silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Muchtar M Noor

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Drs. Tarhadi, M.Si.

1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.

2. Penggunaan media labih optimal.

3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

637 Comments

  1. Nama : Manda Galih Prastiwi
    NIM : 857859622

    Menurut saya setelah melihat vidio tersebut, pada awal pembelajaran siswa-siswi merasa bosan dan asyik dengan dunianya sendiri, karena Ibu guru menerangkan materi tersebut dengan teknik hafalannya tanpa menuliskan caranya dipapan tulis. Sehingga siswa-siswi merasa kesulitan dalam memahami penjelasan Ibu guru. Sebaiknya Ibu guru dalam menjelaskan menggunakan teknik tanya jawab, agar siswa-siswi ikut aktif dan memperhatikan penjelasan Ibu guru.

  2. Nama :Nur Endah Permata Sari
    Nim: 857374033
    UPBJJ: Bogor
    Pokjar: Bogor Selatan
    Jurusan : BI PGSD

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Izin memberikan pendapat mengenai video pembelajaran ini,

    Menurut saya mulai dari kegiatan awal guru dalam video tersebut tidak memberikan apersepsi dan tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran perkalian serta apa manfaatnya mempelajari hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini membuat siswa sejak awal kurang tertarik pada materi yang akan disampaikan oleh guru tersebut.

    Kemudian pada proses pembelajaran guru sudah baik menggunakan media tabel.perkalian kepada siswa, namun dalam penyampaian guru tersebut belum menjelaskan konsep dari cara menghitung perkalian dan contoh konkret supaya murid bisa lebih memahami proses menghitung hasil perkalian. Dalam video guru juga belum memperhatikan kesiapan anak dalam menerima pembelajaran sehingga banyak anak yang tidak fokus dalam kegiatan belajar tersebut.

    Untuk mengatasi hal tersebut guru dapat memberi ice breaking yang menarik dan melatih fokus anak, menggunakan media pembelajaran seperti video, gambar, atau benda nyata seperti perkalian menggunakan permen atau benda lainnya yang sering ada dalam kehidupan sehari-hari,

    Demikian pendapat yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang baik.

    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  3. Nama: Nur Endah Permata Sari
    NIM: 857374033
    UPBJJ: Bogor
    Pokjar: Bogor Selatan
    Jurusan : BI PGSD

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Izin memberikan pendapat mengenai video pembelajaran ini,

    Menurut saya mulai dari kegiatan awal guru dalam video tersebut tidak memberikan apersepsi dan tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran perkalian serta apa manfaatnya mempelajari hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini membuat siswa sejak awal kurang tertarik pada materi yang akan disampaikan oleh guru tersebut.

    Kemudian pada proses pembelajaran guru sudah baik menggunakan media tabel.perkalian kepada siswa, namun dalam penyampaian guru tersebut belum menjelaskan konsep dari cara menghitung perkalian dan contoh konkret supaya murid bisa lebih memahami proses menghitung hasil perkalian. Dalam video guru juga belum memperhatikan kesiapan anak dalam menerima pembelajaran sehingga banyak anak yang tidak fokus dalam kegiatan belajar tersebut.

    Untuk mengatasi hal tersebut guru dapat memberi ice breaking yang menarik dan melatih fokus anak, menggunakan media pembelajaran seperti video, gambar, atau benda nyata seperti perkalian menggunakan permen atau benda lainnya yang sering ada dalam kehidupan sehari-hari,

    Demikian pendapat yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang baik.

    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  4. Nama: Indah Purnama Sari
    NIM: 859804989
    UPBJJ: UT- Palembang

