silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

396 Comments

  1. Nama : PRATIWI SUSENO
    NIM : 856733986
    Prodi : S1-PGSD

    -Kelebihan dari video yaitu :
    1. Guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil bertepuk tangan sehingga dapat memberikan semangat siswa sebelum memulai pembelajaran.
    2. Guru menggunakan media gambar sehingga mempermudah dalam proses pembelajaran.
    3. Guru membantu dan mengarahkan siswa yang kesulitan dalam menulis.
    4. Guru sangat bersemangat dan antusias dalam membimbing siswa dalam menulis.

    -Kekurangan dari video yaitu :
    1. Guru tidak melalukan kegiatan pendahuluan seperti salam pembuka, berdoa, absensi, menyebutkan tujuan pembelajaran, serta mengaitkan pembelajaran sebelumnya.
    2. Guru kurang dalam menggunakan media yang lebih canggih seperti menggunakan tayangan atau in-focus sehingga pembelajaran kurang menarik.
    3. Guru tidak melakukan kegiatan penutup seperti review, doa, membuat kesimpulan, salam penutup, ataupun memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah.

  2. Nama : Two Mart Dian Sari
    Nim : 858420996
    PGSD S1
    Menurut saya pembelajaran dalam video tersebut belum ada kegiatan pembukaan dan penutup dalam pembelajaran di video tersebut. Namun guru sudah menggunakan alat peraga, memberikan pujian kepada muridnya dan dengan sabar mengajari muridnya. Meskipun ada beberapa murid yang masih susah konsentrasi memperhatikan guru mengajar.

  3. ANALISIS VIDEO 2
    Bismillah,
    NAMA : ASTUTI
    NIM : 859168073
    UPBJJ : MATARAM
    POKJAR : KABUPATEN BIMA

    Setelah saya menyimak video dalam laman Guru Pintar Online (GPO), yang berjudul “Kesulitan Menulis Permulaan Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”, hasil analisis saya adalah sebagai berikut:
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi siswa dalam menerima pelajaran sangat kurang. Siswa terlihat masih bercanda dan tidak fokus pada proses pembelajaran
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru tidak memberikan salam pembuka dan sapaan-sapaan pembuka dan tidak mengajak para siswa untuk berdo’a sebelum memulai proses pembelajaran.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    a. Guru sangat kreatif untuk membuka pembelajaran dengan mengajak siswa untuk menyanyikan lagu yang berkaitan dengan pelajaran yang sedang berlangsung
    b. Guru sangat komunikatif, terlihat guru dan siswa terlibat aktif dalam Tanya jawab
    c. Guru menggunakan media pembelajaran berupa gambar untuk mempermudah siswa memahami cara menulis huruf.
    d. Guru menjelaskan cara-cara menulis huruf.
    e. Guru melatih anak untuk menulis huruf dengan membimbing langsung.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Tidak ada hal-hal unik yang saya temukan dalam video pembelajaran.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
     Pada kegiatan pembelajaran tersebut seharusnya guru memberikan salam pembuka, menanyakan kabar, dan berdo’a disusul dengan mengarahkan siswa untuk menuliskan huruf, suku kata, kata, dan kalimat dengan bantuan media pembelajaran.
     Kemudian guru membiarkan siswa untuk menulis sendiri huruf, suku kata, kata, dan kalimat sehingga dapat diketahui progress siswa dalam menulis.
     Berikan perhatian dan apresiasi kepada siswa dengan mengarahkan pada saat siswa belajar menulis agar siswa tidak terlalu kesulitan dalam memahami cara menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat.

  4. Nama : Laurensius Hanyeq
    Nim : 822152776
    Program Studi: S1 PGSD
    POKJAR: UPBJJ SAMARINDA

    Kelemahan Pembelajaran dalam video
    Dalam video GPO yang saya lihat dalam Bahasa Indonesia Judul
    “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat “ menurut saya ada beberapa kelemahan didalamnya, diantaranya:
    a) Kurangnya media dan alat peraga dalam pembelajaran.
    b) Kurangnya metode yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran.
    c) Sebagian siswa belum dapat memahami pembelajaran dikarenakan siswa tersebut belum mengenal huruf.

