silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Dalam tayangan video tersebut menayangkan strategi guru PAUD dalam menanamkan kejujuran melalui aktivitas kreatif seperti mewarnai, menggunting, menempel, hingga menghitung. Anak yang menyelesaikan tugas dengan jujur diberi simbol penghargaan berupa penjepit di baju. Ini mendorong anak untuk jujur tanpa paksaan.
Guru menerapkan metode pembelajaran yang bertujuan menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini melalui kegiatan yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan mereka.
Video ini menampilkan suasana kelas TK dengan jumlah siswa sekitar 20–25 anak yang terlibat dalam tiga kegiatan utama:
• Mewarnai gambar sesuai tema.
• Menggunting dan menempel pola gambar, seperti kupu-kupu.
• Menghubungkan gambar dengan lambang bilangan dan mewarnai gambar binatang bersayap.
Kegiatan-kegiatan tersebut dirancang untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak-anak. Guru memberikan tugas-tugas yang sesuai dengan kemampuan dan perkembangan anak, serta mendorong mereka untuk menyelesaikan tugas dengan jujur. Anak-anak yang telah menyelesaikan tugasnya dengan baik diberikan penghargaan berupa penjepit jemuran yang ditempelkan pada baju mereka. Metode ini bertujuan untuk memotivasi anak-anak agar menyelesaikan tugas dengan jujur dan sesuai dengan kemampuan mereka.
• Kejelasan Visual dan Audio: Beberapa bagian video mungkin kurang jelas dalam penyampaian visual dan audio, sehingga dapat menyulitkan pemahaman bagi penonton.
• Konteks Penggunaan Penjepit Jemuran: Penggunaan penjepit jemuran sebagai penghargaan mungkin memerlukan penjelasan lebih lanjut agar penonton memahami makna simbolisnya dalam konteks pembelajaran.
Terima kasih
Nama : Zumrotut Taqiyah
Nim : 857472519
Upbjj : Bandung
judul vidio : mengajarkan kejujuran melalui penjepit jemuran
setelah mengamati vidio di atas, pelajaran yang saya dapat adalah betapa kreatifnya ibu guru yang mengajar dengan jumlah murid banyak, namun semua materi bisa tersampaikan dan kegiatan berjalan sesuai yang di rencanakan. mengawasi berbagai macam kegiatan tentu tidak mudah,namun dengan kesiagaan ibu guru semua kegiatan bisa berjalan dengan baik. yang paling menarik adalah untuk menanamkan kejujuran ibu guru memakai jepitan jemuran untuk menandai anak yang sudah selesai mengerjakan tugas sehingga ibu guru akan dengan mudah mengontrol/membedakan antara anak yang sudah selesai mengerjakan tugas dan belum. dengan kegiatan main yang beragam dan menyenangkan tentu akan menambah semangat belajar anak.
Terimakasih….
Nama : Annisa Sri Lestari
Nim : 857466181
Assalamualaikum wr.wb
Ijin menanggapi
Menurut saya pada vidio tersebut NAM ini sangat perlu diterapkan kepada anak. Karena nilai moral dan agama sangatlah amat penting. Dengan memberikan jepitan kepada anak ini adalah salahsatu cara supaya anak bisa termotivasi dan semangat dalam belajar supaya bisa mengerjakan tugasnya dengan baik. Guru juga sudah melakukan metode pembelajaran dengan baik, namun menurut saya sebaiknya guru memberikan reward (seperti bintang) supaya lebih menarik dan berkesan, dan anak juga akan terlihat sangat antusias bila mana ada yang sudah mengerjakan tugas guru pun langsung memberikan reward (bintang) kepada anak, mungkin dengan cara itu bisa membuat anak menjadi lebih semangat dalam belajarnya.
Terimakasih
Wassalamu’alaikum wr.wb
Nama : Riska Ningrum
Nim : 858532394
Dari vidio ini saya belajar dan memahami cara untuk mengondusifkan anak anak di kelas ,kegiatan ini membantu saya sebagai metode pendidikan karakter yang unik
Dengan memanfaatkan benda sehari hari. Penjepit jemuran di gunakan sebagai alat untuk memberikan apresiasi / reward atas kejujuran dalam menyelesaikan kegiatan . Bagi saya ini adalah metode yang menarik
Nama : Riska Ningrum
Nim : 858532394
Dari vidio ini saya belajar dan memahami cara untuk mengondusifkan kelas
Memahami keadaan tentang anak anak yang banyak didalam 1 kelas dengan berbagai kegiatan
Kegiatan ini membantu saya sebagai metode pendidikan karakter yang unik ,dengan memanfaatkan benda sehari hari. Penjepit jemuran di gunakan sebagai alat untuk memberikan apresiasi atau reward atas kejujuran dalam menyelesaikan kegiatan
Bagi saya ini adalah metode yang menarik
Nama : Ira Tsamarah Zahra
NIM : 857468257
Pokjar : Awipari Tasikmalaya
Mata Kuliah : Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan dasar AUD
Nama Tutor : Nia Nuraida, S.Pd., M.Pd.
