis yang menyenangkan, umpan balik konstruktif, dan komunikasi terbuka dengan orang tua. Penting juga bagi guru dan sekolah untuk memahami perkembangan keterampilan menulis pada anak usia dini. Dengan kesabaran dan motivasi yang konsisten, sebagian besar siswa dapat meningkatkan kemampuan menulis mereka seiring waktu. Dan kesulitan menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat di kelas rendah dapat bervariasi tergantung pada konteks dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan individu dalam menulis. Namun, beberapa kesimpulan umum yang dapat diambil adalah:

    1. Proses belajar menulis adalah suatu tantangan yang kompleks bagi sebagian siswa di kelas rendah. Mengenal huruf, menggabungkan suku kata, membentuk kata, dan membangun kalimat membutuhkan pemahaman fonetik dan kemampuan motorik halus yang berkembang seiring waktu.

    2. Setiap siswa memiliki tingkat perkembangan yang berbeda-beda dalam kemampuan menulis. Beberapa siswa mungkin menghadapi kesulitan lebih besar daripada yang lain, dan mereka mungkin memerlukan bantuan tambahan untuk mengatasi kendala tersebut.

    3. Faktor-faktor seperti kurangnya latihan menulis, kekurangan pemahaman fonetik, keterbatasan keterampilan motorik halus, dan kesulitan memahami struktur kalimat dapat menyebabkan kesulitan dalam menulis. Mendeteksi dan mengidentifikasi faktor-faktor ini adalah langkah pertama dalam membantu siswa mengatasi kesulitan mereka.

    4. Dukungan dan pengajaran yang tepat sangat penting dalam membantu siswa mengatasi kesulitan menulis. Guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang beragam, seperti melibatkan siswa dalam aktivitas menulis yang menyenangkan, memberikan umpan balik yang konstruktif, dan menyediakan waktu dan ruang bagi siswa untuk berlatih secara teratur.

    5. Komunikasi terbuka antara guru, siswa, dan orang tua juga penting. Melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran dan memberikan informasi tentang kemajuan siswa dapat membantu dalam mencari solusi yang efektif.

    6. Penting bagi guru dan sekolah untuk memiliki pemahaman yang baik tentang perkembangan keterampilan menulis pada anak usia dini. Dengan memahami tingkat perkembangan yang normal dan kebutuhan individu siswa, mereka dapat merancang kurikulum dan strategi pengajaran yang sesuai.

    7. Setiap kesulitan menulis di kelas rendah seharusnya dilihat sebagai peluang untuk belajar dan tumbuh. Dengan dukungan yang tepat, kesabaran, dan motivasi yang terus menerus, sebagian besar siswa dapat mengatasi kesulitan mereka dan meningkatkan kemampuan menulis mereka seiring waktu.

  9. Nama: Darwani
    Nim: 856500661
    Semester: 6

    Setelah menyimak vidio diatas mengenai pembelajaran bahasa Indonesia dalam hal kesulitan menulis huruf, suku kata,kata dan kalimat. Menurut pendapat saya guru sudah melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik. Dimana sebelum kemateri guru mengajak siswa bernyanyi bersama, hal ini dapat membuat anak lebih bersemangat dan fokus untuk menyimak apa yang akan disampaikan oleh guru. Kemudian guru sudah menggunakan media gambar yang bertuliskan kata ayah dan ibu yang bisa diingat oleh anak, serta guru juga memantau dan mendatangi langsung anak-anak yang belum bisa menulis.

    Demikian terimakasih.

  10. nama : siska puspasari
    npm : 859669491

    izin mengomentari video tersebut.

    untuk metode pembelajarannya sudah bagus, khusus untuk pembelajaran menulis memang butuh kesabaran karena setiap peserta didik beda kemampuannya khususnya dalam menulis, ada beberapa anak yang sulit dalam memahami huruf abjad sehingga menyulitkan dalam proses belajar menulis. jika anak belum memahami huruf abjad pasti sudah tentu sulit untuk memahami dalam menulis. butuh kesabaran dalam membimbing anak yang belum mampu menulis, harus lebih banyak latihan menulis huruf abjad dengan mengingat bentuk huruf tersebut. semangat para guru untuk membimbing anak-anak.
    .
    demikian tanggapan saya untuk video ke dua ini. terima kasih.

Leave a Reply