silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Muchtar M Noor

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Drs. Tarhadi, M.Si.

1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.

2. Penggunaan media labih optimal.

3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

636 Comments

  1. Nama : Nur Kamila
    NIM : 858961222
    Prodi : S1-PGSD
    Semester : 6
    Pokjar : Banyuwangi-Kota
    UPBJJ : UT Jember

    Analisis Video Pembelajaran,

    Kegiatan pembelajaran nampak kurang menarik. Guru hanya menggunakan media papan tulis dan metode ceramah dalam menjelaskan perkalian. Bahkan sebagian siswa nampak tidak semangat dan kurang memperhatikan guru.

    Saran saya sebagai pendidik. Guru sebaiknya menyiapkan media yang lebih menarik untuk diberikan kepada siswa. Sebab media yang menarik akan membuat siswa lebih antusias dalam menerima pelajaran. Khususnya pada pelajaran matematika yang butuh perhatian dan fokus lebih.

    Media pembelajaran yang digunakan dapat berupa barang yang mudah ditemui seperti korek api atau potongan lidi.

  2. Nama : iman Bakti Pane
    Nim : 835674061
    Pokjar : Kandis
    setelah saya simak vidio ini saya menyimpulkan guru tersebut masih monoton dan langsung ke inti tanpa melakukan permulaan dan perkenalan tujuan pembelajaran,sehingga membuat anak anak menjadi bosan dan tidak semangat. sebagai solusi,guru tersebur seharus nya melakukan pendekatan,perkenalan dan memperkenalkan perkalian dgn cara nyanyian. lalu beri tugas anak anak untuk menulis dulu perkalian yg kecil dulu seperti 1×1 sampai 5×5 sambil menghapal.

  3. Nama: jihan agung setiawan
    Nim: 855736205
    Upbjj: bandar lampung
    Assalamualaikum wr.wb.
    Setelah melihat video tersebut,terlihat seorang guru itu terlalu terburu buru dalam melakukan proses pembelajaran,harusnya diajarkan perkalian dengan nominal angka kecil itu secara berulang ulang terlebih dahulu sampai mereka itu setidaknya 80 persen sudah mengerti tentang perkalian,perkalian itu kan penjumlahan yang berulang.kurang lebihnya seperti itu,terimakasih

  4. Nama : SABAR
    NIM : 857706713
    Judul : kurang mengetahui perkalian dasar
    Identifikasi masalah : siswa kurang berminat mengikuti pembelajaran
    Pada video pembelajaran tersebut terlihat siswa kurang berminat mengikuti pembelajaran, hal itu bisa disebabkan ? jadwal pelajaran matematika di jam siang, pemanfaatan media kurang maksimal. Menurut saya tanggapan atas permasalahan tersebut ialah :
    1. jadwal pelajaran matematika di awal jam pelajaran
    2. pemanfaatan media (video, gambar menarik)
    3. melibatkan siswa dalam pembelajaran (pengenalan/pengaitan materi melalui permaianan)

  5. Nama : Lusi Efitasari
    NIM : 858909744

    Saya melihat video diatas, mengenai mata pelajaran tentang topik ” Mengenal perkalian dasar “. Anak tersebut kurang fokus saat guru menjelaskan. Sebagian anak ada yang bicara sendiri jadi, terlihat gaduh di dalam kelas. Guru kurang apresiasi terhadap siswa sehingga terlihat tidak bersemangat belajar. Metode yang digunakan kurang jelas sehingga siswa merasa bosan.
    Seharusnya guru saat menjelaskan sebaiknya apresiasi terlebih dahuru, agar siswa tersebut bersemangat dan fokus belajar. Metode yang digunakan dengan tepat dapat memudahkan siswa memahami materi tersebut. Guru bisa membagikan kertas perkalian dasar kepada siswa per individu ataupun per kelompok.

  6. Nama: Dwi Rahayu Ningsih
    NIM. 856640377
    Pokjar: Kota Jambi

    Menurut saya, awalnya siswa tidak paham tentang perkalian yang di telah di jelaskan dan kebingungan untuk menjawab pertanyaan dari guru. Dengan penjelasan cara perkalian yang di tambah siswa mudah memahaminya sehingga siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Kelemahan yang tampak pada video yakni Guru tidak menggunakan media yang menarik dalam menjelaskan perkalian dan Guru tidak memberikan contoh yang mudah kepada siwa. Setelah mengetahui kelemahan, guru membuat contoh soal dan latihan untuk pekerjaan rumah, sehingga siswa mau belajar dan akan mudah memahami tentang perkalian

  7. Nama: Dwi Rahayu Ningsih
    NIM. 856640377
    Pokjar: Kota Jambi

    Menurut saya, diawal pembelajaran siswa tidak paham tentang perkalian yang di telah di jelaskan dan kebingungan untuk menjawab pertanyaan dari guru. Dengan penjelasan cara perkalian yang di tambah siswa mudah memahaminya sehingga siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Kelemahan guru diawal adalah guru tidak menggunakan media yang menarik dalam menjelaskan perkalian, dan guru tidak memberikan contoh yang mudah kepada siwa. Kelebihan guru setelah menegtahui kelemahan yakni guru membuat contoh soal dan latihan untuk pekerjaan rumah, sehingga siswa mau belajar dan akan mudah memahami tentang perkalian.

  8. Nama : Yuli Ayunda
    Nim : 855856789

    Dalam vidio tentang “kurang memahi perkalian dasar” tampaknya peserta didik tidak tertarik dengan pembelajaran yang diajarkan oleh guru.Peserta didik tidak bersemangat dengan penjelasan memahami perkalian yang diajarkan guru.Sebaiknya guru harus menggunakan media atau alat peraga supaya dapat menarik perhatian dan minat siswa untuk belajar.Jadi pembelajaran akan menjadi lebih bermakna.

  9. Nama : Galuh Senja Lestari
    Nim : 856977838
    setelah saya melihat dan menyimak video “kurang mengetahui perkalian dasar” banyak anak yang tidak memperhatikan guru didepan karena anak mungkin sudah bosan atau penyampaian materi pembelajaran yang disampaikan sangat monoton dan menggunkan metode ceramah saja. penjelasan materi kepada siswa sangat cepat kita sebagai guru harus tau dulu kondisi anak siap atau tidak untuk belajar. jika pada pelajaran mtk ( perkalian ) anak sudah terlihat malas tidak semangat kita sebagai guru berfikir bagaimana menumbuhkan semangat anak terlebih dahulu baru memulai belajar dan jangan mengggunakan metode ceramah, tetapi gunakan media pembelajaran berupa kayu kecil/ranting/lidi atau baru krikil untuk anak berhitung.

  10. Nama : Yuli Ayunda
    Nim : 855856789

    Peserta didik tampak tidak mengerti dan tidak tertarik oleh apa yang diterangkan oleh guru.Dikarenakan tulisan guru yang kurang jelas dan cara mengajarnya yang kurang menarik.Untuk menarik minat peserta didik dan supaya peserta didik mengerti guru harus menarik perhatian peserta didik dan memberi tahu mereka bahwa perkalian itu menyenangkan dan juga cara mengajarnya harus dengan suara yang lantang dan jelas.

Leave a Reply