silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Muchtar M Noor
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Drs. Tarhadi, M.Si.
1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
2. Penggunaan media labih optimal.
3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
Guru sebaiknya memberikan konsep dasar perkalian dengan jelas, dimana perkalian sama dengan penjumlahan berulang juga dijelaskan sambil ditulis dipapan tulis agar siswa lebih memahami konsep dasar perkalian dan dapat dikaitkan dengan pengalaman kehidupan sehari-hari sehingga anak didik lebih mudah paham dan ingat. Penggunaan strategi dan metode yang tepat seperti mengulas secara singkat apa yang sudah dipelajari pada hari itu diakhir pembelajaran dan memberikan tugas atau pekerjaan rumah setelah pembelajaran selesai disertai cara penjumlahan berulang agar siswa tidak hanya hafal perkalian namun benar-benar memahami konsep perkalian tersebut. guru juga bisa memberikan reward kepada murid yang mendapat nilai tinggi juga memberikan sanksi kepada murid yang tidak mengerjakan PRnya hal itu bisa memotivasi siswa untuk belajar.
Kelebihan dari vidio tersebut adalah guru sangat sabar dalam mengajar dan guru juga memberikan latihan soal.
Nama : yani suryani
NIM : 857321112
PGSD-SI
POKJAR BOGOR
BERLOKASI DI WARUNGKONDANG-CIANJUR
Kelemahan gurunya
1. guru tidak mengkondisikan keadaan siswa yang masih belum fokus menyimak materi yang disampaikan oleh gurunya
2. guru tidak memotivasi belajar siswa
kelebihan
1. guru sangat sabar
2. ketika guru melempar pertanyaan kepada siswanya, siswa lebih banyak antusias dalam menjawab
ketimbang hanya dengan metode ceramah saja
3. media yang digunakan terlalu kecil hingga sukar dilihat oleh siswa/i
saran
1. bagaimana jika setiap masuk ke dalam kelas belajar menghafal perkalian 1 dan 2, yang diikuti oleh semua peserta didik setellah sebelumnya sang guru menuliskan perkalian 1 dan 2 di papan tulis agar terlihat jelas oleh peserta didik. Dalam waktu seminggu insyallah, hafal perkalian 1-10.
2. memberikan PR terlalu banyak juga tidak saya sarankan karena akan memberatkan siswa belum ditambah kegiatan mereka sepulang dari sekolah ikut sekolah mengaji, pergi ke guru ngaji lagi pada saat magrib. kadang kala sang anak sampai makan sambil mengerjakan PR. Kalau bisa Pemberian PR dibatasi jangan terlalu banyak. Agar sang anak tidak merasa bosan di sekolah dan melampiaskan kebosanan dengan cara bergaul yang salah.
3. berikan tugas sesering mungkin ketika di kelas saja.
Nama : Linda Sari
NIM : 859895703
Prodi : PGSD-S1
Pokjar : MADINA
Menurut pendapat saya saat awal pembeajaran terlihat siswa kurang semangat dalam mendengarkan penjelasan dari guru yang hanya menggunakan metode satu arah yaitu hanya memberikan penjelasan atau dengan metode demonstrasi saja, siswa hanya sebagai pendengar saja, sejak awal pembelajaran guru tidak mempersiapkan dengan matang kesiapan belajar siswa dan kurang dalam memberikan motivasi dan apresiasi kepada siswa sehingga siswa kurang tertarik pada pembelajaran tersebut, namun lain lagi ketika guru memberikan penjelasan dengan mengadakan interaksi dengan bertanya jawab sehingga siswa menjadi lebih antusias bisa memahami apa yang di jelaskan oleh guru,
Nama : Hidayat Nur Suwalim
NIM : 857762141
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : semarang
Dalam video pembelajaran tersebut
1. guru belum bisa mengondisikan kelas, terlihat masih banyak anak- anak yang bermain atau sibuk
sendiri. Anak- anak juga kurang terlihat aktif dalam pembelajaran, saat ditanya sudah paham apa
belum anak tidak ada yang bertanya, namun ketika diberikan pertanyaan anak tidak bisa menjawab.
