silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Muchtar M Noor
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Drs. Tarhadi, M.Si.
1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
2. Penggunaan media labih optimal.
3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
Nama : Varissa Hikmatillah
NIM : 878251987
Semester : 6
Tanggapan saya mengenai video pembelajaran yang berjudul “Kurang Mengetahui Perkalian Dasar” tersebut adalah siswa/i kurang memperhatikan guru,lebih asik sendiri seperti mengobrol dengan teman sebangkunya, tertawa, ataupun tidur-tiduran. Hal ini dikarenakan dalam penyampaian yang disampaikan oleh guru kurang menarik perhatian,sehingga siswa/i tersebut tidak fokus dalam hal pembelajaran terutama matematika ini.
Kemudian kurangnya media pembelajaran yang kreatif mempengaruhi dalam proses pembelajaran. untuk itu dalam melakukan pembelajaran,ada baiknya guru lebih kreatif agar siswa/i dapat menarik perhatian seperti lebih minat belajar dan dapat termotivasi untuk mengikuti pembelajaran.
Berdasarkan vidio diatas pada pembelajaran matematika, seorang guru sedang mengajar perkalian dasar Matematika menggunakan media papan tulis dan poster pada pembelajaran tersebut bahwa masih ada siswa yang kurang konsentrasi pada pembelajaran yang sedang ibu guru sampaikan sehingga siswa kurang mampu menangkap pelajaran dan usaha yang dapat dilakukan oleh guru tersebut mampu membuat pelajaran itu lebih menarik lagi sehingga siswa asik dan suka dalam mengerjakan, guru dapat menggunakan konsep yang sederhana sehingga dapat memungkinkan siswa lebih paham tentang perkalian yang disampaikan misalnya memanfaatkan benda yang ada disekitar kita bisa juga menggunakan benda-benda yanga adai di kelas(misalnya pensil, pulpen, dan buku), buat suasana tidak terlalu bosan. Jika siswa sudah lebih paham maka selanjutnya guru dapat menggunakan konsep yang lebih tinggi, sebaiknya guru dapat menggunakan bahasa yang mudah dipahami siswa dan seharusnya guru dapat menjelaskan berulang-ulang kali sampai siswa paham dalam pembelajaran tersebut.
Nama : Eppi Delima Lubis
NIM : 855855375
Semester 6
UPBJJ Medan
Menurut saya dari video pembelajaran tersebut terlihat siswa siswa tidak terfokus ada yang tertidur, ada yang ribut sehingga pembelajaran yang dilakukan berjalalan kurang baik.
media yang digunakan oleh guru juga kurang menarik dan terlihat kecil karena begitu jauh dari tempaduduk masing masing
namun guru tersebut sangat sabar dalam membimbing para siswa nya sehingga di waktu yang berikutnya siswa siswa sudah semakin termotivasi dan pembelajaran juga berjalan dengan baik.
Nama : Martines Onjasio Sihombing
NIM : 877522711
Judul Video : Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
Izin menanggapi video diatas, pembelajaran pada tayangan video diatas masih ada kekurangan dimana pada awal pembelajaran kita dapat melihat peserta didik tidak memberikan perhatiannya untuk belajar, mereka tidak fokus dan terlihat seperti malas malasan saat gurunya menjelaskan. Dan pada saat guru menyakan perkalian dasar diawal, peserta didik tidak dapat menjawabnya. Hal ini dapat kita ketahui bahwa peserta didik kurang tertarik dengan pembelajaran tersebut. Dengan menonton tayangan video tersebut kita dapat belajar bahwa pembelajaran dengan cara seperti dalam video kurang efektif untuk digunakan khususnya dalam materi perkalian dasar.
Untuk itu sebagai seorang pendidik, kita harus mampu menciptakan pembelajaran yang lebih efektif, kreatif dan menyenangkan, supaya materi yang kita sampaikan dapat lebih mudah untuk dipahami peserta didik.
Nama : Martines Onjasio Sihombing
NIM : 877522711
Judul Video : ‘Kurang Mengetahui Perkalian Dasar’
Izin menanggapi video diatas, pembelajaran pada tayangan video diatas masih ada kekurangan dimana pada awal pembelajaran kita dapat melihat peserta didik tidak memberikan perhatiannya untuk belajar, mereka tidak fokus dan terlihat seperti malas malasan saat gurunya menjelaskan. Dan pada saat guru menyakan perkalian dasar diawal, peserta didik tidak dapat menjawabnya. Hal ini dapat kita ketahui bahwa peserta didik kurang tertarik dengan pembelajaran tersebut. Dengan menonton tayangan video tersebut kita dapat belajar bahwa pembelajaran dengan cara seperti dalam video kurang efektif untuk digunakan khususnya dalam materi perkalian dasar.
