silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

396 Comments

  1. Nama : 858050349
    Nim: 858050349
    UPBJJ : Pontianak
    Dari pengamatan yang telah saya lihat dari video “kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat”. Pengawal mengajar menggunakan cara bernyanyi sangatlah baik karena telah memberikan permulaan yang menarik, selanjutnya dengan pengenalan huruf dengan penulisan ” ayah ” ternayata juga dapat sambil mengenal huruf lainnya. membantu yang menghadapi guru dari penyebab kesulitan menulis permulaan ternyata sebagian besar terjadi karena siswa, tetapi dari pengajaran yang telah dilakukan oleh guru di video sudah sangat baik dengan memberikan contoh terlebih dahulu, meminta anak untuk membaca, mengajar dan membimbing anak yang belum bisa membaca dan menulis .

  2. Nama : Dita Ghean Safira Mulya
    Nim : 855741063
    Semester: 6
    Kelas : C
    Upbjj : Bandar Lampung
    Pokjar: Sidomulyo
    Saya disini akan mencoba memberikan komentar mengenai video yang berjudul Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat.
    1. Reaksi siswa, pada video tersebut reaksi siswa seperti tidak semangat memulai pelajaran, terlihat ada yang tidak fokus, menguap dan lain sebagainya.
    2. Kelemahan, dari video tersebut pada saat guru menjelaskan di papan tulis terlihat ada beberapa anak yang tidak memperhatikan guru menjelaskan, ada yang mengobrol, lihat lihat belakang.
    3. Kelebihan, pada video di atas guru di awal pembelajaran menguraikan pelajaran yang di mulai dengan bernyanyi, walaupun ada beberapa anak yang tidak fokus namun guru menegurnya dengan halus untuk kembali fokus ke pelajaran.
    4. Solusi, dari video tersebut terlihat ada beberapa anak yang belum paham dan belum mampu untuk menuliskan kata ayah dan ibu, ada baiknya guru memberikan buku yang berhuruf garis garis agar nantinya anak dapat menebalkannya, serta guru dapat memberikan beberapa latihan kecil dalam menulis kata.
    Terima kasih.

  3. NAMA. : Wayan Erlina
    NIM. : 855740101
    KELAS. : 6 B
    UPJJ. : Bandar Lampung
    POKJAR.: Sidomulyo

    Setelah saya menonton dan menyimak vidio tersebut menurut saya,, guru sudah cukup baik dalam untuk mengajar dengan memberikan contoh gambaran ayah dan ibu untuk melatih menulis huruf dan membaca, namun ada beberapa anak yang kurang mengerti atau belum faham serta tidak ada keaktifan dari pembelajaran itu misalnya seperti bertanya kepada guru. Adapun kekurangannya mungkin guru kurang semangat dalam mengajar yang membuat kelas menjadi pasif. Pada vidio tersebut kita ketahui bahwa mengajar anak kelas rendah ataupun mengajar anak yang sulit dan belum sepenuhnya mengetahui huruf,menulis huruf serta membaca memang teramat sulit dan membutuhkan kesabaran sebagai guru, keceriaan di dalam kelas dan bersemangat untuk mengajar. Namun pada hal ini peran orang tua pun juga dibutuhkan untuk membantu atau membimbing anaknya di rumah. Adapun pun peran kita sebagai guru kita bisa melakukan berbagai cara agar anak terpancing aktif dan gembira untuk belajar di kelas, yaitu dengan mengajak siswa untuk aktif saat proses pembelajaran,
    menciptakan suasana belajar yang menyenangkan,menemani anak belajar,mengadakan belajar kelompok, memberikan pujian,serta erhenti membandingkan anak dengan anak Lainnya.

