silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Muchtar M Noor
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Drs. Tarhadi, M.Si.
1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
2. Penggunaan media labih optimal.
3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
Nama : Surya Dani Hasibuan
Nim : 878253586
Hasil pengamatan saya terhadap video pembelajaran tersebut adalah
Kelebihannya adalah
1. Guru dalam proses pembelajaran sudah menggunakan media pembelajaran
2. Guru memberikan tugas menghafal perkalian 1-10
Kekurangannya adalah
1. Masalah yang ditemukan
Pada kegiatan memahami operasi hitung perkalian, beberapa anak tidak bisa menjawab soal perkalian yang diberikan oleh guru tersebut.
2. Penyebab permasalahan nya
Pada proses pembelajaran berlangsung siswa kurang fokus dan konsentrasi terhadap penjelasan guru. Media yang digunakan kurang bervariasi sehingga siswa merasa bosan
3. Solusinya adalah
Guru menjelaskan cara berhitung dengan cara berkomunikasi secara rutin kepada siswa dan terus memberikan soal soal latihan
Nama : Windu Dwi Pangestu
NIM : 859656503
Menurut saya, kualitas penyampaian materi sudah cukup memadai. Akan tetapi, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, sebaiknya guru memulai pelajaran dengan memberikan contoh-contoh konkret tentang bagaimana perkalian digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pemberian kuis di akhir pembelajaran dapat dilengkapi dengan umpan balik positif dan kata-kata motivasi yang disesuaikan dengan capaian masing-masing siswa.
NAMA : WINDU DWI PANGESTU
NIM : 859656503
PRODI : PGSD
LINK VIDEO :https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/02/17/kurang-mengetahui-perkalian-dasar-2/comment-page-59/#comments
Menurut saya, kualitas penyampaian materi sudah cukup memadai. Akan tetapi, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, sebaiknya guru memulai pelajaran dengan memberikan contoh-contoh konkret tentang bagaimana perkalian digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pemberian kuis di akhir pembelajaran dapat dilengkapi dengan umpan balik positif dan kata-kata motivasi yang disesuaikan dengan capaian masing-masing siswa.
Nama: Wardana Damar Panuluh
NIM: 858012356
UPBJJ: Yogyakarta
Dalam video tersebut menurut pengamatan saya, tidak menggunakan media yang konkret sehingga peserta didik belum memahami konsep perkalian dengan benar, kemudian peserta didik terlihat seperti lesu dan tidak memiliki semangat untuk belajar. Seharusnya guru menggunakan media yang menarik dan inovatif sehingga minat belajar peserta didik menjadi meningkat dan konsep perkalian akan lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Penekanan terhadap metode kurang menggali pengetahuan siswa, bisa ditambahkan tanya jawab, diskusi, pertanyaan pemantik, dan lain-lain.
Menurut saya penyampaian guru terhadap pembelajaran perkalian, sudah bagus, dan guru memberikan pemahaman atau cara menghafal perkalian dengan fokus.
Tetapi ada kesalahan yang di lakukan guru:
– Guru langsung menjelaskan materi tanpa melakukan keterampilan membuka pembelajaran.
– Guru tidak memastikan kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
– Guru juga tidak ada memberikan memotivasi kepada dalam mengikuti pembelajaran
– Guru hanya menggunakan metode ceramah.
-Guru menjelaskan materi terburu-buru sehingga siswa tidak fokus dan asik sendiri.
Ada nya ketidak kondusiffan dalam pembelajaran.
Menurut saya, penyampaian guru terhadap pekalian sudah bagus, guru menjelaskan/ memberikan pemahaman sampai bener ” paham siswa tersebut
Adapun kesalahan nya:
-Guru langsung menjelaskan materi tanpa melakukan keterampilan membuka pembelajaran.
-Guru tidak memastikan kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
-Guru juga tidak ada memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran.
-Guru hanya menggunakan 1metode ceramah.
-Tidak adanya pemusatan untuk menarik perhatian siswa.
-Guru menjelaskan materi terburu-buru sehingga siswa tidak fokus dan asik sendiri.
Adanya ketindak kondusifan dalam pembelajaran.
NIM : 857218735
Berdasarkan dari video yang saya lihat diatas.