    Assalamualaikum wr wb.
    Izin menanggapi video “Kurang Mengetahui Perkalian Dasar”.
    Berdasarkan video tersebut guru sudah menampilkan chart atau tabel perkalian tetapi tabel perkalian tersebut terlalu kecil sehingga siswa tidak dapat membaca dengan jelas. Pada saat menjelaskan perkalian pun siswa tidak mengerti yang dijelaskan, tidak termotivasi atau pun tidak antusias memperhatikan apa yg di jelaskan guru (terlihat bosan). Pada saat guru mengajukan pertanyaan berapa hasil perkalian kepada siswa tidak ada yang bisa menjawab. ketika guru menjelaskan lagi cara menghitung perkalian dengan antusias siswa terlihat mulai termotivasi. Terbukti pada saat guru mengajukan pertanyan kembali siswa sudah dapat menjawab hasil perkalian, dan beberapa siswa sudah berani mengajungkan tangan untuk menjawab perkalian.
    Dari video tersebut sebagai seorang guru upaya yang bisa kita lakukan adalah memotivasi siswa bahwa menghafal perkalian sangatlah penting untuk digunakan dalam kegiatan kita sehari-hari, guru haruslah sering memberi latihan dan PR agar siswa lebih mudah menguasai perkalian dan tidak dipungkiri siswa akan menyukai perkalian. dan jangan segan untuk memberikan sanksi kepada siswa jika tidak membuat tugas perkalian sehingga mereka akan selalu mengerjakan tugasnya. Seorang guru harus terus berkreasi dan inovatif dalam mengajar agar siswa tetap semangat belajar.

    Terimakasih.
    Wassalamu’alaikum wr. wb.

  5. Nama :Nopi intarti
    NIM : 858096178
    UPBJJ : Pontianak/ Kalbar
    Pokjar : Kubu Raya
    Asalamualaikum Wr.Wb
    izin memberikan pendapat menggenai video kurang mengetahui perkalian ini.
    Kekurangan : dalam video ini yang saya lihat siswa siswi nya kurang memperhatiakan gurunya dalam mengajarkan perkalian, dan gurunya kurang menguasai cara mengajar yang lebih menarik perhatian siswa siswinya dan guru kurang mengetahui konsep matematika dasar yang penting untuk di ajarkan kepada siswanya, guru kurang kreatif dalam menyajikan materi.

    Kelebihan: dari video ini adalah guru sabar dalam mengajarkan matematika dengan materi perkalian ini walaupun siswa siswinya sibuk sendiri ketika guru menjelaskan di depan, guru menggulang materi yang belum di pahami oleh siswa dan guru mencoba untuk memberikan latihan soal agar menarik perhatian siswanya
    saran : Sebaiknya sebelum guru melakukan pembelajaran lihat siswanya apakah sudah siap untuk belajar
    dan guru harus kreatif dalam menyajikan materi agar bisa menarik perhatian siswa siswinya,dan guru menggulang kembali materi materi yang siswa belum pahami dan guru harus memberikan materi yang lebih menarik agar siswa lebih menyukai pelajara matematika.
    waalaikumsalam wr.wb

  6. Assalamualaikum … izin berkomentar, Saya Dinda mahasiswa PGSD 2023. Terkait dari video di atas, nampak di awal anak – anak asik sendiri. Namun ketika metode tanya jawab lebih diseringkan dan lebih memperhatikan, anak – anak semangat dalam belajar.

  7. Nama : Siti Melisah
    NIM : 857375723
    Pokjar : Bogor Selatan
    Berdasarkan video yang saya amati, bahwa guru tidak melakukan pendahuluan (pra pembelajaran) seperti berdo’a, menyapa siswa, mengecek kehadiran dan melalukan ice breaking. Ketika siswa masih belum fokus guru bisa melakukan ice breaking yang bertujuan untuk mencairkan suasana kelas lebih kondusif, siswa menjadi lebih bersemangat dan bisa lebih fokus.
    Saat awal pembelajaran siswa belum fokus, guru tidak menjelaskan secara detail tentang perkalian, sehingga siswa tidak paham.

    Kelebihan : alat peraga yang dilakukan guru sudah bagus, guru tetap sabar saat pembelajaran berlangsung, Setelah itu guru menjelaskan kembali secara jelas dengan penuh semangat sampai akhirnya siswa paham tentang perkalian.

    Saran: guru bisa melakukan kegiatan pra pembelaran sampai siswa bisa fokus terlebih dahalu. Melibatkan siswa langsung seperti mengajak siswa kedepan mengisi soal perkalian di papan tulis.

