silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Muchtar M Noor

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Drs. Tarhadi, M.Si.

1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.

2. Penggunaan media labih optimal.

3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

637 Comments

  1. Nama : Intan Ayu Handayani
    NIM : 857762546
    Prodi : PGSD

    Assalamualaikum wr wb
    Ijin berkomentar
    Setelah menonton tayangan video pembelajaran tersebut saya mendapatkan ilmu dalam mengkondisikan kelas yaitu pengkondisian kelas dapat terarahkan dengan melakukan perhatian siswa, menghafal dapat membuat siswa bisa menjawab soal, memberikan latihan soal dan pekerjakan rumah serta memberikan sanksi bagi tidak mengerjakan.

    Pada tanyangan tersebut dari kondisi awal peserta didik yang belum bisa perkalian sampai bisa perkalian. Guru mengganti beberapa metode dari menggunakan metode chart tetapi pada saat diajaukan pertanyaan perkalian siswa belum bisa menjawab. Setelah menggunakan metode chart tidak bisa diterapakan di kelas, guru mulai menggantinya dengan mengarahkan perhatian siswa dan siswa diberi waktu menghafalkan perkalian. Kemudian guru mengajukan pertanyaan ke siswa dan siswa berlomba angkat tangan untuk menjawab soal, metode menghafal yang diterapkan guru dapat membuat siswa bisa menjawab pertanyaan. Setelah siswa sudah bisa perkalian guru memberi latihan dan pekerjaan rumah.

    Dari video tersebut dapat hal yang bisa dilakukan oleh guru dengan melakukan kegiatan awal mengkondisikan kelas dengan ice breaking sehingga siswa bersemangat untuk belajar, menggunakan metode pembelajaran diskusi atau Tanya jawab agar siswa saling berinteraksi dan kondisi kelas menjadi aktif, dan dapat menggunakan media yang menarik perhatian siswa seperti media audio visual dengan menggunakan LCD menampilkan video sesuai dengan materi yang akan diajarkan.

    Terimakasih

    Wassalamualikum wr wb

  2. Nama : Didik Setyo Nugroho
    NIM : 857752964
    setelah melihat video diatas kekurangan vguru dalam pembelajaran tersebut adalah penggunaan media konkret, agar siswa lebih menguasai pengetahuan berdasarkan pengalaman sendiri.
    guru menggunakan metode ceramah yang membuat siswa bosan, seharusnya menggunakan metode yang melibatkan siswa berperan langsung dalam kegiatan berhitung.
    solusinya penggunaan media/alat bantu hitung dalam pembelajaran. bisa menggunakan lidi, sedotan, stick kayu dll.

  3. Nama : FEBRI ANGRAENI
    NIM : 857700672
    Prodi : PGSD

    Setelah mengamati video diatas,, dengan metode ceramah yang digunakan oleh guru tetapi guru interaktif kepada siswa, juga ditambah dengan media ajar konkret dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran. Dengan menggunakan akan media ajar siswa juga lebih senang dalam proses pembelajaran. Guru pun juga harus mempertimbangkan media ajar yang digunakan aman untuk siswa. Dengan kemajuan zaman dan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran hal dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam semua bidang pembelajaran

  4. NAMA : NUR AZIZAH NST
    NIM : 859895814
    PRODI : PGSD S1
    POKJAR : MADINA

    Menurut pendapat saya dari video di atas pada awal pembelajaran sangat kurangnya interkasi dan penjelasan dari guru disini guru lebih monoton dan hanya menjelaskan seadanya tanpa adanya pengaplikasian terlebih dahulu sehingga siswa jadi mudah bosan dan kurang meminati pelajaran yang di ajarkan, seharusnya sebelum melakukan pembelajaran kita harus terlebih dahulu mengarahkan perhatian siswa kepada kita agar siswa bisa dengan lebih semangat menerima pelajaran yang akan kita ajarkan. Berbeda dengan metode ke 2 guru terlebih dahulu mengarahkan perhatian siswa kepada dirinya sehingga ada feedback lebih besar, dan juga disini guru lebih menjelaskan dan memberikan pengablikasian yang cukup sehingga siswa lebih semangat dalam memperoleh pelajaran, dan guru juga memberikan tugas supaya siswa lebih banyak berlatih yang dimana bertujuan untuk memaksimalkan ilmu dan penalaran yang dimiliki siswa atas materi yang sudah kita berikan

  5. Nama : Sarestia maya sari
    NIM : 856947795
    Salut : Way Tuba

    Dari vidio pembelajaran yang ada, guru membuka pembelajaran tanpa salam dan menyapa siswa.
    Guru langsung menjelaskan materi yang akan dipelajari pada hari itu. Guru menjelaskan materi tanpa memperhatikan siswa apakah siswa memperhatikan penjelasan guru atau tidak. Guru tidak menuliskan materi di papan tulis, guru hanya memperlihatkan perkalian yang ada pada pajangan kelas dimana hanya dapat dilihat pada jarak yang dekat, sedangkan untuk yg duduk di belakang kemungkinan tidak bisa melihat materi apa yang di tunjuk. Guru tidak menjelaskan bagaimana cara mencari perkalian.
    Guru langsung memberi pertanyaan kepada siswa, padahal siswa belum memahami materi. Guru langsung menugaskan siswa untuk menghafalkan perkalian yang ada di depan.