    Kelebihan Pembelajaran dalam video
    Dalam video GPO yang saya lihat dalam Bahasa Indonesia Judul
    “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat “ menurut saya ada beberapa kelebihan didalamnya, diantaranya:
    1) Dengan bernyanyi maka proses pembelajaran akan lebih menarik
    2) Dengan adanya lagu “Pergi Belajar”, guru dapat membangkitkan motivasi siswa untuk mau membaca.
    3) Adanya media gambar Ayah Ibu serta alat peraga siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa mambaca kalimat.
    4) Guru kreatif murid menjadi aktif
    5) Mengkongkritkan yang abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme.

    Hal Unik dalam Pembelajaran video
    1)Secara tidak langsung dengan menggunakan media gambar Ayah dan Ibu siswa sudah mengenali sesuatu yang mudah dikenal siswa, sehingga pemahaman suatu materi bisa meningkat dengan sendiriya.
    2) Siswa dapat menyebutkan anggota keluarga yang berada dalam lagu tersebut.
    3) Guru bisa mempunyai materi pembelajaran dari lagu “Pergi
    Belajar”

    Terima kasih

  5. NAMA: Nurilaila
    NIM: 857156747
    KELAS:2B PGSD BI (Pokjar MAKASSAR)
    1. Identifikasi masalah : kesulitan anak-anak di kelas bawah dalam menuliskan huruf, suku kata dan kata dalam pembelajaran bahasa Indonesia
    2. Analisa Masalah : banyak faktor yang membuat siswa-siswa kurang mampu dalam menuliskan huruf, suku kata dan kata diantaranya anak tersebut malas, kurang konsentrasi dalam belajar, kurang nya media yang digunakan oleh guru, kurang nya latihan atau bisa jadi dikarenakan kurang nya perhatian dari guru pada saat pembelajaran.
    3. Solusi atau Penanganan nya : dari video tersebut kita dapat mengambil banyak solusi diantaranya dengan menggunakan media gambar sehingga membantu anak – anak pada saat menulis, guru memberikan contoh dengan membantu menggerakkan tangan anak-anak sehingga anak akan terbiasa dan juga memberikan perhatian dan juga pujian bagi anak-anak yang sudah berusaha untuk berlatih, menggunakan cara menyanyi pun dapat menarik perhatian siswa yang diawal mungkin tidak konsentrasi atau mengantuk.

  6. Nama : Merlinda Mamoto
    Nim : 859863255
    Program studi : PGSD S1
    UPBJJ : Manado

    Setelah saya melihat Video di atas, menurut saya pembelajaran yang di berikan guru tersebut sudah sangat baik, karena guru tersebut terlihat mampu membuat siswa mengenal abjad yang mudah dengan menggunakan media gambar dan huruf bertuliskan Ayah Ibu yang bisa menarik perhatian siswa saat mengikuti pembelajaran, dalam hal ini kita dapat menilai guru tersebut memiliki skiĺl yang baik. Namun ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab kesulitan siswa dalam membaca, biasanya ada siswa yang MALAS membaca /Kurangnya KONSENTRASI , maka dari itu guru perlu memperhatikan hal tersebut dan memberikan perhatian lebih kepada siswa yang masih kesulitan dalam membaca, sekedar saran ada baiknya Guru memberikan media belajar yang lebih menarik seperti Gambar Berwarna.
    Dan pada video diatas setelah saya perhatikan tidak adanya Kegiatan pendahuluan Seperti Salam, Berdoa, Menanyakan Kabar siswa dan mengecek Daftar Kehadiran siswa.

    Sekian Analisis saya
    Terimakasih 🙏

  7. Nama : Novi Rianti
    Nim : 856943322
    Program Studi: S1 PGSD
    POKJAR: Sidomulyo

    Kelemahan Pembelajaran dalam video
    Dalam video GPO yang saya lihat dalam Bahasa Indonesia Judul
    “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat “ menurut saya ada beberapa kelemahan didalamnya, diantaranya:
    a) Kurangnya media dan alat peraga dalam pembelajaran.
    b) Kurangnya metode yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran.
    c) Sebagian siswa belum dapat memahami pembelajaran dikarenakan siswa tersebut belum mengenal huruf.

    Kelebihan Pembelajaran dalam video
    Dalam video GPO yang saya lihat dalam Bahasa Indonesia Judul
    “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat “ menurut saya ada beberapa kelebihan didalamnya, diantaranya:
    1) Dengan bernyanyi maka proses pembelajaran akan lebih menarik
    2) Dengan adanya lagu “Pergi Belajar”, guru dapat membangkitkan motivasi siswa untuk mau membaca.
    3) Adanya media gambar Ayah Ibu serta alat peraga siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa mambaca kalimat.
    4) Guru kreatif murid menjadi aktif
    5) Mengkongkritkan yang abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme.

    Hal Unik dalam Pembelajaran video
    1)Secara tidak langsung dengan menggunakan media gambar Ayah dan Ibu siswa sudah mengenali sesuatu yang mudah dikenal siswa, sehingga pemahaman suatu materi bisa meningkat dengan sendiriya.
    2) Siswa dapat menyebutkan anggota keluarga yang berada dalam lagu tersebut.
    3) Guru bisa mempunyai materi pembelajaran dari lagu “Pergi
    Belajar”

  8. Nama : Siti Umi Fadlillah
    Nim : 856991316
    Kelas : 6A
    Pokjar : Sidomulyo

    Setelah menonton video tersebut, izinkanlah saya memberikan pendapat.
    Dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada video diatas sangat sebetulnya sudah sangat baik dan menarik, guru mau memberikan apresiasi, sentuhan, dan memegang tangan murid yang masih kesulitan menulis. Hal tersebut dapat meningkatkan suasana hati siswa dan bersemangat untuk menerima pelajaran,
    tetapi guru dalam video tersebut tampak juga kurangnya variasi pemberian media pembelajaran, guru hanya menggunakan kertas dan tulisan huruf kepada siswa untuk menerangkan huruf dan kata, guru langsung saja meminta murid untuk mengikuti suara guru membaca kata tanpa guru sebutkan hurufnya satu persatu.

  9. Nama : Siti Umi Fadlillah
    Nim : 856991316
    Kelas : 6A
    Pokjar : Sidomulyo

    Setelah menonton video tersebut, izinkanlah saya memberikan pendapat.
    Dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada video diatas sebetulnya sudah sangat baik dan menarik, guru mau memberikan apresiasi, sentuhan, dan memegang tangan murid yang masih kesulitan menulis. Hal tersebut dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar dan bersemangat untuk menerima pelajaran, tetapi guru dalam video tersebut tampak juga kurang dalam pemberian media pembelajaran, guru hanya menggunakan kertas dan tulisan huruf kepada siswa untuk menerangkan huruf dan kata, guru langsung saja meminta murid untuk mengikuti suara guru membaca kata tanpa guru sebutkan hurufnya satu persatu.

  10. Nama: Afanin Nur SuciYanti
    NIM: 857105013
    POKJAR: Bekasi

    Pendapat saya tentang Video Diatas.
    Aanak- anak semangat dalam pembelajaran diatas, mengikuti guru yang sedang menjelaskan pembelajaran yang dijelaskan.
    Guru juga sangat baik saat menjelaskan pembelajaran kepada anak murid, guru memberikan solusi kepada anak yang kurang dalam suku kata dan kalimat dengan cara menghampiri anak tersebut, mengajari secara langsung danmembantu memegang tangan anak saat menulis.

    kekurangannya, hanya saja di media pembelajaran yang saat itu kurang. jika dibantu lebih jelas dengan proyektor, laptop untuk menampilkan suku kata dan gambar lebih menarik dan anak bisa lihat dengan jelas.

Leave a Reply