  8. Berdasarkan video pembelajaran di atas mohon ijin untuk berkomentar, video di atas di awal-awal pembelajaran tidak adanya kegiatan pendahuluan, peserta didik langsung diajak masuk untuk menerima materi perkalian. diawal pembelajaran banyak siswa yang kurang fokus ketika guru sedang menjelaskan konsep perkalian dengan menunjuk tabel perkalian. Hal ini terlihat pembelajaran kurang begitu menarik atau menyenangkan bagi siswa. alangkah baiknya guru bisa menggunakan alat peraga sederhana dengan memakai lidi atau batu- batu kecil dalam menerapkan konsep perkalian kepada siswa. sehingga pembelajaran tidak membosankan bagi siswa. atau guru bisa menuliskan konsep perkalian dipapan tulis selain hanya menunjuk tabel perkalian. Kegiatan menulis dipapan tulis konsep perkalian baru dilakukan ditengah-tengah kegiatan. tetapi ada baiknya ketika sesi tanya jawab antusias belajar siswa mulai muncul dan untuk menambah pemahaman dan penguatan siswa terhadap perkalian guru sudah benar dengan memberikan tugas/PR sebagai latihan siswa untuk dikerjakan di rumah.

  9. Nama : ADI SOETRISNO
    NIM : 858529665
    UPBJJ : Semarang

    Berdasarkan vidio tersebut pada awal mulai pembelajaran guru kurang memberikan motivasi terhadap siswa dan guru kurang mengusai kelas sehingga banyak siswa terlihat lemas, ngantuk bahkan ada yang bercanda. Pada awal sebelum masuk pembelajaran lebih baik guru mengecek absensi siswa dilanjutkan do’a kemudian lakukan kegiatan ice breaking hal ini bertujuan untuk memotivasi dan mencairkan suasana kelas agar lebih kondusif dan anak menjadi semangat untuk mengikuti pelajaran. Untuk matematika perkalian dasar pada awal vidio guru tidak menjelaskan secara detail tentang cara pengerjaannya perkalian tersebut walaupun guru sdh menggunakan chart sebagai alat bantu untuk mempermudah siswa. Setelah guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menghafal disitu guru baru menjelaskan cara/ teknik pengerjaan perkalian dan siswa mulai memahami materi yang telah guru berikan dan ditambah tugas-tugas dan latihan soal yang bisa dikerjakan dirumah dengan sesering mungkin itu lebih baik yang bertujuan untuk mengasah siswa untuk menghafal tentang perkalian.

    saran :
    selain guru menggunakan chart sebagai alat bantu menghafal perkalian guru bisa juga menggunakan lidi atau sempoa agar anak lebih mudah memahami perkalian dasar dan jika anak kurang semangat bisa lakukan kegiatan ice breaking agar anak lebih fokus mengikuti pembelajaran.

  10. Nama : ADI SOETRISNO
    NIM : 858529665
    UPBJJ : Semarang

    Berdasarkan vidio tersebut pada awal mulai pembelajaran guru kurang memberikan motivasi terhadap siswa dan guru kurang mengusai kelas sehingga banyak siswa terlihat lemas, ngantuk bahkan ada yang bercanda. Pada awal sebelum masuk pembelajaran lebih baik guru mengecek absensi siswa dan dilanjutkan do’a kemudian lakukan kegiatan ice breaking hal ini bertujuan untuk memotivasi dan mencairkan suasana kelas agar lebih kondusif dan anak menjadi semangat untuk mengikuti pelajaran. Untuk matematika perkalian dasar pada awal vidio guru tidak menjelaskan secara detail tentang cara pengerjaannya perkalian tersebut walaupun guru sudah menggunakan chart sebagai alat bantu untuk mempermudah siswa. Setelah guru memberi kesempatan siswa untuk menghafal disitu guru baru menjelaskan cara/ teknikm pengerjaan perkalian dan siswa mulai memahami materi yang telah guru berikan dan ditambah tugas latihan soal sesering mungkin yang bisa dikerjakan dirumah dengan tujuan untuk mengasah siswa untuk menghafal tentang perkalian.

    Saran :
    Selain guru menggunakan chart sebagai alat pendukung pembelajaran guru bisa juga menggunakan sempoa atau lidi agar anak lebih mudah memahami perkalian dasar dan jika anak kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran guru bisa lakukan kegiatan ice breaking agar anak lebih fokus dalam mengikuti materi yang diberikan guru.

Leave a Reply