silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : miftahul fauziah iqbal
NIM: 858463393
Upbjj : Samarinda
menanamkan kejujuran “melalui jepitan jemuran”
menurut saya video di atas sudah sangat bagus ,guru dapat mengikuti kegiatan di atas jika mendapat pengalaman serupa dalam KBM. guru tidak hanya berfokus ke penjepit jemuran saja guru bisa menggunakan stempel berbentuk bintang di cap di tangan anak atau benda yang lain .
Nama : SALSABILAH UMAROH RAMADHANI
NIM : 858462732
UPBJJ : SAMARINDA
Dalam video tersebut kegiatan yang dilakukan sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak. Video tersebut sangat bermanfaat bagi saya sebagai pendidik baru dalam menghadapi anak usia dini. Video tersebut sangat menginspirasi namun pada guru sebaiknya tidak langsung memberikan tugas terlalu banyak, sehingga anak yang kurang cepat tanggap mereka akan kesulitan, sebaiknya kita beri anak tugas yang mereka sukai dan bertahap sehingga guru lebih mudah dalam mengontrol kerja anak.
nama: rafikatun jariah
nim: 859172604
betul sekali seringkali kita mengalami kesulitan dalam mengontrol anak dalam jumlah banyak sehingga kita membutuhkan metode yang efektif untuk hal itu seperti misalnya pada video seri pembelajaran di atas,namun kita juga tidak harus menggunakan jepitan jemuran bisa juga dengan menggunakan benda-benda lainnya seperti misalnya kalung pengenal/benda-benda yang mudah didapat. terimakasih untuk tips nya.
Nama : Noviana
NIM :856602051
Dari vidio kegiatan yang lakukan di kelas TK terdengar sangat menarik dan relevan dengan tema yang ditentukan, yaitu menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Berikut beberapa komentar dan refleksi mengenai kegiatan tersebut:
1. Mewarnai Gambar Sesuai Tema:
o Kegiatan mewarnai gambar sesuai tema adalah cara yang bagus untuk mengembangkan kreativitas dan pemahaman anak-anak tentang konsep tertentu. Dengan memilih gambar yang relevan dengan tema, membantu anak-anak mengasosiasikan warna dengan objek atau konsep tertentu.
o Pastikan gambar yang dipilih memiliki elemen yang mudah dikenali oleh anak-anak. Misalnya, jika tema adalah “alam,” gambar pohon, bunga, dan hewan dapat menjadi pilihan yang baik.
2. Menggunting dan Menempel:
o Kegiatan menggunting dan menempel membantu melatih keterampilan motorik halus anak-anak. Ini juga mengajarkan mereka tentang ketelitian dan kesabaran.
o Pastikan anak-anak memiliki alat yang aman untuk menggunting dan memilih gambar yang sesuai dengan tingkat kesulitan mereka.
3. Menghubungkan Gambar dengan Lambang Bilangan:
o Ini adalah kegiatan yang menggabungkan matematika dengan seni. Menghubungkan gambar dengan lambang bilangan membantu anak-anak memahami konsep angka secara visual.
o Kita dapat menggunakan gambar benda sehari-hari (misalnya, apel, buku, atau balon) dan meminta anak-anak menghubungkannya dengan angka yang sesuai.
4. Menggunakan Stiker untuk Mendorong Kejujuran:
o Ide menggunakan stiker sebagai insentif untuk kejujuran adalah pendekatan yang baik. Ini mengajarkan anak-anak tentang tanggung jawab dan konsekuensi dari tindakan mereka.
o Pastikan stiker yang digunakan menarik bagi anak-anak dan memberikan penghargaan positif.
5. Menggunakan Berbagai Media:
o Kegiatan menggunting, menempel, mewarnai, dan menghitung menggunakan berbagai media (krayon, pensil warna, tepung terigu) membantu mengaktifkan berbagai indera anak-anak.
o Variasi dalam media juga membuat kegiatan lebih menarik dan memperkaya pengalaman belajar anak-anak.
6. Penggunaan Penjepit sebagai Penghargaan:
o Memberikan penjepit sebagai penghargaan bagi siswa yang menyelesaikan tugas adalah cara yang positif untuk memotivasi mereka.
o Pastikan siswa merasa bangga atas pencapaian mereka dan memahami hubungan antara usaha dan penghargaan.
