silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,534 Comments

  1. Nama: Triyana Rahmawati
    NIM: 858161497
    Pada video ini yang dilakukan oleh guru sudah tepat pada saat mulai mengajarkan guru mengatakan kepada anak didik untuk berkata jujur apabila anak sudah selesai mengerjakan tugasnya dengan jujur maka anak dapat mengambil penjepit dan menjepitkan kebajunya.
    Menurut saya guru metode yang digunakan oleh guru sudah baik.

  2. Nama : Catur Fitria Haryani
    Nim : 858535343
    dalam video tersebut, guru memberikan pengarahan untuk anak belajar menanamkan kejujuran kepada diri sendiri (anak)
    terkadang anak berbohong apabila belum menyelesaikan tugas hanya karena teman-teman yang lain sudah menyelesaikan tugasnya. anak memang sulit di kontrol apalagi anak dalam satu kelas jadi terkadang ada anak yang berusaha berbohong melihat teman-teman yang lain sudah menyelesaikan tugas yang di berikan.,. video diatas juga bermanfaat untuk menambah pengetahuan guru baru bagaimana cara untuk menanamkan rasa kejujuran dan melatih anak untuk berkata jujur.

  3. Nama : Gita Novera
    NIM : 856337784
    Secara keseluruhan, berbagai kegiatan yang dilakukan dalam video tersebut sesuai dengan tema kejujuran sangat efektif dalam menanamkan nilai tersebut. Guru mampu menciptakan suasana yang mendukung perkembangan karakter anak sejak dini dengan memberikan tugas yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing anak. Pendekatan ini tidak hanya mendidik secara akademis tetapi juga membangun karakter yang kuat pada anak-anak.

  4. Nama : Ica Irama Pramesti
    NIM : 858877164
    Video tersebut membahas masalah umum yang dihadapi oleh guru PAUD, yaitu sulitnya mengontrol dan memastikan bahwa setiap anak menyelesaikan tugasnya, terutama dengan jumlah anak yang cukup banyak. Dalam video, solusi yang ditawarkan adalah menggunakan penjepit pakaian untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran, disiplin, dan keteraturan pada anak-anak. Metode ini melibatkan perlombaan yang mengajarkan anak-anak untuk jujur tentang penyelesaian tugas mereka. Langkah-langkah dalam perlombaan dijelaskan sebagai cara efektif untuk menanamkan nilai-nilai tersebut tanpa perlu banyak bicara. Dengan menggunakan alat sederhana seperti penjepit pakaian, guru dapat mengelola tugas-tugas anak-anak secara lebih efektif dan menyenangkan.

    A. Masukan dan Saran tentang Video Pembelajaran.
    Video tersebut memberikan solusi praktis yang mudah diterapkan di lingkungan PAUD. Penggunaan alat sederhana seperti penjepit pakaian adalah ide kreatif yang relevan dan dapat diimplementasikan dengan mudah. Metode perlombaan yang melibatkan penjepit pakaian dapat memotivasi anak-anak untuk menyelesaikan tugas mereka dengan jujur. Penekanan pada kejujuran dan disiplin melalui aktivitas yang menyenangkan membantu anak-anak belajar nilai-nilai penting tanpa merasa terbebani. Musik yang mengiringi video menciptakan suasana yang ceria dan menarik bagi penonton. Visual yang digunakan membantu memperjelas langkah-langkah yang harus diikuti dalam perlombaan.

    B. Saran untuk Peningkatan:
    Menyediakan lebih banyak contoh konkret tentang bagaimana metode ini diterapkan dalam berbagai situasi tugas dapat membantu guru memahami cara beradaptasi dengan konteks mereka sendiri. Menyertakan panduan langkah demi langkah yang lebih terperinci tentang bagaimana memulai dan mengelola perlombaan dengan penjepit pakaian bisa lebih bermanfaat. Mengajak orang tua untuk berpartisipasi atau mengamati kegiatan ini juga bisa menjadi cara yang baik untuk memperkuat nilai-nilai yang diajarkan di sekolah.

    C. Manfaat video tersebut:
    Video ini memberikan ide-ide kreatif dan praktis yang mungkin belum pernah dipikirkan sebelumnya oleh guru. Ini membuka peluang untuk mencoba pendekatan baru dalam pengajaran. Menonton video pembelajaran seperti ini dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan mengajar, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada anak-anak. Video ini menawarkan solusi nyata untuk tantangan sehari-hari yang dihadapi oleh guru, sehingga mempermudah pengelolaan kelas dan pencapaian tujuan pendidikan. Melihat metode yang berhasil diterapkan dapat meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri guru dalam mencoba hal-hal baru di kelas.
    Dengan demikian, video dari portal Guru Pintar tidak hanya memberikan solusi praktis tetapi juga memperkaya pengetahuan dan keterampilan guru PAUD, yang sangat penting untuk keberhasilan pengajaran dan pembelajaran di kelas.
    Terima kasih