2. Guru kurang memotivasi anak akan pentingnya perkalian dasar, sehingga anak-anak masih
menyepelekan
3. Dalam penyampaian materi guru kurang menarik, menyebabkan anak-anak bosan
4. Terlalau cepat dalam menyampaikan materi
TUGAS TUTORIAL TATAP MUKA MINGGU 1
ANALISIS VIDEO LAMAN GPO
Nama : Dini Anggraini
NIM : 856598403
POKJAR : UPBJJ UT Kota Jambi
1. Analisislah 1 video pembelajaran dari laman GPO sesuai dengan format analisis video.
a. Judul video : Konsep Perkalian Dasar
Alamat sumber video : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/17/kurang-mengetahui-perkalian-dasar-2/
b. Ringkasan isi video
• Identitas video
Nama penulis naskah : Muchtar M Noor
Sutradara : Donny Harsabudhi
• Sinopsis atau ringkasan video
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
c. Kelemahan pembelajaran dalam video
• Setelah kita menyimak dari vidio tersebut sama-sama kita lihat banyak nya siswa tidak memperhatikan guru saat memberikan materi, kelihatan siswanya bosan dalam belajar. Di karenakan guru kurang menguasai kelas,dan kurang nya kreatif dalam menyampaikan materi sehingga anak bosan.
d. Kelebihan pembelajaran dalam video
• Guru sabar dan mencoba mengarahkan anak agar menghafalkan perkalian, dan memberi latihan pada anak. Sehingga banyak siswa yang bisa menghafal perkalian dengan baik.
e. Hal unik yang terdapat dalam video
• Guru mengutamakan materi yang diajarkan dan guru dengan sabar menjelaskan walaupun banyak siswa tidak memperhatikan.
f. Alternatif lain yang dapat ditempuh
1. Sebelum pembelajaran dimulai, guru dapat mengkondisikan suasana kelasnya terlebih dahulu, dengan melakukan apresepsi tanya jawab yang berhubungan dengan materi yang akan diberikan. Apresepsi dilakukan agar suasana kelas kondusif, tenang dan siswa dapat berkonsentrasi.
2. Guru sebaiknya memberikan penjelasan konsep dasar perkalian, dimana perkalian adalah penjumlahan berulang. Gunakanlah contoh dalam kehidupan sehari-hari misalnya resep obat anjuran minum 3×1.
3. Setelah siswa memahami penjumlahan berulang, berikan latihan-latihan soal dengan level sedang. Jika sudah fasih, lanjut ke level yang lebih susah misalnya perkalian 5 keatas.
4. Berikan siswa tugas atau Pekerjaan Rumah, guna melatih pemahaman siswa terhadap perkalian. Siswa dianjurkan mengerjakan disertai cara penjumlahan berulang. Jadi siswa tidak hanya sekedar hafal perkalian, namun juga mengetahui atau memahami konsep penjumlahan berulang.
TUGAS TUTORIAL TATAP MUKA MINGGU 1
ANALISIS VIDEO LAMAN GPO
Nama : Dini Anggraini
NIM : 856598403
POKJAR : UPBJJ UT Kota Jambi
1. Analisislah 1 video pembelajaran dari laman GPO sesuai dengan format analisis video.
a. Judul video : Konsep Perkalian Dasar
Alamat sumber video : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/17/kurang-mengetahui-perkalian-dasar-2/
b. Ringkasan isi video
• Identitas video
Nama penulis naskah : Muchtar M Noor
Sutradara : Donny Harsabudhi
• Sinopsis atau ringkasan video
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
c. Kelemahan pembelajaran dalam video
• Setelah kita menyimak dari vidio tersebut sama-sama kita lihat banyak nya siswa tidak memperhatikan guru saat memberikan materi, kelihatan siswanya bosan dalam belajar. Di karenakan guru kurang menguasai kelas,dan kurang nya kreatif dalam menyampaikan materi sehingga anak bosan.
d. Kelebihan pembelajaran dalam video
• Guru sabar dan mencoba mengarahkan anak agar menghafalkan perkalian, dan memberi latihan pada anak. Sehingga banyak siswa yang bisa menghafal perkalian dengan baik.
e. Hal unik yang terdapat dalam video
• Guru mengutamakan materi yang diajarkan dan guru dengan sabar menjelaskan walaupun banyak siswa tidak memperhatikan.
f. Alternatif lain yang dapat ditempuh
1. Sebelum pembelajaran dimulai, guru dapat mengkondisikan suasana kelasnya terlebih dahulu, dengan melakukan apresepsi tanya jawab yang berhubungan dengan materi yang akan diberikan. Apresepsi dilakukan agar suasana kelas kondusif, tenang dan siswa dapat berkonsentrasi.
2. Guru sebaiknya memberikan penjelasan konsep dasar perkalian, dimana perkalian adalah penjumlahan berulang. Gunakanlah contoh dalam kehidupan sehari-hari misalnya resep obat anjuran minum 3×1.
