Similar Posts
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mengenal Tanda Dinamika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Membaca untuk Mendapatkan Informasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
NAMA:A I S Y A H
NIM:856482707
KELAS:2A PGSD BI
Setelah menyimak video pembelajaran Bahasa Indonesia tersebut, yang dilakukan guru tersebut sudah baik dan benar. Guru tersebut berperan aktif dalam mengajar. Dimulai dari metode ceramah, metode gambar dan menerangkan cara menulis didepan papan tulis untuk memberi contoh kepada anak-anak cara penulisnya dipapan tulis serta membimbing anak menulis dibuku tulis.
NAMA:A I S Y A H
NIM:856482707
KELAS:2A PGSD BI
Setelah menyimak video pembelajaran Bahasa Indonesia tersebut, yang dilakukan guru tersebut sudah baik dan benar. Guru tersebut berperan aktif dalam mengajar. Dimulai dari metode ceramah, metode gambar dan menerangkan cara menulis didepan papan tulis untuk memberi contoh kepada anak-anak cara penulisnya dipapan tulis serta membimbing anak menulis dibuku tulis.
Nama : Zayyinatul Al Faarihah
Nim. : 858818153
Prodi : PGSD-A (Semester 6)
Berdasarkan video tersebut menurut saya Kelebihan dari guru, guru membuka pembelajaran diawal dengan mengajak siswa menyanyi agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan santai dan tidak tegang, guru menggunakan media pembelajaran berupa media Gambar.
Kekurangan dari guru, guru tidak melakukan salam untuk pembukaan pembelajaran dikelas, kurangnya penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran dikelas, kurangnya variasi metode pembelajaran yang disampaikan guru kepada murid, guru langsung memberikan contoh penulisan dipapan tulis lalu guru memberikan tugas menulis seperti yang dituliskan guru dipapan. Akan tetapi itu menyebabkan kurangnya kemampuan pengasahan motorik halus anak.
Saran :
– Guru bisa menggunakan media pembelajaran yang disertai gambar atau media pembelajaran melalui bentuk “Video”
– Guru memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa setiap huruf serta membimbing siswa dalam awal penulisan huruf.
– guru dapat membantu siswa dengan memberikan kesempatan untuk siswa berlatih terus menerus menulis kalimat sederhana
Fujianti Suryani
857452871
Berdasarkan video tersebut bisa di lihat bahwa peran guru sudah di jalankan dengan baik, proses pembelajaran menggunakan alat peraga, adanya interaksi, dan metode yang digunakan bervariasi. Hal ini memudahkan siswa yang terkendala membaca dan menulis terutama kelas bawah akan mudah di atasi.
Nama : Fanesa Eunike Lumansik
NIM : 859650652
Prodi : PGSD-BI
Menurut saya,dari vidio tersebut dimana guru dan anak melakukan proses belajar mengajar dengan baik..Dengan adanya media,alat peraga yang digunakan dalam pembelajaran tersebut mempermudah guru dalam mengajar serta juga metode yang digunakan sangat tepat.Jadi dimana vidio tersebut menunjukan adanya kerja sama dengan baik dalam suatu pembelajaran,dari vidio tadi dimana memperliatkan ada juga yang lambat menulis jadi dimana guru tersebut berperan penting dalam setiap permasalahan yang dihadapi oleh anak tersebut dengan cara guru tersebut guru membantu dalam memegang pensil tersebut agar anak tersebut bisa lebih mudah menulis..Jadi kuncinya guru tersebut harus kreatif dalam melakukan kegiatan belajar mengajar di setiap proses belajar berlangsung….
TerimaKasih……
Nama : Fanesa Eunike Lumansik
NIM : 859650652
Prodi : PGSD – BI
Saya sudah melihat Vidio tersebut,Dimana dalam suatu proses belajar mengajar sudah berjalan dengan baik..Dengan adanya media atau alat peraga yang digunakan dalam proses belajar tersebut mempermudah guru dalam melakukan proses belajar dan juga dengan menggunakan metode dengan tepat dan benar..Saya juga melihat ada permasalahan yang dihadapi oleh guru dimana ada anak yang belum bisa menulis jadi dimana guru tersebut berperan penting dalam proses pembelajaran berlangsung solusi yang digunakan juga sudah tepat,dimana kita sebagai guru harus menjadi guru yang kreatif agar proses belajar menjadi sangat baik dan menyenangkan..
TerimaKasih…..
Nama : Fanesa Eunike Lumansik
NIM : 859650652
Prodi : PGSD – BI
Saya sudah melihat Video tersebut,Dimana dalam suatu proses belajar mengajar sudah berjalan dengan baik..Dengan adanya media atau alat peraga yang digunakan dalam proses belajar tersebut mempermudah guru dalam melakukan proses belajar dan juga dengan menggunakan metode dengan tepat dan benar..Saya juga melihat ada permasalahan yang dihadapi oleh guru dimana ada anak yang belum bisa menulis jadi dimana guru tersebut berperan penting dalam proses pembelajaran berlangsung solusi yang digunakan juga sudah tepat,dimana kita sebagai guru harus menjadi guru yang kreatif agar proses belajar menjadi sangat baik dan menyenangkan..
TerimaKasih…..
cara guru mengajar di kelas menurut saya sangat bagus sekali karena guru sudah berperan aktif dalam proses mengajar dengan menggunakan media gambar dan memberikan contoh cara menulis huruf di papan tulis lalu membimbing anak-anak menulis di buku tulis masing-masing.
kesulitan menulis juga dapat diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi seperti metode menulis huruf, suku kata dan kalimat dengan baik.
saran dari saya sebaiknya guru tetap menggunakan media huruf-huruf abjad di setiap kegiatan belajar mengajar yang akan membuat anak-anak hafal huruf dengan mudah untuk menulis huruf demi huruf dan juga bisa menggunakan buku-buku ejaan bergambar sehingga dapt menarik perhatian peserta didik di kelas.
Nama : ELYSA
NIM : 858185307
Prodi : PGSD
Semester : 6
Dalam video pembelajaran tersebut saya perhatikan guru sudah baik dalam memberikan media, baik berupa gambar yang ditunjukkan ataupun menggunakan papan tulis bergaris. Jadi anak dapat menulis atau menirukan huruf-huruf yang yang diajarkan, disini juga guru membantu murid dengan cara memegang tangan murid untuk belajar menulis permulaan.
Adapun kelemahan guru tersebut dalam memulai pelajaran :
– guru tidak mengucapkan salam
– guru tidak mengabsensi siswa
– guru tidak mengajak siswa untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran
– guru tidak menanyakan pelajaran sebelumnya (apersepsi)
– guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
Nama: YUVITA UTAMI
Nim: 856337182
PRODI: PGSD BI SEMESTER 2
Setelah menyaksikan video pembelajaran di atas, kesimpulan saya adalah yang dilakukan guru tersebut sudah baik,tetapi harus sesuai dengan rpp yang dibuat,bagaimana membuka kelas,inti dan menutup kelas.Pendekatan guru kepada siswa juga sangat penting untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Guru juga harus memberikan motivasi dan pujian kepada siswa.Dalam penggunaan media Seperti gambar,lagu serta buku juga sudah cukup menarik untuk kelas rendah.