silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Muchtar M Noor
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Drs. Tarhadi, M.Si.
1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
2. Penggunaan media labih optimal.
3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
Menurut saya dalam video proses pembelajaran tersebut, terlihat pada
pembelajaran perkalian siswa tidak fokus seperti ribut dan melamun atau
tertidur. Reaksi siswa ini melihatkan bahawa mereka tidak siap dalam
pembelajaran karena proses penjelasan materi tidak menarik dan guru tidak
memfokuskan pembelajaran. Dan terlihat juga pada video awal siswa tidak
mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru seputar materi perkalian,
sehingga dalam video guru seakan melakukan percakapan sendiri, dan tidak
mendapatkan feedback dari siswa di dalam kelas. Dan terdapat siswa yang
bosan, hal ini terlihat ada siswa yang sibuk memainkan pensil dan buku
tanpa mendengarkan dan memperhatikan guru yang menjelaskan.Guru mampu melakukan review materi / mengulang materi kembali
dengan baik dimana siswa dengan paham mengerti materi yang
diberikan.
Guru tersebut mampu melakukan interaksi pembelajaran yang
berlangusng dengan antusias sehingga mendapatkan feedback dari
siswanya.
Nama : Ayu Andira
Nim : 856573323
setelah saya menganalisis video diatas saya menemukan banyaknya murid yaang kurang memperhatikan dan asyik bermain, penggunaan media yang terlalu kecil dan sangat jauh sehingga murid kurang terlihat apa yang ada di papan tulis.
Nama : Hafizah Izzati
Nim: 858070974
Pada pembelajaran tersebut seorang guru sedang mengajar perkalian dasar matematika menggunakan papan tulis. Pada proses pembelajaran tersebut ternyata siswa kurang konsentrasi pada pembelajaran yang dijelaskan hal ini mengakibatkan siswa kurang mampu menangkap pelajaran tersebut, usaha yang dapat dilakukan guru yaitu mampu membuat pelajaran lebih menarik sehingga siswa suka dan asik dalam mengerjakannya, guru dapat menggunakan konsep yang sederhana sehingga dapat memungkinkan siswa lebih paham tentang perkalian yang disampaikan misalnya memanfaatkan benda yang ada disekitar seperti menggunakan buah agar suasana tidak terlalu bosan. Jika siswa sudah lebih paham maka guru dapat menggunakan konsep yang lebih tinggi dan guru dapat menggunakan bahasa yang mudah di pahami.
NAMA : TIRAI
NIM : 856744323
SEMESTER : 8
POKJAR : GELUMBANG
UPBJJ-UT : PALEMBANG
Setelah saya menonton video pbepjaran tersebut , siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran matematika. Terlihat dalam video siswa tersebut ada yang ribut, tertawa, tidur, dan asik dengan diri sendiri. Hal itu di karnakan di awal video tersebut guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menyapa keadaan siswa kemudian tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran perkalian dan guru langsung ke inti pembelajaran. Hal ini membuat siswa sejak awal kurang tertarik pada materi yang akan disampaikan oleh guru. Dan pada saat proses pembelajaran siswa sedikit gaduh karena siswa tidak tertarik dengan pembelajaran yang disampaikan oleh guru, Karena guru tersebut tidak menggunakan media pembelajaran yang kreatif sehingga tidak mampu menarik perhatian siswa. Pasiswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran matematika. Terlihat dalam video siswa tersebut ada yang ribut, tertawa, tidur, dan asik dengan diri sendiri. Hal itu di karnakan di awal video tersebut guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menyapa keadaan siswa kemudian tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran perkalian dan guru langsung ke inti pembelajaran. Pada proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah terhadap siswa dengan baik, namun sesok orang memperhatikan dan kelas sedikit gaduh serta kurangnya ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran Karena guru tidak menggunakan media yang kreatif.
NAMA : TIRAI
NIM : 856744323
SEMESTER : 8
POKJAR : GELUMBANG
UPBJJ-UT : PALEMBANG
Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut , siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran matematika. Terlihat dalam video siswa tersebut ada yang ribut, tertawa, tidur, dan asik dengan diri sendiri. Hal itu di karnakan di awal video tersebut guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menyapa keadaan siswa kemudian tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran perkalian dan guru langsung ke inti pembelajaran. Hal ini membuat siswa sejak awal kurang tertarik pada materi yang akan disampaikan oleh guru. Dan pada saat proses pembelajaran siswa sedikit gaduh karena siswa tidak tertarik dengan pembelajaran yang disampaikan oleh guru, Karena guru tersebut tidak menggunakan media pembelajaran yang kreatif sehingga tidak mampu menarik perhatian siswa. Pasiswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran matematika. Terlihat dalam video siswa tersebut ada yang ribut, tertawa, tidur, dan asik dengan diri sendiri. Hal itu di karnakan di awal video tersebut guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menyapa keadaan siswa kemudian tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran perkalian dan guru langsung ke inti pembelajaran. Pada proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah terhadap siswa dengan baik, namun sesok orang memperhatikan dan kelas sedikit gaduh serta kurangnya ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran Karena guru tidak menggunakan media yang kreatif.
