silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Setelah menonton video dari Guru Pintar Online (GPO) dengan judul “Melalui Penjepit Jemuran”, saya sebagai seorang guru TK merasa terbantu dengan adanya alternatif pembelajaran yang disajikan. Video tersebut memberikan gambaran yang jelas tentang tantangan dalam menanamkan nilai kejujuran kepada anak-anak usia TK.
Namun, saya juga merasa bahwa video tersebut memiliki beberapa kelemahan. Meskipun video menampilkan kegiatan di mana guru memberikan penjepit jemuran kepada anak-anak, namun tidak ada penjelasan yang cukup tentang langkah-langkah atau strategi konkret yang digunakan untuk menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit jemuran. Hal ini membuat esensi dari video tersebut kurang bisa dipahami dan dimengerti.
Sebagai saran, menurut saya, video semacam ini akan lebih efektif jika disertai dengan narator yang menjelaskan langkah-langkah atau strategi yang digunakan dalam mengatasi masalah kejujuran melalui penjepit jemuran. Dengan demikian, para guru akan lebih mudah memahami cara implementasi yang tepat dan efektif dalam mengajarkan nilai kejujuran kepada anak-anak TK melalui kegiatan sehari-hari seperti penggunaan penjepit jemuran.
Nama : Shinta Putri Nurazizah
NIM : 877320527
Prodi : S1 PGPAUD
Pembelajaran pada PAUD yang dilakukan dengan menggunakan penjepit jemuran sebagai media interaktif dan menyenangkan sangat efektif dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini. Dalam kegiatan ini, guru telah merancang serangkaian kegiatan yang sesuai dengan tema kejujuran dan kemampuan anak, serta menggunakan strategi yang mudah dipahami dan dilakukan oleh anak.
Guru telah memberikan tugas yang berbeda-beda, seperti mewarnai gambar, menggunting, dan menghitung, yang memungkinkan anak untuk berpartisipasi secara aktif dan menunjukkan kemampuan mereka. Dengan demikian, anak dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan berkomunikasi yang efektif.
Penjepit jemuran yang digunakan sebagai hadiah untuk anak yang telah menyelesaikan tugasnya juga sangat efektif dalam menanamkan kejujuran. Anak yang telah menyelesaikan tugasnya dapat mengambil penjepit dan menempelkannya di bajunya, sehingga mereka merasa senang dan motivasi untuk terus berjujurlah. Dengan demikian, kejujuran tidak hanya menjadi nilai yang dipahami secara teoritis, tetapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam keseluruhan, kegiatan pembelajaran PAUD yang menggunakan penjepit jemuran sebagai media interaktif dan menyenangkan sangat efektif dalam menanamkan kejujuran pada anak usia dini. Guru telah merancang kegiatan yang sesuai dengan tema dan kemampuan anak, serta menggunakan strategi yang mudah dipahami dan dilakukan oleh anak. Dengan demikian, kejujuran dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi bagian dari karakter anak yang dewasa.
NAMA : NELA NISA’IR RIFQI
NIM : 877319998
setelah menonton video tersebut, saya mendapatkan solusi karena dikelas saya anaknya lumayan banyak. Terkadang waktu pemberian tugas terdapat anak yang sudah dikumpulkan tugasnya padahal belum selesai yang tidak diketahui oleh guru, disebabkan sulit mengontrol karena banyaknya anak. Dari dalam video tersebut solusi untuk menandai dengan penjepit jemuran bahwa anak telah menyelesaikan tugas. Menurut saya bisa diganti dengan benda yang lain misal nametag,pin dll . Dari hal seperti itu kita membiasakan anak untuk bersikap jujur yaitu tidak mengumpulkan tugas ketika belum selesai. Saran saya untuk video tersebut ketika terdapat anak yang sudah selesai mengerjakan tugas untuk diberikan kegiatan yang lain agar tidak mengganggu anak yang belum selesai mengerjakan tugas
Nama: Paulina Tawurutubun
NIM : 855708711
Menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran, sangat menginspirasi buat saya, dan juga strategi yang digunakan oleh guru dalam video tersebut, juga sangat kreatif dan menginspirasi saya. Dan menurut saya pembelajaran ini juga bisa kita lakukan pada kelas yang muridnya sedikit, dan kita bisa menggantikan penjepit jemuran dengan balon, atau gambar, ataupun yang lainnya, agar anak lebih semangat dalam belajarnya.
Terimakasih 🙏
Video yang berjudul melalui penjepit jemuran menayangkan tentang menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran. Guru memberikan tugas kepada peserta didik, bagi peserta didik yang telah selesai mengerjakan tugasnya, maka dapat mengambil penjepit kemudian menjepitkan pada bajunya. Penjepit ini berfungsi untuk mengontrol tugas anak yang telah selesai atau sebagai tanda karena guru kesulitan untuk mengontrol peserta didik yang terlalu banyak.
Masukan dan saran : Sebaiknya media pengontrol tugas anak lebih menarik, misalnya guru membuat papan yang ditempel didinding, kemudian apabila anak telah selesai mengerjakan tugasnya, anak dapat menempelkan bintang pada papan yang telah disediakan oleh guru.
Nama : ENY RAHMAWATI
Nim : 858753976
Setelah menonton video tersebut kita bisa menemukan salah satu cara untuk mengajarkan kejujuran kepada anak dengan melalui metode penjepit jemuran, yakni menandai tugas anak yang sudah selesai dengan penjepit jemuran.
Vidio tersebut memberikan sala solusi atau referensi bagaimana menanamkan kejujuran kepada anak anak usia Paud. Dengan cara memberikan penjepit jemuran bagi anak yang sudah menyelesaikan semua tugas yang diberikan. Selain melatih kejujuran anak hal tersebut juga sangat membantu anak lebih bersemangat dalam mengerjakan kegiatan belajarnya. Anak akan berlomba lomba untuk mendapatkan penjepit jemuran.
Vidio ini sangat bagus dan mudah dipahami serta bermanfaat untuk kegiatan belajar mengajar saya dikelas.
Nama : Suningsih
Nim : 857324347
bismillah menanamkan kejujuran dalam pembelajaran hendaknya selalu kita ingatkan kepada anak-anak dalam video pembelajan saya melihat ibu guru memberikan penjepit untuk membedakan anak yang sudah mengerjakan tugas dengan yang belum menyelasaikan tugas, ada anak yang memang kurang menyukai salah satu pembelajaran untuk memotivasinya kita bisa memberikan pujian atau menempel bentuk bintang dr origami kepada anak yang sudah semangat menyelesaikan tugasnya.
terimakasih
Selain mengajarkan anak tentang kejujuran, video ini juga mengajarkan anak untuk disiplin dan menaati aturan, sangat sesuai untuk guru PAUD yang lembaganya mempunyai banyak anak didik. selain itu juga memberi langkah-langkah bagaimana melakukan aturan dalam perlombaan sederhana dalam kelas
Restuti_858317011
Dalam Vidio Menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran ini sangat bermanfaat untuk saya dalam melatih anak untuk bersikap jujur dan disiplin dengan adanya penjepit jemuran yang akan di pasangkan kepada anak yang sudah disiplin akan memotivasi bagi anak yang tidak disiplin dan blm menyelesaikan tugasnya,mungkin cara ini dapat saya terapkan di kelas yang saya bimbing…