Untuk itu sebagai seorang pendidik, kita harus mampu menciptakan pembelajaran yang lebih efektif, kreatif dan menyenangkan, supaya materi yang kita sampaikan dapat lebih mudah untuk dipahami peserta didik.
Menurut saya, dalam video proses pembelajaran tersebut, siswa kurang fokus atau melamun saat guru menjelaskan di depan. Karena guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menjelaskan tujuan pembelajaran. Hal ini membuat siswa kurang tertarik pada materi yang akan disampaikan guru, dan mengakibatkan siswa kurang mampu menangkap pelajajaran tersebut. Sebaiknya seorang guru lebih kreatif dalam menjelaskan perkalian dasar matematika agar mampu menarik perhatian siswa.
Nama : Eppi Delima Lubis
NIM : 855855375
Semester 6
UPBJJ Medan
Menurut saya dari video pembelajaran tersebut terlihat siswa siswa tidak terfokus ada yang tertidur, ada yang ribut sehingga pembelajaran yang dilakukan berjalalan kurang baik.
media yang digunakan oleh guru juga baik tetapi terlihat kecil karena begitu jauh dari tempat duduk masing masing
namun guru tersebut sangat sabar dalam membimbing para siswa nya sehingga di waktu yang berikutnya siswa siswa sudah semakin termotivasi dan pembelajaran juga berjalan dengan baik.
Nama: Hesty Herawati Amin
Nim: 858071629
Semester: 6
UPBJJ: Pontianak
Menurut saya, dalam video proses pembelajaran tersebut, siswa kurang fokus atau melamun saat guru menjelaskan di depan. Karena guru tidak memberikan apersepsi dan tidak menjelaskan tujuan pembelajaran. Hal ini membuat siswa kurang tertarik pada materi yang akan disampaikan guru, dan mengakibatkan siswa kurang mampu menangkap pelajajaran tersebut. memilih seorang guru yang lebih kreatif dalam menjelaskan perkalian dasar matematika agar mampu menarik perhatian siswa.
Nama: Sarti Evi Elida Aritonang
Nim:855868095
Pokjar: Humbang Hasundutan
Setelah saya menonton video diawal tersebut kekurangan yang saya lihat ialah pada awal pembelajaran guru tidak mengawali dengan menyapa dan bertanya bagaimana keadaan anak didiknya, tidak menjelaskan dulu topik atau tujuan apa yang hendak dicapai didalam pembelajaran ini,
Maka dalam pembelajaran saya melihat anak-anak tidak fokus, kurang semangat, ada yang ribut, gaduh, ada yang tiduran, adaa yang ketawa hal tersebut menunjukkan bahwa anak belum siap untuk belajar. Terlihat juga saat guru bertanya kepada anak didiknya tidak ada respon sama sekali mereka benar-benar tidak mengerti.
Namun pada lanjutan video sudah diberikan tips agar anak didik tertarik belajar matematika yang baik, yaitu arahkan perhatian siswa agar dapat paham bahwa belajar matematika sangat penting, Yang kedua, komunikasikan secara antusias dan dilakukan berulang kali, yang ketiga melakukan latihan dan tes.
Nama : Nunik Rahayu
NIM : 856455258
pOKJAR : kEMUNING
Setelah saya mengamati video pembelajaran tersebut, terdapat kekurangannya dalam penyampaian pembelajaran diantaranya guru terlebih dahulu belum melakukan apersepsi /pendahuluan yaitu salam, berdoa dan motivasi ke anak untuk semangat mengikuti pembelajaran. pada saat pembelajaran berlangsung dapat dilihat siswa tidak fokus mendengarkan penjelasan guru di depan kelas, siswa seperti tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
terlihat guru menyampaikan materi kurang dipahami oleh siswa, sehingga siswa banyak diam mendengar penjelasan tanpa diberi waktu untu sesi bertanya.
Dalam melakukan pembelajaran, sebaiknya guru perlu menggunakan media pembelajaran untuk menciptakan suasana yang menarik dan menyenangkan. serta guru sebaiknya berinovatif dalam menyampaikan materi sehingga menarik minat dan belajar siswa.
Diakhir pembelajaran, guru juga tidak melakukan penguatan ataupun melakukan refleksi sebagai kegiatan penutup.