Similar Posts
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut….
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Belajar Membaca Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya. – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : HERFIANA
NIM : 859771558
Program Studi : S1 PGSD
UPBJJ : KENDARI
POKJAR : WUNDULAKO
SEMESTER : 6
Setelah saya melihat video pembelajaran Bahasa Indonesia di atas dengan materi “Kesulitan membaca huruf, suku kata dan kalimat. Di video tersebut tenaga pendidik tidak melakukan pembukaan dengan lengkap seperti belum membaca doa sebelum belajar dan tidak menyapa. Tenaga pendidik langsung membuka pembelajaran dengan cara mengajak para peserta didik untuk bernyanyi bersama setelah itu tenaga pendidik menjelaskan materi yang ingin dipelajari atau di ajarkan.
Dalam proses penyampaian materi sudah baik, Dimana tenaga pendidik memberikan perhatian kepada peserta didik, tidak hanya fokus ke satu tenaga pendidik saja. Media penyampainnya sangat baik dengan menggunakan gambar sehingga memudahkan tenaga pendidik untuk memahami materi yang disampaikan.
Nama : Aulia Ramadani
Nim : 859771605
Pokjar : Wundulako
Semester : 6
Prodi : PGSD-S1
Video pembelajaran : ” Menulis Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”
Kesimpulan saya dalam video tersebut Terlihat tenaga pendidik memberikan pembelajaran menulis tentang keluarga,dalam video tersebut tenaga pendidik sudah baik dalam memberikan pembelajaran hanya tenaga pendidik tidak memulai kelas dengan memberikan salam terlebih dahulu,tidak menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini, tidak melakukan absensi dan menanyakan siswa apakah semuanya sudah siap belajar. cara mengajar tenaga pendidik sangat bagus karena tenaga pendidik sangat memperhatikan siswa,memberikan media pembelajaran dan memberikan semangat kepada siswa yang membuat siswa lebih semangat belajar menulis,namu terlihat diakhir video tenaga pendidik tidak memberikan siswa apresiasi seperti memberikan nilai kepada siswa agar siswa percaya diri dengan apa yang ia buat dan membuat siswa selalu semangat dalam menulis dan tugas yang diberikan kepada tenaga pendidik.
Menurut saya pada video tersebut tentang kesulitan menulis huruf, suku kata dan kalimat di kelas rendah yaitu ada beberapa kelemahan dan kelebihan diantaranya :
– Kelemahan video tersebut yaitu :
• Terlalu cepet dalam menjelaskan dikelas rendah.
• Terlalu rumit dalam penjelasan cara penulisan hurufnya.
• Ada beberapa anak yang belum dapat menulis huruf, rangkaian kata dan kalimat.
• Anak² tidak konsentrasi saat belajar.
– Kelebihan video tersebut yaitu :
• Intonasi saat belajar sangat jelas
• Menggunakan media pembelajaran yang bervariatif
• Menggunakan metode belajar yang bervariatif
• Perhatian dengan peserta didik
Sappeani
859530734
UPBJJ -UT MAJENE
SEMESTER 8
Kesulitan dalam menulis huruf, suku kata dan kalimat bisa menjadi indikasi adanya gangguan belajar seperti disleksia atau disgrafia atau bisa juga disebabkan oleh faktor-faktor lain seperti kemampuan motorik halus yang lemah.
Adapun beberapa faktor yang dapat menyebabkan kesulitan menulis tersebut antara lain;
-kemampuan motorik halus: anak dengan kemampuan motorik halus yang lemah mungkin kesulitan dalam mengendalikan pena atau pensil saat menulis.
-persepsi visual;
Kesulitan dalam proses informasi visual seperti bentuk huruf dapat menghambat kemampuan menulis.
-perhatian dan konsentrasi:
Ketidakmampuan untuk fokus dan berkonsentrasi saat menulis dapat menyebabkan kesalahan dan dalam penulisan huruf kata atau kalimat.
