silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Muchtar M Noor
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Drs. Tarhadi, M.Si.
1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
2. Penggunaan media labih optimal.
3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
Selamat malam, perkenalkan nama saya Wiji Dwi Lestari, NIM 857855514, Prodi PGSD, UPBJJ Ut Surakarta.
Izin menanggapi video di atas.
Dalam video di atas pada awal pembelajaran siswa terlihat tidak bersemangat, terlihat bosan serta tidak memperhatikan guru penjelasan guru. Sehingga pembelajaran terkesan monoton dan kurang interaktif. Tetapi setelah guru melakukan beberapa tips untuk mengajarkan perkalian siswa menjadi lebih bersemangat. Lebih konsentrasi dan mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru.
Adapun beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengajarkan perkalian dengan mudah antara lain :
1. Menarik perhatian siswa agar memperhatikan guru sehingga siswa benar benar paham tentang penjelasan guru.
2. Mengkomunikasikan dan melakukan tanya jawab dengan siswa agar siswa benar benar paham.
3. Memberikan tugas dan latihan latihan kepada siswa
4. Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa sehingga siswa semakin paham.
Demikian analisis saya, mohon koreksi apabila terdapat kesalahan. Terima kasih.
Nama : Eneng Siti Hardianti
Nim : 860035556
Setelah menyaksikan tayangan vidio diatas yang berjudul kurang mengetahui perkalian dasar. Bahwa masalah atau kesulitan yang dihadapi oleh guru tersebut adalah murid murid tidak paham dengan penjelasan guru dan kurang nya motivasi belajar perkalian serta kurang aktifnya murid saat sesi tanya jawab dengan guru. Kemudian cara untuk merubah murid agar memahami penjelasan guru yaitu guru harus antusias pada saat menjelaskannya serta dapat menamkan kepada murid bahwa belajar perkalian itu penting, harus sering melakukan tanya jawab dengan murid. Cara selanjutnya yaitu guru dapat memberikan tugas rumah untuk memantapkan pemahaman murid dan memberikan konsekuensi terhadap murid yang tidak mengerjakan tugas rumahnya.
Nama : Ulin Nuha Meidiyanti
NIM : 877962337
Assalamu’alaikum Wr.Wb Bapak/Ibu Tentor Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) Mohon Ijin menyampaikan pendapat terkait dengan video Seri Pembelajaran SD Mata Pelajaran Matematika dengan topik Kurang Mengetahui Perkalian Dasar. Video diatas menampilkan sebuah proses pembelajaran di dalam kelas dengan mempelajari mata pelajaran Matematika dengan materi perkalian dasar. Video tersebut menggambar bahwa ketika awal proses pembelajaran siswa kurang memperhatikan guru ketika menjelaskan, untuk menarik perhatian siswa dan agar siswa lebih fokus saat proses pembelajaran guru dapat melakukan berbagai cara salah satunya dengan melaksakan ice breaking sebelum proses pembelajaran. selain itu penggunaan media belajar yang menarik juga dapat berpengaruh terhadap fokus dan antusias siswa saat belajar seperti dengan menggunakan PPT atau video pembelajaran yang terkait dengan materi. Saat melakukan penilaian terhadap hasil belajar siswa, guru bisa melakukan proses penilaian dengan menggunakan games sederhana yang berkaitan dengan materi yang diajarkan oleh guru, selain itu guru sering memberikan latihan soal yang berkaitan dengan materi agar siswa terbiasa mengerjakan soal tentang materi tersebut dan siswa juga lebih mudah untuk memahami tentang materi tersebut.
Nama : Rita Rahmawati
Nim : 856087585
Video tersebut perlu perbaikan dalam penyampaian materi pembelajaran. Pertama guru perlu memperbaiki pembuka dalam pembelajaran, didalam video itu guru langsung memulai pelajaran tanpa doa dan salam atau menanyakan kabar siswa. Padahal pembukaan yang baik itu meliputi salam, doa dan menanyakan kabar itu semua sangat penting untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dan positif dan siswa merasa lebih dihargai dan lebih termotivasi dalam belajar.
Selanjutnya penjelasan perkalian kurang konkret dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Guru memberikan contoh soal tetapi kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam proses perhitungan. Guru perlu memberikan banyak contoh konkret yang mudah dipahami siswa dan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu guru juga perlu mengecek pemahaman siswa. Pengecekan pemahaman ini sangat penting untuk memastikan bahwa semua siswa memahami materi sebelum melanjutkan ke materi yang berikutnya.