  5. Terkait video yang sudah dipaparkan di atas saya jadi mengerti bahwa memperkenalkan konsep kejujuran kepada anak dapat dilakukan melalui media jepit murah nya dimana media ini sangat terjangkau menurut saya. Hal ini sangat dapat menginspirasi pendidik bahwa dengan media jepit jemuran dapat menanamkan kejujuran dan membuat anak-anak menjadi antusias untuk mendapatkannya Saran saya jepit jemuran dapat diganti dengan stiker bintang agar lebih memudahkan

  6. Setelah saya menyaksikan video tersebut, saya dapat mengambil kesimpulan bahwa video pembelajaran tersebut sangatah bermanfaat bagi rekan guru PAUD, karena dalam video tersebut menjelaskan bahwa penting sekali mengajarkan bersikap jujur sejak usia dini. Pada video pembelajaran tersebut, strategi yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran sangatlah tepat, yaitu dengan cara bermain yang menggunakan media penjepit jemuran. Cara bermain menanamkan nilai-nilai kejujuran dengan menggunakan penjepit jemuran yaitu apabila setiap anak menyelesaikan kegiatannya, maka kemudian anak tersebut akan mendapatkan penjepit jemuran, sehingga anak akan merasa senang dan nyaman karena pembelajarannya bersifat bermain sehingga tidak ada rasa terintimidasi dan tujuan guru dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran anak juga bisa tercapai. Media yang digunakan memanglah sederhana, namun manfaatnya sungguh luar biasa.

  7. Nama : Rara Putri Talaperu
    NIM : 858966031
    UPBJJ : Jember

    Menurut pendapat saya, video pembelajaran ini sangatah bermanfaat bagi rekan guru PAUD, karena dalam video tersebut menjelaskan bahwa penting sekali mengajarkan bersikap jujur sejak usia dini. Pada video pembelajaran tersebut, strategi yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran sangatlah tepat, yaitu dengan cara bermain yang menggunakan media penjepit jemuran.
    Cara bermain menanamkan nilai-nilai kejujuran dengan menggunakan penjepit jemuran yaitu apabila setiap anak menyelesaikan kegiatannya, maka kemudian anak tersebut akan mendapatkan penjepit jemuran, sehingga anak akan merasa senang dan nyaman karena pembelajarannya bersifat bermain sehingga tidak ada rasa terintimidasi dan tujuan guru dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran anak juga bisa tercapai. Media yang digunakan memanglah sederhana, namun manfaatnya sungguh luar biasa.

    Terimakasih,

  8. Dalam video diatas dijelaskan bahwa dengan media penjepit jemuran dapat menanamkan kejujuran disiplin dan taat aturan.terkadang anak-anak sulit dikontrol mencoba untuk berbohong karena belum membuat PR sedangkan teman-teman di kelasnya sudah menyelesaikan PR
    Video di atas sanggat bermanfaat bagi guru agar dapat membantu melatih kejujuran anak

  9. Setelah melihat video tersebut, menurut saya secara keseluruhan tayangan video sudah sesuai. Dengan diterapkannya permainan penjepit jemuran, maka perhatian anak lebih terpusat pada pembelajaran yang sedang diberikan. Sehingga kesan yang diterima anak bisa mendalam dan lebih mudah tertanam dalam benak anak. Selain itu juga dapat disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan anak memberikan motivasi yang kuat untuk anak agar lebih giat belajar dan anak berpartisipasi secara aktif. Permainan penjepit jemuran juga dapat disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan anak. Melalui metode ini diharapkan anak mampu mengkomunikasikan nilai-nilai keagamaan, sosial, budaya, dan membantu mengembangkan fantasi anak, juga mengembangkan kognitif dan kebahasaan. Sehingga akan muncul dampak positif yang berkembang pada dimensi kemanusiaan anak itu sendiri yang meliputi fisik, akal pikirannya, akhlak, perasaan kejiwaan estetika dan kemampuan bersosialisasi yang didasari nilai moral keagamaan.

  10. Nama : Adhinda Pringgandani
    NIM : 877600198

    Dalam video tersebut menampilkan situasi masalah anak tidak menyelesaikan tugas yang diberikan dan guru sulit mengontrol anak. Situasi tersebut juga sering saya hadapi. Anak tidak menyelesaikan tugasnya tetapi ia bilang sudah, karena seringkali situasi yang kurang terkendali jadi tidak terlalu bisa memperhatikan anak satu persatu Dan dari Video “Melalui Penjepit Jemuran” saya mendapatkan solusi atas situasi tersebut yaitu dengan mengadakan perlombaan siapa yang cepat selesai mengerjakan tugas dan juga memanfaatkan penjepit jemuran sebagai bentuk penghargaan bagi anak yang sudah benar benar selesai dan mengumpulkan tugasnya, bagi yang belum anak diminta untuk melanjutkan mengerjakan tugasnya dan memberikan semangat untuk anak yang belum.

    Dengan menggunakan penjepit, dapat menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini serta keteraturan dan ketertiban dapat terjadi tanpa terlalu banyak bicara.

Leave a Reply