-motivasi:
Rasa tidak tertarik atau tidak termotivasi dalam belajar menulis dapat menyebarkan kesulitan dalam penguasaan keterampilan menulis.
Langkah-langkah yang dapat dilakukan sebagai berikut:
-berikan dukungan dan motivasi/berikan dukungan emosional dan motivasi kepada anak atau siswa yang mengalami kesulitan menulis.
-penginapan metode pengajaran yang bervariasi/gunakan metode pengacara yang bervariasi dan sesuai dengan gaya belajar individu seperti menggunakan media visual, audio dan kinetik
-berikan waktu dan kesempatan/berikan waktu dan kesempatan yang cukup untuk belajar dan berlatih menulis.
-menggunakan media yang menarik dan menyenangkan untuk membantu anak agar siswa lebih termotivasi dalam belajar menulis.
Nama:Desi novita sari
Nim:859542144
Program studi:S1 PGSD
Pokjar:Ut daerah bandar agung
Upbjj:Bandar lampung
Semester:6
Setelah saya melihat n mencermati video tersebut kesulitan dalam menulis huruf,suku kata dan kalimat cara pengurainya terlalu cepat sehingga anak” sulit untuk mencerna materi yang diberikan dan belum lengkap dalam dalam pembelajaran seperti tidak ada salam pembuka.
Langkah-langkah supaya anak lebih mudah dalam menulis huruf kita sebagai pendidik harus lebih sabar lagi dalam mengahadapi anak” karena anak” itu beda dalam menangkap,mencermati materi yang kita berikan kepada mereka kita harus lebih dalam memberikan waktu kepada mereka agar mereka lebih leluasa dalam mengerjakan suatu tugas dari yang kita berikan.
Cara yang lain adalah dengan mengenalkan media seperti video atau gambar-gambar supaya meningkatkan minat belajar siswa lebih baik lagi.
Nama:Desi novita sari
Nim:859542144
Upbjj:Bandar lampung
Pokjar:Ut daerah banjar agung
Semester:6
Menurut pendapat saya tentang kesulitan dalam menulis kita harus lebih giat lagi dalam membimbing siswa agar lebih baik lagi dari sebelumnya agar siswa lebih semangat lagi dalam belajarnya karena sebagai pendidik kita dilatih agar lebih membimbing siswanya dari belum bisa menulis sampai dengan bisa menulis,dari belum bisa membaca kita harus membimbing mereka dengan cara kita memberikan contoh tulisan atau gambar-gambar atau pun video supaya menambah wawasan siswanya.
Kelebihan Pembelajaran dalam Video
1. Intonasi saat mengajar sangat jelas
2. menggunakan media pembelajaran yang bervariatif
3. menggunakan metode belajar yang bervariatif
4. perhatian dengan peserta didik
Kelemahan Pembelajaran dalam Video
1. terlalu cepat dalam menjelaskan di kelas rendah
2. terlalu rumit dalam penjelasan cara penulisan hurufnya
3. ada beberapa anak yang belum dapat menulis huruf, rangkaian kata dan kalimat
4. anak-anak tidak konsentrasi saat belajar
Hal unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video
1. anak-anak sudah pandai dalam penyeruan huruf yang dituliskan dipapan tulis
2. guru sangat bersemangat saat mengajar
Nama: Chairun Nisa
Nim: 855864413
Setelah saya melihat video tersebut saya menemukan beberapa kelebihan dan kelemahan serta perbaikan yang dapat dilakukan guru
Kelebihan:
– Guru menggunakan metode pengajaran yang kreatif dan menarik sehingga meningkatkan minat dan motivasi siswa di kelas.
– Komunikasi dan bahasa yang digunakan guru mudah dimengerti oleh siswa.
– Guru memberikan perhatian kepada siswa dan tidak hanya fokus pada satu siswa saja.
– Media pembelajaran yang digunakan guru sangat baik dengan menggunakan gambar sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi yang disampaikan.