Nama : Maslina Agustin
NIM : 878192307
Mohon izin memberikan tanggapan pada video pembelajaran diatas. Dalam kegiatan pembelajaran diatasi saya mengamati bahwa alur pembelajaran yang berlangsung terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari awal pembelajaran yang diawali dengan salam doa, guru juga harus memberikan pertanyaan pemantik supaya siswa memiliki gambaran tentang materi yang akan dipelajari . Pada video tersebut penjelasan yang telah disampaikan guru belum jelas. Guru tidak menjelaskan tujuan dalam pembelajarn perkalian dasar yang mana ini penting bagi siswa untuk fase berikutnya. Dalam kegiatan inti pembelajaran terdapat alat peraga berupa gambar perkalian namun guru tidak menjelaskan bagaimana cara menghitung perkalian. Pada umumnya setiap kelas itu siswa memiliki kemampuan yang berbeda. Pengetahuan siswa mengenai perjalian harus dijelaskan dari yang abstrak ke konkret. Guru bisa memakai media seperti kelereng, permen dan lainnya agar siswa lebih memahami. Jadi, penugasan diberikan setelah siswa mengetahui konsep dasar perkalian. Sehingga dapat direfleksikan pada akhir pembelajaran dan penugasan latihan soal. Dalam video pembelajaran tersebut tampak siswa yang kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dan terdapat tips untuk membangun motivasi siswa seperti memusatkan konsentrasi, selalu berkomunikasi dan bertanya tentang pemahaman siswa serta katihan soal untuk menambah pemahaman.
Nama : Maslina Agustin
NIM : 878192307
Menurut saya, dalam video pembelajaran tersebut guru kurang kolaboratif dalam memberikan materi pembelajaran. Guru belum menjelaskan konsep dasar tentang perkalian. kegiatan belajar yang banyak ceramah cenderung membuat siswa bosa. siswa yang dijelaskan dengan metode ceramah kurang mendapat gambaran atau tata cara menyelesaikan cara menghitung perkalian dasar. kegiatan pembelajaran matematika memang membutuhkan banyak sekali demontrasi yang harus dilaksanakan oleh guru. supaya siswa lebih paham pengetahuannya dari yang abstrak ke yang konkret. hal ini juga dapat dibantu dengan media pembel;ajaran seperti kelereng, permen dan bahan lainnya.
Nama: Ihda Salsabila
Nim: 857599114
Semester: 6 (enam)
UPBJJ: Purwokerto
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh salam kenal semuanya, izin menanggapi video dalam GPO ini. Menurut saya program ini menawarkan solusi yang menarik untuk meningkatkan efektivitas pengajaran perkalian dasar dengan menggunakan chart sebagai alternatif dari papan tulis. Dengan chart, siswa dapat lebih mudah memahami konsep perkalian dasar karena chart dapat menyajikan informasi secara lebih visual dan terstruktur. Selain itu, chart juga dapat membantu guru untuk menyajikan materi dengan lebih jelas dan sistematis, sehingga mengurangi kemungkinan kesalahan penulisan yang dapat membingungkan siswa.
Namun, program ini mungkin tidak sepenuhnya efektif jika tidak diimbangi dengan strategi pengajaran yang lebih interaktif dan menarik. Meskipun chart dapat membantu menyajikan materi dengan lebih jelas, namun jika guru tidak dapat memotivasi siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran, maka siswa mungkin masih akan merasa bosan dan tidak konsentrasi. Oleh karena itu, guru perlu memadukan penggunaan chart dengan strategi pengajaran yang lebih interaktif, seperti diskusi kelompok, permainan matematika, atau aktivitas hands-on, untuk meningkatkan keterlibatan siswa.
Tips yang diberikan dalam program ini juga dapat membantu guru untuk meningkatkan efektivitas pengajaran perkalian dasar. Namun, perlu diingat bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, sehingga guru perlu untuk memahami kebutuhan dan kemampuan siswa secara individual. Dengan demikian, guru dapat menyesuaikan strategi pengajaran yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan siswa yang berbeda-beda, sehingga semua siswa dapat memahami konsep perkalian dasar dengan lebih baik.
Sekian tanggapan dari saya, terima kasih🙏🏻
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Nuraeni Mardyah
NIM : 857363632
Menurut saya Awalnya peserta didik umumnya tidak mengerti apa yang di terangkan oleh guru. Namun, setelah guru memberikan perhatian tambahan dan menjelaskan kembali materi siswa menunjukkan pemahaman yang baik. Kurang efektif menggunakan media pembelajarannya dikarenakan chart yang digunakan sebagai media terlalu kecil sebaiknya menggunakan yang lebih besar agar semua peserta didik dapat melihatnya serta sebaiknya guru tersebut dapat menggunakan metode yang lebih interaktif seperti permainan, kuis atau diskusi kelompok.
Nama : Nanda Darmawan Husein
NIM : 858924034
Berdasarkan video diatas, menurut saya kekurangan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran tersebut adalah guru tidak menggunakan media konkret dalam menjelaskan konsep perkalian dasar, contoh media konkret yang bisa digunakan adalah pemen dan batang lidi. Menurut saya guru juga bisa mengaitkan pembelajaran perkalian dengan kehidupan sehari-hari agar siswa dapat pengalaman belajar secara langsung dengan cara memberikan contoh soal cerita yang relevan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.
Nama : Nanda Darmawan Husein
NIM : 858924034
Berdasarkan video diatas, menurut saya kekurangan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran tersebut adalah guru tidak menggunakan media konkret dalam menjelaskan konsep perkalian dasar, contoh media konkret yang bisa digunakan adalah pemen dan batang lidi. Menurut saya guru juga bisa mengaitkan pembelajaran perkalian dengan kehidupan sehari-hari agar siswa dapat pengalaman belajar secara langsung dengan cara memberikan contoh soal cerita yang relevan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik.