silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Monica Lestari
Nim : 856602116
Judul : Penjept Jemuran
Vidio tersebut sangat bagus , untuk menanamkan kejujuran kepada anak usia dini sangat lah penting . Karena kondisi anak yang cukup banyak sehingga guru tidak bisa mengontrol satu per satu, sehingga dengan metode penjepit jemuran guru bisa mengetahui kejujuran anak yang telah menyelesaikan tugas mewarnai.
Saran / masukan : Menurut saya metode untuk menanamkan sudah baik dengan penjepit jemuran. Tetapi menurut saya kurang menarik perhatian anak jika hanya memakai penjepit jemuran. Alangkah lebih baik menggunakan stiker, stempel bentuk gambar seperti gambar senyum, ataupun pemberian bintang.
sehingga anak akan lebih tertarik untuk menyelesaikan tugas mereka dan akan lebih menanamkan nilai kejujuran.
Assalamu’alaikum saya Larasati Nugroho dengan NIM 857246085, Izin menanggapi diskusi.
Menurut saya pribadi video ini cukup membantu dan bisa menjadi referensi guru mengembangkan nilai kejujuran pada anak. Yaitu dengan perlombaan dan setelahnya memberikan reward kepada anak dengan penjepit jemuran.
Akan tetapi video tersebut menurut saya masih kurang jelas tentang langkah seperti apa yang seharusnya dilakukan. Jadi mungkin bisa ditulis langkah-langkah dalam melaksanakan pembelajaran tsb.
Assalamu’alaikum saya Larasati Nugroho dengan NIM 857246085, Izin menanggapi diskusi.
Menurut saya pribadi video ini cukup membantu dan bisa menjadi referensi guru mengembangkan nilai kejujuran pada anak. Yaitu dengan perlombaan dan setelahnya memberikan reward kepada anak dengan penjepit jemuran.
Akan tetapi video tersebut menurut saya masih kurang jelas tentang langkah seperti apa yang seharusnya dilakukan. Jadi mungkin bisa ditulis langkah-langkah dalam melaksanakan pembelajaran tsb.
Nadia Prasetyawati
Video tersebut menjelaskan tentang menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit jemuran. Dari video tersebut guru menggunakan penjepit jemuran untuk memberi tanda kepada anak yang sudah menyelesaikan tugasnya agar memudahkan guru membedakan anak yang sudah selesai dan belum selesai mengerjakan tugas. Dengan hal ini jika anak belum selsai maka ia harus menyelesaikan terlebih dahulu tugasnya agar mendapatkan penjepit jemuran, sehingga metode ini dapat mengajarkan siswa tentang kejujuran dan kedisiplinan.
Video nya sangat menarik, dengan memanfaatkan alat yang sederhana dan mudah didapat akan membuat anak semakin tertarik dan antusias dengan cara seperti itu, menanamkan kejujuran pada anak dengan cara menyenangkan.
Nama : Chereen Yulianan Wowor
NIM : 859803385
Menarik sekali, dengan alat sederhana dan mudah didapat, tetapi guru pintar bisa memanfaatkannya untuk menanamkan nilai kejujuran dalam diri anak dengan cara yang menyenangkan
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Nama : Susanti
NIM : 857396616
Mohon izin memberikan komentar pada video diatas,
Menurut saya pembelajaran tentang penanaman nilai-nilai kejujuran pada anak sejak dini sangatlah berdampak posiitif, anak dapat terbiasa berperilaku jujur dalam mejalani kesehariannya disekolah maupun di rumah, anak yang sudah terbiasa jujur akan lebih mengerti atas tindakan yang sudah mereka lakukan. Dalam video guru memberikan reward berupa jepit jemuran kepada siswa yang jujur saat mengatakan bahwa mereka sudah menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Pemberian reward tersebut sangat positif, melatih anak bahwa apabila siswa melakukan kebaikan (bersikap jujur) makan akan mendapakan kebaikan pula kepadanya. Dalam penerapan reward yang diberikan, mungkin guru juga bisa memberikan hadiah berupa sticker movasi kepada siswa atau berupa pujian bahwa apa yang sudah dilakukannya adalah hal baik yang harus selalu dipertahankan, siswa juga dijelaskan, mau ada atau pun tidak adanya reward, siswa diharapkan akan untuk mampu berisikap baik/jujur kepada orang lain maupun diri sendiri.
Demikian komentar yang dapat saya sampaikan, mohon bimbingannya. terimakasih
Wassalamu’alaikum, Wr. Wb.
Susanti
Videonya sangat bagus dan menginspirasi saya untuk bisa menerapkan nilai kejujuran anak-anak disekolah. Semoga video di guru pintar online bisa bertambah lebih banyak lagi.
Menurut saya pada vidio melalui penjepit jemuran sangat membantu dalam menambah wawasan saya. Melalui vidio tersebut memberi pengetahuan bahwa alat sederhana dapat di buat pembelajaran. Dengan vidio tersebut dapat menanamkan nilai-nili kejujuran, dan disiplin kepada anak usia dini. Namun sayangnya penjelasan vidio kurang lengkap karena hanya menjelaskan satu cara dalam menanamkan nilai kejujuran dan disiplin.
Menurut saya pada vidio di atas sangat membantu dalam kasus kasus yang terjadi seperti ada anak yang berbohong dari situ lah dapat menanam kan nilai kejujuran yang tinggi pada anak .