  4. NAMA. : Wayan Erlina
    NIM. : 855740101
    KELAS. : 6 B
    UPJJ. : Bandar Lampung
    POKJAR.: Sidomulyo

    Setelah saya menonton dan menyimak vidio tersebut menurut saya,, guru sudah cukup baik dalam untuk mengajar dengan memberikan contoh gambaran ayah dan ibu untuk melatih menulis huruf dan membaca, namun ada beberapa anak yang kurang mengerti atau belum faham serta tidak ada keaktifan dari pembelajaran itu misalnya seperti bertanya kepada guru. Adapun kekurangannya mungkin guru kurang semangat dalam mengajar yang membuat kelas menjadi pasif. Pada vidio tersebut kita ketahui bahwa mengajar anak kelas rendah ataupun mengajar anak yang sulit dan belum sepenuhnya mengetahui huruf,menulis huruf serta membaca memang teramat sulit dan membutuhkan kesabaran sebagai guru, keceriaan di dalam kelas dan bersemangat untuk mengajar. Namun pada hal ini peran orang tua pun juga dibutuhkan untuk membantu atau membimbing anaknya di rumah. Adapun pun peran kita sebagai guru kita bisa melakukan berbagai cara agar anak terpancing aktif dan gembira untuk belajar di kelas, yaitu dengan mengajak siswa untuk aktif saat proses pembelajaran,
    menciptakan suasana belajar yang menyenangkan,menemani anak belajar,mengadakan belajar kelompok, memberikan pujian,serta berhenti membandingkan anak dengan anak Lainnya.

  5. Nama. : Melisa Natalia
    Nim. : 855855493
    Kelas. : A
    Upbjj. : Medan
    Pokjar. : Serdang bedagai
    Saya mengambil kesimpulan dari video yang saya tonton ” kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat”
    Yaitu seorang guru yang kreatif, menciptakan suasana belajar yang menarik nada suara guru yang lembut dalam mengajak anak belajar. Mulai dari bernyanyi, tanya jawab. Sistem belajar yang digunakan sangat bagus dengan menggunakan media gambar dapat menimbuklan keaktifan siswa, siswa berinteraksi dengan baik. Belajar menjadi lebih menyenangkan.

  6. Nama: Teodora Sunarti
    NIM: 858071328
    Prodi: PGSD
    UPBJJ: UT Pontianak
    Pokjar: Mempawah

    Izin memberikan pendapat untuk video diatas. Pada video diatas saya melihat:
    1. Reaksi siswa sangat bersemangat dan bisa menerima materi yang diberikan oleh ibu guru nya dengan baik. Siswa bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, dan bisa melakukan perintah dari guru dengan baik dan benar.
    2. Kelemahan dari video tersebut adalah pertama, video nya agak kurang jelas karena faktor kamera dan pencahayaan yang kurang pas. Kedua, media masih kurang menarik perhatian, karena agak kecil. Ketiga, masih ada siswa yang tidak fokus sehingga kurang memperhatikan guru ketika sedang menjelaskan.
    3. Kelebihan pada video diatas adalah guru terlibat sangat aktif dalam mengajarkan dan bisa turun langsung untuk membantu siswa dalam belajar menulis. Menyiapkan media yang tepat dan sesuai dengan materi yang disampaikan. Kemudian, guru interaksi guru dengan murid sangat baik.
    4. Hal unik yang ada pada video diatas adalah, guru menggunakan metode yang beragam untuk melatih para siswa untuk menulis. Media yang digunakan masih termasuk belum modern.
    5. Upaya yang seharusnya dilakukan oleh guru untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya adalah sebaiknya menggunakan media yang menarik dan lebih berwarna agar siswa lebih tertarik dan bisa bersemangat untuk belajar.

    Sekian dan terima kasih 🙏

  7. Nama : Rina Mei Puji Asari
    Nim : 858066089
    Semester : 6
    Kelas : A
    UPBJJ : Pontianak
    Pokjar : Sintang

    Setelah saya menonton dan menyimak dari vidio “kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat”. Sebaiknya di awal pembukaan kelas guru sebaiknya mengucapkan salam terlebih dahulu kemudian di lanjutkan dengan berdoa.
    Yang guru lakukan mengajar menggunakan cara
    bernyanyi memberikan permulaan yang menarik bisa menumbuhkan semangat siswa, selanjutnya dengan pengenalan huruf dengan penulisan ” ayah ” ternyata juga dapat sekaligus mengenal huruf lainnya ini bertujuan supaya menambah pengetahuan siswa tentang huruf . Pengajaran yang telah dilakukan oleh guru di video sudah sangat baik dengan memberikan contoh terlebih dahulu, meminta anak untuk membaca, mengajar dan membimbing anak yang belum bisa membaca dan menulis walaupun ada beberapa anak yang tidak fokus namun guru menegurnya dengan halus untuk kembali fokus ke pelajaran.

