Similar Posts
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut….
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya. Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd. Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika. Mulyadi Pakar Dosen Cerita dalam video itu…
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Nama:Paulina Suryanti
Nim:859285899
Pokjar:Manggarai
Upbjj:kupang
Terimakasih
Dari vidio yang sudah ditayangkan dia atas dapat kita simpulkan bahwa dalam. Proses pembelajaran diatas yang baru saya nonton.
1 tidak adanya kegiatan awal dalam pembelajaran seperti memberi salam kepada siswa, tidak ada berdoa dan tidak ada absen.
2.guru langsung kegiata inti saja yang belum menyampaikan apa materi yang yang akan di bahas langsung menggunakan media pembelajaran berupa gambar ayah dan ibu,
3.tidak adanya kegiatan akhir dalam pembelajaran seperti kesimpulan dan penilaian akhir kepada siswa dan tidak ada berdoa untuk kegiatan akhir pembelajaran.
Terimakasih
Nama : Rizqi Veliawati
Nim : 860156698
Izin memberikan komentar pada kelemahan dalam tayangan video. Pada bagian awal atau pembukaan pembelajaran tersebut akan lebih menarik jika guru memberikan salam dan sapa terlebih dahulu terhadap siswa. Selain itu guru perlu memberi icebreaking di awal pembelajaran untuk menumbuhkan semangat murid. Media pembelajaran yang digunakan masih minim. dimana ruang kelas dan jumlah siswa yang begitu banyak tapi media pembelajarannya berupa gambar print out yang ukurannya kecil. alangkah baiknya jika media gambar tersebut di cetak agak besar atau mungkin dibuat berwarna bahkan di tambah dengan media video lebih bagus dan peserta didik dapat lebih semangat dalam belajar.
Nama: Nurohtul Mahmudah
Nim: 857125649
Pokjar: Serang Baru.
Izin Menanggapi terkait video diatas, menurut pendapat saya video pembelajaran tersebut sudah baik barangkali boleh ditambahkan lagu mengenal huruf abjad, anak-anak bernyanyi tentang huruf-huruf dengan riang gembira, agar anak lebih mudah memahami materi.
Nama:Mayliana Zahra Devita
NIM :857026004
Izin memberikan komentar pada kelemahan dalam tayangan video. Pada bagian awal atau pembukaan pembelajaran tersebut akan lebih menarik jika guru memberikan salam dan sapa terlebih dahulu terhadap siswa. Selain itu guru perlu memberi icebreaking di awal pembelajaran untuk menumbuhkan semangat murid. Media pembelajaran yang digunakan masih minim. dimana ruang kelas dan jumlah siswa yang begitu banyak tapi media pembelajarannya berupa gambar print out yang ukurannya kecil. alangkah baiknya jika media gambar tersebut di cetak agak besar atau mungkin dibuat berwarna bahkan di tambah dengan media video lebih bagus dan peserta didik dapat lebih semangat dalam belajar.
Nama : Eka Novita Sari
NIM : 859895348
Izin memverikan komentar dan saran terhadap vidio diatas. Menurut saya pada bagian orientasi pembelajaran tersebut akan lebih menarik jika guru memberikan salam dan sapa terlebih dahulu terhadap siswa. Selain itu guru perlu memberikan pertanyaan awal pembelajaran agar siswa mengkontruksi kembali informasi terdahulu yang diketahuinya dan pelu melakukan icebreaking untuk memenumbuhkan semangat murid. Media pembelajaran yang digunakan masih minim. dimana ruang kelas dan jumlah siswa yang begitu banyak tapi media pembelajarannya berupa gambar print out yang ukurannya kecil. alangkah baiknya jika media gambar tersebut di cetak agak besar atau mungkin dibuat berwarna bahkan di tambah dengan media video lebih bagus dan peserta didik dapat lebih semangat dalam belajar.