Judul Video : Menanamkan kejujuran pada anak PAUD melalui penggunaan jemuran
Analisis video : Guru Pintar Online (GPO)
menurut pendapat saya secara keseluruhan baik karena strategi yang guru gunakan cukup menarik. karena menurut pendapat saya selain anak mengenal nilai kejujuran anak mengenal benda-beda yang ada disekitar anak terutama di rumah, sehingga anak menambah wawasan fungsi lain dari jepitan jemuran itu bisa digunakan untuk suatu simbol atau tanda dalam keteraturan belajar yang sudah disepakati.
kelebihan guru pada video ini adalah, anak sudah kondusif saat belajar, ada 3 ragam kegiatan yang bisa anak pilih, guru selalu memotivasi dan respek membatu anak saat mengerjakan tugas.
namun sangat disayangkan tidak diperlihatkan dalam video tersebut keaktifan dan kekreativitasan anak saat belajar karena dalam videonya guru lebih mendominasi dalam mengarahkan gerak gerik anak. sehingga terlihat kurangnya kebebasan berkreasi dalam menuangkan imajinasi. terima kasih sudah menginspirasi saya
Assalamualaikum wr.wb
Perkenalkan
Nama : Syta Rodiyah Nurkalam
NIM : 877833466
UPBJJ : Bandung
Izin menjawab dari ilustrasi video tersebut, dari video tersebut kita dapat melihat anak-anak belajar menanamkan nilai dan kejujuran menggunakan penjepit jemuran, itu menurut saya unik sekali untuk pemberian reward sederhana bagi mereka yang sudah bisa belajar menanamkan nilai dan kejujurannya.
“Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker”
Di sini dapat dilihat ya, penjepit jemuran dapat digunakan sebagai media untuk mengajarkan nilai kejujuran, dengan permainan ini anak dapat belajar untuk jujur dalam mengikuti aturan dan menyelesaikan tugas dengan baik.
1). Menanamkan Kejujuran
Permainan penjepit jemuran dapat dijadikan kegiatan menanamkan kejujuran pada anak-anak.
Contohnya:
Dengan adanya aturan main setiap anak hanya boleh menjepit baju sesuai dengan jumlah yang ditentukan atau sesuai yang diintruksikan oleh guru kelasnya.
2) Pembelajaran unik dan menarik
Permainan ini dapat membuat proses pembelajaran lebih menarik dan interaktif bagi anak-anak, sehingga mereka lebih fokus dan termotivasi untuk belajar
3) Mengembangkan kemampuan anak
Permainan ini dapat membantu mengembangkan kemampuan dasar anak, seperti kemampuan kognitif dan kemampuan motorik halus
4) Penjepit jemuran bisa juga dapat dicapai untuk melalui tindakan aturan yang jelas
5) Kejujuran itu penting
Kejujuran bagi anak memang sangat penting untuk dikembangkan sejak dini karena akan menjadi fondasi karakter yang kuat dan baik bagi anak.
Simpulan:
Menggunakan penjepit jemuran sebagai media pembelajaran, anak-anak dapat belajar tentang nilai kejujuran secara bervariasi, menyenangkan, unik, dan efektif.
NAMA :AGUSTA RIZQIYANI
NIM:858718093
ijin berkomentar dari video diatas
secara keseluruhan video ini menunjukkan praktik pengajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan anak usia dini
yaitu keterlibatan aktif yang memungkinkan anak untuk aktif dan mandiri dalam meneyelesaikan tugas,aktivitas yang variatif menggunting,mewarnai,menempel membantu anak tetap fokus dan terlibat.,tema juga sesuai guru telah berhasil mengintrgrasikan nilai kejujuran dalam berbagai aktivitas,,,
Cara kreatif yang dilakukan oleh guru tersebut mampu menumbuhkan sikap kedisiplinan, ketertiban dan keteraturan yang dapat diterapkan tanpa guru banyak berbicara. Walaupun dengan cara sederhana memanfaatkan benda yang ada di sekitar namun memiliki manfaat yang luar biasa dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak. Video ini sangat menginspirasi saya dalam menanamkan kejujuran dan juga mengontrol anak dalam jumlah yang banyak dengan cara yang kreatif.
Videonya cukup informatif dan penyampaian materinya jelas. Alur penjelasan juga tersusun rapi, jadi mudah diikuti. Visual yang ditampilkan membantu memperkuat pemahaman siswa. Mungkin bisa lebih menarik lagi kalau ada sedikit selingan pertanyaan atau contoh interaktif, biar siswa bisa lebih terlibat dan berpikir aktif selama menyimak. Terima kasih sudah berbagi materi yang bermanfaat.