silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Bismillah…
Nama : Silvia Puspita Nur
Nim : 858447589
Reaksi anak : Anak-anak terlihat memperhatikan dan antusias saat guru menjelaskan aturan pembelajaran dalam video tersebut.
Kelemahan guru : Media yang digunakan dalam pembelajaran tidak menarik dan metode penyampaiannya kurang menarik. Akibatnya, beberapa anak tidak menyelesaikan tugasnya karena mereka tampak tidak tertarik pada kegiatan yang diberikan guru.
Kelebihan Guru : Dalam melakukan pembelajaran, guru berinteraksi dengan anak-anak dengan baik, memberi tahu dan membantu anak-anak yang masih mengalami kesulitan.
Hal unik yang ada pada video : Guru menggunakan penjepit jemuran untuk mengajarkan anak disiplin dan kejujuran saat melakukan tugas. Anak-anak yang dapat menyelesaikan tugas dengan disiplin dan kejujuran akan diberi penjepit, sedangkan mereka yang tidak dapat melakukannya dengan disiplin dan kejujuran tidak akan diberi penjepit.
Saran : Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru, guru melakukan hal-hal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, seperti membuat media pembelajaran lebih menarik untuk anak dan mendorong mereka untuk menjadi lebih aktif dan menjadi lebih mandiri.
Dari video diatas saya mendapatkan ilmu baru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dikelas dalam melakukan trik untuk menanam kejujuran pada anak seperti contoh diatas yaitu Guru menggunakan penjepit jemuran untuk mengajarkan anak disiplin dan kejujuran saat melakukan tugas. Anak-anak yang dapat menyelesaikan tugas dengan disiplin dan kejujuran akan diberi penjepit, sedangkan mereka yang tidak dapat melakukannya dengan disiplin dan kejujuran tidak akan diberi penjepit.
Nama : Khusnul Khotimah
Nim : 858183629
Terima kasih videonya sangat bermanfaat untuk saya terapkan di dalam pembelajaran saya. Ketika saya ingin menerpakan nilai kejujuran pada anak, saya dapat menggunakan trik penjepit jemuran ini
Nama : mukisah
NIM : 857628096
Menanamkan kejujuran pada anak paud, dengan menggunakan penjepit jemuran sangat unik dan menarik.
kejujuran dalam mengerjakan tugasnya, bagi yang selesai mngejakan tugas bisa mengambil penjepit dan dipasangkan dibaju.
cara ini memotivasi anak untuk semangat menyelasaikan tugasnya, sesuai dengan karakter anak yaitu unik.
video ini bisa menginspirasi guru paud tentang bagaimana cara menanamkan kejujuran anak usia dini.👍
Nama : Putu Mas Wina Lestari
NIM : 8590340204
UPBJJ : Denpasar
Judul : Melalui Penjepit Jemuran
Setelah saya menyimak video ini, video ini sangat bermanfaat dan sangat membantu bagi rekan guru lain dalam menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit jemuran. Hal ini merupakan salah satu upaya dalam menanamkan nilai kejujuran yang bisa ditanamkan sejak usia dini dan juga dapat dilihat guru memberikan reward kepada anak yang berlomba dalam membuat hasil karya mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu, dan jika anak – anak jujur dalam melakukan kegiatan tersebut sampai selesai maka guru memberikan reward melalui penjepit jemuran yang membuktikkan bahwa anak itu jujur dalam menyelesaikan kegiatan pembelajaran yang diberikan oleh guru. Selain menggunakan reward, dilihat dari video tersebut, kita sebagai guru juga bisa memberikan apresiasi atau pujian kepada anak yang berlaku jujur dalam melakukan hal apapun di dalam kehidupan sehai – hari mereka. Selain dengan metode tersebut, cara lain yang bisa kita gunakan dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak yaitu melalui cerita atau dongeng yang berisi cerita tentang nilai kejujuran dalam kehidupan. Dengan cara sederhana seperti, memberikan rasa kebanggan pada diri anak dan juga memberikan motivasi pada anak untuk selalu bersikap jujur di dalam kehidupannya.
Nama : Endah Haidar Faridah
NIM : 859655866
Video tersebut sangat membantu kami guru PAUD dalam menanamkan nilai kejujuran. Videonya dijelaskan secara detail simulasi dan penjelasan.
Dalam memberikan tugas pada anak, setelah anak – anak lain selesai mengerjakan tugas mungkin saja ada anak yang tidak benar- benar mengerjakan tugasnya dengan selesai dan ini sulit dikontrol oleh guru jika jumlah siswanya banyak. Dengan menggunakan penjepit jemuran yang dijepitkan pada baju anak yang sudah selesai mengerjakan tugasnya menjadi ide yang sederhana dan mudah kami contoh dalam kegiatan di kelas untuk menanamkan nilai kejujuran, selain itu ketertiban dan keteraturan pun dapat diterapkan tanpa harus banyak bicara.
Nama : wenny Dwi Yunitasari
NIM : 877317504
Guru dapat menanamkan kejujuran pada anak usia dini dengan cara memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan anak dan memberikan pengakuan atas kejujuran anak dalam menyelesaikan tugas tersebut. Guru juga dapat menggunakan jepitan jemuran sebagai bentuk pengakuan atas kejujuran anak. Cara dan trik dari video tersebut dapat dilaksanakan dalam praktik pembelajaran sehari-hari.
Nama : Wenny Dwi Yunitasari
NIM : 877317504Guru dapat menanamkan kejujuran pada anak usia dini dengan cara memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan anak dan memberikan pengakuan atas kejujuran anak dalam menyelesaikan tugas tersebut. Guru juga dapat menggunakan jepitan jemuran sebagai bentuk pengakuan atas kejujuran anak. Cara dan trik dari video tersebut dapat dilaksanakan dalam praktik pembelajaran sehari-hari.
Nama : Ni Ketut Sugiartini
NIM : 859034537
Judul video : Membentuk Nilai Kejujuran Anak Usia Dini melalui penjepit jemuran.
Kejujuran merupakan hal yang penting bagi seorang anak dalam menjalani kehidupannya sehingga hal tersebut perlu di tanamkan guru sejak anak usia dini,berbagai metode dan cara di gunakan guru dalam menanamkan nilai kejujuran kepada anak,salah satunya adalah seperti dalam video yaitu guru menggunakan penjepit jemuran untuk membentuk nilai kejujuran anak.
Menurut saya apa yang di lakukan oleh guru pada video tersebut sudah bagus dengan kegiatan yang bervariasi serta sesuai dengan minat anak. Kegiatan yang di berikan guru mudah di pahami dan menyenangkan anak serta mengajarkan anak untuk mematuhi aturan untuk menyelesaikan kegiatan yang di berikan.
Guru memberikan pengertian kepada anak untuk senantiasa bersikap jujur,menggunakan metode unik dengan penjepit jemuran untuk memastikan bagi anak-anak yang sudah menyelesaikan kegiatannya serta memberikan kegiatan lain yang menyenangkan kepada anak yang sudah menyelesaikan kegiatannya supaya tidak mengganggu anak-anak lain yang belum menyelesaikan kegiatan.
Setelah melihat video td saya jg terinspirasi melakukan hal serupa, nilai kejujuran memang harus ditanamkan pada anak2,Melalui alat sederhana penjepit jemuran.