silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.
    Nama : Devi Anditya
    NIM : 857994274
    UPBJJ : YOGYAKARTA
    “MENANAMKAN KEJUJURAN MELALUI PENJEPIT JEMURAN”
    Dalam video tersebut, kita ketahui dari judul bahwa bertujuan untuk menanamkan dan membiasakan anak untuk berkata jujur. Kesepakatam dibuat sejak awal bahwa yg sudah selesai bisa mengambil penjepit baju yg menandakan bahwa si anak benar – benar menyelesaikan kegiatannya. Dan untuk anak yg tidak selesai maka akan ditempel dg stiker.
    Kemudian pada video menunjukkan bahwa guru disana sebagai pemandu, mengarahkan dan memberikan aturan untuk kegiatan tersebut, disana siswa yg memperhatikan tentu akan mengerti. Karena menghadapi anak yg cukup banyak, tentu akan ada berbagai macam karakter anak, ada yg memperhatikan ataupun tidak. Yang saya pelajari dari video tersebut, mengajarkan anak tentang kejujuran dengan cara yg tidak membebankan mereka tapi mudah dimengerti, dg penjepit baju yg digunakan, teman – teman akan tau bahwa dia sudah menyelesaikan kegiatannya, Bisa menjadi contoh dan dapat diterapkan pada lembaga yg diampu saya, dengan dilakukan variasi dan inovasi yang lain. Setelah menonton video tersebut, kejujuran yg timbul dari anak akan tumbuh jika ditanamkan dan dengan semangat bahwa jujur adalah hal baik.
    Demikian dan terima kasih

  2. Melalui video di atas, dapat dilihat bahwa menanamkan kejujuran dapat dimulai dari usia dini. dimulai dari kegiatan sederhana menggunakan benda yang ada di sekitar kita. Hal serupa dapat diterapkan menggunakan stiker maupun stampel bintang seperti yang sudah dilakukan di lembaga tempat saya mengajar. Pada video juga dapat dilakukan penilaian segala aspek, dari bahasa, sosial emosional, kognitif, contohnya dalam menyelesaikan tugas tepat pada waktunya, mengerti akan perintah yang diberikan serta pemberian reward kepada anak.
    Segala bentuk kalimat positif sebagai motivasi dari pendamping, akan memberikan manfaat bagi anak didik ketika mendampingi proses stimulasi. Melalui kegiatan ini pula, anak akan mengerti konsep benar dan salah karena anak akan merasa bangga apabila mendapatkan jepitan baju/reward lainnya sebagai bukti bahwa ia telah menyelesaikan tugas, dan pekerjaannya di apresiasi oleh pendampingnya.
    Hal ini akan mendorong timbulnya rasa bersalah atau tidak nyaman ketika berbohong.

  3. Assalamualaikum salam kenal
    nama : Neni Sukarmini
    Nim : 857253399
    alhamdulillah dengan adanya Video ini menambah ilmu dan pengetahuan saya sebagai pengajar , dan Video ini memberikan inspirasi untuk lebih bervariasi dan inovasi dalam setiap pembelajaran yang akan di berikan kepada anak terutama dalam menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini melalui penjepit baju ( Menanamkan kejujuran melalui Pejepit Jemuran )

  4. Setelah melihat video pembelajran tersebut, Menanamkan nilai kejujuran melalui penggunaan penjepit jemuran bisa menjadi cara kreatif dan efektif untuk mengajarkan pentingnya kejujuran kepada anak-anak karena penggunaan penjepit jemuran bisa dijadikan simbol sederhana untuk kejujuran. Misalnya, setiap kali anak dapat menyelesaikan kegiatan dengan tuntas, mereka bisa diberikan sebuah penjepit jemuran sebagai tanda penghargaan. Ini memberikan visual dan fisik yang nyata untuk nilai abstrak seperti kejujuran.

