silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama = triana Sari
Nim = 858305823
dari vidio di atas saya bisa tau bagaimana solusi menangani nilai kejujuran pada anak usia dini. dan vidio tersebut juga bisa memeberikan pengetahuan baru.
Nama : Yunita
NIM : 859665921
Dari video ini kita dapat mengetahui bahwa menanamkan niliai kejujuran pada anak usia dini bisa dimulai dari hal sederhana, contohnya seperti yang ada di video yaitu dengan memakaikan penjepit jemuran sebagai tanda bahwa anak tersebut telah menyelesaikan pekerjannya.
Saran: Video ini sudah sangat bagus dan dapat menginspirasi. Namun ada baiknya disebutkan juga alternatif lain yang dapat digunakan untuk melatih kejujuran anak didik selain menggunakan penjepit jemuran.
Nama : Lilis Sintiana
NIM : 859659333
UPBJJ Bandung
Dalam video tersebut Guru menanamkan sikap jujur kepada anak usia dini
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker.
Terimakasih
Nama : Melati
Nim : 859888754
UPBJJ : Medan
Masukan dan saran saya terhadap vidio tersebut adalah menggunakan penjepit jemuran untuk menanamkan nilai kejujuran merupakan sebuah ide yang kreatif dan edukatif. Video ini memiliki banyak kelebihan dan dapat menjadi alat yang bermanfaat untuk membantu anak-anak belajar tentang nilai-nilai moral yang penting.Namun, video ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki agar menjadi lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajarannya.
Nama : melati
nim : 859888754
Masukan dan saran saya terhadap vidio tersebut adalah menggunakan penjepit jemuran untuk menanamkan nilai kejujuran merupakan sebuah ide yang kreatif dan edukatif. Video ini memiliki banyak kelebihan dan dapat menjadi alat yang bermanfaat untuk membantu anak-anak belajar tentang nilai-nilai moral yang penting.Namun, video ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki agar menjadi lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajarannya.
Video pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang guru PAUD. Video ini memberikan saya pembelajaran mengenai bagaimana cara menanamkan kejujuran pada anak khususnya anak usia dini di sekolah dengan menggunakan penjepit jemuran. Penggunaan penjepit jemuran ini dapat mengajarkan anak mengenai ketertiban dan keteraturan yang berdampat positif terhadap kepribadian anak di masa yang akan datang.
Nama: Yati Suryati
NIM: 856729227
Dalam video tersebut, sikap menanamkan kejujuran pada anak-anak TK diidentifikasi melalui beberapa tindakan dan pendekatan yang dilakukan oleh guru:
1. Mengajak Anak untuk Berbicara Jujur tentang Penyelesaian Tugas:
Guru meminta anak-anak untuk jujur apakah mereka sudah menyelesaikan tugas atau belum. Anak-anak diharapkan untuk berterus terang jika mereka belum bisa menyelesaikan tugas yang diberikan.
2. Penggunaan Stiker sebagai Motivasi:
Anak yang mengakui dengan jujur bahwa mereka belum menyelesaikan tugas diberikan stiker sebagai bentuk penghargaan dan motivasi. Ini mendorong anak-anak untuk tidak takut mengatakan yang sebenarnya.
3. Penghargaan dengan Penjepit:
Siswa yang sudah menyelesaikan tugasnya diberikan penjepit untuk ditempelkan di baju mereka. Penghargaan ini menunjukkan bahwa kejujuran dalam menyelesaikan tugas dengan baik akan mendapatkan pengakuan.
4. Kegiatan yang Menumbuhkan Kejujuran:
Tugas-tugas yang diberikan, seperti menggunting, menempel, menghitung, dan mewarnai, disesuaikan dengan kemampuan dan perkembangan anak. Ini membuat anak-anak lebih mudah untuk jujur tentang kemampuan mereka dalam menyelesaikan tugas tersebut.
Melalui pendekatan ini, guru secara konsisten menekankan pentingnya kejujuran dalam proses belajar, menciptakan lingkungan yang mendukung anak-anak untuk selalu berkata jujur tentang kemampuan dan hasil pekerjaan mereka.
NAMA : GANDIS FINE MAREDIA
NIM : 8587758277
Menurut saya tentang video diatas dengan judul ” Menanamkan kejujuran dengan penjepit baju ” sangat bermanfaat untuk kita para pendidik untuk menanamkan kejujuran sejak dini . Karena jika anak-anak usia dini tidak diajarkan kejujuran semenjak kecil maka anak tidak akan terbiasa berkata jujur pada orang tua atau gurunya . Dengan diberikannya metode penjepit baju seperti video tersebut anak jadi termotivasi bukan hanya untuk bersikap jujur tapi anak akan lebih semangat menyelesaikan belajar nya karena jika tidak selesai anak tidak akan mendapatkan penjepit baju seperti halnya teman – temannya yg sudah selesai.
Maka dari itu kita sebagai pendidik wajib selalu menanamkan kejujuran sejak dini dalam hal apapun .
NAMA : NIRAKHOIRIYAH
NIM : 857991627
Dari video yang di tayangkan bahwa guru sudah menjelaskan bagaimana anak bisa mendapatkan penjepit baju/ jemuran untuk di jepitkan pada abju sebagai reward saat anak sudah selesai dan berhasil mengerjakan tugas yang di berikan kepada guru, pada awal pembelajaran pun sudah di tekan kan untuk berkata jujur apakah ia sudah benar benar selesai mengerjakan atau hanya mengatakan selesai tapi belum selesai karena ingin mendapatkan jepitan baju.
kontrol guru bisa di lakukan saat siswa mneyerahkan lka yang di berikan sehingga tidak ada nak yang terlewat.
Nama : Nurwati
NIM : 857502106
Vidio pertama berjudul menanamkan kejujuran melalui pencepit jemuran
Vidio ini sangat menarik sekali, memberikan wawasan dan trik baru untuk kami para guru. Dalam vidio ini kita belajar bagaimana mengatasi anak yang tidak jujur ketika menyelesaikan tugas. Bila anak sudah menyelesaikan tugas anak diberi satu jepit jemuran. Jadi jepitan jemuran ini merupakan rewad bagi anak yang sudah menyelesaikannya. Sederhana namun bisa menanamkan nilai kejujuran.
Masukan dan sara dalam vidio ini yaitu ketika pembicara menyebutkan ada Langkah dalam vidio ini, namun hanya ada aktifitas kegiatan bermain plastisin saja, menurut saya mungkin akan lebih bagus bila bukan hanya vidio saja yang ditampilkan namun disertakan dengan penjelasan Langkah apa saja yang harus kita lakukan.
Terimakasih vidio dan ilmunya