silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Muchtar M Noor

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Drs. Tarhadi, M.Si.

1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.

2. Penggunaan media labih optimal.

3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

499 Comments

  1. Nama : Ayu Andira
    Nim : 856573323
    Dari video diatas dapat saya simpulkan kelemahan dan kelebihan
    -kelamahan
    guru menggunakan media yang kecil dan sulit untuk di mengerti siswa sehingga para siswa tampak kurang memperhatikan pembelajaran tersebut
    -kelebihan
    guru menggunakan metode menghapal dan memberikan tugas tugas kepada siswa sehingga siswa tampak mulai aktif untuk mengingat ngingat perkalian.

  2. Nama : Ayu Andira
    Nim : 856573323
    dari video diatas yang dapat saya simpulkan ialah
    -kelemahan
    guru kurang menggunakan media yang tepat sehingga para siswa kurang memperhatikan pembelajaran, media yang digunakan terlalu kecil.
    -kelebihan
    guru menggunakan metode menghapal, siswa disuruh menghapal dan mengerjakan tugas sehingga tampak aktif pemebelajaran yang dilakukan karena siswa asik dalam menghapal.

  3. Nama: Umi Kafi Fadilah
    NIM: 858906219
    Dari video diatas dapat saya simpulkan kelemahan dan kelebihan
    -kelamahan
    guru menggunakan media yang kecil dan sulit untuk di mengerti siswa sehingga para siswa tampak kurang memperhatikan pembelajaran tersebut
    -kelebihan
    guru menggunakan metode menghafal dan memberikan tugas tugas kepada siswa sehingga siswa tampak mulai aktif untuk mengingat ngingat perkalian.

  4. nama : ELISA

    nim : 858069582

    menururut saya dari video tersebut, tampak pembelajaran yang berlangsung terlihat sedikit monoton di awal, hal ini mungkin dikarenakan oleh guru yang tidak melakukan pembukaan pada pembelajaran dan langsung masuk ke kegiatan inti.

    kelebihannya adalah guru dapat tetap mengontrol emosi dan tetap sabar serta tekun mengajarkan siswa yang belum paham terhadap materi yang disampaikan pada pembelajaran.

  5. Nama : Riyan Adam
    NIM : 858906606

    Dari pengamatan saya, Video Praktik ini mengajarkan tentang materi perkalian dasar. selama proses pembelajaran cenderung guru memberikan tanya jawab untuk melatih siswa menghafal perkalian. cara ini menurut saya cukup bagus, karena dengan ada selalu mengulang dan terbiasa, maka siswa otomatis menghafal hasil jawaban dari perkalian dasar.
    Pada video praktik mengajar yang saya amati juga guru mengajarkan tentang perbandingan perkalian dan penjumlahan yang menentukan hasil jawaban sama. Menurut saya alangkah baiknya jika guru tersebut mengajarkan tentang perkalian di ubah menjadi penjumlahan berulang.
    Dan pada video cenderung guru memberikan penjelasan materi langsung penugasan, dimana saat penyampaian materi siswa terlihat merasa bosan. Menurut saya guru bisa menggunakan model pembelajaran Kinestetik seperti memberikan Game interaktif mencari jawaban dari sebuah soal perkalian, dimana hal itu menurut saya mampu meningkatkan semangat siswa dan membuat kelas menjadi ceria.

  6. Nama : FAHRUL JANI PARAN
    Nim : 858430102
    dari video diatas yang dapat saya simpulkan ialah
    -kelemahan
    guru kurang menggunakan media yang tepat sehingga para siswa kurang memperhatikan pembelajaran, media yang digunakan terlalu kecil.
    -kelebihan
    guru menggunakan metode menghapal, siswa disuruh menghapal dan mengerjakan tugas sehingga tampak aktif pemebelajaran yang dilakukan karena siswa asik dalam menghapal.

  7. Nama : zalsabilla ayu pf
    Nim : 858713134

    Berdasarkan vidio diatas. Saya ingin menjelaskan kelemahan dan kelebihan guru saat mengajar

    Kelemahan;
    Pada saat guru menerangkan murid atau peserta didik banyak yang tidak menunjukkan antusias dalam belajar atau memperhatikan, memperhatikan namun sedang memikirkan hal lain. Seharusnya guru dapat memberikan ice breaking, atau membawa media pembelajaran yang lebih menarik seperti penggunaan LCD proyektor dan laptop.

    Selanjutnya guru dapat langsung memberikan latihan.
    Karena matematika adalah ilmu Pasti, ilmu hitung yang membutuhkan latihan soal

    Kelebihan :
    Pada vidio di atas. Guru sabar untuk memberikan materi kepada siswanya yang mayoritas terdiam tidak mengerti bahkan sudah di jelaskan, guru memiliki strategi dan langsung memberikan latihan untuk pembelajaran perkalian.

    Menghafal dapat kita implementasikan bersama dengan suatu nada. Tidak hanya menghafal monoton, agar diingat anak kita perlu kreativitas untuk mengemas hafalan menjadi menarik dan gampang diingat.

  8. dalam video tersebut terlihat seorang guru sedang menjelaskan perkalian dasar, dalam penjelasannya menurut saya guru kurang membawa suasana kepada peserta didik sehingga yang terlihat peserta didik kurang semangat dalam mendengarkan materi yang sedang di ajarkan. dalam penyampaiannya seharusnya guru juga bisa menggunakan alat peraga sehingga siswa lebih mengerti dalam memahami tentang perkalian dasar

  9. Nama: Agung Permadi
    Nim: 858693333
    Judul: Kurang mengetahui perkalian dasar

    dalam video tersebut terlihat seorang guru sedang menjelaskan perkalian dasar, dalam penjelasannya menurut saya guru kurang membawa suasana kepada peserta didik sehingga yang terlihat peserta didik kurang semangat dalam mendengarkan materi yang sedang di ajarkan. dalam penyampaiannya seharusnya guru juga bisa menggunakan alat peraga sehingga siswa lebih mengerti dalam memahami tentang perkalian dasar. dalam pembelajaran tersebut sangat baik karena guru memberikan waktu untuk menghafal perkalian dan kemudian menanyakan satu persatu sehingga siswa akan lebih cepat hafal dalam perkalian dasar

Leave a Reply