silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. NAMA : KATARINA SITA
    NIM : 859282499
    PRODI : S1 PGPAUD SEMESTER 4
    UPBJJ:KUPANG
    setelah menonton video tersebut, saya mendapatkan solusi karena dikelas saya anaknya lumayan banyak. Terkadang waktu pemberian tugas terdapat anak yang sudah dikumpulkan tugasnya padahal belum selesai yang tidak diketahui oleh guru, disebabkan sulit mengontrol karena banyaknya anak. Dari dalam video tersebut solusi untuk menandai dengan penjepit jemuran bahwa anak telah menyelesaikan tugas. Menurut saya bisa diganti dengan benda yang lain misal KARTU NAMA, dll . Dari hal seperti itu kita membiasakan anak untuk bersikap jujur yaitu tidak mengumpulkan tugas ketika belum selesai. Saran saya untuk video tersebut ketika terdapat anak yang sudah selesai mengerjakan tugas untuk diberikan kegiatan yang lain agar tidak mengganggu anak yang belum selesai mengerjakan tugas.
    Sekian dari saya

  2. Berikut adalah tanggapan dan analisis terhadap kegiatan tersebut:

    Analisis Kegiatan “Melalui Penjepit Jemuran”:

    1. Tujuan Kegiatan:

    – Menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini melalui berbagai aktivitas yang menyenangkan dan bermakna.
    2. Struktur Kegiatan:

    – Kegiatan terdiri dari tiga bagian: mewarnai gambar, menggunting dan menempel, serta menghubungkan gambar dengan lambang bilangan.
    3. Implementasi Nilai Kejujuran:

    – Guru menggunakan stiker sebagai insentif untuk mendorong anak berterus terang tentang penyelesaian tugas.
    4. Kreativitas dan Keterampilan:

    – Anak diajak untuk mewarnai, menggunting, menempel, dan menghitung, mengembangkan keterampilan motorik halus dan kognitif.
    5. Kesesuaian dengan Tema:

    – Kegiatan yang diusulkan sesuai dengan tema menanamkan kejujuran, dengan memberikan tugas yang mudah dipahami dan relevan.

    Tanggapan:

    Kegiatan “Melalui Penjepit Jemuran” merupakan pendekatan yang kreatif dan interaktif untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini. Dengan memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan anak, seperti mewarnai, menggunting, dan menempel, guru dapat membangun keterampilan anak sambil menyampaikan nilai-nilai positif. Penggunaan stiker sebagai insentif juga dapat memberikan dorongan positif bagi anak untuk berperilaku jujur. Keselarasan antara kegiatan dan tema pembelajaran merupakan langkah yang tepat dalam membangun karakter anak sejak dini.

    Kegiatan ini tidak hanya mengembangkan keterampilan anak, tetapi juga membantu mereka memahami pentingnya kejujuran dalam interaksi sehari-hari. Dengan pendekatan yang menyenangkan dan bermakna, anak dapat belajar nilai-nilai moral sambil menikmati proses pembelajaran.

  3. Nama : Oktavina Indriyati
    Nim : 859031112
    Judul : Melalui Penjepit Jemuran.

    Komentar:
    Video tersebut sangat bagus, kegiatan yang dilakukan di kelas TK, sangat interaktif dan menyenangkan bagi Anak Usia Dini. Penggunaan berbagai media seperti krayon, kertas HVS dan tepung terigu dalam kegiatan belajar mengajar menunjukkan kreativitas yang tinggi dan dapat merangsang perkembangan motorik serta kreativitas anak. Fokus pada kejujuran melalui penggunaan stiker atau anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya bagi yang sudah menyelesaikan tugasnya adalah cara yang baik untuk menanamkan nilai-nilai positif.

    Masukan dan Saran:
    a. Guru pendamping bisa mendokumentasi video singkat dari kegiatan anak-anak saat mengerjakan tugas, sehingga orang tua dapat melihat bagaimana anak-anak mengerjakan tugas-tugasnya.
    b. Untuk meningkatkan pemahaman konsep kejujuran, bisa melalui cerita atau permainan yang berkaitan dengan kejujuran, sehingga anak-anak dapat memahami nilai tersebut tidak hanya melalui kata-kata tapi juga melalui pengalaman.
    c. Guru memberikan umpan balik yang konstruktif dan positif secara individu kepada anak-anak setelah mereka menyelesaikan tugas, sehingga mereka merasa dihargai dan termotivasi untuk terus berperilaku jujur.