    Solusi, dari video tersebut terlihat ada beberapa anak yang belum paham dan belum mampu untuk menghafalkan kata ayah dan ibu, ada baiknya guru memberikan buku yang berisikan mengenal kalimat atau huruf garis putus- putus agar nantinya anak dapat menebalkan tulisan tersebut, serta guru dapat memberikan beberapa latihan kecil dalam menulis kata.

    Terima kasih 🙏

  8. Nama mahasiswa/Nim : INDAH PURNAMA SARI/855864518
    Semester (Kelas) : 6-A
    Pokjar : Sei Balai, Batu Bara
    UPBJJ/Podi : UT Medan/ S1-PGSD
    Judul Video : Kesulitan menulis Huruf,Suku Kata,Kata dan Kalimat (Bahasa Indonesia)

    Assalamu’alaikum warahmatullahii wabarakatuh, Mohon izin untuk menanggapi video ini.
    Dalam video inii harusnya pada awal kegiatan pembukaan ibu guru menyapa siswa dengan menguucapkan salam terlebih dahulu, baru kemudian melakukan ice breaking, tetapi icee breaking yang dilakukan ibu guru sudah sangat bagus dengan bernyanyi lagu selamat pagi ayah dan ibu yang dapat membangun kembali semangat belajar anak-anak dan dalam proses mengajarkan membaca ibu sudah menggunakan media yang tepat dengan menggunakan alat praga gambar beserta tulisannya “AYAH, IBU”. Namun pada saat ibu guru menjelaskan/menulis dipapan tulis ada beberapa anak yang tidak bersemangat untuk mengikuti pembelajaran serta tidak memperhatikan bu guru menulis dipapan tulis, ada yang menguap (mengantuk) dan ada yang melihat (menoleh) kebelankang, tetapi sudah banyak dari sebagian siswa yang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran seperti dalam penyebutan huruf, dan mengeja.
    Jadi, solusinya yaitu ibu guru memberi kesempatan kepada anak untuk banyak berlatih dalam mengeja, mengenal huruf,dan berulang kali untuk menulis huruf, jika ada anak yang sama sekali tidak bisa menulis guru membantu siswa untuk memegangkan tangannya mengajari menulis dan guru harus banyak menggunakan banyak media,seperti gambar dan huruf-huruf,lagu-lagu dan lain sebagainya, disamping itu guru juga harus aktif dalam mengembangkan metode yang bervariasi (menulis huruf suku kata, dan kalimat) dan yang paling penting guru harus bisa berinteraksi dengan murid.
    Terimakasih.

  9. Nama : Hijriah Dachliani
    NIM : 857322787
    Semester : 8
    UPBJJ : Bogor
    Pokjar : Bogor Selatan

    Menurut saya, Guru tersebut sudah baik menyampaikan penjelasan dengan cara memberi contoh langsung untuk melatih tulis anak-anak, dan memang ternyata masih ada beberapa anak yang belum faham akan materi tersebut. lebih baik kedepannya guru tersebut lebih semangat lagi dalam menghadapi anak-anak agar anak mudah berinteraksi dengan guru, dan bisa memberikan beberapa cara yang lebih efektif untuk mengajar materi tentang menulis huruf ini, serta memberikan motivasi ke anak tentang literasi.

  10. Nama : Elsya Namora
    NIM : 867137912
    UPBJJ : JAKARTA
    Mengajar menulis permulaan bagi murid sekolah dasar ternyata tidak mudah, walaupun sudah dibantu dengan media gambar dan menggunakan metode yang bervariasi, ada beberapa anak yang belum bisa menulis huruf, rangkaian suku kata, kata, dan kalimat.
    Penyebab kesulitan menulis permulaan
    – Anak malas dan bosan
    – Kurang konsentrasi
    – Kurang perhatian guru
    – Tidak ada media pembelajaran
    – Anak tergolong slow learner
    – Kelainan motoric halus
    – Kurang Latihan menulis dirumah
    Bagaimana kita mengatasi kesulitan menulis permulaan ?
    – Bagi murid yang kesulitan menulis, guru sebaiknya memberika kesempatan menulis berulang – ulang, terutama menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat yang bermakna.
    – Mengunakan media pembelajaran seperti, menonton video, gambar, lagu, buku tulis garis lima, dll
    – Gunakan metode yang bervariasi, metode menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat
    – Meningkatkan interaksi guru dan murid yang dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti tatapan, sentuhan, dll.

Leave a Reply