– Beberapa siswa terlihat tidak bersemangat memulai pelajaran
– Beberapa siswa di belakang mengobrol dengan teman sebangkunya
– Guru langsung memulai pelajaran tanpa didahului ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa
– Media yang disajikan kurang menarik
Sebaiknya, sebelum memulai pembelajaran guru membangkitkan semangat siswa dahulu serta ajarkan perkalian dari konsep yang paling mudah agar dipahami siswa. Media ajar yang menarik juga membantu proses pembelajaran bermakna untuk siswa
Nama : Regita Cahyani
NIM : 859794641
Prodi : PGSD S1
UPBJJ : Muara Enim
Menurut pendapat saya bedasarkan pengamatan saya pada vidio diatas bahwa aktifitas pembelajaran perkalian dasar siswa kurang memahami apa yang dijelaskan guru. Faktor yang menyebabkan siswa tidak paham bisa karena siswa tidak hafal dan tahu tentang perkalian dasar.
saran saya sebaiknya guru memberikan metode ajar dasar-dasar berhitung dengan menggunakan media misal batu krikil, lidi dan lain sebagainya untuk memancing siswa agar lebih mudah memahami perkalian, karena pada dasarnya siswa harus paham perkalian bukan hanya menghafal.
Kemudian bisa juga dengan mengajak siswa menuliskan perkalian di kertas note warna-warni dan menempelkannya di kelas dan di ruang kamar agar siswa bisa melihat setiap saat hingga hapal dengan cepat.Jika siswa monoton hanya menghapal dengan cara membaca mungkin itu sangat sulit.
Jadi kesimpulannya belajar dengan media dan lingkungan sekitar sangat berpengaruh dengan minat belajar anak.Untuk itu kita sebagai guru harus mampu membaca situasi dan kondisi untuk membuat pembelajaran menjadi semenarik mungkin sehingga siswa semangat untuk belajar.
Terimakasih.
Nama : Regita Cahyani
NIM : 859794641
Prodi : PGSD S1
Dari hasil pengamatan saya pada video pembelajaran dengan judul “Kurang mengetahui perkalian dasar” pada link berikut https://drive.google.com/file/d/1XASKeilBbh31DXkxstq0XDqFqKQARM9u/view?t=23
aktifitas pembelajaran perkalian dasar siswa kurang memahami apa yang dijelaskan guru. Faktor yang menyebabkan siswa tidak paham bisa karena siswa tidak hafal dan tahu tentang perkalian dasar.
saran saya sebaiknya guru memberikan metode ajar dasar-dasar berhitung dengan menggunakan media misal batu krikil, lidi dan lain sebagainya untuk memancing siswa agar lebih mudah memahami perkalian, karena pada dasarnya siswa harus paham perkalian bukan hanya menghafal.
Kemudian bisa juga dengan mengajak siswa menuliskan perkalian di kertas note warna-warni dan menempelkannya di kelas dan di ruang kamar agar siswa bisa melihat setiap saat hingga hapal dengan cepat.Jika siswa monoton hanya menghapal dengan cara membaca mungkin itu sangat sulit.
Jadi kesimpulannya belajar dengan media dan lingkungan sekitar sangat berpengaruh dengan minat belajar anak.Untuk itu kita sebagai guru harus mampu membaca situasi dan kondisi untuk membuat pembelajaran menjadi semenarik mungkin sehingga siswa semangat untuk belajar.
Terimakasih.
Nama : RANI WIDYASTUTI
NIM : 858549223
Dalam video terlihat anak-anak dari awal sudah tidak tertarik dengan pelajaran tersebut, terlihat banyak anak yang ribut sendiri, tertawa, tiduran dan tidak fokus memperhatikan guru, bahkan tidak merespon guru saat guru memberikan pertanyaan.
Pada video di atas terlihat guru kurang menguasai kelas, guru juga terlalu terburu-buru dan kurang jelas dalam menyampaikan materi , guru tidak menampilkan media yang menarik, guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga anak-anak tidak fokus dan menjadi bosan.
Setelah melihat video tersebut kelebihan nya guru sudah menguasai materi pembelajaran, menggunakan metode menghafal, memberikan reward kepada siswa ketika mampu menjawab soal, serta dapat mengontrol emosi dan tetap sabar dalam menghadapi siswa yang belum memahami materi yang telah disampaikan.
Hal yang menarik dari video di tersebut adalah ketika guru mengubah metode pembelajaran lebih inovatif siswa sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang di jelaskan.
Upaya yang bisa di lakukan untuk memperbaiki nya guru harus lebih aktif dan kreatif lagi dalam menyiapkan metode dan media pembelajaran sebelum proses pembelajaran di mulai, sehingga siswa lebih tertarik dan antusias sejak awal pembelajaran, saat pembelajaran guru juga bisa menyelipkan kegiatan ice breaking.