silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
NAMA:RURY ANGGRAENI
NIM:877308171
PRODI:PG PAUD
UPBJJ:SURABAYA
Mohon ijin saya berkomentar dari video yang berjudul “Melalui Penjepit Jemuran”. Video ini sangat menarik karena menggunakan media sederhana seperti penjepit jemuran untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak PAUD. Pendekatannya kreatif dan mudah diterapkan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Anak-anak jadi belajar jujur melalui permainan yang menyenangkan.serta Materi dalam video ini membuka wawasan saya bahwa pembelajaran nilai kejujuran tidak harus rumit. Media sederhana pun bisa sangat efektif bila digunakan dengan tepat.
Nama : Adinda kayla salsabila
NIM : 878196382
Dari video di atas yang dapat kita ambil hikmah nya adalah bagaimana kita menertibkan dan membiasakan anak untuk berperilaku jujur, dalam masa pertumbuhan bukan maslah intelegensi anak saja yang perlu kita asah namun dalam sikap kejujuran juga perlu kita tanamkan sejak dini dari penjepit baju maka kita tahu siapa saja yang sudah mengejarkan tugas nya dengan tepat, dari penjepit ini membuat nak memiliki tanggung jawab yang besar terhadap tugas nya bagaimana mereka berusaha untuk dapat menyelesaikan agar mendapat penjepitnya agar anak tidak terlalu bergantung walupun tugas nya tidak selsai tidak apa apa dan anak tidak mudah untuk melakukan sikap terburu buru dalam menyelesaikan tugas dan bagaimana anak itu melakukan tugasnya hingga selesai
Nama : Yuni emitasari
NIM : 858981951
Mohon ijiin menanggapi seri pembelajaran PAUD”Melalui Penjepit Jemuran” vidio pembelajaran tersebut sangat mengispirasi & bermanfaat bagi kami guru baru untuk menanamkan kejujuran pada perserta didik kami, Dalam vidio pembelajaran tersebut guru memanfaatkan penjepit baju untuk mengetahui anak yang sudah menyelesaikan tugas- tugasnya sungguh ide yang kreatif. cara guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, sudah tepat pada awal pembelajaran guru mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan. selain menanamkan kejujuran guru juga menanamkan kedispinan.Dengan Guru memberi berbagai tugas sesuai kemampuan dan perkembangannya.Ini merupakan salah satu cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini bisa dilakukan dengan menjadi contoh teladan, memberikan pujian saat anak berkata jujur, dan mengenalkan cerita yang mengandung nilai kejujuran. Selain itu, penting untuk memperlakukan anak dengan jujur, misalnya menepati janji dengan menyelesaikan tugas yg diberikan bu guru, dan membiasakan mereka untuk jujur pada diri sendiri
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Menurut pendapat saya video ini sangat bermanfaat karena dari video ini kita dapat mengajarkan pentingnya nilai kejujuran pada anak terima kasih
Nama : Tiara Erlin Cahyani
NIM : 877683445
Video tersebut sangat menarik untuk diterapkan oleh para guru yang sedang mengalami masalah seperti diatas, menanamkan nilai kejujuran pada anak diusia dini yang sangat baik dan terarah agar nantinya menjadi kebiasaan baik sampai anak tumbuh dewasa. Membuat anak lebih semangat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru dengan jujur dan guru akan lebih percaya terhadap anak didiknya.
Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Indah Setyoningrum
NIM : 857880715
Setelah mencermati dua video dari seri menanamkan nilai kejujuran pada anak PAUD di portal Guru Pintar Online, saya mendapatkan banyak wawasan baru mengenai metode yang dapat diterapkan untuk menanamkan nilai kejujuran sejak dini. Video pertama menampilkan bagaimana guru dapat menggunakan cerita dan permainan sederhana untuk memperkenalkan konsep kejujuran kepada anak-anak. Sementara video kedua lebih menekankan pada penerapan nilai kejujuran dalam aktivitas sehari-hari, seperti saat bermain bersama teman atau saat mengembalikan barang milik orang lain.
Kedua video tersebut sangat menarik karena menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak dan memberikan contoh konkret yang relevan dengan kehidupan mereka. Selain itu, video juga menampilkan interaksi langsung antara guru dan anak, sehingga memberikan gambaran nyata tentang bagaimana proses pembelajaran berlangsung di kelas.
Terimakasih
Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Endang Susilowati
Nim : 877961905
Assalamu’alaikum wr wb
Menurut saya sangat penting untuk menanamkan kejujuran anak sejak dini,
Dengan video tersebut menampilkan kegiatan sederhana yang memiliki muatan nilai moral tinggi dan anak di berikan kesempatan untuk jujur jika melakukan kesalahan,.
Nama : ina mutma inah
Nim : 856870127
Izin untuk menanggapi vidio ini
Vidio tersebut memverikan pelajarn kepada anak melalui tanggung jawab dengan tugas nya dengan memeberikan penjepit baju kepada anak yang sudah menyelesaikan tugasnya.
Nama : Hartini
Nim. : 877797692
UPBJJ: Jakarta
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin menanggapi vidio .
Vidio ini sangat menginspirasi saya sebagai guru, metode ya g dilakukan bisa saya jadikan contoh di kelas nanti. Reward yang diberikan dengan menggunakan penjepit jemuran sangat menarik, reward ini akan memotivasi anak dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugasnya. Metode ini juga akan menanamkan kejujuran anak jika anak sudah benar-benar menyelesaikan tugasnya.
Nurbaiti nasari
Nim : 857879663
Vidio tersebut sangat insiratif serta dapat memberikan manfaat bagi guru dalam memberikan pembelajaran dalam menanmkan kejujuran dan kedisplinan pada anak. Dalam vidio tersebut guru juga memberikan cara dalam memberikan pembelajaran agar semua anak menyelesaikan tugasnya dengan baik. Manfaat bagi anak dapat melatih sikap kejujuran dan kedisplunan bagi anak seeta dapat melatih perkembangan motorik dan koqnitif pada anak. Terima kasih.