Semoga kegiatan ini terus memperkaya pengalaman belajar anak-anak dan membantu mereka tumbuh dengan penuh kejujuran dan kreativitas.
assalamu’alaikum
Nama : NILA AINI
Nim : 856855307
prodi : PGPAUD
mengajarkan anak untuk berbuat jujur itu hal yang penting. agar anak tertanam sikap jujur sedini mungkin, pada pembelajaran di video, melalui penjepit jemuran untuk menandai anak yang telah menyelesaikan tugas adalah hal yang baik, sehingga anak akan terbiasa untuk berbuat jujur.pada video ada tiga tugas diberikan kepada anak, hal itu juga baik, untuk mengatasi anak yang lebih cepat menyelesaikan tugas agar mereka tidak ribut dan mengganggu teman yang belum selesai
NAMA : RIDA RIASTINI
NIM : 85887021
Judul video : Melalui Jepit Jemuran
Pada video tersebut diperlihatkan suasan kelas yang ramai dengan guru yang hanya 1 untuk mengawasi siswa. Penerapan nilai kejuruan menggunkan jepit jemuran seperti di video sudah bagus dan dapat kita terapkan dalam kegaitan pembelajaran. Namun hendaknya juga bisa kita tambah dengan penguatan pada pemahaman tentang nilai kejujuran,contoh perilku yang jujur dan pemberian apresiasi pada anak yang sudah melakukakuan pembiasan menanmkan nilai keujuran,bisa dengan menambah poin/bintang,dan memberikan tos atau pujian agar anak terus termotivasi untuk menanamkan nilai kejujuran. Memberi kesempatan pada anak terlibat dalam pembuatan aturan permainan sehingga anak bisa disiplin dlam mengikuti aturan permaianan. Bisa juga pada kondisi video tersebut diatas untuk guru menambah guru pendamping untuk mengawasi dan mengamati kegiatan anak. sehingga untuk anak yang kurang mengerti dalam mengerjakan bisa langsung mendapat bimbingan dari ibu guru. video tersebut saangat bermanfat bagi saya untuk menambah referensi tentang strategi pembelajaran yang dapat saya terapkan di sekolah ketika menghadapi peristiwa/kejadian seperti dalam video.
Assalammualaikum,..
Nama : Endang Emyarti
NIM : 859527055
Judul : Menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran
Setelah kita menyaksikan video tersebut Video kita dapat jadikan contoh untuk diterapkan di sekolah . Dalam kondisi kelas yang memiliki murid banyak sedangkan guru yang berjumlah tidak sesuai, sebagai guru yang sedang memberikan kegiatan pembelajaran biasanya akan merasa kesulitan saat pemberian tugas, apakah tugas tersebut sudah selesai atau belum. Terkadang terdapat anak yang belum selesai mengerjakan tugas yang diberikan oleh bu guru tetapi ia sudah mengumpulkkannya tanpa sepengetahuan guru tersebut.
Dari video tersebut metode dengan penandaan jepit jemuran yang di pasang ke murid untuk menandakan murid berkegiatan sudah atau belum mengerjakan dapat menjadi suatu metode untuk mendidik anak mempunyai jiwa kejujuran. terima kasih
asalamualaikum bunda
ijin berargumen
nama : NI KETUT SUDIASIH
nim : 859685987
terimakasih karana vidio ini dapat membantu saya dan berguna untuk menanam kan kejujuran pada anak anak di sekolah saya mengajar namun saya ingin menambahkan sedikit bahwa memberikan Reward kepada anak tidak hanya dapat berbentuk benda saja namun didampingi dengan kata kata penyemangat juga kepada anak terimakasih.
Nama Mahasiswa : Dewi Nur Astuti
NIM : 857844916
Judul Video : Menanamkan nilai jejujuran melalu jepitan baju
Bismillah, izin menanggapi diskusi…
Pada video diatas menjelaskan cara menanamkan kejujuran kepada anak, kegiatan yang dilakukan adalah pertama, anak-anak mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambang bilangan dan gambar bendanya diwarnai. Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak. Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Kegiatan diatas sudah bagus dan sesuai dengan usia anak namun menurut saya kegiatan yang diberikan guru terlalu banyak untuk dilakukan anak sehingga anak akan merasa jenuh menyebabkan anak malas untuk menyelesaikan tugasnya.
Nama: Arifatun Nikmah
Nim: 857706247
Melalui penjepit jemuran, video tersebut sangat menarik dan menginspirasi. Kegiatan penanaman kejujuran melalui penjepit jemuran bisa menjadi sebuah referensi bagi saya, strategi yang dilakukan guru tersebut telah memberikan apresiasi kepada anak yang telah menyelesaikan kegiatan yang ditentukan dan berkata jujur ketika sudah menyelesaikan. Kegiatan seperti ini akan membuat anak merasa bangga karena usaha dalam menyelesaikan kegiatan mendapat apresiasi dari gurunya, selain memberikan apresiasi pada anak dengan menggunakan penjepit jemuran guru juga dapat menggunakan benda lain yang lebih menarik anak mungkin bisa menggunakan stiker, stempel, gambar hati, bintang dan lain-lain.