Similar Posts
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Menyimpulkan Isi Cerita Anak
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Mengkontruksi Rumah dari Kertas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Nama: RESTIANI HIA
Nim : 859872791
Pokjar: MANDREHE
Saya melihat Dalam vidio GPO yang saya lihat,ada beberapa kelemahan diantaranya:
Kurangnya media dan alat peraga dalam pembelajaran
Kurangnya metode yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran.
Sebagian siswa belum dapat memahami pembelajaran dikarenakan siswa tersebut belum mengenal huruf.
Kelebihan pembelajaran dalam vidio
Dalam vidio yang saya lihat,ada beberapa kelebihan diantaranya:
Dengan bernyanyi maka proses pembelajaran akan lebih menarik
Dengan adanya lagu”pergibelajar”,guru dapat membangkitkan motivasi siswa untuk mau membaca.
Adanya media gambar ayah dan ibu serta alat peraga siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa membaca kalimat.
Guru kreatif murid menjadi aktif.
Mengkonkritkan yang abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme.
Setelah saya melihat video pembelajaran Bahasa Indonesia di atas dengan materi “Kesulitan membaca huruf, suku kata dan kalimat. Di video tersebut tenaga pendidik tidak melakukan pembukaan dengan lengkap seperti belum membaca doa sebelum belajar dan tidak menyapa. Tenaga pendidik langsung membuka pembelajaran dengan cara mengajak para peserta didik untuk bernyanyi bersama setelah itu tenaga pendidik menjelaskan materi yang ingin dipelajari atau di ajarkan.
Dalam proses penyampaian materi sudah baik, Dimana tenaga pendidik memberikan perhatian kepada peserta didik, tidak hanya fokus ke satu tenaga pendidik saja. Media penyampainnya sangat baik dengan menggunakan gambar sehingga memudahkan tenaga pendidik untuk memahami materi yang disampaikan.
Menurut saya materi yang diajakarkan sudah bagus hanya saja kalau melihat dari video tersebut masih banyak yang perlu di perbaiki
1. Kegiatan Awal : biasanya pembukaan kelas diawali berdoa bersama-sama, setelah berdoa guru memberikan kabar kepada murid-murid, memberikan apersepsi atau pertanyaan pemantik mengenai materi hari ini
Setelah itu guru bisa menjelaskan materi apa yang akan di sampaikan hari ini beserta tujuan yang akan di capai pada hari ini melalui materi “kesulitan menulis huruf, suku kata dan kalimat”
2. Kegiatan Inti : Guru memberikan contoh seperti apa huruf itu bisa melalui lagu-lagu yang semangat , lebih baik lagi jika lagu tersebut bisa masuk ke dalam materi yang akan disampaikan, setelah itu guru memperkenal huruf demi huruf bisa melalui kartu huruf yang menarik sehingga siswa tertarik melihatnya
Guru mencontohkan menulis yang baik, lalu siswa mengikuti tulisan tersebut sampai masuk ke dalam tahap menulis sebuah kalimat.
Guru harus telaten dalam memberikan arahan kepada siswa nya.
3. Kegiatan penutup : guru memberikan refleksi dalam pembelajaran tersebut
Sehingga bisa menjadi bahan perbaikan untuk kedepannya.
Dan penutup berdoa
Nama : Dewi kurniati Gulo
Nim : 859873897
Semester : 6
Pokjar : Mandrehe
UPBJJ : Medan
*Komentar di GPO tentang Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata, dan Kalimat dengan Media Gambar Huruf Keluarga*
Penggunaan media gambar huruf keluarga dalam pembelajaran menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat dapat menjadi strategi yang efektif untuk membantu siswa mengatasi kesulitan dalam menulis. Berikut beberapa komentar tentang kelebihan dan kelemahan penggunaan media ini:
*Kelebihan:*
– *Meningkatkan Minat Belajar*: Media gambar huruf keluarga dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif, sehingga meningkatkan minat siswa untuk belajar menulis.
– *Mempermudah Pengenalan Huruf*: Gambar huruf keluarga dapat membantu siswa memvisualisasikan bentuk huruf dan suku kata dengan lebih baik, sehingga mempermudah pengenalan dan penulisan huruf.
– *Meningkatkan Penguasaan Kosakata*: Dengan menggunakan media gambar huruf keluarga, siswa dapat lebih mudah memahami dan mengingat kata-kata yang terkait dengan keluarga, sehingga meningkatkan penguasaan kosakata.
*Kelemahan:*
– *Keterbatasan Konsep*: Media gambar huruf keluarga mungkin hanya efektif untuk konsep tertentu dan tidak dapat mencakup semua aspek penulisan huruf, suku kata, kata, dan kalimat.
– *Ketergantungan pada Gambar*: Siswa mungkin terlalu bergantung pada gambar dan tidak dapat menulis tanpa bantuan visual, sehingga perlu strategi tambahan untuk meningkatkan kemampuan menulis mereka.
– *Keterbatasan Kreativitas*: Penggunaan media gambar huruf keluarga yang sama berulang kali mungkin dapat membatasi kreativitas siswa dalam menulis dan mengembangkan ide-ide baru.
*Saran:*
– *Variasi Media*: Guru dapat menggunakan variasi media pembelajaran, termasuk gambar, video, dan aktivitas interaktif lainnya, untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran menulis.
– *Pengembangan Kemampuan Menulis*: Guru perlu mengembangkan kemampuan menulis siswa dengan memberikan latihan menulis yang terstruktur dan memberikan umpan balik yang konstruktif.
– *Peningkatan Kreativitas*: Guru dapat mendorong siswa untuk mengembangkan kreativitas mereka dalam menulis dengan memberikan tugas menulis yang lebih terbuka dan memberikan kesempatan untuk bereksperimen dengan bahasa.
Dengan demikian, penggunaan media gambar huruf keluarga dapat menjadi salah satu strategi yang efektif dalam membantu siswa mengatasi kesulitan menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat, terutama jika dikombinasikan dengan strategi pembelajaran lainnya.
Menurut pendapat saya pada video tersebut, guru sebaiknya melakukan pendahuluan yang lengkap, seperti membaca doa, mengajak anak ice breaking apalagi dikelas rendah, dan mengabsen siswa pasti suka diperhatikan kehadirannya, dan juga dianggap kehadirannya kepada guru. untuk intonasi gurunya dalam penyebutan kata sangat baik dan sangat jelas sehingga siswa tidak bertanya-tanya tentang apa yang dijelaskan gurunya bahkan siswa juga mengikuti kata-kata yang disebutkan oleh gurunya. untuk media pembelajaran juga sangat bagus, tidak membuat anak bosan dan semangat belajar sehingga anak termotivasi untuk bisa menulis.
Nama : Warukiya
Nim :856087625
Semester : 6
Pokjar : Batam
UPBJJ : Batam
kekuatan : Sanagat bagus dalam pembelajaran untuk dikelas rendah serta meiliki kemampuan tersendiri bagi anak yang rasa ingin tahunya tinggi
kelemahan : Maaf sebelumnya jika saya melihat kurangnya alat praga sehinga terbatas anak untuk belajar serta bahas yang dipahami maaf sebelumnya