3. Setelah siswa memahami penjumlahan berulang, berikan latihan-latihan soal dengan level sedang. Jika sudah fasih, lanjut ke level yang lebih susah misalnya perkalian 5 keatas.
4. Berikan siswa tugas atau Pekerjaan Rumah, guna melatih pemahaman siswa terhadap perkalian. Siswa dianjurkan mengerjakan disertai cara penjumlahan berulang. Jadi siswa tidak hanya sekedar hafal perkalian, namun juga mengetahui atau memahami konsep penjumlahan berulang.
Nama : Defi Marlina
NIM : 856601952
Menurut saya , dalam proses pembelajaran guru tidak salah hanya saja guru masih kurang dalam perhatian siswa, alangkah baiknya dilakukan dengan menggunakan alat media seperti menggunakan kelereng, pipet, dll. Karna bisa melatih daya ingat siswa, kemudian alangkah baiknya guru memberikan contoh dan tanya jawab ke siswa agar siswa aktif untuk berfikir. Agar siswa tidak merasa bosan dalam pembelajaran matematika.
Nama : Yuli Suryati
NIM : 856075154
Prodi : PGSD S1
Pada video pembelajaran di atas terlihat siswa kurang atau bahkan kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran perkalian dasar. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor yaitu siswa belum memahami konsep perkalian, media dan metode pembelajaran yang kurang menarik, maka dari itu sebelum memulai pembelajaran guru seharusnya merencanakan tujuan, media dan kegiatan belajar yang menarik agar siswa tertarik/senang dalam belajar sehingga mudah memahami materi serta tersimpan dalam ingatan mereka dalam jangka panjang dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
Saran :
– Komunikasi lebih baik dengan siswa-siswi
– berikan apresiasi kepada siswa yang rajin belajar
– arahkan pandangan siswa semua ke papan tulis
– tanya – jawab sesering mungkin
– berikan Tugas agar siswa semakin paham terhadap materi
TERIMA KASIH
Nama : Rusdiana Pitasari
NIM : 856984414
Prodi : B PGSD
Pokjar : Wayang Tuba
Kelebihan :
Guru sudah menggunakan intonasi suara yang besar jelas untuk didengar siswa dan guru juga sudah memberikan tugas dan banyak pertanyaan pertanyaan untuk membantu siswa dalam mengasah kemampuan nya dengan lebih baik.
Kelemahan :
Guru tidak memberikan salam pembuka dan tidak ada penyampaian tujuan pembelajaran. Guru kurang melakukan inovasi dalam pengajaran, terlalu kaku dan bisa membuat siswa kesulitan dalam menerima pembelajaran.
Saran :
Saran dari saya adalah guru memberikan apersepsi dalam pembukaan, lebih banyak melakukan inovasi dalam pembelajaran agar siswa lebih bersemangat, guru juga bisa menggunakan media seperti lidi untuk melakukan pembelajaran perkalian dengan cara kelipatan menambah lidi tersebut agar lebih mudah dipahami siswa. Guru juga lebih baik mengajarkan materi untuk perkalian ini dimulai dari perkalian 1-5 dulu agar siswa lebih mudah memahami setelah 1-5 sudah benar benar paham baru guru bisa melanjutkan ke perkalian selanjutnya.
Nama : LILIS SETYANINGSIH,NIM : 859504936
Menurut Pendapat Saya
Setelah melihat video diatas, menurut saya guru kurang menguasai kelas sehingga masih banyak anak yang tidak memperhatikan guru saat menerangkan atau memberikan materi dan banyak siswa yang asik bermain, mengobrol. Terlihat jelas anak-anak juga kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dikelas mungkin karena guru kurang kreatif dalam menggunakan metode pembelajaran. Didalam video tersebut guru juga kurang memberikan motivasi kepada siswa. Guru kurang berkomunikasi dengan siswa, guru terlalu menuntut siswa untuk bisa padahal masih banyak siswa yang belum paham. Menurut saya metode yang dilakukan kurang maksimal.
Saran
– berikan komunikasi yang baik kepada siswa
– arahkan perhatian siswa ke papan tulis agar menegerti dengan penjelasan guru
– berikan ice breaking sebentar agar siswa senang serta tidak bosan
– tanya-jawab sesering mungkin menegenai perkalian tsb
– berikan Tugas dirumah agar siswa dapat berlatih perkalian dengan baik
– Berikan pembelajaran yang bervariasi.