silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Muchtar M Noor
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Drs. Tarhadi, M.Si.
1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
2. Penggunaan media labih optimal.
3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
Nama : Etika Auliyasari
NIM : 857501627
Setelah menonton vidio tersebut, pada awal pembelajaran guru sedang menjelaskan perkalian terhadap siswa namun siswa di kelas tersebut tampak kurang antusias terhadap materi yng sedang dijelaskan oleh guru tersebut, kurang nya konsentrasi membuat siswa tidak memahami materi.
Namun setelah guru menjelaskan kembali dengan metode tanya jawab dengan siswa dan lebih di uraikan dalam menjelaskan, siswa mulai memahami apa yang di sampaikan oleh guru tersebut. Pada saat ditanya pun siswa dapat menjawab pertanyaan yng guru lontarkan terhadap siswa.
Nama: Debora Mendrofa
NIM: 857156217
Video ini berhasil menggambarkan permasalahan umum yang sering terjadi dalam pembelajaran matematika dasar, yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep perkalian. Guru dalam video cenderung menggunakan metode ceramah tanpa melibatkan siswa secara aktif, sehingga siswa menjadi kurang tertarik dan mudah kehilangan fokus. Selain papan tulis, tidak ada media pembelajaran lain yang digunakan untuk membantu siswa memahami materi. Sebaiknya, Guru dapat memanfaatkan media visual seperti chart, alat peraga, atau video animasi untuk menjelaskan konsep perkalian dengan lebih menarik, melibatkan siswa dalam proses pembelajaran melalui diskusi, permainan edukatif, atau kerja kelompok dapat meningkatkan pemahaman mereka, dan memberikan perhatian khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan, misalnya dengan memberikan penjelasan tambahan atau latihan soal yang sesuai dengan tingkat pemahaman mereka.
Naman: Edi Mei Berkat Gea
Nim: 859884352
Video tersebut menggambarkan permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran matematika dasar, khususnya terkait kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep perkalian. Dalam video, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah tanpa melibatkan siswa secara aktif, sehingga minat dan konsentrasi siswa menurun. Selain papan tulis, tidak ada penggunaan media pembelajaran lain yang dapat membantu memperjelas materi.
Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, guru disarankan memanfaatkan media visual seperti diagram, alat peraga, atau video animasi agar konsep perkalian dapat disampaikan secara lebih menarik. Selain itu, melibatkan siswa dalam kegiatan diskusi, permainan edukatif, maupun kerja kelompok dapat membantu meningkatkan pemahaman mereka. Guru juga perlu memberikan perhatian khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan dengan memberikan penjelasan tambahan atau latihan yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa tersebut.
Nama: Edi Mei Berkat Gea
NIM: 859884352
Video tersebut menggambarkan permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran matematika dasar, khususnya terkait kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep perkalian. Dalam video, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah tanpa melibatkan siswa secara aktif, sehingga minat dan konsentrasi siswa menurun. Selain papan tulis, tidak ada penggunaan media pembelajaran lain yang dapat membantu memperjelas materi.
Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, guru disarankan memanfaatkan media visual seperti diagram, alat peraga, atau video animasi agar konsep perkalian dapat disampaikan secara lebih menarik. Selain itu, melibatkan siswa dalam kegiatan diskusi, permainan edukatif, maupun kerja kelompok dapat membantu meningkatkan pemahaman mereka. Guru juga perlu memberikan perhatian khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan dengan memberikan penjelasan tambahan atau latihan yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa tersebut.
Nama: Edi Mei Berkat Gea
Nim: 859884352
Video tersebut menggambarkan permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran matematika dasar, khususnya terkait kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep perkalian. Dalam video, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah tanpa melibatkan siswa secara aktif, sehingga minat dan konsentrasi siswa menurun. Selain papan tulis, tidak ada penggunaan media pembelajaran lain yang dapat membantu memperjelas materi.
Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, guru disarankan memanfaatkan media visual seperti diagram, alat peraga, atau video animasi agar konsep perkalian dapat disampaikan secara lebih menarik. Selain itu, melibatkan siswa dalam kegiatan diskusi, permainan edukatif, maupun kerja kelompok dapat membantu meningkatkan pemahaman mereka. Guru juga perlu memberikan perhatian khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan dengan memberikan penjelasan tambahan atau latihan yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa tersebut.
Video tersebut menggambarkan permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran matematika dasar, khususnya terkait kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep perkalian. Dalam video, guru lebih banyak menggunakan metode ceramah tanpa melibatkan siswa secara aktif, sehingga minat dan konsentrasi siswa menurun. Selain papan tulis, tidak ada penggunaan media pembelajaran lain yang dapat membantu memperjelas materi.
Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, guru disarankan memanfaatkan media visual seperti diagram, alat peraga, atau video animasi agar konsep perkalian dapat disampaikan secara lebih menarik. Selain itu, melibatkan siswa dalam kegiatan diskusi, permainan edukatif, maupun kerja kelompok dapat membantu meningkatkan pemahaman mereka. Guru juga perlu memberikan perhatian khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan dengan memberikan penjelasan tambahan atau latihan yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa tersebut.
—