silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar, kemudian membagi kelas menjadi beberapa kelompok siswa, meminta masing-masing kelompok untuk mengamati objek yang diminati dan guru memberikan bimbingan mereka agar bisa membagi informasi dengan kelompok lain.

Rusdianto

Dalam tampilan video sesi awal  materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Dalam tampilan tersebut guru hanya menggunakan metode ceramah, sehingga mengakibatkan siswa kelihatan tidak berminat terhadap pembelajaran, mengantuk, tidak semangat dan acuh tak acuh terhadap pembelajaran guru. Dalam sesi perbaikan materi pembelajarannya adalah mengukur, terlihat guru sudah membangun interaksi dengan siswa, tanya jawab, pemberian tugas, anak mencoba mengukur bidang yang ada di sekitar. Hanya kekurangannya adalah cara mengukur setelah menggunakan jaritangan, sebaiknya dilanjutkan dengan ukuran yang standar, misalnya menggunakan penggaris atau meteran.

Komentar secara Umum: Dalam tampilan video sesi lanjut terlihat bahwa suasana belajar ai dalam kelas tampak hidup siswa semangat mengikuti pembelajaran.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Masih tetap teacher center dan sudah mulai menggunakan kegiatan aplikatif yang berkaitan dengan tema materi.
  2. Sudah cukup sesuai untuk peserta didik.
  3. Sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Pakar Dosen
Pakar Guru

Similar Posts

808 Comments

  1. Nama : Agustin Tri Wulandari
    Nim : 858904261

    Setelah saya melihat video tersebut.Reaksi siswa pada video tersebut kebanyakan siswa yang ribut,bermain, berbicara bahkan ada yang mengantuk dan melamun di saat pembelajaran berlangsung.Karna guru tersebut waktu menjelaskan materi kurang menarik/monoton sehingga membuat siswa menjadi bosan dan kurang semangat.Dan akhirnya guru membuat metode pembelajaran membuat kelompok belajar sehingga menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan.

  2. Nama : Jerni Hardania
    NIM : 856075186

    • Memulai pembelajaran dengan menggunakan prosedur yang sesuai dengan RPP, yaitu mengajak siswa berdoa, setelah berdoa guru dapat menanyakan bagaimana kabar siswa hari ini, kemudian dapat mengecek presensi siswa yang kemudia baru dilanjutkan dengan pengaitan materi sebelumnya serta menyampaikan tujuan pembelajaran.

    • Penjelasan dari guru yang menggunakan media ceramah dan kurang menggunakan variasi membuat siswa menjadi kurang aktif dan merasa bosan ataupun mengantuk.

    • Pembelajaran lebih baik jika menggunakan benda konkrit yang didapat dimanfaatkan untuk membantu proses abstraksi siswa dalam memahami konsep matematika.

    • Pada awal dan ditengah pembelajaran saat siswa mulai bosen, guru sebaiknya menerapkan ice breaking atau game kecil agar anak menjadi fokus dan bersemangat lagi.

  3. Nama: Juliya Agustina
    Nim: 855857694
    UPBJJ: UT MEDAN
    Pokjar : LABURA
    Judul Vidio: Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
    pada vidio di atas tidak adanya pembukaan seperti doa dan absesnsi. kegiatan pembukaan yang kreatif juga merupakan salah satu faktor penting dalam menyiapkan siswa untuk membangun suasana pembelajaran yang aktif, interaktif dan menyenangkan. nah menurut pendapat saya, dari vidio di atas kita dapat melihat bahwa membagi kelompok dalam proses pembelajaran juga merupakan ide yang baik dalam membangun suasana pembelajaran yang aktif, tentu saja dalam membagi sebuah kelompok ada hal hal penting yang harus kita ketahui, seperti menggabungkan anak yang dirasa mampu dan anak yang dirasa kurang mampu, dengan begitu ia bisa belajar dengan teman sebaya, sehingga mempermudah ia untuk memahami materi yang kita sampaikan. selanjutnya ialah, guru meminta siswa mempraktekkan langsung cara pengukuran benda disekitar kita dengan menggunakan jengkal pada jari dan juga penggaris.