  4. Nama Imas Purnamasari
    NIM 857500886
    Judul video Menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran
    Dalam tayangan video ini apa yang dilakukan guru sudah sangat bagus dan merupakan ilmu buat saya sebagai pengajar baru dalam mengatasi cara pembelajaran anak yang jumlahnya banyak. Dengan pembagian kelompok dan tugas memudahkan agar tujuan pembelajaran bisa tercapai. Salah satu cara dalam melatih kejujuran anak dalam mengerjakan tugasnya yaitu dengan cara memberikan penjepit jemuran agar guru juga bisa mengontrol siapa saja anak yang sudah menyelesaikan dan belum menyelesaikan tugasnya. Saran saya mungkin untuk penjepit jemuran bisa diganti dengan pemberian Pin atau pun stiker agar anak lebih bersemangat

  5. Nama Imas Purnamasari
    NIM 857500886
    Judul video Menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran
    Dalam tayangan video ini apa yang dilakukan guru sudah sangat bagus dan merupakan ilmu buat saya sebagai pengajar yang masih baru. Dimana dalam kegiatan pembelajaran untuk melatih kejujuran pada anak adalah dengan cara menggunakan penjepit jemuran agar memudahkan guru untuk mengontrol siapa saja siswa yang sudah dan belum menyelesaikan tugasnya. Saran saya mungkin bisa diganti dengan pemberian Pin atau stiker agar anak lebih termotivasi lagi dalam menyelesaikan tugas yang diberikan

  6. Nama: Umi Nur Aini
    NIM: 857758539

    Dari video yang berjudul menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit jemuran, dapat memberikan saya alternatif pembelajaran. Serta memberikan gambaran yang jelas terkait masalah kejujuran anak, dengan meminta anak menggambar dan ketika sudah selesai anak disuruh maju dan membawa gambarnya ke meja dan guru memberikan apresiasi pada anak dengan menggunakan penjepit jemuran, mungkin itu kurang efektif lebih baik dapat diganti dengan menggunakan benda lain yang lebih menarik anak mungkin bisa menggunakan stiker, stempel, gambar hati, bintang dan lain-lain. Dalam video tersebut langkah-langkah atau strategi yang digunakan dalam mengatasi masalah kejujuran melalui penjepit jemuran Belum dicantumkan jadi video tersebut kurang bisa dipahami.

  7. nama:hanna agita sari br manurung
    nim:856104452
    Video ini menunjukkan cara kreatif untuk mengajarkan nilai kejujuran kepada anak-anak dengan menggunakan benda sehari-hari, yang dapat dengan mudah saya tiru dan modifikasi untuk kegiatan di kelas.Contoh konkret dan aplikasi praktis dalam video ini membantu saya memahami bagaimana mengajarkan konsep kejujuran secara efektif kepada anak-anak serta menginspirasi saya untuk mencari lebih banyak cara inovatif dalam menyampaikan nilai-nilai moral kepada anak didik saya, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna.

  8. Nama: Durotun Naqiyah
    NIM : 859525732

    Dari video diatas sangar menginspirasi dan memberikan solusi dlm menumbuhkan sifat jujur dan disiplin pada anak

  9. video berjudul menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran sangat bermanfaat dan dapat menginspirasi saya untuk lebih kreatif menanamkan sifat jujur kepada anak didik saya, guru dalam video sangat kreatif sehingga pembelajaran yang dilaksanakan menjadi efektif, anak-anak mengerjakan tugasnya tanpa paksaan dan merasa senang dengan penjepit jemuran di baju nya yang menandakan kalau dia sudah berhasil menyelesaikan tugasnya.

  10. Nama : INDRAWATI SRI WULANDARI
    NIM : 857166669
    Judul video Menanamkan nilai kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran
    Dari video diatas, kami dapat belajar tentang pentingnya menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak sejak usia dini, melalui perlombaan anak akan belajar tentang ketertiban mengikuti aturan permainan dan kejujuran dalam mengerjakan tugas mereka. Keberhasilan dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak dapat dilakukan dari hal-hal yang sederhana dan penuh kesabaran.

Leave a Reply