silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Laju reaksi adalah salah satu materi pada pembelajaran kimia yang diajarkan di kelas 11 SMA. Laju reaksi dapat diartikan sebagai perubahan konsentrasi pereaksi (reaktan) atau konsentrasi hasil reaksi (produk) tiap satuan waktu. Ada kalanya suatu reaksi berjalan lambat dan kalanya suatu reaksi berjalan dengan cepat, seperti melarutkan gula atau garam dalam air. Pasti berbeda kecepatan melarutnya dan hal tersebut merupakan gambaran dari laju reaksi. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan laju reaksi, yaitu konsentrasi, luas permukaan tumbukan, katalis atau katalisator dan suhu. Untuk menjelaskan hal tersebut di depan peserta didik, tentunya guru harus tepat memilih model pembelajaran yang akan digunakan pada saat proses kegiatan belajar mengajar di kelas.
Salah satu model yang dapat digunakan guru adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Model ini merupakan model pembelajaran yang menghadapkan peserta didik pada masalah dunia nyata (real world) untuk memulai pembelajaran. Masalah diberikan kepada peserta didik sebelum peserta didik mempelajari konsep atau materi yang berkenaan dengan masalah yang harus dipecahkan. Dengan demikian untuk memecahkan masalah tersebut peserta didik akan mengetahui bahwa mereka membutuhkan pengetahuan baru yang harus dipelajari untuk memecahkan masalah yang diberikan.
Dalam video ini akan dijelaskan tentang bagaimana Pengunaan Model Problem Based Learning pada pembelajaran Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. Dimulai dari video cuplikan peserta didik sedang memperhatikan minuman teh manis hangat dan es teh manis yang mereka pesan di kantin. Pembicaraan mereka yakni tentang gula yang cepat larut dan lambat larut. Hal tersebut menginspirasi guru kimia yang mendengar pembicaraan mereka untuk menjelaskan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Guru kemudian memberikan permasalahan lain dan meminta peserta didik untuk melakukan percobaan di laboratorium dan mengamati hasil percobaan, sehingga di akhir pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat menyajikan hasil percobaan dan menganalisis hasil data yang mereka dapatkan. Selain itu, diharapkan peserta didik dapat memahami apa yang mereka lakukan terkait percobaan di laboratorium dengan kenyataan yang ada di lingkungan sekitar.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai kegiatan pembelajaran dalam tayangan video tersebut?
- Berdasarkan video yang Anda lihat, apakah setiap sytnax dalam pembelajaran Problem Based Learning sudah sudah sesuai dan tepat?
- Apakah penggunaan LKPD pada video tersebut sudah tepat sebagai acuan untuk melaksanakan kegiatan praktikum?
- Menurut Anda, apa kekurangan dan kelebihan skenario pembelajaran yang dilakukan guru dalam video tersebut?
- Apa video tersebut mampu menginspirasi Anda dalam merancang skenario pembelajaran di kelas?
menurut saya kegiatan pembelajaran dalam tayangan tersebut sudah bagus, guru memberikan penjelasan dengan sangat jelas dan memberikan prosedur kerja praktikum dengan terperinci
Nama : Berkat Putra Jaya Lase
NIM : 043874313
-Reaksi siswa terhadap pembelajaran sangat antusias , karena ketertarikan dengan materi yang akan di pelajari sehingga siswa siap menerima materi yang disampaikan guru. Adapun kelemahan dalam proses pembelajaran teaching center walaupun ada pemantik pertanyaan sebelum pembelajaan dimulai. Kelebihan dalam pembelajaran media pembelajaran sangat menarik , guru menguasai materi yang akan diberikan, dan bahasa yang di sampaikan mudah difahami oleh siswa, Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya sehingga adanya forum diskusi .
– Saran kesimpulan dari proses pembelajaran guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi secara kelompok dengan memberikan pertanyaan -pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi , misal menanyangkan video mengenai teori evolusi , kemudian buat pertanyaan setelah video ditayangkan sehingga dengan pertanyaan tersebut siswa akan berpikir kritis dan metode pembelajaran pun tidak teaching center.
Nama : Berkat Putra Jaya Lase
NIM Guru memberikan pembelajaran melalui video gambar visual yang menjelaskan Teori Evolusi melalui Seleksi Alam yang dicetuskan oleh Charles Darwin sehingga dapat menarik perhatian siswa sehingga meningkatkan konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran.
Kedua menurut saya guru sudah menguasai kelas dengan baik. Metode yang digunakan yaitu metode cerita sehingga kurang menarik perhatian siswa. tapi guru bertindak profesional dengan menyadari ada masalah dalam kelasnya.
Dalam video ini guru tersebut mampu membaca situasi di dalam kelas sehingga guru setelah memberi penjabaran materi kemudian memberi pertanyaan langsung kepada siswa. Sehingga terjadi interaksi pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif & menyenangkan
Usulan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran berikutnya
1. Sebagai guru sebaiknya dapat memetakan anak yang tidak fokus untuk menjadi pusat perhatian dan siswa didekati secara individual. Kemudian guru mengadakan pendekatan secara persuasif pada siswa yang tidak fokus tersebut.
2. Apabila dalam melaksanankan pembelajaran terdapat masalah maka kita harus segera mengganti strategi pembelajaran agar pembelajaran berlangsung dengan baik.