silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Assalamu’alaikum wr wb
Nama: Endah Aksiatun
Nim: 857607078
Di vidio sangat bermanfaat untuk kita sebagai pendidik paud tentang cara menanamkan kejujuran kepada anak sejak dini yaitu dengan penjepit jemuran bagi yang sudah menyelesaikan tugas dan yang belum yaitu dengan penggunaan stiker sehingga guru mengetahui anak yang dapat menyelesaikan tugas dan yang belum bisa menyelesaikan tugasnya
Nama : Lenni Pandiangan
Nim : 856487129
Melalui Video Penjepit Jemuran, anak berkata jujur baik dalam tindakan atau perkataan. Guru melakukan metode di atas agar memberikan tanda bagi anak yang berbuat jujur. Menanamkan atau mengenalkan pentingnya kejujuran yang harus diterapkan pada anak usia dini dengan melakukan kegiatan bermain ataupun melalui buku cerita yang berisikan pesan moral tentang kejujuran yang dapat dipahami oleh anak usia dini.
Deiby Kambey_857366606_Menanamkan Kejujuran_Melalui Penjepit Jemuran
Video ini sangat inspiratif dalam menunjukkan cara sederhana namun efektif untuk mengajarkan nilai kejujuran kepada anak-anak. Melalui aktivitas sehari-hari seperti menggunakan penjepit jemuran, video ini mengilustrasikan bagaimana orang tua dan pendidik dapat memanfaatkan momen-momen biasa untuk menyampaikan pelajaran moral yang penting. Pendekatan praktis ini tidak hanya membuat anak-anak lebih mudah memahami konsep kejujuran,
Astryanova
Nim : 859663928
Melalui penjepit jemuran
Pada video tersebut, Pemberian penjepit jemuran pada anak yang sudah mengerjakan tugasnya bisa menanamkan kejujuran anak juga bisa memotivasi agar anak lebih semangat setiap mengerjakan tugas.
Nama:Gemala Rabiah
Nim:858107177
Vidio mengamankan kejujuran anak melalui penjepit jemuran
Vidio tersebut sangat menginspirasi sekali dimana dgn alat yang sangat sederhana kita sudah bisa menanamkan sikap jujur pada anak dimana anak bisa merasa bertanggung jawab akan tugas yang diberikan oleh guru dan dapat menyelesaikannya dengan baik
Nama : Dini Putri Nurul Islam
Nim : 858975284
Menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini merupakan hal penting di dalam pendidikan, seperti yang di lakukan dalam video tersebut sangat bermanfaat bagi kita sebagai guru di mana dalam video yang berjudul ” Menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit jemuran” merupakan metode yang efektif dalam mengenalkan kejujuran kepada anak usia dini, selain itu dengan metode penjepit jemuran dapat menananmkan di siplin serta taat aturan sejak usia dini.
Nama : RISKA ARIANI
NIM : 858304402
Prodi : S1 PGPAUD
UPBJJ : UT Banjarmasin
Seri : Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Anak PAUD
Judul : Melalui Penjepit Jemuran
Dalam video tersebut sangat mebantu dan menginspirasi saya bagaimana cara seorang guru dalam menamakan nilai kejujuran kepada anak dengan menggunakan alat atau bahan dari penjepit jemuran. Dimana ketika seorang guru melakukan kegiatan pembelajaran dengan anak-anak yang jumlahnya banyak maka seorang guru agak kesusahan dalam mengontrolnya. Anak bisa saja berbohong ketika ia belum menyelesaikan pekerjaannya. Namun adanya penjepit ini memudahkan guru untuk memberikan tanda dengan mejepitkan penjepit jemuran dikerah baju, Sehingga seorang guru dan teman lainya mengetahui bahwa ia sudah mengerjakaan lembar kerja dengan selesai dan anak juga berkata jujur dengan apa yang sudah dilakukaknyya.
Seorang guru juga tidak hanya menanamkan nilai kejujuran tetapi guru juga memberikan sebuah motivasi kepada setiap anak agar ia dapat mengerjkan pekerjaanya dengan baik dan sampai selelasai.
Nama : iediatul fitriah
Nim : 859517008
Dalam video yang singkat ini sebuah pembelajaran bagi kami guru-guru bagaimana kami bisa menanamkan kejujuran, ketertiban dan keperaturan bagi anak walaupun dengan hal yang begitu sederhana (dalam video ini seperti memakai penjempit pakaian). Video yang sangat bermanfaat untuk kami, hanya saja semoga kedepannya dalam sebuah video suaranya agar lebih jelas. Terimakasih
Nama : Eka Risdianti
Nim ; 858613408
Upbjj : UT Tarakan
Dalam video tersebut sudah sangat bagus dan menarik menambah wawasan sebagai pendidik yang dapat dipakai disekolah tempat mengajar dan bisa sebagai sumber referensi baru lagi yang digunakan
Nama : Salma Putri
NIM : 857533544
Video ” Melalui penjepit jemuran”
Melalui video penjepit jemuran dapat menanamkan nilai kejujuran dan kedisiplinan terhadap anak sejak dini. Melalui video yang saya melihat, apa yang sudah guru ajarkan sangat bermanfaat bahwa kita sebagai guru tidak hanya terfokus pada pembelajaran yang kompleks tetapi dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Namun dapat membuat suasana belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif. Melalui penjepit jemuran contoh yang diberikan oleh guru tersebut dapat menanamkan nilai-nilai yang efektif sehingga dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap anak usia dini.