silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Nama : Nurhidayati
    NIM : 858305056
    Video tersebut menjelaskan salah satu cara menanamkan nilai kejujuran anak. Banyaknya jumlah anak di dalam satu kelas dapat membuat guru tidak mengetahui apakah siswanya sudah menyelesaikan tugasnya dengan baik ataupun tidak. Pada video ini guru menggunakan penjepit jemuran untuk anak-anak yang sudah menyelesaikan tugasnya dengan baik dan mau bersikap jujur kalau anak tersebut sudah menyelesaikan tugasnya. Selain hal tersebut, mungkin guru juga dapat memberikan reward kepada anak-anak yang bisa menyelesaikan tugas dengan baik akan mendapatkan hadiah, sehingga anak-anak akan berlomba untuk mengerjakan tugasnya dengan baik dan benar. Menurut saya mungkin akan lebih bagus bila bukan hanya video saja yang ditampilkan namun disertakan dengan penjelasan langkah apa saja yang harus kita lakukan.

  2. Nama : Dania Setiawati
    NIM : 857524821

    Menanamkan kejujuran pada anak usia dini memang sangat penting dilakukan, dalam setiap kegiatan apapun menjunjung tinggi kejujuran adalah hal paling utama dalam kehidupan mau sejak usia dini hingga dewasa. Melatih kejujuran sejak dini dapat membiasakan anak untuk tidak berbohong.
    Dalam video tersebut, strategi yang dilakukan guru untuk menangani anak yang sudah bersikap jujur yaitu dengan memberikan reward berupa penjepit jemuran sangat betul untuk dilakukan, dengan strategi ini anak dapat menyelesaikan tugasnya dengan penuh semangat dan tidak melakukan sikap berbohong. Reward yang diberikan guru kepada anak tidak harus penjepit jemuran saja bisa dilakukan dengan memberikan reward bintang, stempel di tangan, dll.

  3. Cara yang dilakukan guru tersebut sangat baik. Ini sangat membantu kita sebagai pendidik untuk menanamkan sikap jujur terhadap anak dengan cara yang sederhana dan mudah di pahami anak.

  4. Nama : Shelbyana Kynan L
    NIM : 857746914
    Pada kelas TK dengan 20-25 anak, guru memberikan tiga kegiatan yang sesuai dengan tema menanamkan kejujuran pada anak usia dini. Pertama, anak-anak mewarnai gambar sesuai tema. Kedua, mereka menggunting dan menempel gambar, serta mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambang bilangan dan mewarnai gambar bendanya. Guru menekankan pentingnya kejujuran dengan memberi instruksi kepada anak-anak untuk berterus terang saat menyelesaikan tugas. Siswa yang menyelesaikan tugas dengan baik diberi penghargaan dengan penjepit yang bisa ditempelkan di bajunya. Ini adalah cara yang efektif untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini.

  5. Nama : Yanti
    NIM : 858439391
    Judul : Melalui Jepit Jemuran

    Video tersebut sangat bermanfaat bagi saya, solusi untuk menanamkan kejujuran kepada anak melalui kegiatan – kegiatan yang dilakukan disekolah , saran dari saya untuk reward guru juga dapat memberikan selain dari jepit jemuran , seperti berupa stempel nilai yang bergambar senyum , stempel bintang dan lainnya yang dapat memotivasi anak senang dalam melakukan kejujuran.

  6. Nama : Amalia Erin Triana
    NIM : 858102827

    Video pembelajaran tersebut sangat bermanfaat bagi saya. Media dan tema yg digunakan juga sangat kreatif dan dapat menginspirasi.

  7. Nama saya: Kiki maita putri
    Vidio pembelajaran yang diberikan sangat bermanfaat bagi saya.
    Media dan tema yang digunakan sangat bagus. Saya terinspirasi dari vidio ini.
    Terimakasih

  8. Nama : Zahro
    NIM : 857988217
    Berdasarkan 3 kegiatan yaitu mewarnai gambar, menggunting dan menempel gambar, serta menghubungkan dengan lambang bilangan yang diberikan oleh guru, kita dapat menanamkan kejujuran pada anak usia dini dengan cara memberikan penjepit jemuran bagi anak yang sudah menyelesaikan kegiatan. Dimana anak akan berlomba-lomba untuk menyelesaikan kegiatan yang sudah diberikan dan belajar untuk jujur bahwa kegiatan yang diberikan sudah diselesaikan. Semoga saya dapat mempraktekkan hal tersebut di lembaga kami.

  9. Nama : Nur Amanah
    NIM : 857504346
    Dari video tersebut, kita dapat menanamkan nilai kejujuran lewat cara yang sederhana tetapi dapat dimengerti oleh anak, contohnya yaitu dengan memberikan penjepit jemuran kepada anak yang sudah selesai mengerjakan tugasnya, cara tersebut dapat memotivasi anak yang belum selesai mengerjakan tugasnya untuk segera menyelesaikannya.

  10. Nama Yuninda Ashari
    Nim 859687966
    UPBJJ: UT Bandar Lampung

    Berdasarkan 3 kegiatan yaitu mewarnai gambar, menggunting dan menempelkan gambar, serta menghubungkan dengan lambang bilangan yang diberikan oleh guru, kita dapat menanamkan kejujuran pada anak usia dini dengan cara memberikan penjepit jemuran bagi anak yang sudah menyelesaikan kegiatan. Dimana anak akan berlomba-lomba untuk menyelesaikan kegiatan yang sudah diberikan dan belajar secara jujur ​​bahwa kegiatan yang diberikan sudah terselesaikan. Semoga saya dapat mempraktekkan hal tersebut di lembaga kami.

Leave a Reply