    Tips untuk mengajar perkalian
    1. Arahkan perhatian siswa, agar fokus dengan materi yang di ajarkan.
    2. Komunikasi dengan siswa sesering mungkin
    3. Siswa diberikan tugas.

    Refleksi guru setelah siswa menghafal perkalian, guru menjelaskan ulang bagaimana cara mencari perkalian dengan benar.

  6. Nama:Laila nasution
    Nim:859885694
    Pokja:Madina
    Setelah saya melihat video tersebut terlihat kurang nya semangat siswa dalam pembelajaran seharusnya sebelum memulai pembelajaran alangkah baiknya mengkondisikan kelas kelebihan nya guru mencoba mengarahkan anak agar menghalalkan perkalian. Dan guru juga memberikan latihan soal, saran saya sebelum melakukan pembelajaran saat pembuka guru selalu memotivasi siswa agar selalu semngat dalam mengikuti pembelajaran dan guru harus menguasai seluruh kelas agar siswa memperhatikan semua. Dan anak tidak bermain ketika pembelajaran berlangsung.

  7. Nama : Neneng Masturoh
    NIM : 857153426
    Jurusan : PGSD S1

    Dalam video ini, guru menjelaskan perkalian dasar yang menggunakan konsep penjumlahan yang berulang-ulang, tetapi siswa tidak mengerti dengan apa yang dijelaskan oleh gurunya karena guru menjelaskan satu arah saja. Kemudian solusinya yaitu, guru harus memiliki teknik pembelajaran yang sesuai agar proses pembelajaran tidak satu arah saja, yaitu dengan memberikan perhatian dan mengarahkan siswa agar menyimak apa yang guru sampaikan serta melakukan tanya jawab sesering mungkin, agar siswa dapat berpikir dan berperan aktif dalam pembelajaran, serta memberikan latihan-latihan kepada siswa agar siswa terbiasa dan paham tentang perkalian dasar. Terimakasih

  8. Nama : Jajuli
    NIM : 857498378
    Jurusan : PGSD S1

    Ijin Diskusi, bahwa dalam video ini guru :
    – Menerangkan perkalian dasar yang menggunakan konsep penjumlahan yang berulang, untuk siswa tidak mengerti dengan apa yang dijelaskan oleh gurunya.
    solusinya yaitu, guru harus memiliki teknik pembelajaran yang sesuai agar proses pembelajaran tidak satu arah saja, yaitu dengan memberikan perhatian dan mengarahkan siswa agar menyimak apa yang guru sampaikan serta melakukan tanya jawab sesering mungkin, agar siswa dapat berpikir dan berperan aktif dalam pembelajaran.

  9. Nama : EMILIAWATI
    Nim : 856077133
    Jurusan : PGSD S1

    hasil pengamatan saya pada video diatas adalah:
    kelemahan:
    1. guru membuka pembelajaran tanpa salam dan menyapa siswa
    2. guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    3. media dan metode pembelajarannya kurang menarik
    4. dalam menyampaikan materi guru kurang menguasai perhatian siswa,sehingga perhatian siswa tidak fokus kepada penjelasan sang guru.

    kelebihan:
    1. pada hari kedua, guru menjelaskan perkalian dengan menggunakan sistem penjumlahan berulang
    2. siswa diajak untuk menghafal perkalian
    3. pemberian tugas dan latihan secara berkala agar siswa dapat lebih mudah memahami materi perkalian

  10. Nama : Mutiah Amaliah
    NIM : 859895742
    Jurusan : PGSD S1

    Dari vidio pembelajaran yang ada, guru membuka pembelajaran tanpa salam dan menyapa siswa.
    Guru langsung menjelaskan materi yang akan dipelajari pada hari itu. Guru menjelaskan materi tanpa memperhatikan siswa apakah siswa memperhatikan penjelasan guru atau tidak. Guru tidak menuliskan materi di papan tulis, guru hanya memperlihatkan perkalian yang ada pada pajangan kelas dimana hanya dapat dilihat pada jarak yang dekat, sedangkan untuk yg duduk di belakang kemungkinan tidak bisa melihat materi apa yang di tunjuk. Guru tidak menjelaskan bagaimana cara mencari perkalian.
    Guru langsung memberi pertanyaan kepada siswa, padahal siswa belum memahami materi. Guru langsung menugaskan siswa untuk menghafalkan perkalian yang ada di depan.

    Tips untuk mengajar perkalian
    1. Arahkan perhatian siswa, agar fokus dengan materi yang di ajarkan.
    2. Komunikasi dengan siswa sesering mungkin
    3. Siswa diberikan tugas.

    Refleksi guru setelah siswa menghafal perkalian, guru menjelaskan ulang bagaimana cara mencari perkalian dengan benar.

Leave a Reply