  5. Helida Azmi
    857996522

    Melalui video di atas, dapat dilihat bahwa menanamkan kejujuran dapat dimulai dari usia dini. dimulai dari kegiatan sederhana menggunakan benda yang ada di sekitar kita. Hal serupa dapat diterapkan menggunakan stiker maupun stampel bintang seperti yang sudah dilakukan di lembaga tempat saya mengajar. Pada video juga dapat dilakukan penilaian segala aspek, dari bahasa, sosial emosional, kognitif, contohnya dalam menyelesaikan tugas tepat pada waktunya, mengerti akan perintah yang diberikan serta pemberian reward kepada anak. Segala bentuk kalimat positif sebagai motivasi dari pendamping, akan memberikan manfaat bagi anak didik ketika mendampingi proses stimulasi. Melalui kegiatan ini pula, anak akan mengerti konsep benar dan salah karena anak akan merasa bangga apabila mendapatkan jepitan baju/reward lainnya sebagai bukti bahwa ia telah menyelesaikan tugas, dan pekerjaannya di apresiasi oleh pendampingnya. Hal ini akan mendorong timbulnya rasa bersalah atau tidak nyaman ketika berbohong.

  6. Nama : Khoirul Bariyah
    NIM : 859672554

    Upaya guru dalam Menanamkan kejujuran anak usia dini dapat dengan cara pemberian reward melalui penghargaan. Penghargaan yang dicontohkan kali ini adalah melalui penjepit jemuran. anak yang telah selesai mengerjakan sesuatu mendapat penjepit jemuran sebagai hadiah terhadap anak. karena telah menyelsaikan tugas dengan baik. Sebagai guru di tuntut untuk kreatif. bentuk penghargaan dapat di variasikan misalnya pemberian bentuk bintang , pemberian stiker -stiker, atau bentuk yang lainnya yang dapat menumbuhkan motivasi anak .

  7. Nama : Melani Rosita Rasid
    NIM : 857985694
    UPNJJ : YOGYAKARTA
    Pada video Melalui Penjepit Jemuran guru menanamkan kejujuran pada anak sejak usia dini. Ketika ada anak yang belum menyelesaikan tugas dan bilang kepada guru sudah selesai. Kejujuran harus ditanamkan sejak dini karena akan tertanam sampai anak dewasa nanti. Melalui bermain kreatif dan bermain sambil belajar guru melatih anak untuk berbuat jujur, dengan memberikan penjepit baju pada anak yang sudah selesai mengerjakan tugas. Kita juga bisa memberikan reward berupa cap bintang pada anak yang jujur dikelas, agar memotivasi anak untuk melakukan kebiasaan jujur.

  8. Nama : SYIFA MESTI APPRIKHATIN
    NIM : 857632293

    Dari video di atas, saya sangat memahami betul bagaimana mengelola kelas dengan jumlah anak yang cukup banyak dan segala hal yang tidak terduga terjadi di saat kelas, dari video tersebut juga memberi saya informasi untuk mengenalkan anak bagaimana bersikap jujur dan bertanggungjawab untuk dapat menyelesaikan tugas hingga selesai, adanya sistem reward dapat memberi semangat lebih pada anak ketika mengerjakan tugas. selain itu, saya juga mendapat inspirasi selain menggunakan penjepit jemuran, kita bisa menyesuaikan dengan era sekarang seperti memberikan reward berupa bintang atau stiker lucu. untuk tugas atau pengerjaan yang berkelompok dapat menggunakan sistem poin sehingga anak dapat berlatih kerja sama tim dengan teman.

  9. NAMA : INTAN NURHANA
    NIM : 878364402

    Menurut saya, dari video pembelajaran tersebut kita sebagai guru dapat melakukan cara menanamkan kejujuran pada anak saat berada dikelas dan juga dalam kegiatan aktivitas belajar sambil bermain serta cara mengenalkan anak bagaimana bersikap jujur dan bertanggungjawab untuk dapat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru hingga selesai, dan selalu ada reward dengan memberikan semangat lebih pada anak ketika mengerjakan tugas. Dengan demikian setelah saya melihat video tersebut saya dapat mengambil ilmunya untuk mencoba hal – hal baru yang dimana belum pernah dilakukan dikelas , terimakasih guru pintar saya sangat terbantu dan semakin semanagat menjadi guru RA…

  10. Assalamualaikum
    Nama saya hasbiana
    Pembelajaran yang di peraktikkan ibu guru sangat membantu say dalam mengatasi anak- anak yang banyak . Caranya juga bagus sehingga membuat anak-anak tidak bosan .

Leave a Reply