  4. Nama: Juliya Agustina
    Nim: 855857694
    UPBJJ: UT MEDAN
    Pokjar : LABURA
    Judul Vidio: Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
    pada vidio di atas tidak adanya pembukaan seperti doa dan absesnsi. kegiatan pembukaan yang kreatif juga merupakan salah satu faktor penting dalam menyiapkan siswa untuk membangun suasana pembelajaran yang aktif, interaktif dan menyenangkan. nah menurut pendapat saya, dari vidio di atas kita dapat melihat bahwa membagi kelompok dalam proses pembelajaran juga merupakan ide yang baik dalam membangun suasana pembelajaran yang aktif, tentu saja dalam membagi sebuah kelompok ada hal hal penting yang harus kita ketahui, seperti menggabungkan anak yang dirasa mampu dan anak yang dirasa kurang mampu, dengan begitu ia bisa belajar dengan teman sebaya, sehingga mempermudah ia untuk memahami materi yang kita sampaikan. selanjutnya ialah, guru meminta siswa mempraktekkan langsung cara pengukuran benda disekitar kita dengan menggunakan jengkal pada jari dan juga penggaris. sekian dan terima kasihhh

  5. Nama: Juliya Agustina
    Nim: 855857694
    UPBJJ: UT MEDAN
    Pokjar : LABURA
    Judul Vidio: Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
    pada vidio di atas tidak adanya pembukaan seperti doa dan absesnsi. kegiatan pembukaan yang kreatif juga merupakan salah satu faktor penting dalam menyiapkan siswa untuk membangun suasana pembelajaran yang aktif, interaktif dan menyenangkan. nah menurut pendapat saya, dari vidio di atas kita dapat melihat bahwa membagi kelompok dalam proses pembelajaran juga merupakan ide yang baik dalam membangun suasana pembelajaran yang aktif, tentu saja dalam membagi sebuah kelompok ada hal hal penting yang harus kita ketahui, seperti menggabungkan anak yang dirasa mampu dan anak yang dirasa kurang mampu, dengan begitu ia bisa belajar dengan teman sebaya, sehingga mempermudah ia untuk memahami materi yang kita sampaikan. selanjutnya ialah, guru meminta siswa mempraktekkan langsung cara pengukuran benda disekitar kita dengan menggunakan jengkal pada jari dan juga penggaris. tentu saja vidio di atas sangat bermanfaat bagi semua guru .

  6. Nim: 855857694
    UPBJJ: UT MEDAN
    Pokjar : LABURA
    Judul Vidio: Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
    pada vidio di atas tidak adanya pembukaan seperti doa dan absesnsi. kegiatan pembukaan yang kreatif juga merupakan salah satu faktor penting dalam menyiapkan siswa untuk membangun suasana pembelajaran yang aktif, interaktif dan menyenangkan. nah menurut pendapat saya, dari vidio di atas kita dapat melihat bahwa membagi kelompok dalam proses pembelajaran juga merupakan ide yang baik dalam membangun suasana pembelajaran yang aktif, tentu saja dalam membagi sebuah kelompok ada hal hal penting yang harus kita ketahui, seperti menggabungkan anak yang dirasa mampu dan anak yang dirasa kurang mampu, dengan begitu ia bisa belajar dengan teman sebaya, sehingga mempermudah ia untuk memahami materi yang kita sampaikan. selanjutnya ialah, guru meminta siswa mempraktekkan langsung cara pengukuran benda disekitar kita dengan menggunakan jengkal pada jari dan juga penggaris.

  7. Nama : Rahman Masisi
    Nim : 856751336
    Upbjj : Palembang
    Pokjar : Gelumbang
    Judul video : Membangun suasana aktif, interaktif dan menyenangkan

    . Menciptakan suasana kelas yang aktif, interaktif, dan menyenangkan merupakan dambaan setiap guru. Hal ini penting untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, membantu mereka memahami materi dengan lebih baik, dan membuat proses belajar mengajar menjadi lebih efektif.

    Tipsnya adalah
    1. Membangun hubungan positif dengan siswa
    2. Gunakan media belajar yang menarik
    3. Gunakan metode belajar yang bervariasi
    4. Ciptakan suasana kelas yang humoris

    Membangun suasana kelas yang aktif, interaktif, dan menyenangkan membutuhkan waktu dan usaha. Namun, dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi siswa untuk berkembang dan mencapai potensi mereka.

  8. Nama : Rahman Masisi
    Nim : 856751336
    Pokjar : Gelumbang
    Setelah saya melihat video terlihat di awal pembelajaran para siswa terlihat tidak semangat tidak fokus bahkan mengantuk dalam mengikuti proses pembelajaran. Tugas guru adalah Menciptakan suasana kelas yang aktif, interaktif, dan menyenangkan .. Hal ini penting untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, membantu mereka memahami materi dengan lebih baik, dan membuat proses belajar mengajar menjadi lebih efektif.

    Tipsnya adalah
    1. Membangun hubungan positif dengan siswa
    2. Gunakan media belajar yang menarik
    3. Gunakan metode belajar yang bervariasi
    4. Ciptakan suasana kelas yang humoris

    Membangun suasana kelas yang aktif, interaktif, dan menyenangkan membutuhkan waktu dan usaha. Namun, dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi siswa untuk berkembang dan mencapai potensi mereka.

Leave a Reply