silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
NIM:67768129
NAMA:KHOTIMAH
video di atas sangat Inspiratif,yaitu menanamkan kejujuran pada anak sejak dini,Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan.Setelah itu penggunaan Jepitan Jemuran sebagai tanda bagi anak yang sudah dapat menyelesaikan tugsanya,menjadi pemacu semangat anak didik lain yang belum selesai agar dia juga cepat selesai dan mendapat jepitan jemuran dibajunya sebagai tanda bahwa dia juga telah selesai mengerjakan tugas.
ANDINI PUTRI HART RIANTO
860003123
Video ini menunjukkan bagaimana kegiatan dapat digunakan untuk mengajarkan anak tentang pentingnya berkata jujur. Pendekatan ini sangat relevan untuk anak usia dini karena mereka belajar lebih efektif melalui aktivitas yang menyenangkan. Penyampaian dalam video cukup jelas, dengan contoh contoh yang mudah dipahami.Namun, ada beberapa hal yang bisa diperbaiki. Durasi video terasa sedikit panjang untuk topik yang sederhana, sehingga mungkin lebih baik jika dipadatkan. Selain itu, visualisasi dalam video bisa lebih menarik dengan tambahan animasi atau ilustrasi yang lebih berwarna untuk menarik perhatian guru dan anak.
dengan menonton ini, sangat menambah ide saya dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini, sangat bermanfaat dan kreatif sekali gurunya, mungkin nanti saya akan melakukan hal yang sama atau pun dengan ide saya seperti memberikan tugas yang berbeda bagi yang sudah menyelesaikan tugas pertama dan membedakan tempat duduknya. seperti tugas pertama mewarnai gambar binatang siapa yang selesai ibu guru memberikan mainan seperti bermain balok, lego-lego dan permainan lainnya sehingga anak berlomba ingin menyelesaikan tugas tersebut.
Nama : Mela Arjuna
Nim : 856867032
dengan menonton ini, sangat menambah ide saya dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini, sangat bermanfaat dan kreatif sekali gurunya, mungkin nanti saya akan melakukan hal yang sama atau pun dengan ide saya seperti memberikan tugas yang berbeda bagi yang sudah menyelesaikan tugas pertama dan membedakan tempat duduknya. seperti tugas pertama mewarnai gambar binatang siapa yang selesai ibu guru memberikan mainan seperti bermain balok, lego-lego dan permainan lainnya sehingga anak berlomba ingin menyelesaikan tugas tersebut.
Nama : Nurul aulia
Nim : 858135936
Kejujuran pada anak.
Dari video di atas anak di ajarkan untuk jujur sejak usia dini. Kejujuran merupakan langkah utama untuk membentuk pribadi anak menjadi lebih manusia yang berakhlak mulia. Kejujuran bisa di mulai dari hal kecil, seperti pada video di atas. Tidak salah juga jika anak kita beri pujian jika sudah berkata jujur dan melakukan tugas dengan benar.
Terimakasih
Video ini sangat bermanfaat sekali bagi anak usia dini karena, Penjepit jemuran bisa menjadi alat yang menarik dan bermanfaat untuk pembelajaran, terutama pada anak-anak usia dini. Manfaatnya meliputi peningkatan keterampilan motorik halus, koordinasi mata-tangan, dan bahkan bisa membantu dalam mengenal warna atau bentuk.
Assalamualaikum wr wb
Nama :ENI ROFIATUN
NIM:856496966
UPBJJ:16 PEKAN BARU
Judul: menerapkan kejujuran terhadap anak
Video tersebut sangat menginspirasi sekali Karana mengajarkan anak untuk mempunyai sifat yang jujur dengan menggunakan metode perlombaan guru mengajak anak untuk berkreasi, anak-anak juga merasa gembira Karana belajar juga bisa sambil bermain.
video pertama judulnya melalui penjepit jemuran
Manfaat Umum Video Pembelajaran bagi Guru PAUD/TK:
• Pengembangan Metode Pembelajaran: Video dapat memperkenalkan metode pembelajaran inovatif dan kreatif yang dapat diadaptasi dan diimplementasikan di kelas. Penggunaan penjepit jemuran sebagai media menunjukkan pendekatan yang kreatif dan menarik bagi anak-anak.
• Pengembangan Kompetensi Guru: Video dapat meningkatkan kompetensi guru dalam berbagai aspek, seperti penguasaan materi, strategi pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Dengan melihat contoh praktik mengajar yang baik, guru dapat belajar dan meningkatkan kualitas pengajarannya.
• Inspirasi dan Ide Baru: Video pembelajaran dapat memberikan inspirasi dan ide baru bagi guru dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Melihat bagaimana penjepit jemuran digunakan dalam video dapat memicu ide-ide kreatif lainnya.
• Efisiensi Waktu dan Sumber Daya: Video dapat menghemat waktu dan sumber daya guru dalam mencari dan mengumpulkan materi pembelajaran. Guru dapat langsung mengakses dan menggunakan materi yang telah disiapkan dalam video.
• Pengembangan Profesionalisme: Dengan mempelajari video yang berkualitas, guru dapat meningkatkan profesionalisme dan kemampuannya dalam menghadapi tantangan di dunia pendidikan anak usia dini.
Manfaat Khusus Video dengan Media Penjepit Jemuran:
Jika video tersebut menggunakan penjepit jemuran sebagai media pembelajaran, maka manfaatnya mungkin meliputi:
• Pembelajaran yang Kreatif dan Menarik: Penjepit jemuran merupakan media yang sederhana, mudah didapat, dan aman bagi anak-anak. Penggunaan media ini membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.
• Pengembangan Keterampilan Motorik Halus: Penggunaan penjepit jemuran dapat membantu mengembangkan keterampilan motorik halus anak-anak.
• Pembelajaran Konsep Sederhana: Penjepit jemuran dapat digunakan untuk mengajarkan konsep-konsep sederhana seperti mencocokkan warna, menghitung, atau mengurutkan.
Kesimpulan:
Secara keseluruhan, video pembelajaran, termasuk yang menggunakan media sederhana seperti penjepit jemuran, dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi guru PAUD/TK dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan mengembangkan profesionalisme. Namun, manfaat yang didapat akan bergantung pada kualitas, isi, dan relevansi video tersebut dengan kebutuhan dan konteks pembelajaran di kelas. Video yang berkualitas akan memberikan dampak positif yang lebih besar.
Nama : Sebastiana Elen
NIM : 877730164
Menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini adalah proses berkelanjutan dan membutuhkan konsistensi oleh orang tua dan pengasuh. anak-anak belajar melalui observasi, contoh dan pengalaman. Oleh karena itu penting untuk menciptakan lingkungan yan mendukung kejujuran dan memberikan contoh prilaku jujur.
Nama: PINATUL SEPTIANI
Nim: 877639054
Video ini berjudul “Melalui penjepit jemuran”
Menurut saya video tersebut sangat bermanfaat bagi guru PAUD, video yang menarik dan relevan dengan kondisi di PAUD, Dalam kondisi ini, ketika guru memberi anak tugas ada yang menyelesaikan dan ada yang tidak, tetapi yang tidak selesai sering kali mengatakan bahwa dia sudah selesai. Ini karena banyak anak sehingga guru seringkali kesulitan untuk mengetahui apakah anak tersebut memang sudah selesai atau ternyata belum. Sehingga cara memasangkan jepitan baju pada anak yang sudah selesai mengerjakan sangat membantu guru untuk memisahkan mana anak yang sudah beres dan mana yang belum. Metode ini juga dapat membantu guru untuk memupuk nilai-nilai kejujuran pada anak sejak dini.