– Guru memberikan semangat kepada siswa yang membuat siswa lebih semangat belajar menulis.
Kelemahan:
– Guru tidak melakukan pembukaan dengan lengkap seperti tidak membaca doa sebelum belajar dan tidak menyapa para peserta didik.
– Guru tidak memulai pelajaran dengan contoh penulisan huruf dengan jelas.
– Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini dan tidak melakukan absensi.
– Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa seperti memberikan nilai atau pujian untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Perbaikan yang dapat dilakukan:
– Guru dapat memulai pembelajaran dengan lebih lengkap, seperti membaca doa, menyapa siswa, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
– Guru dapat memberikan contoh penulisan huruf dengan jelas dan memberikan kesempatan siswa untuk mempraktikkan menulis.
– Guru dapat melakukan absensi dan memastikan semua siswa siap belajar.
– Guru dapat memberikan apresiasi kepada siswa yang berprestasi atau menunjukkan kemajuan dalam menulis.
– Guru dapat menggunakan metode pengajaran yang lebih variatif dan inovatif untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa.
Nama : Noti maria
Nim : 856602037
Pokjar : kerinci Jambi
Kesulitan dalam menuliskan huruf, suku kata, dan kalimat bisa menjadi tanda adanya masalah belajar seperti disleksia atau disgrafia. Namun, permasalahan ini juga dapat dipicu oleh faktor lain, seperti kelemahan dalam kemampuan motorik halus.
Berikut adalah beberapa sebab yang dapat mengakibatkan kesulitan dalam menulis:
kemampuan motorik halus: anak yang caranya bergerak lebih lemah mungkin mengalami kesulitan mengontrol pena atau pensil saat menulis.
persepsi visual:
Kesulitan dalam memahami informasi visual seperti bentuk huruf bisa mengganggu kemampuan menulis.
perhatian dan konsentrasi:
Ketidakmampuan untuk fokus saat menulis bisa menyebabkan kesalahan dalam penulisan huruf, kata, atau kalimat.
motivasi:
Kurangnya ketertarikan atau motivasi dalam belajar menulis dapat memperburuk kesulitan dalam menguasai keterampilan menulis.
Langkah -langkah sebagai berikut:
•berikan dukungan dan motivasi: Berikan dukungan emosional serta motivasi kepada anak atau siswa yang menghadapi kesulitan dalam menulis.
•gunakan metode pengajaran yang bervariasi: Terapkan berbagai metode pengajaran yang sesuai dengan gaya belajar masing-masing individu, seperti memanfaatkan media visual, audio, dan kinestetik.
•berikan waktu dan kesempatan: Sediakan waktu dan peluang yang cukup agar anak dapat belajar dan berlatih menulis.
•manfaatkan media yang menarik: Gunakan media yang menyenangkan untuk membantu anak agar lebih termotivasi dalam proses belajar menulis.
Nama : Miftahul Zahra Darusawab
Nim : 859544692
Upbjj Ut Daerah Bandar Lampung
Seorang guru dalam video tersebut menjelaskan tentang pelajaran bahasa Indonesia mengenai menulis kalimat, huruf, dan suku kata.
Dalam video tersebut guru suda sangat baik dalam penyampaian pembelajaran, karena guru sangat memperhatikan siswa dan juga memberikan semangat dengan membantu belajar menulis lalu guru juga menggunakan metode yg kreatif sehingga mudah dipahami dan cukup menarik. hanya saja guru tidak memulai kelas dengan memberikan salam terlebih dahulu dan juga tidak memberikan tujuan pembelajaran. Dan terlihat diakhiri video juga guru tidak memberikan siswa apresiasi seperti memberikan nilai kepada siswa. Padahal menurut saya apresiasi terhadap pencapaian siswa itu termasuk point penting juga karena bisa membangun potensi lebih baik ata lebih maju untuk perkembangan siswa dalam menulis sebuah kalimat