NAMA : TIRAI
NIM : 856744323
SEMESTER : 8
POKJAR : GELUMBANG
UPBJJ-UT : PALEMBANG
Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut , siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran matematika. Terlihat dalam video siswa tersebut ada yang ribut, tertawa, tidur, dan asik dengan diri sendiri. Hal itu di karnakan di awal video tersebut guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menyapa keadaan siswa kemudian tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran perkalian dan guru langsung ke inti pembelajaran. Hal ini membuat siswa sejak awal kurang tertarik pada materi yang akan disampaikan oleh guru. Dan pada saat proses pembelajaran siswa sedikit gaduh karena siswa tidak tertarik dengan pembelajaran yang disampaikan oleh guru, Karena guru tersebut tidak menggunakan media pembelajaran yang kreatif sehingga tidak mampu menarik perhatian siswa. Pasiswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran matematika. Terlihat dalam video siswa tersebut ada yang ribut, tertawa, tidur, dan asik dengan diri sendiri. Hal itu di karnakan di awal video tersebut guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menyapa keadaan siswa kemudian tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran perkalian dan guru langsung ke inti pembelajaran. Pada proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah terhadap siswa dengan baik, namun sesok orang memperhatikan dan kelas sedikit gaduh serta kurangnya ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran Karena guru tidak menggunakan media yang kreatif.
NAMA : TIRAI
NIM : 856744323
SEMESTER : 8
POKJAR : GELUMBANG
UPBJJ-UT : PALEMBANG
Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut , siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran matematika. Terlihat dalam video siswa tersebut ada yang ribut, tertawa, tidur, dan asik dengan diri sendiri. Hal itu di karnakan di awal video tersebut guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menyapa keadaan siswa kemudian tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran perkalian dan guru langsung ke inti pembelajaran. Hal ini membuat siswa sejak awal kurang tertarik pada materi yang akan disampaikan oleh guru. Dan pada saat proses pembelajaran siswa sedikit gaduh karena siswa tidak tertarik dengan pembelajaran yang disampaikan oleh guru, Karena guru tersebut tidak menggunakan media pembelajaran yang kreatif sehingga tidak mampu menarik perhatian siswa. Pasiswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran matematika. Terlihat dalam video siswa tersebut ada yang ribut, tertawa, tidur, dan asik dengan diri sendiri. Hal itu di karnakan di awal video tersebut guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menyapa keadaan siswa kemudian tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran perkalian dan guru langsung ke inti pembelajaran. Pada proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah terhadap siswa dengan baik, namun siswa tidak memperhatikan dan kelas sedikit gaduh serta kurangnya ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran Karena guru tidak menggunakan media yang kreatif.
NAMA : Try Anggun Lestari
NIM : 856038188
SEMESTER : 8
UPBJJ : MEDAN
Menurut saya, video pembelajaran di atas masih ada beberapa kekurangan, seperti: Pada awal mulai pembelajaran, guru tidak melakukan pendahuluan atau apersepsi sebagai kegiatan pembuka. Dan pada saat pembelajaran berlangsung dapat dilihat bahwa murid tidak fokus mendengarkan penjelasan guru di depan kelas, murid seperti tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Untuk menutup pembelajaran, guru juga tidak melakukan penguatan ataupun melakukan refleksi sebagai kegiatan penutup.
Dalam melakukan pembelajaran, sebaiknya guru perlu menggunakan media pembelajaran untuk menciptakan suasana yang menarik dan menyenangkan.
nama : nurjanah
nim : 85653093
di dalam video pada saat guru menjelaskan tentang perkalian tampak anak bingung dengan penjelasan guru karena guru menjelaskan terlalu singkat sehingga anak tidak mudah memahaminya
Nama : Lasma panjaitan
Nim : 877527126
Setelah menonton video pembelajaran tentang perkalian, siswa kurang aktif dalam belajar sehingga proses belajar mengajar tidak baik, dan atau tidak ada ketertiban kelas. Setiap siswa ada yang ribut, tertidur, atau melamun.
Menurut saya sebelum memulai proses belajar mengajar guru dapat mengawalinya dengan ice breaking dulu agar siswa lebih semangat lagi dan bangkit dari rasa malas, guru juga dapat menyampaikan tujuan pembelajaran pada saat pembelajaran. Dalam awal video pembelajaran guru langsung masuk ke materi sehingga membuat para peserta didik bosan dan tidak nyaman dalam kondisi belajar. Sebagai guru harus berkreatif dalam mengajar dan harus dapat menguasai perhatian siswa, kelas maupun menguasai materi. Sehingga guru dapat menyelesaikan proses pembelajaran lebih baik lagi untuk para siswa.