Nama : Ahmad Hari Nugroho
NIM:
Nama : Ahmad Hari Nugroho
NIM : 857716943
Izin memberikan komentar dan saran terhadap vidio diatas. Guru lamgsung ke inti pembelajaran tidak adanya kegiatan awal dalam pembelajaran seperti memberi salam kepada siswa, selain itu guru juga perlu icebreaking untuk menumbuhkan semangat belajar siswa, media pembelajaran yang kurang seperti gambar kurang besar, alangkaah baiknya media seperti gambar di print out lebih besar ataupun berwarna.
Mohon maaf sebelumnya ijin sedikit menambahkan setelah saya melihat dari Video pembelajaran yang saya lihat ada beberapa kegiatan pendahuluan yang kurang biasanya sebelum memulai pembelajaran dibuka dengan mengucapkan salam, dan dilajutkan dengan membaca doa dengan dipimpin salah satu siswa dikelas. dan tidak ada Mengecek kehadiran siswa
untuk kegiatan penutup tidak Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.
dan tidak Kegiatan diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Nama : Shinta Olviana Paramita
NIM : 877768108
Pokjar : Prabumulih
Setelah melihat video di atas ada beberapa hal yang menjadi perhatian yaitu:
1. guru tidak melakukan salam dan menyapa murid-murid serta guru tidak mengabsen.
2. Guru tidak melakukan apersepsi dan langsung ke inti pembelajaran, sehingga siswa belum dikondisikan dalam mengikuti pembelajaran
3. Guru tidak melakukan refleksi dari pembelajaran yang telah dilakukan sehingga tidak diketahui apakah materi yang disampaikan sudah dimengerti murid-murid.
NAMA : IRMALASARI
NIM : 859767787
UPBJJ : KENDARI
Assalamualaikum wr.wb
dalam video yang berjudul ”kesulitan menulis huruf, suku kata, dan kalimat” dikelas rendah, menurut saya pada proses pembelajaran guru tidak menerapkan dan juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran terlebi dahulu, sehingga ada beberapa kelemahan guru yang terdapat pada proses pembelajaran tersebut, yaitu:
1. pembukaan pembelajaran tidak ada seperti salam atau doa, menanyakan kabar dan mengecek absensi kehadiran siswa.
2. guru langsung kegiatan inti saja dan belum menyampaikan apa materi yang akan di bahas, langsung menggunakan media pembelajaran berupa gambar ayah dan ibu.
3. tidak adanya kegiatan akhir dalam pembelajaran, seperti kesimpulan dan penilaian akhir kepada siswa dan tidak ada berdoa untuk kegiatan akhir pembelajaran.
namun ada beberapa kelebihan guru yang terdapat pada video pembelajaran tersebut, yaitu;
1. guru menggunakan media pembelajaran dengan memberikan contoh gambar, dan buku sehingga memudahkan siswa memahami dalam menulis.
2. metode pembelajaran yang digunakan guru bervariasi dimulai dari motodeh ceramah, bernyanyi, gambar, dan menulis dipapan tulis.
3. guru berinteraksi dengan baik dan aktif dengan semua murid.
4. guru membantu murid yang belum bisa menulis dengan memegang tangan murid dalam pembelajaran.
saran :
pada bagian orientasi pembelajaran tersebut, akan lebih menarik jika guru memberikan salam dan sapa terlebih dahulu terhadap siswa, berdoa sebelum belajar. selain itu guru perlu memberikan pertanyaan awal pembelajaran agar siswa mengkontruksi kembali informasi terdahulu yang di ketahuinya dan perlu melakukan icebreaking untuk menumbuhkan semangat murid. media pembelajaran yang digunakan masi minim, dimana ruang kelas dan jumlah siswa yang begitu banyak tapi media pembelajarannya berupa gambar print out yang ukurannya kecil, alangkah baiknya jika media gambar tersebut dicetak agak besar atau mungkin dibuat berwarna bahkan ditamba dengan media video lebih bagus dan peserta didik dapat lebih semangat dalam belajar.
TERIMAKASIH.